production

[6 Tren Usaha Menjanjikan] Usaha Modal Kecil Bisa Untung Besar?

[6 Tren Usaha Menjanjikan] Usaha Modal Kecil Bisa Untung Besar?

 

 

Usaha modal kecil terkadang membuat ragu pemula yang tertarik terjun di dunia bisnis. Padahal di zaman serba canggih sekarang ini, hal tersebut bukanlah sebuah kendala. Sekarang ini banyak sekali usaha modal kecil yang menjanjikan dan pastinya cocok untuk pemula atau pebisnis rumahan. Belakangan ini, usaha modal kecil ini menjadi tren usaha yang diminati banyak kaum milenial. Tapi, tidak dipungkiri bisa diminati juga oleh kaum lainnya.

Kira-kira apa saja usaha modal kecil yang menjadi tren di tahun 2020 ini? Berikut ini usaha-usaha modal kecil yang cocok untuk pemula.

1. Usaha Angkringan atau Warung kopi

Tempat berkumpul atau lebih dikenal tempat nongkrong memiliki banyak jenis. Dari café sampai warung kopi dengan makanan dan minuman rumahan bisa menjadi pilihan tempat berkumpul. Hal tersebut bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Usaha angkringan atau warung kopi kini merajalela. Menyediakan makanan dan minuman rumahan dengan harga terjangkau, menjadi daya tarik tempat nongkrong yang nyaman.

Untuk modal tempat usaha angkringan atau warung kopi ini Anda bisa memanfaatkan sudut kosong di depan rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyewa tempat dengan harga yang terjangkau. Sebab, angkringan atau warung kopi tidak membutuhkan tempat besar untuk operasionalnya, Anda hanya membutuhkan tempat duduk yang cukup banyak untuk para pelanggan.

Mengapa harus usaha warung kopi? Karena daya tarik warung kopi saat ini selain sebagai tempat nongkrong, juga dimanfaatkan untuk fasilitas free wifi dan harga makanan dan minuman yang terjangkau. Oleh karena itu, warung kopi atau angkringan bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menjanjikan untuk Anda.

2. Usaha Warung Kelontong dan sembako

Usaha warung kelontong dan sembako ini bisa menjadi salah satu peluang usaha modal kecil yang menjanjikan untuk dicoba. Warung kelontong berhubungan erat dengan kebutuhan pokok setiap manusia. Kebutuhan pokok meliputi, kebutuhan makan, minum, mencuci, dan memasak. Oleh karena itu, usaha warung sembako dan kelontong ini menjadi usaha yang potensial. Dengan modal kecil, Anda sudah bisa membuat sebuah warung kelontong dan sembako.

Namun karena persaingan yang cukup ketat di usaha warung kelontong ini, Anda harus memiliki inovasi dan keberanian dalam persaingan tersebut. Walaupun masuk ke dalam usaha modal kecil, Anda perlu berkomitmen dalam menjalankan usaha warung kelontong dan sembako ini.

Sebelum itu, Anda harus melakukan riset untuk mengetahui jenis barang atau produk apa saja yang lebih banyak dibutuhkan oleh para pembeli. Tujuannya agar Anda bisa menentukan apa saja barang yang harus dijual di warung kelontong dan sembako Anda. Selain itu, Anda juga harus menentukan lokasi yang strategis untuk kegiatan jual belinya. Kunci sukses persaingan warung kelontong dan sembako adalah lokasi usaha. Jadi, perhatikan produk dan lokasi warung kelontong dan sembako Anda, agar usaha modal kecil Anda berhasil.

3. Bisnis Waralaba/Franchise

Bisnis Waralaba/franchise adalah usaha yang dijalankan dengan model kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas. Bisnis franchise ini memiliki peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Karena, Anda hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa Anda perlu memasarkan, yang tentunya lebih cepat mendatangkan pembeli.

Sebenarnya bisnis waralaba atau franchise ini sudah berkembang lama, namun sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar dan hanya untuk bisnis makanan. Kenyataannya, banyak pilihan waralaba yang memulai dari modal kecil dan pastinya bisnis franchise ini tidak hanya makanan. Kini sudah ada franchise jasa laundry, gas, jasa kirim barang, bahkan ada bisnis franchise tambal ban.

Dengan demikian, bisnis waralaba atau franchise ini cukup menjanjikan untuk ada yang ingin usaha modal kecil. Dengan modal yang terbatas, Anda bisa memulai bisnis dengan produk perusahaan ternama yang bisa Anda kembangkan dan memenuhi kebutuhan para pembeli. Kunci dari bisnis waralaba ini, Anda perlu melihat jeli peluang usaha tersebut, dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang baik.

4. Usaha Food Truck

Selanjutnya, ada usaha food truck yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, di Indonesia sendiri usaha ini belum terlalu populer. Peluang usaha food truck ini berasal dari luar negeri, yang awalnya dikenal untuk berjualan es krim. Seiring berjalannya waktu, usaha food truck ini berkembang hingga ke makanan dan minuman. Bahkan di Indonesia sekarang ini juga sudah berkembang hingga menjual pakaian, sepatu, dll.

Modal menyewa ruko, bisa Anda untuk merombak kendaraan menjadi tempat untuk berbisnis. Usaha modal kecil ini juga banyak dimanfaatkan tidak hanya di truk saja, tapi di kendaraan pribadi yang disulap menjadi tempat untuk menjajakan produk-produk. Usaha food truck ini bisa banyak Anda temui di acara-acara outdoor seperti bazar, acara music yang menyediakan food corner, dan CFD.

Produk yang bisa Anda perjual belikan di usaha food truck ini beragam. Dari menjual makanan dan minuman cepat saji, atau makanan dan minuman yang dibuat langsung di tempat, bahkan ada juga yang memanfaatkan truck ini untuk usaha salon dan pangkas rambut. Kuncinya Anda harus jeli dalam memanfaatkan modal kecil yang Anda miliki dan melihat peluang usaha apa yang cocok untuk digeluti.

5. Bisnis Makanan dan Minuman Sehat

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini kesehatan menjadi hal paling utama. Tren gaya hidup sehat juga sedang ramai-ramainya. Tidak sedikit juga yang mulai beralih mencari makanan dan minuman sehat untuk kehidupannya setiap hari. Hal tersebut kini bisa menjadi peluang usaha modal kecil. Bisnis ini hanya perlu menyediakan makanan dan minuman sehat yang dibuat dari bahan-bahan yang sehat.

Riset untuk memulai bisnis ini dengan mencari usaha-usaha rumahan yang menyediakan makanan dan minuman sehat atau Anda juga bisa membuat dan menyediakan makanan dan minuman sehat tersebut. Dengan menggunakan promosi yang gencar melalui media sosial atau website pribadi, Anda bisa memulai memperkenalkan produk buatan sendiri atau produk dari usaha-usaha rumahan tersebut. Dengan demikian, Anda membuka peluang usaha untuk Anda sendiri dan juga membuka peluang usaha untuk orang lain.

6. Usaha Jastip atau Jasa Titip

Terakhir, usaha modal kecil yang sedang trend saat ini adalah usaha jastip atau yang dikenal dengan jasa titip. Bisnis jasa titip ini merupakan bisnis usaha yang menarik. Modal yang harus dimiliki juga tidak begitu besar. Keuntungan yang didapat dari jasa titip yang membelikan barang titipan tersebut. Cukup menarik bukan? Buat Anda yang hobi jalan-jalan juga bisa merambah bisnis jastip ini.

Usaha modal kecil di bidang jasa titip ini memang terbilang baru di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi dan media social, usaha jasa titip ini semakin marak diminati. Jenisnya pun beragam macamnya, ada jasa titip dari luar negeri hingga jasa titip barang-barang di kota-kota besar di Indonesia. Umumnya barang yang paling laris dicari untuk dititip belikan adalah kosmetik, makanan, furniture, pakaian, hingga mainan anak.

Target pasar dan promosi menjadi kunci kesuksesan usaha jasa titip ini. Jika Anda memiliki target pasar barang-barang branded, Anda juga harus mencari para pembeli dari kalangan yang mencari barang branded untuk dititip belikan. Promosi jasa titip Anda juga harus gencar, untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli yang titip beli di Anda. Oleh karena itu, dalam usaha jasa titip ini modalnya kecil, hanya perlu kepercayaan dari pembeli untuk titip beli di Anda. Berani coba?

Usaha modal kecil bukanlah sebuah hambatan dalam peluang usaha yang Anda miliki. Sebagai pemula dalam dunia bisnis, Anda tak perlu ragu dalam modal usaha yang kecil. Kini CIMB Niaga memiliki program Pinjaman Tetap (PT) yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan modal usaha, membantu dalam mengatur tingkat kecukupan aset dan mempermudah Anda dalam menatausahakan transaksi rutin. Untuk informasi yang lebih jelas, silahkan kunjungi Pinjaman Tetap (PT).