www.cimbniaga.co.id production

4 Tips Memilih Cincin Lamaran

 

Cincin lamaran adalah cincin yang diberikan oleh seorang pria kepada calon istri atau tunangannya di hari lamaran atau pertunangan. Biasanya dalam acara lamaran atau tunangan ini, sekaligus jadi acara pertemuan kedua keluarga untuk saling memperkenalkan dan menunjukkan komitmen dalam hubungan yang akan dilanjutkan menuju ke pelaminan. Nah, salah satu bagian penting dari acara ini adalah tukar cincin atau penyematan cincin ke calon pengantin wanita.

Penggunaan cincin lamaran memang identik dengan jari manis di tangan kiri. Pada sejarahnya, ini mengikuti tradisi masyarakat Romawi kuno. Mereka percaya jika jari manis punya pembuluh darah yang disebut Vena Amoris atau "Vein of Love" dan pembuluh ini menuju langsung ke jantung. Karena hal inilah pasangan kekasih menyematkan cincin lamaran sebagai simbol cinta dan kesetiaannya pada jari manis.

Tapi beberapa negara ada juga lho yang menggunakan cincin lamaran mereka di jari manis pada tangan kanan. Misalnya saja di Kolombia, Yunani, dan Rusia. Pada intinya, letak penggunaan cincin ini tidak terpatok pada suatu aturan tertentu, semuanya kembali pada referensi pribadi.

Beberapa pasangan juga menggunakan cincin lamaran mereka nantinya di hari pernikahan mereka. Nah, biasanya yang seperti ini penggunaan cincin hanya akan berubah dari jari manis tangan kiri ke jari manis tangan kanan. Namun beberapa pasangan ada juga yang menggunakan dua cincin berbeda sehingga setelah menikah masing-masing memiliki cincin di setiap jari manis mereka. 

Beberapa tradisi melakukan tukar cincin lamaran, tapi ada tradisi pula yang mengatakan jika cincin lamaran cukup digunakan oleh calon pengantin wanitanya saja. Karena tradisi yang ini sebagai anggapan kalau pemakaian cincin tunangan adalah simbol penerimaan pihak perempuan atas lamaran yang diajukan oleh pasangannya.

Kalau Anda kira-kira akan memilih referensi yang mana?

Tips Memilih Cincin Lamaran

Karena cincin lamaran adalah aspek yang penting dalam acara lamaran atau tunangan, tentu perlu memperhatikan berbagai pertimbangan sebelum memilih dan membelinya.

Karena, selain arti komitmennya yang mendalam, cincin lamaran ini tentunya bisa berfungsi sebagai investasi juga. Banyak yang memilih membeli cincin emas agar nilainya selalu terjaga untuk bekal di masa depan. Nah, untuk membantu Anda yang akan membeli cincin lamaran mari simak beberapa hal berikut ini:

  1. Mencari Referensi

    Anda bisa cari referensi dari mana saja, mulai dari buku, majalah, internet, bertanya kepada relasi yang berpengalaman atau bisa langsung berkunjung ke toko perhiasan yang terjangkau. Pastikan desain, bentuk, ukuran dan harga cincin lamaran yang dipilih sesuai dengan harapan dan keinginan.

  2. Desain dan Model Cincin

    Secara umum, cincin lamaran yang punya desain sederhana namun tetap elegan saat dipakai jadi pilihan yang paling sering dicari. Pilihlah desain yang tidak termakan zaman jadi fungsinya sebagai investasi untuk jangka panjang.

    Coba gunakan dan pastikan nyaman saat memakainya. Pilih desain yang sederhana dan tidak perlu mencolok sehingga mudah bagi pemiliknya untuk membersihkannya sendiri. Diskusikan atau sesuaikan desain dan model ini dengan selera pasangan Anda.

  3. Bahan dasar cincin lamaran

    Banyak orang yang memilih bahan dasar emas sebagai cincin lamaran mereka. Tentu hal ini perlu menyesuaikan budget yang dipunya untuk membelinya. Kadar atau karat emas tentu akan berpengaruh pada harganya. Selain itu lingkar cincin yang lebih tipis biasanya harganya akan lebih murah dibanding cincin dengan lingkar besar. 

    Untuk yang harganya lebih terjangkau, bisa pilih cincin dengan jenis bahan perak, platinum, atau palladium.

  4. Menyesuaikan budget

    Jika sudah menentukan cincin lamaran yang akan dipakai, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan terpaku pada model yang disukai tapi budget tidak mencukupinya. Ingat, untuk kedepannya masih banyak biaya yang dibutuhkan untuk acara lamaran sendiri bahkan untuk acara pernikahannya nanti.

