production

4 Langkah Menulis Contoh Surat Pengunduran Diri

 

 
 
 
 

4 Langkah Menulis Contoh Surat Pengunduran Diri

 

Bagi sebagian orang, mengembangkan karier sebagai pelaku bisnis merupakan sebuah aktivitas atau pekerjaan yang cukup menyita banyak waktu. Apalagi bagi Anda yang sebelumnya bekerja dalam ruang lingkup perkantoran. Mencari referensi contoh surat pengunduran diri dengan alasan untuk mengembangkan karier di bidang lain kali jadi hal yang sulit ditentukan. Sebagaimana yang telah Anda ketahui, mengembangkan karier di bidang lain yang relatif baru memiliki tantangannya tersendiri. Meskipun begitu, tantangan tersebut akan sangat memuaskan jika Anda berhasil meraih karier impian Anda secara baik dan sukses.

Membuat keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda saat ini dan mengembangkan karier di luar ranah sebelumnya, seperti menjadi pelaku bisnis bukanlah hal yang mudah seperti Anda mencari contoh surat pengunduran diri melalui internet. Salah satu hal yang kerap kali mengganjal dalam membuat keputusan adalah kemungkinan hilangnya penghasilan bulanan yang tetap atau menentu. Sebagai pekerja, tentu Anda sudah tahu pendapatan per bulan yang nantinya dapat dianggarkan untuk keperluan sehari-hari. Namun, sesaat Anda memilih mengembangkan karier sebagai pelaku bisnis, Anda harus bisa punya keahlian pengelolaan keuangan yang cermat. Mengingat di masa awal menjalankan bisnis, keuntungan sulit untuk bisa diukur dalam perhitungan sehari-hari.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Dengan persiapan yang matang terkait perencanaan finansial, pengembangan karier di ranah lain seperti bisnis bisa menghadirkan keuntungan yang mungkin jauh dari apa yang Anda dapatkan sebelumnya. Meskipun begitu, Anda juga perlu melakukan analisis terkait dan strategi terkait pengembangan karier di masa depan agar bisa menjalankan usaha lebih efisien. Setelah semua persiapan terlaksana, Anda bisa mulai mencari contoh surat pengunduran diri sebagai acuan untuk melanjutkan langkah pengembangan karier di masa depan nanti sebagai sarana meningkatkan kondisi finansial.

Menulis surat pengunduran diri

Dalam merangkai kalimat untuk contoh surat pengunduran diri, ada beberapa aspek yang bisa Anda tuangkan. Aspek penulisan contoh surat pengunduran diri ini bisa menunjukkan kemantapan hati serta tujuan utama yang jelas dari alasan Anda mengundurkan diri.

  1. Pemilihan kata

    Salah satu aspek yang cukup bisa memakan waktu dalam menulis contoh surat pengunduran diri adalah pemilihan kata. Dengan memilih kata yang tepat tidak hanya membantu Anda mengutarakan pesan dengan jelas, tapi juga bisa menunjukkan sisi emosional Anda terhadap hubungan karier yang telah Anda bangun selama bekerja di perusahaan tersebut. Pastikan untuk selalu menggunakan kalimat yang sopan dalam menulis contoh surat pengunduran diri.

    Selain memikirkan untuk bisa menuangkan kesan emosional, dalam contoh surat pengunduran diri Anda juga perlu menggunakan kata-kata yang sopan dan lugas. Hal ini didasari oleh tujuan surat tersebut ditujukan kepada atasan atau pihak yang punya wewenang lebih tinggi dari Anda. Maka dari itu pemilihan kata yang sopan dan lugas jadi penting agar menghormati pihak pembaca. Penggunaan kata “maaf” merupakan salah satu kata yang umum dicantumkan dalam contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda tiru

    Selain itu,dalam contoh surat pengunduran diri, Anda juga diajarkan untuk bisa menulis dengan kalimat yang efektif. Sebagaimana dengan fungsinya, surat pengunduran diri bersifat sebagai pemberitahuan bahwa Anda akan melanjutkan pengembangkan karier di ranah yang berbeda. Oleh karena itu, dalam contoh surat pengunduran diri biasanya kalimat efektif diperlukan agar proses penyampaian pesan tidak bertele-tele. 

