production

Inilah 7 Cara berbisnis yang bisa Anda terapkan untuk usaha rumahan

 

 
 
 
 

Inilah 7 Cara berbisnis yang bisa Anda terapkan untuk usaha rumahan

 

Menjalankan bisnis bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Dengan memiliki tujuan agar mendapatkan keuntungan, waktu dan modal punya peran penting sebagai faktor menjalankan bisnis secara optimal. Namun, menentukan cara berbisnis yang baik dan sesuai juga akan menambah persentase dalam kemungkinan meraih untuk secara maksimal. Bisnis rumahan merupakan salah satu cara berbisnis yang dapat membantu Anda meraih keuntungan lebih besar untuk diri sendiri. Pasalnya, dengan cara berbisnis seperti bisnis rumahan, Anda tidak perlu membagikan hasil keuntungan kepada rekanan Anda. Selain itu, Anda pun memegang kontrol penuh terhadap cara berbisnis yang Anda jalani.

7 Cara berbisnis yang baik untuk usaha rumahan

Dalam menentukan cara berbisnis yang baik untuk bisnis rumahan, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan sebelum memulai menginvestasikan modal ke bisnis yang akan Anda geluti. Tahapan dalam cara berbisnis yang baik ini secara mendasar akan mempermudah Anda ketika mulai menjalani bisnis rumahan. Mengingat berada di masa pandemi, setiap aktivitas bisnis perlu perencanaan yang matang agar tidak melenceng dari ekspektasi yang Anda miliki, salah satunya tentu meraih keuntungan.

  1. Pahami visi dan misi bisnis

    Tahapan pertama yang perlu Anda lakukan guna mendapatkan cara bisnis yang baik dan sesuai adalah dengan membuat keselarasan dengan impian Anda dalam berbisnis. Maka dari itu, visi dan misi perlu hadir sebagai langkah awal cara berbisnis yang baik. Visi dan misi pada cara berbisnis tidak hanya sekadar dibuat saja, namun Anda perlu mempelajarinya secara menyeluruh. Anda perlu untuk paham mengenai kelebihan dan kekurangan dari rencana bisnis rumahan yang akan Anda jalani. Dengan memahami visi dan misi bisnis secara mendetail, Anda pun akan lebih percaya diri untuk menjalankan bisnis rumahan dengan cara berbisnis yang baik. Selain itu, visi dan misi juga punya peran penting dalam menjaga tujuan bisnis Anda sesuai dengan apa yang diimpikan.

  2. Mulai belajar administrasi

    Dalam memulai bisnis rumahan, Anda tidak perlu repot-repot mencari kursus administrasi secara penuh. Anda bisa mulai mempelajari porsi kecil dari bagian yang terdapat pada ilmu administrasi. Hal tersebut berguna sebagai salah satu cara berbisnis yang baik. Porsi kecil tentang administrasi yang perlu Anda pelajari biasanya mencakup berbagai aspek seperti membuat pembukuan keuangan yang cermat serta pencatatan terhadap transaksi produk atau jasa pada bisnis rumahan yang Anda jalani setiap harinya. Sebagai salah satu cara berbisnis yang baik, memiliki catatan yang rinci akan mempermudah Anda dan mengurangi risiko kerugian di masa mendatang.

  3. Pilih bidang yang Anda gemari

    Cara berbisnis secara baik yang perlu Anda perhatikan adalah memulai dengan hal yang Anda suka. Pasalnya, hal tersebut akan membantu Anda lebih mudah serta merasa lebih menyenangkan ketika harus menjalankan bisnis rumahan secara rutin dalam kurun waktu setiap hari. Ketika Anda melakukan sesuatu untuk hal yang Anda sukai besar kemungkinan Anda pun akan merasakan semangat yang lebih. Dengan semangat yang lebih, maka timbul kemungkinan besar bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga. Sebagai contoh, jika Anda memiliki ketertarikan dan keahlian di dunia desain grafis, Anda bisa membuka bisnis menawarkan jasa desain grafis yang juga bisa membantu keberlangsungan rekan-rekan yang baru memulai bisnis rumahan juga.

  4. Pelajari keunikan bisnis

    Keunikan memiliki daya jual yang cukup tinggi, Maka dari itu, keberadaan nilai unik pada bisnis Anda merupakan salah satu cara berbisnis yang dianggap baik. Dengan mempelajari keunikan bisnis Anda, secara tidak langsung bisnis Anda menjauhkan diri dari hadirnya risiko kompetisi terhadap aktivitas yang sedang Anda geluti saat ini. Selain itu, sebagai salah satu cara berbisnis yang baik, nilai unik juga akan membuat bisnis Anda lebih dikenal serta diingat oleh para pelanggan. Sebagai contoh, jika Anda memulai bisnis rumahan di bidang kuliner, cara berbisnis yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan jenis makanan atau minuman populer yang belum ada di lingkungan sekitar Anda. Cara berbisnis seperti itu memudahkan para calon pelanggan untuk mengarahkan minatnya untuk mengingat atau membeli produk yang Anda miliki.