Jenis Bahan Dasar Cincin Lamaran

  1. Emas

    Jika Anda memilih cincin lamaran dengan berbahan dasar emas, bisa membeli dengan kadar emas 18 karat atau sebanyak 75%. Cincin dengan kadar 18 karat ini biasanya punya daya tahan yang baik sehingga cincin tidak akan berubah warna atau bentuk meski digunakan saat beraktivitas sehari-hari.

  2. Perak

    Cincin lamaran berbahan dasar perak banyak disukai karena harga yang lebih terjangkau tapi punya penampilan yang tetap berkilau.

    Sayangnya, jenis cincin ini sering kali mudah tergores dan bisa pudar pada waktunya. Oleh karena itu jika Anda memilih cincin berbahan dasar perak ada baiknya untuk merawatnya dengan rutin dan berkelanjutan.

  3. Titanium

    Bahan dasar titanium memang bukan dari logam mulia. Tapi beberapa orang memilih cincin lamaran dengan bahan dasar ini karena punya daya tahan yang kuat dan tidak mudah rusak.

  4. Platinum

    Platinum adalah salah satu logam mulia yang banyak dipilih sebagai bahan dasar cincin lamaran. Sebab warna alaminya putih, anti karat dan tidak mudah memicu alergi untuk beberapa orang yang kulitnya sensitif.

  5. Palladium

    Palladium adalah logam perak dengan warna putih yang terbilang elegan. Sayangnya, pilihan desain cincin lamaran berbahan dasar palladium terbatas namun punya keunggulan tahan goresan, nyaman, ringan dan tidak mudah pudar.

Mempersiapkan Acara Lamaran

Jika cincin lamaran sudah dipilih, bagi Anda yang ingin melanjutkan tahapan ini menjadi acara lamaran tentu persiapannya akan berlanjut.

Acara lamaran menjadi momentum yang cukup penting dimana kedua keluarga bertemu untuk saling mengenal dan jadi rangkaian acara menuju momen utama yaitu pernikahan yang sebenarnya. Di dalam momen ini pula jadi hal yang cukup sakral karena komitmen dari kedua belah pihak pasangan disaksikan secara langsung di depan keluarga mereka.

Butuh persiapan yang baik agar acara lamaran jadi lebih berkesan. Anda bisa melanjutkan prosesnya ke beberapa tips berikut yang bisa dijadikan acuan bagi Anda yang akan mempersiapkan lamaran bersama kekasih:

  1. Hantaran lamaran

    Biasanya bagian ini adalah proses persiapan lamaran dari laki-laki yang harus dipersiapkan dengan baik.

    Sebaiknya, hantaran lamaran disesuaikan dengan selera atau kesukaan dari calon mempelai wanita dan diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik nantinya. Mulai dari pakaian, sepatu, tas, hingga alat ibadah dan lain sebagainya.

    Atau untuk acara lamaran yang sederhana, hantaran lamaran bisa berupa makanan tradisional atau bingkisan kecil.

  2. Busana

    Jika ada budget berlebih, Anda bisa pilih pakaian seragam atau senada. Ini akan jadi nilai plus dan kesan kompak dari setiap keluarga. Apalagi, akan jadi momen yang terekam manis dalam proses dokumentasi nantinya.

  3. Prosesi Acara

    Siapkan urutan sesi acara dengan baik. Jangan lupa siapkan perwakilan tiap keluarga untuk jadi juru bicara serta menyewa jasa MC untuk memandu acara lebih terarah dengan baik.

Menyiapkan dana untuk acara lamaran tentu membutuhkan perencanaan serta biaya yang tidak sedikit. Hal ini diperlukan supaya niat baik yang ingin direalisasikan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya. Namun, jika Anda membutuhkan dana tambahan untuk memastikan acara lamaran atau tunangan berjalan sesuai rencana, KTA Xtra Dana dari CIMB Niaga bisa jadi solusi untuk Anda.

Xtra Dana dari CIMB Niaga yang hadir sebagai solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya. Xtra Dana dari CIMB Niaga juga hadir dengan persyaratan dan ketentuan yang mudah untuk dipahami dan dipenuhi. Dapatkan juga akses mudah dengan layanan pengajuan aplikasi Xtra Dana di semua cabang, call center, melalui OCTO Mobile, serta website CIMB Niaga. Temukan info selengkapnya tentang produk Xtra Dana CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Card - Kartu Kredit Digital untuk Semua Kebutuhan

Praktis, Menguntungkan, Tanpa Plastik Info produk Kartu OCTO Card Syariah klik di sini

GOAL Savers - Tabungan untuk Raih Goal Impian

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

XTRA Savers - Xtra Maksimal untungnya!