  2. Tujuan yang jelas

    Dalam contoh surat pengunduran diri, acuan lainnya yang perlu Anda ikuti adalah informasi mengenai tujuan Anda mundur dari jabatan yang Anda jalani saat ini. Tujuan dari contoh surat pengunduran diri yang dirangkai dengan kalimat yang jelas. Jika Anda ingin memulai bisnis secara mandiri, tuliskan alasan tersebut dengan singkat, padat, serta logis. Jangan menutupi alasan utama Anda. Keterbukaan jadi salah satu pintu yang baik dalam menjalin hubungan profesional untuk kemungkinan kerja sama di masa depan.

  3. Ucapkan terima kasih

    Dalam contoh surat pengunduran diri, pastikan Anda menuturkan ungkapan terima kasih, terutama kepada atasan dan juga jajaran penting dalam perusahaan tersebut. Ungkap rasa terima kasih terhadap segala macam kesempatan dan juga ilmu yang Anda dapatkan baik secara langsung dan juga tidak langsung. Ungkapan terima kasih ini dapat menunjukkan bahwa Anda memang menghormati seluruh pihak yang Anda di dalam lingkungan perusahaan tersebut.

  4. Baca kembali sebelum tanda tangan

    Setelah Anda menerapkan beberapa aspek dari contoh surat pengunduran diri, sebelum menandatangani surat tersebut, Anda bisa kembali membacanya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa merasa bahwa surat pengunduran diri yang dibuat sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Selain itu, proses membaca ulang ini juga bisa dilakukan demi menghindari penulisan kalimat yang terkesan negatif, di antaranya seperti membicarakan hal buruk yang Anda alami baik secara personal maupun profesional, tidak mengungkapkan rasa terima kasih, hingga menyombongkan diri dari rencana pengembangan diri Anda. Ketika Anda sudah merasa puas dengan surat yang dibuat, Anda bisa langsung menandatangani surat tersebut untuk nantinya diberikan kepada pihak yang ditujukan di tempat Anda bekerja saat ini.

Dalam langkah pengunduran diri dari tempat kerja Anda sekarang, Anda membutuhkan proses yang matang untuk mencari contoh surat pengunduran diri yang tepat. Jaman sekarang, internet memudahkan Anda dalam mencari contoh surat pengunduran diri. Meskipun begitu, penulisan contoh surat pengunduran diri perlu dibuat secara personal mengenai tujuan karier Anda di masa depan. Sentuhan tersebut bisa menunjukkan bahwa Anda merupakan seseorang yang berdedikasi dalam melakukan pengembangan apapun. Hal tersebut tentu saja perlu selaras dengan pengalaman Anda dalam mengembangkan bisnis dari tempat kerja Anda saat ini.

Langkah untuk mengundurkan diri dari pekerjaan

Sebelum Anda mulai menulis beberapa contoh surat lamaran kerja yang tepat, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjaga hubungan profesional di tempat kerja Anda terjaga dengan baik.

  1. Pastikan waktu pengunduran diri

    Dalam diskusi yang Anda lakukan bersama atasan, jangan lupa untuk menjelaskan kapan Anda akan mulai mengumumkan waktu pengunduran diri Anda kepada pihak HRD. diskusi terhadap waktu pengunduran diri ini nantinya akan membantu atasan dan perusahaan tempat Anda bekerja untuk mempersiapkan pencarian pengganti dari posisi yang akan Anda tinggalkan. Jika waktunya sesuai, Anda juga akan bisa melakukan handover tugas maupun tanggung jawab kepada karyawan baru nantinya yang juga meringankan tugas dari rekan kerja Anda di masa orientasi karyawan baru tersebut.

    Setiap tempat kerja memiliki jangka waktu yang berbeda-beda terkait masa orientasi pengunduran diri. Ada yang mengizinkan Anda untuk undur diri 2 minggu setelah contoh surat pengunduran diri diterima dan tidak jarang juga ada perusahaan yang menetapkan 2 months notice. Namun pada umumnya perusahaan di Indonesia menerapkan kurun waktu 1 bulan dalam masa pengunduran diri.

  2. Mulai tulis surat pengunduran diri

    Setelah Anda melakukan diskusi bersama atasan dan hati sudah mantap untuk undur diri dari tempat kerja sekarang, persiapkan waktu Anda untuk menulis contoh surat pengunduran diri yang tepat. Jangan terlalu terburu-buru dalam menulis contoh surat pengunduran diri karena Anda sudah menemukan jawaban dan alasan yang tepat dalam pengembangan karier. Pastikan Anda merangkai kata-kata menggunakan diksi dan bahasa yang baik. Hal ini penting dilakukan agar pesan Anda dalam menulis contoh surat pengunduran diri dapat tersampaikan dengan jelas, serta mengurangi risiko perbedaan dalam pemahaman terkait keputusan Anda mengundurkan diri untuk memulai karier sebagai pelaku usaha yang mandiri.

Setelah mantap menyerahkan contoh surat pengunduran diri, langsung berikan 100 persen semangat agar Anda bisa langsung memikirkan tentang pengembangan karier dengan lebih fokus sehingga cepat tercapai. Anda bisa melakukan pengembangan karier sebagai pelaku usaha. Pengembangan karier sebagai pelaku tidak hanya memberi manfaat bagi Anda yang ingin belajar menjadi pengusaha, tapi juga membantu membuka lapangan pekerjaan yang luas dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di sekitar Anda.

Dalam meningkatkan potensi pengembangan karier, Anda juga membutuhkan kondisi finansial yang kuat terlebih dahulu. Anda yang baru saja menyerahkan contoh surat pengunduran diri diri, harus memahami bahwa perkembangan karier bisa saja tidak berjalan mulus sesuai rencana. Oleh karena itu, penting bagi Anda memiliki dana cadangan atau dana darurat. Dalam mempersiapkan dana darurat tersebut, investasi bisa jadi salah satu cara yang bisa Anda coba.

Sebagai nasabah CIMB Niaga, Anda bisa melakukan investasi dengan Deposito Berjangka secara mudah dan nyaman sebagai sarana mempersiapkan dana darurat. Salah satu kemudahan yang ditawarkan melalui Deposito Berjangka di CIMB Niaga adalah Anda bisa menentukan sendiri jangka waktu yang Anda butuhkan terkait investasi, mulai dari 1 hingga 12 bulan yang bisa diperpanjang secara otomatis. Tersedia dalam 8 pilihan mata uang, dana di dalam Deposito Berjangka Anda bisa dicairkan sebelum jatuh tempo di saat kebutuhan mendesak. Untuk membuka rekening Deposito Berjangka di CIMB Niaga, Anda bisa melakukannya di rumah sambil bersantai melalui melalui OCTO Clicks dan OCTO Mobile. Segera temukan info lengkapnya dan mulai berinvestasi di sini.

Produk Terkait

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Sukuk

Sukuk atau obligasi syariah adalah surat berharga jangka panjang berdasarkan prinsip syariah yang dikeluarkan oleh emiten kepada pemegang sukuk yang mewajibkan emiten membayar pendapatan kepada pemegang sukuk berupa bagi hasil/margin/ serta membayar kembali dana tersebut pada saat jatuh tempo. Bagi hasil/ margin dibayarkan secara berkala setiap 1,3, atau 6 bulan sekali sampai waktu jatuh tempo