  5. Buat rincian kebutuhan modal

    Modal merupakan faktor penting dalam menunjang bisnis rumahan yang akan Anda geluti, maka dari itu, perencanaan atau perhitungan kebutuhan modal perlu Anda buat sebagai salah satu cara berbisnis yang baik agar menghindari risiko kerugian dan kekurangan modal ketika bisnis rumahan Anda mulai berjalan. Perhitungan terkait modal yang dibutuhkan bisa Anda mulai dari bidang bisnis apa yang Anda perlukan. Jika Anda ingin memulai bisnis berupa jasa dengan basis layanan digital, seperti penulisan atau desain grafis, maka peralatan seperti komputer serta aksesori penunjang merupakan aspek utama dalam penyaluran modal. Sedangkan Anda ingin memulai usaha kuliner, Anda bisa alokasikan modal dengan membuat perhitungan mengenai pengeluaran biaya untuk bahan makanan, biaya produksi makanan, alat memasak, packaging, serta tempat penyimpanannya.

  6. Perkuat niat

    Pikiran yang sehat serta mental yang kuat merupakan bagian dari cara berbisnis yang baik. Maka dari itu, sebelum mulai menjalankan bisnis yang Anda gemari, Anda perlu meyakinkan diri serta perkuat niat Anda terlebih dahulu. Cara berbisnis ini bisa dimulai dengan memahami risiko yang bisa saja terjadi ketika Anda menjalankan bisnis. Dalam memperkuat niatan saat berbisnis, Anda juga bisa mulai memikirkan solusi dalam meminimalisasi atau menghindari risiko yang bisa saja hadir di kemudian hari. Selain itu, dengan niat yang kuat, maka Anda bisa menepis pikiran negatif yang hadir, seperti kemungkinan kegagalan yang malah dapat membuat Anda jadi segan untuk meningkatkan bisnis yang Anda geluti nantinya.

  7. Terbuka dalam inovasi

    Meningkatkan bisnis adalah tahapan yang perlu Anda lakukan sebagai salah satu cara berbisnis yang baik. Hal tersebut dibutuhkan tidak hanya demi meraih keuntungan semata, namun juga mengasah keahlian Anda dalam melakukan aktivitas bisnis dengan skala yang lebih besar dari bisnis rumahan. Menghadirkan inovasi ke dalam bisnis Anda bisa jadi cara berbisnis yang baik untuk meningkatkan potensi dari usaha yang Anda jalani. Berbagai macam inovasi bisa Anda lakukan, mulai dari pelayanan yang lebih cepat, pemilihan material yang berujung pada peningkatan kualitas produk atau jasa, hingga keterbukaan dalam melakukan promosi secara digital. Inovasi tersebut tidak hanya akan membantu usaha Anda meningkat, namun juga memberi kenyamanan kepada pelanggan tetap Anda dalam bertransaksi.

Setelah Anda yakin untuk menjalani usaha dengan cara berbisnis yang baik, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah memulai. Dalam memulai bisnis, diketahui bahwa modal memiliki peran yang penting. Maka dari itu persiapan modal perlu Anda lakukan dalam waktu yang sedini mungkin. Namun, jika Anda mendapatkan kendala di tengah masa pengumpulan modal atau sedang membutuhkan modal tambahan demi mengembangkan bisnis yang sudah ada, meminjam modal melalui KTA CIMB Niaga bisa jadi langkah tepat dalam memuluskan realisasi bisnis Anda dalam waktu dekat.

CIMB Niaga memiliki produk KTA bernama Xtra Dana yang dapat membantu Anda dalam penambahan modal usaha guna memenuhi kebutuhan dalam jangka waktu yang singkat serta mengatur arus kas yang lebih baik. Bersama CIMB Niaga, Anda bisa menikmati fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan persyaratan dan ketentuan yang mudah. Kini proses pengajuan KTA di CIMB Niaga juga bisa Anda lakukan dari rumah saja dengan hanya mengunjungi website atau menghubungi call center CIMB Niaga. Temukan info selengkapnya tentang produk KTA CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Tabungan Usaha - Personal

Menjadi seorang usahawan besar dan sukses harus memililiki mental sekuat baja, percaya diri serta memiliki visi dan misi yang besar Bunga tinggi hingga setara deposito, bebas transfer via counter cabang, CIMB Clicks, dan OCTO Mobile, bebas pick up service untuk melakukan setor tunai tanpa datang ke kantor cabang!

KPR Xtra CIMB Niaga

Berbagai solusi ideal yang ekstra untuk wujudkan hunian idaman

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian