www.cimbniaga.co.id production

Memahami Manfaat dan Tantangan Ekonomi Digital

 

Perkembangan ekonomi digital semakin memudahkan kegiatan sehari-hari, baik dalam aspek produksi maupun konsumsi setiap orang. Misalnya saja saat ini Anda berbelanja kebutuhan tertentu cukup dengan transaksi online, tanpa harus pergi ke toko. Adanya ekonomi digital sebenarnya tak sampai di situ saja, ada banyak berbagai kemudahan lain yang secara otomatis mampu membuka banyak peluang bagi pertumbuhan ekonomi secara luas di Indonesia. Sebelum membahas mengenai ekonomi digital lebih lanjut, kita bahas dulu mengenai pengertiannya dari penjelasan di bawah ini.

Apa itu Ekonomi Digital?

Melansir laman resmi Kementerian Sekretariat Negara RI, konsep mengenai ekonomi digital dijelaskan oleh Don Tapscott dalam buku The Digital Economy. Menurutnya, ekonomi digital bermakna keadaan sosiopolitik dan sistem ekonomi yang mempunyai karakteristik sebagai sebuah ruang intelijen, mencakup informasi, berbagai akses instrumen, kapasitas, dan pemesanan informasi. Setidaknya terdapat empat hal penting yang berkaitan dengan ekonomi digital, yang mana letak geografis sudah tidak lagi relevan, adanya platform tertentu yang menjadi kunci utama dan berkembangnya jejaring kerja serta penggunaan big data. 

Dengan kata lain, ekonomi digital adalah seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Ekonomi digital dapat membuat perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat serta bisnis, dari yang awalnya manual menjadi serba otomatis. 

Dalam perkembangan lebih lanjut, ekonomi digital menjadi fenomena yang semakin memiliki peran strategis dalam perkembangan ekonomi global. Besarnya kontribusi digital ini bisa dilihat dari perdagangan online yang telah mengubah ekonomi dunia sebagai “wajah baru” yang memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi di era teknologi saat ini.

Menurut Kementerian Setneg, peran ekonomi digital bagi Indonesia juga sangat penting dan dapat memberikan harapan baru akan transformasi ekonomi yang diprediksi akan terus berkembang yang didukung oleh elemen-elemen penting.

Manfaat Ekonomi Digital Bagi Kehidupan

Seperti yang diketahui, ekonomi digital merupakan sebuah kemajuan yang akan membawa manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa manfaat adanya perkembangan ekonomi digital, antara lain:

  • Ketersediaan informasi yang lebih besar

    Dalam hal ini, internet memungkinkan Anda memiliki lebih banyak informasi dan pilihan. Anda juga tentu akan lebih mudah mencari merek atau brand terbaik yang diinginkan saat hendak membeli sesuatu, serta bisa membandingkan harga antara satu toko online dengan lainnya.

  • Lebih menghemat waktu

    Sebelumnya jika Anda ingin membeli perlengkapan kantor, mungkin Anda harus bersiap untuk pergi ke satu toko dan toko lainnya, sehingga memakan waktu dan persiapan yang cukup lama. Namun, berkat adanya perkembangan ekonomi digital, pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan hanya dari rumah. Anda pun tinggal menunggu barang sampai di depan pintu rumah. Hal ini tentu sangat efisien terhadap biaya dan waktu.

  • Menghemat biaya

    Bagi sebuah perusahaan, adanya ekonomi digital dapat membantu menghemat sewa gedung karena sebagian aktivitas bisa dilakukan melalui internet. Ekonomi digital juga memungkinkan perusahaan memotong aspek ritel dan mengirim barang sesuai kebutuhan pelanggan dengan cara langsung dikirim dari pabrik atau gudang supplier, bukan dari toko. 

  • Menurunkan hambatan

    Di beberapa sektor industri, perkembangan digital juga memudahkan perusahaan baru untuk masuk. Jika Anda memiliki ide inovatif yang menarik, Anda bisa menciptakan produk baru yang menantang perusahaan tradisional. Hadirnya ekonomi digital telah membawa banyak layanan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. 

