production

Jenis Pekerjaan Untuk Mahasiswa yang Gampang Dilakukan

Jenis Pekerjaan Untuk Mahasiswa yang Gampang Dilakukan


Masa kuliah memang merupakan masa yang bisa dibilang menyenangkan. Kamu bisa bebas berekspresi dan mengembangkan dirimu lebih dari sebelumnya. Tapi, Ketika menjadi mahasiswa tentunya juga memili banyak tugas yang bersifat praktikal dimana kamu harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Terlebih Ketika kamu adalah mahasiswa tingkat akhir yang memerlukan banyak biaya untuk keperluan tugas akhir-mu.

Untuk memenuhi kebutuhan sampingan, kamu bisa loh mencari kerja sampingan untuk menambah isi dompetmu. Pekerjaan untuk mahasiswa saat ini sudah lebih mudah didapatkan tetapi, kamu tetap harus hati – hati dalam memilihnya. Pastikan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuanmu dan pastikan apakah waktu bekerjanya sesuai dengan jadwal kuliahmu. Kalau kamu sedang mencari pekerjaan untuk mahasiswa seperti apa yang pas untuk kamu, untuk itu yuk simak beberapa pekerjaan untuk mahasiswa yang dapat kamu lakukan! 

  1. Pekerja lepas

    Jenis pekerjaan yang satu ini merupakan jenis pekerjaan untuk mahasiswa yang sangat diminati. Selain harga yang kompetitif, kamu juga bisa mengerjakannya dimanapun dan kapanpun sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan.

    Pekerja lepas yang paling populer adalah sebagai penulis artikel. Selain jam kerja yang mudah untuk dikerjakan, bayaran yang didapatkan juga sesuai dengan apa yang kamu kerjakan jadi pekerjaan untuk mahasiswa yang satu ini pas banget buat kamu yang gemar menulis. Biasanya setiap pemberi kerja mematok harga yang cukup beragam untuk per artikel atau per words.

    Untuk bayaran sendiri, setidaknya dalam sebulan kamu bisa menerima bayaran Rp200.00 – Rp500.00 tergantung jumlah artikel atau kata yang kamu kerjakan. Lumayan untuk pemasukan bulanan kamu bukan?.

  2. Video Editor

    Pekerjaan yang satu ini juga merupakan salah satu pekerjaan untuk mahasiswa yang sering diminati. Biasanya bayaran yang dapat kamu terima per video bisa Rp150.000 – Rp300.000 tergantung durasi video yang akan kamu edit. Dengan mengandalkan kreativitas kamu dan mengumpulkan portofolio yang bisa kamu berikan saat melamar kerja nanti.

    Kalau kamu menekuni pekerjaan untuk mahasiswa yang satu ini dimana kamu sebagai video editor tentunya pemasukan bulanan kamu akan besar. Bayangkan kalau kamu bisa mengerjakan 3 – 5 video pendek dalam satu bulan. Maka penghasilan yang kamu hasilkan tiap bulannya adalah Rp400.000 – Rp1.500.000. Lumayan besar bukan? Tapi kamu juga harus pastikan kalau kamu cukup handal dalam bidang ini.

  3. Penerjemah

    Selanjutnya, kalau kamu gemar dalam bahasa asing dan sangat handal dalam bahasa tersebut kamu bisa bekerja sebagai penerjemah sebuah dokumen. Pekerjaan untuk mahasiswa yang satu ini sama hal nya dengan penulis artikel, dimana kamu dapat mengerjakan pekerjaan ini dimana saja dan kapan saja.

    Kalau kamu adalah mahasiswa jurusan bahasa asing, pekerjaan ini merupakan pekerjaan untuk mahasiswa seperti kamu. Selain itu kamu bisa juga menerapkan ilmu kamu selama kuliah dalam pekerjaan ini loh. Bekerja sampingan yang sesuai dengan perkuliah kamu tentunya membantu kamu dalam mengasah kemampuan kamu. Pekerjaan untuk mahasiswa yang satu ini, kamu juga bisa menambah pengalaman kamu dalam bekerja sebelum kamu bekerja di ranah dunia professional.

    Bayaran yang dapat kamu terima sebagai penerjemah suatu dokumen dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, biasanya dimulai dari Rp150.000 per satuan halaman.

  4. Jualan Pulsa Online

    Nah kalau jenis pekerjaan untuk mahasiswa kali ini tentunya sangat dibutuhkan. Pasti kamu sering menemukan kalau temanmu sedang membutuhkan pulsa dadakan entah didalam kelas atau sedang bertugas kan? Untuk kali ini kamu bisa jadi penyelamat mereka loh!. Modal yang kamu butuhkan untuk pekerjaan ini hanyalah handphone dan paket data, serta aplikasi pendukung dari distributor yang memfasilitasi jual pulsa elektrik.

    Pekerjaan untuk mahasiswa banget! Walaupun kelihatannya keuntungan yang didapat kecil, yaitu sekitar Rp500 – Rp1000 per transaksi. Kamu harus ingat bahwa setiap harinya aka nada setidaknya 5-10 orang yang akan membeli pulsa. Lalu kamu rutin melakukan pekerjaan ini selama satu bulan, bayangkan berapa penghasilan yang kamu dapatkan selama sebulan dengan bermodalkan handphone dan paket data saja.

  5. Admin Sosial Media

    Pekerjaan untuk mahasiswa berikutnya yang bisa kamu kerjakan adalah sebagai admin sosial media seperti online shop. Yang kamu butuhkan dari pekerjaan ini adalah smartphone yang tentunya mencukupi kebutuhan kamu sebagai admin online. Biasanya kamu akan diberikan pilihan hari kerja atau hari kerja tersebut sudah ditentukan oleh pemilik online shop tersebut. Nantinya kamu akan diberikan paket data bulanan atau pulsa untuk memenuhi kebutuhan kamu sebagai admin online.

    Bayaran dari pekerjaan untuk mahasiswa satu ini sangatlah beragam tergantung waktu kerja yang dilakukan. Untuk sebulan, biasanya kamu akan menerima bayaran setidaknya Rp1000.000 – Rp1.500.000.

  6. Design Graphic / Illustrator

    Untuk mahasiswa desain biasanya mereka memilih untuk bekerja sampingan sebagai illustrator atau design graphic untuk keperluan perorangan. Pekerjaan untuk mahasiswa dkv ini lebih sering ditemukan karena biasanya seseorang membutuhkan tenaga desain untuk membuat logo usaha atau template pribadi.

    Bayaran yang didapat dengan mengerjakan ilustrasi sederhana biasanya sekitar Rp50.000 – Rp100.000. Sama hal nya dengan design graphic. Tetapi jika kamu membuat ilustrasi untuk sebuah perusahaan kecil, biasanya kamu akan menerima bayaran sekitar Rp.300.000. Dengan begitu kamu juga bisa menjalin kerjasama jangka panjang ketika perusahaan tersebut membutuhkan template design atau ilustrasi sederhana. Pekerjaan untuk mahasiswa ini sangat menguntungkan loh!

  7. Driver Transportasi Online

    Untuk pekerjaan yang satu ini mahasiswa harus bisa membagi waktunya. Pekerjaan untuk mahasiswa yang satu ini bisa dikatakan cukup fleksibel saat kamu dalam jam kosong atau ketika pulang kuliah. Kalau kamu dalam sehari bisa mendapatkan 3-5 costumer dengan rate harga rata – rata Rp35.000 – Rp50.000 kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dalam sebulan. Setidaknya bagi kamu anak kos-an, kamu tidak terlalu pusing untuk makan apa di akhir bulan.

  8. Barista

    Pekerjaan untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan menjadi barista coffee shop. Kerja sampingan yang satu ini sangat popular saat ini, terlebih mengingat gaya hidup masyarakat di kota besar untuk nongkrong di café hanya untuk ngobrol – ngobrol sambil menikmati secangkir kopi.

    Jangan khawatir kalau kamu berpikir kamu tidak bisa meracik kopi, nantinya sebelum kamu memulai pekerjaan kamu akan di training terlebih dahulu. Pada masa training ini kamu harus memperhatikan step – step pembuatan kopi hingga cara penyajiannya. Untuk bayaran yang akan kamu terima tiap bulannya lumayan besar, yaitu sekitar Rp2.000.000 per bulan. Tapi kamu juga harus bisa membagi waktu kuliah dengan pekerjaan ini. 

Bagaimana? sudah memutuskan pekerjaan apa yang pas untuk kamu?. Pekerjaan tersebut adalah pekerjaan untuk mahasiswa banget, kamu bisa bekerja sembari mengasah keterampilan kamu. Pekerjaan untuk mahasiswa sangatlah beragam, kamu harus cermat dalam memilih pekerjaan tersebut. Kalau kamu sudah cukup puas dengan pekerjaan sampinganmu, jangan lupa untuk menabung. Dengan menabung tentunya kamu bisa menikmati hasil jerih payahmu dengan lebih lagi. Bukalah buku tabungan di bank agar kamu merasa lebih aman.

Ketika kamu memutuskan untuk membuka tabungan di bank, pastikan program tabungan yang kamu pilih memberi kemudahan buat kamu. CIMB NIAGA memberikan pilihan program tabungan yang pas untuk kamu. Tabungan Indie Account bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anak muda dengan beragam keuntungan. Cek informasi lebih lengkapnya dengan klik di sini.