production

Bingung Mau Usaha Apa? Ini Ide Inspirasi Usaha yang Cuan

Bingung Mau Usaha Apa? Ini Ide Inspirasi Usaha yang Cuan


Keinginan untuk memulai sebuah bisnis seringkali menemui tantangan atau kendala. Salah satu yang sering dijumpai adalah ketiadaan ide atau inspirasi usaha apa yang akan dijalankan. Kondisi itu lumrah terjadi di masa awal kita akan merintis suatu usaha.

Apakah Anda termasuk? Jika iya, tidak perlu khawatir berlebih. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi ide atau inspirasi usaha buat Anda. Inspirasi maupun ide bisa datang dari mana saja, termasuk bisnis atau usaha di luar sana yang sudah terlebih dahulu sukses.

Sebagai contoh, Anda mendapati sebuah bisnis atau usaha yang potensial dan tertarik untuk menjalankan bisnis yang sama. Tidak ada salahnya untuk menjadikan bisnis tersebut sebagai inspirasi usaha. Namun, ada hal penting yang perlu diperhatikan, yakni kreativitas. Jika Anda ingin menjalankan jenis usaha yang mainstream maka perlu ada sesuatu atau faktor yang membuat usaha Anda berbeda. Di situlah pentingnya kreativitas.

Istilah yang cukup populer dalam dunia usaha adalah ATM atau kependekan dari amati, tiru, dan modifikasi. Inspirasi usaha yang sudah Anda dapat sebagai langkah awal, perlu diperbaharui dengan modifikasi yang benar-benar lahir dari kreativitas dan inovasi diri sendiri.

Lalu bagaimana agar Anda bisa mendapat ide dan inspirasi untuk berbisnis? Tentunya tidak bisa hanya dengan diam saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan biar inspirasi bisa lebih cepat datang, seperti ini:

  1. Perbanyak networking

    Hal pertama yang penting untuk Anda lakukan adalah perbanyak networking atau jaringan bisnis Anda. Inspirasi usaha enggak datang begitu saja kan? Dengan memperbanyak jaringan bisnis, tentu Anda akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran lebih banyak lagi.

    Caranya bagaimana? Yang pertama, Anda bisa sering-sering bertemu dengan rekan bisnis atau teman-teman Anda yang sudah lebih dahulu terjun di dunia bisnis. Dari situ Anda bisa belajar dan bertukar pikiran sehingga inspirasi bisa lebih mudah datang. Ceritakan apa yang menjadi kesulitan Anda dan jangan ragu bertanya apabila ada sesuatu hal yang belum Anda pahami.

    Selain itu, Anda juga bisa ikut bergabung di komunitas-komunitas pebisnis baik secara daring ataupun luring. Saat ini, komunitas pebisnis sudah banyak ditemui. Jadi tidak perlu pusing lagi untuk mencari rekan sesama pebisnis. Di luar itu, sekarang sudah mulai banyak seminar-seminar atau workshop yang digelar buat calon-calon pebisnis. Seminar ini biasanya digelar oleh komunitas-komunitas pebisnis.

  2. Berlibur bersama rekan atau keluarga

    Inspirasi usaha tidak akan muncul kalau pikiranmu tidak jernih. Dari pusing memikirkan pekerjaan sampai penat karena masalah-masalah lainnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk me-refresh pikiran agar kembali jernih. Dengan isi kepala yang sudah segar kembali, biasanya muncul ide-ide maupun inspirasi usaha yang tak terduga. Selain itu, refreshing juga menyegarkan kembali pikiran sehingga menghilangkan rasa penat.

    Caranya bagaimana? Simpel saja. Anda bisa me-refresh pikiran, salah satunya dengan berlibur bersama rekan maupun keluarga. Atau Anda juga bisa melakukan hal-hal yang disukai seperti menonton atau sekadar bersantai merelaksasi diri. Pikiran yang jernih dan suasana hati yang nyaman, biasanya akan membuat Anda lebih mudah menemukan ide atau inspirasi usaha dalam berbisnis.

  3. Rajin membaca

    Hal termudah yang bisa menjadi sumber inspirasi adalah membaca. Buku-buku mengenai bisnis kini makin mudah ditemukan. Dengan memperbanyak wawasan Anda mengenai bisnis, secara otomatis akan membuat sumber inspirasi semakin banyak. Jadi, inspirasi usaha mu bisa semakin terasah dengan cara rajin membaca.

Nah, setelah tahu apa-apa saja yang bisa menjadi sumber ide dan inspirasi usaha atau bisnis, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah tentukan usaha yang mau Anda jalani. Selain ide, dalam menentukan lini bisnis, perlu juga pertimbangan lainnya. Seperti ketersediaan modal, waktu, dan target pasar. Ketiga elemen tersebut harus saling menyesuaikan.

Jika Anda bingung menentukan atau masih ragu memulai bisnis, berikut ini beberapa inspirasi usaha yang potensial yang bisa Anda coba.

  1. Kuliner kekinian

    Usaha kuliner masih menjadi lini bisnis favorit bagi mereka yang hendak memulai bisnis sendiri. Hal itu lantaran makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Namun, sisi minus dari usaha kuliner adalah pesaing yang tidak sedikit. Karena itu, Anda harus berani membuat sesuatu yang berbeda apabila memutuskan terjun di bisnis kuliner.

    Antara lain membuat sajian kuliner yang berbeda dan disesuaikan dengan tren saat ini. Kini banyak hidangan kuliner yang merupakan kombinasi dari beragam jenis makanan atau minuman. Baik itu makanan ringan seperti cookies, makaroni, cireng, maupun minuman kombinasi seperti bubble tea dan thai tea.

    Selain itu, membuka usaha kuliner juga tak melulu menghabiskan modal yang besar. Dengan memanfaatkan penjualan online, Anda bisa menekan biaya operasional. Seperti menggunakan aplikasi pesan antar, usaha kuliner bahkan bisa tetap berjalan meski tanpa kehadiran toko fisik. Cukup menggunakan media sosial sebagai media promosi dan pemesanan.

  2. Pakaian

    Di kalangan anak muda, salah satu lini bisnis yang menjadi favorit adalah usaha di bidang fashion yakni clothing store atau toko pakaian. Usaha ini biasa berkaitan dengan keterkaitan yang Anda miliki. Apabila Anda menyukai musik, band-band favorit Anda bisa menjadi inspirasi usaha yang Anda jalankan.

    Hal itu bisa dimulai dengan membuat sendiri desain pakaian band-band favorit Anda. Hal itu termasuk juga jika Anda merupakan penggemar film, sepak bola, ataupun otomotif. Semuanya bisa dikreasikan melalui desain pakaian.

    Sasaran pasar dari lini bisnis ini adalah mereka yang mempunya ketertarikan pada hobi-hobi tertentu. Selain itu, membuka usaha clothing bisa dijalani secara online. Banyak ditemui clothing store yang tidak mempunya fisik melainkan hanya akun-akun media sosial sebagai toko online. Tentu ini menambah efektivitas dalam berbisnis clothing store Jadi, apa salahnya mencoba untuk terjun di bisnis pakaian!

  3. Dropshipping

    Ada satu skema bisnis yang terbilang lebih aman untuk Anda yang kurang berani dalam mengambil risiko tinggi. Yakni dropshipping.

    Dropshipping adalah skema bisnis di mana Anda selaku dropshipper hanya perlu menjual barang dari produsen. Namun menariknya, dalam sistem dropshipping, Anda hanya perlu menjual tanpa mengirimkan barang ke konsumen. Produsen atau dalam hal ini supplier lah yang akan mengirimkan barang langsung ke konsumen.

    Yang terpenting dalam skema ini adalah keuletan Anda dalam melakukan promosi barang ke calon-calon konsumen. Keuntungan lainnya yang bisa diperoleh, Anda bisa menawarkan harga yang lebih tinggi dari supplier.

    Meski begitu, hal yang perlu diperhatikan adalah rekam jejak supplier yang akan menjadi mitra Anda. Karena risiko cacat barang atau kualitas barang yang buruk bisa saja terjadi karena produk tidak melalui tangan Anda terlebih dahulu.

Setelah yakin usaha apa yang Anda pilih, langkah terakhir dalam terjun ke dunia bisnis adalah mempersiapkan modal awal. Tidak perlu khawatir jika Anda mempunyai kendala dalam ketersediaan modal. Saat ini banyak layanan perbankan yang menawarkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA seperti CIMB Niaga. Melalui program CIMB Niaga Xtra Dana, Anda bisa mendapat pinjaman dengan mudah dan tanpa ribet.

Jadi, agar inspirasi usaha Anda tidak sia-sia, segera bergabung ke program CIMB Niaga Xtra Dana!