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

    Manfaat pertumbuhannya bukan sekadar bagi perusahaan atau lembaga saja, tetapi ekonomi digital juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi personal, salah satunya dengan memulai investasi yang bisa dilakukan dengan cara digital. Selain itu, Investasi juga dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi digital Indonesia. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena investasi merupakan komponen dari pendapatan nasional yang dikenal dengan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP), 

Tantangan yang Dihadapi di Era Ekonomi Digital

Di balik manfaat yang ditawarkan oleh perkembangan ekonomi digital, Anda juga perlu memahami beberapa tantangan bisa saja muncul, antara lain:

  • Keamanan berinternet

    Cyber security masih menjadi salah satu ancaman bagi sebagian besar pengguna internet di Indonesia. Dibutuhkan peningkatan keamanan agar para pengguna internet dapat mengakses semua layanan ekonomi digital tanpa khawatir adanya peretasan maupun pencurian data.

  • SDM kurang memadai

    Tantangan selanjutnya yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang paham penerapan teknologi. Ini bisa karena rendahnya literasi digital yang membuat banyak sektor kesulitan untuk masuk ke bidang digital. 

  • Regulasi belum optimal

    Supaya semua kegiatan dalam ekonomi digital bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya diperlukan regulasi yang melindungi hak penyedia layanan maupun penggunanya. Namun, saat ini regulasi tersebut masih belum optimal sehingga menjadi tantangan bagi setiap individu, lembaga, maupun pihak-pihak lainnya yang turut serta dalam setiap kegiatan perekonomian.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi pribadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan cara berinvestasi. Dengan berinvestasi, Anda bisa mulai merencanakan masa depan dengan lebih terjamin, mulai dari mempersiapkan dana pendidikan, serta menjamin diri sendiri maupun keluarga dari segi finansial. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan memilih jenis investasi yang aman dan tepat sesuai kebutuhan, sehingga nantinya dapat Anda nikmati di kemudian hari. 

Dalam mendukung peningkatan ekonomi digital untuk berinvestasi, CIMB Niaga menghadirkan sejumlah layanan investasi yang bisa Anda lakukan secara online, yaitu dengan menggunakan aplikasi digital banking seperti OCTO Mobile. Melalui OCTO Mobile, Anda yang ingin memulai investasi pada instrumen keuangan bisa melakukannya dengan mudah hanya dari ponsel, tanpa harus datang ke kantor cabang.

Selain menawarkan kemudahan, OCTO Mobile juga menyediakan produk investasi yang lengkap. Anda bisa memilih instrumen atau jenis investasi sesuai dengan kebutuhan serta profil risiko masing-masing, mulai dari deposito berjangka, tabungan berjangka, tabungan valuta asing, reksa dana, obligasi, hingga asuransi. Untuk memantau perkembangan investasi, Anda juga bisa melihat ringkasan semua portofolio investasi hanya di OCTO Mobile. 

Salah satu investasi yang bisa Anda lakukan yaitu Reksa Dana. Di balik kemudahannya, ada sejumlah manfaat reksa dana yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • Dikelola oleh manajer investasi profesional 
  • Terdapat beragam instrumen investasi, seperti pasar uang, obligasi pemerintah maupun obligasi korporasi dan saham
  • Transparansi informasi 
  • Likuiditas yang tinggi
  • Biaya rendah karena saat ini Anda sudah bisa membeli reksa dana melalui OCTO Mobile 
  • Kemudahan akses berinvestasi

Untuk memulai berinvestasi reksa dana melalui OCTO Mobile, Anda bisa melakukan beberapa langkah mudah, antara lain:

  1. Log in OCTO Mobile, lalu di bagian Daftar & Investasi pilih “Beli Reksa Dana”
  2. Pilih kategori investasi yang akan dibeli
  3. Melengkapi profil investasi
  4. Pilih produk investasi yang akan dibeli
  5. Masukkan nominal yang akan diinvestasikan, lalu setujui syarat dan ketentuan

Temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile