production

Cara Daftar PayPal yang Mudah, Praktis, dan Cepat

 

 
 
 
 

Cara Daftar PayPal yang Mudah, Praktis, dan Cepat

 

Istilah PayPal saat ini menjadi istilah yang tak terlalu asing didengar. Tetapi, masih cukup banyak orang yang bingung dengan cara daftar PayPal. Padahal, PayPal sudah cukup lama menjadi alat pembayaran online yang praktis.

Salah satu alasan banyak yang kebingungan dengan cara daftar PayPal adalah harus menggunakan kartu kredit. PayPal sendiri memang memberlakukan penggunaan kartu kredit sebagai tahapan verifikasi akun penggunanya, namun aturan ini tidak berlaku secara menyeluruh.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran akun di Paypal tanpa harus melakukan verifikasi dengan kartu kredit. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara daftar PayPal, berikut penjelasan ringkas tentang PayPal sendiri.

Apa Itu PayPal?

Ada banyak cara untuk melakukan pembayaran digital saat ini, salah satunya dengan menggunakan PayPal. PayPal menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk transaksi online.

PayPal adalah layanan keuangan online yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan akun. Di dalam akun ini nantinya bisa Anda tambahkan rekening bank, kartu kredit atau kartu debit untuk melakukan pembayaran 

PayPal tidak terbatas pada transaksi satu negara saja karena memiliki jaringan luas dan bisa dilakukan antar negara. Selain itu, transaksi menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang terbilang cukup baik seperti perlindungan pembeli, perlindungan penjual, enkripsi data, dan pencegahan penipuan sehingga banyak marketer online yang menjadikan PayPal sebagai salah satu alat pembayaran virtual.

Hal ini juga yang membuat banyak orang yang menggunakan PayPal untuk bisnis online yang mereka kelola, sebab PayPal memudahkan pengiriman uang dan juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pebisnis online di mana saja berada.

Ya, selain melakukan pembayaran online, PayPal juga dapat digunakan untuk menerima uang secara online. Jika Anda memiliki teman yang mempunyai akun PayPal juga, maka Anda bisa menerima uang dari teman Anda lewat PayPal.

Manfaat Menggunakan PayPal

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan daftar PayPal dan melakukan transaksi di sini. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan daftar PayPal dan menggunakannya.

  • Cepat

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan daftar PayPal transaksi terbilang akan berjalan dengan cepat antara penjual dan pembeli. Pasalnya transfer dari sesama akun PayPal ataupun dari akun PayPal ke rekening bank hanya memakan waktu 24 jam.

  • Harga terjangkau

    Meskipun membayar dengan PayPal akan dikenakan biaya administrasi, tetapi biayanya tersebut terbilang sangat murah dan terjangkau. Biaya administrasi ketika menggunakan PayPal adalah 30 sen dolar AS per transaksi, ditambah 3% dari total jumlah transaksi.

  • Transaksi Aman

    Dengan daftar PayPal, transaksi terbilang aman karena tingkat keamanan yang terbilang cukup baik seperti transaksi yang dipantau 24/7. Bagi pembeli, mereka dapat menghubungi PayPal apabila terjadi masalah terhadap pesanannya, seperti tidak sesuai ataupun barang tidak sampai dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Bagi penjual sendiri, PayPal memberikan rasa aman karena mereka tidak perlu takut penipuan yang akan dilakukan oleh pembeli, karena PayPal juga akan memberitahu Anda dan meminta Anda untuk menunda pengiriman ketika ditemukan masalah dalam proses transaksi.

  • Histori Transaksi

    Ketika Anda daftar PayPal dan menggunakannya, Anda bisa melihat transaksi apa saja yang telah Anda lakukan selama sebulan atau bahkan seminggu ke belakang.

  • Bersifat Global

    Saat ini PayPal merupakan salah satu metode pembayaran yang mudah diterima oleh berbagai situs belanja online di seluruh dunia. Dengan demikian, maka PayPal ini bersifat global karena mampu melakukan transaksi jual beli antar negara.

  • Privasi Akun PayPal Aman

    Sebagai pembeli Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari akun PayPal Anda. Sebab, PayPal menjaga kerahasiaan data diri Anda sehingga tidak menyebar ke mana-mana dan menimbulkan penyalahgunaan akun.

Cara Daftar PayPal

Cara daftar PayPal sebetulnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Pastikan bahwa Anda memiliki akun email yang aktif dan valid, serta sudah berusia di atas 18 tahun. Setelah syarat ini sudah terpenuhi, Anda bisa melakukan beberapa langkah daftar PayPal berikut ini:

  • Untuk daftar PayPal, buka website resmi PayPal (https://www.paypal.com/id/home)
  • Perhatikan bagian atas website tersebut dan pilih apakah Anda menginginkan sebuah akun PayPal pribadi atau akun PayPal untuk bisnis. Setelah menentukan pilihan, klik tombol “Daftar” yang terdapat pada bagian atas kanan halaman tersebut.
  • Untuk langkah daftar PayPal selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman yang baru. Pilih jenis akun yang diinginkan, misalnya akun “Primer” yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi belanja online dan juga menerima pengiriman uang secara online.
  • Isi nomor telepon yang valid
  • Langkah daftar PayPal berikutnya isikan data pribadi pada kolom-kolom yang telah tersedia di sana, pastikan mengisi semua data dengan benar. Lalu klik tombol “Setuju dan Buat Rekening” yang terdapat di bagian bawah.
  • Setelah langkah daftar PayPal tersebut, maka akan muncul halaman verifikasi yang akan meminta Anda untuk memasukkan kode ke dalam kolom yang tersedia di sana. Klik tombol “Lanjutkan” yang terdapat di sana, lalu klik tombol “Masuk ke Rekening Saya”.
  • Anda menemukan halaman akun PayPal Anda setelah langkah di atas. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui email.
  • Cek email dan temukan email yang dikirim oleh PayPal. Klik link yang terdapat dalam email PayPal tersebut, sehingga Anda bisa melakukan konfirmasi ke website PayPal secara otomatis.
  • Anda akan dihadapkan langsung pada halaman baru pada website PayPal, di mana Anda akan diminta untuk login dan memasukkan email serta password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  • Setelah login, maka Anda akan diarahkan ke halaman mengenai pertanyaan keamanan. Isi kolom tersebut dengan pertanyaan yang mudah Anda ingat, lalu klik tombol “Kirimkan” yang terdapat pada bagian bawah.
  • Akun PayPal sudah selesai dibuat. Namun untuk bisa menggunakan akun ini dalam berbagai transaksi online, termasuk pembelian dan penarikan dana, maka Anda harus melakukan verifikasi kartu kredit terlebih dahulu.

Saat ini daftar PayPal dan membuat akunnya bisa dilakukan melalui gadget yaitu dengan mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store. Langkah-langkah untuk daftar PayPal menggunakan aplikasi juga sama seperti melalui website PayPal.

Selain itu, saat ini daftar PayPal tidak harus melakukan verifikasi kartu kredit. Sehingga siapa saja yang ingin daftar PayPal tidak diwajibkan memiliki kartu kredit dan bisa terhubung untuk rekening tabungan biasa juga kartu debit.

Daftar PayPal dengan CIMB Niaga

Setelah memiliki akun PayPal, Anda harus melakukan aktivasi agar bisa menggunakannya untuk mengirim dan menerima uang. Bagi Anda nasabah dan calon nasabah CIMB Niaga, Anda bisa menggunakan Virtual Card Number (VCN) dari OCTO Clicks untuk daftar PayPal dan mengaktivasinya dengan cara berikut:

  • Masuk ke akun PayPal yang sudah Anda miliki
  • Klik opsi 'wallet' yang berada di header atas halaman
  • Klik 'link a debit or credit card'. Pastikan Anda memiliki saldo yang cukup karena dibutuhkan saldo minimal 1,95 USD (sekitar Rp 30.000) untuk melakukan aktivasi akun. PayPal akan otomatis memotong saldo Anda sebesar nominal tersebut
  • Masukkan informasi kartu. Anda harus memasukkan nomor kartu, tipe kartu, serta VCN
  • Setelah memasukkan informasi itu, Anda akan diminta untuk menunggu sekitar 2-3 hari. Setelah itu, akun PayPal Anda siap untuk digunakan.

Berikut tadi adalah tips cara daftar PayPal yang bisa Anda pelajari dan praktikkan. Cara menggunakan Paypal sangat mudah, khususnya bagi Anda calon dan nasabah CIMB Niaga dengan menggunakan VCN OCTO Clicks. Untuk informasi lebih lanjut tentang OCTO Clicks bisa cek di sini.

Referensi:

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Card

Praktis, Menguntungkan, Tanpa Plastik

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!