production

3 Keuntungan Usaha Rumahan yang Bikin Nyaman

 

 
 
 
 

3 Keuntungan Usaha Rumahan yang Bikin Nyaman

 

Menjalankan usaha di rumah atau yang lebih dikenal dengan istilah usaha rumahan ini merupakan salah satu solusi yang baik untuk dilakukan oleh para pelaku bisnis pemula atau mikro. Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa lebih fokus menjalankan usaha rumahan di bagian operasional dan juga kualitas produk, tanpa harus memikirkan biaya pembelian atau sewa aset, seperti ruko.

Keuntungan menjalankan usaha rumahan

Sebagaimana yang Anda ketahui, menjadi pelaku usaha membutuhkan pengetahuan serta sumber daya finansial yang besar. Namun, dengan menjalankan usaha rumahan, setidaknya Anda bisa mengurangi porsi kebutuhan finansial yang besar untuk fokus mengembangkan bisnis berdasarkan apa yang Anda tawarkan. Di zaman yang serba digital seperti saat ini, fasilitas menjalankan usaha rumahan pun jadi lebih mudah, baik Anda yang berbisnis di bidang jasa maupun consumer product. Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda rasakan sebagai pelaku usaha rumahan:

Lebih hemat

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, dalam menjalankan bisnis, kekuatan finansial jadi salah satu faktor penting untuk menjaga operasional berjalan dengan baik. Namun, jika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha rumahan, biaya operasional yang diperlukan bisa Anda pangkas untuk kebutuhan lainnya. Salah satu biaya operasional yang bisa Anda kurangi adalah kebutuhan memiliki kantor atau toko. Dengan menjalankan usaha rumahan, Anda bisa menjadikan salah satu ruangan di dalam rumah sebagai tempat kerja. Hal ini tentu akan menghemat pengeluaran tahunan Anda. 

Terlebih bagi Anda yang menjalankan bisnis makro, usaha rumahan bisa membantu Anda untuk memastikan laporan keuangan tetap sehat, baik di atas kertas maupun dalam realita di lapangan. Pasalnya, biaya untuk sewa kantor atau tempat kerja bisa Anda alokasikan untuk meningkatkan operasional bisnis, seperti supply chain, pemasaran, serta kemungkinan mendapatkan tenaga kerja yang profesional dan berpengalaman. Semenjak work from home (WFH) jadi salah satu budaya kerja baru, banyak orang yang memilih untuk bekerja atau menjalankan usaha di rumah saja.

Waktu fleksibel

Selain dari aspek finansial, keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan sebagai pelaku usaha rumahan adalah waktu yang lebih fleksibel. Bagi Anda yang sebelumnya harus terbiasa bangun lebih pagi untuk berangkat ke tempat kerja, kini Anda bisa lebih memaksimalkan waktu di pagi hari untuk kebutuhan atau keperluan lainnya. Waktu yang fleksibel ini juga bisa jadi salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan kinerja dari keseluruhan usaha rumahan yang Anda jalani. Dengan jadwal yang fleksibel, Anda bisa mengatur usaha rumahan sesuai dengan keperluan Anda.

Mengurangi risiko lelah

Bagi Anda yang menjalankan usaha rumahan, salah satu keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan adalah berkurangnya risiko lelah. Jika Anda berangkat ke tempat kerja, tentu Anda membutuhkan tenaga dan waktu lebih. Belum lagi, jika Anda harus terjebak macet di jalanan. Bisa-bisa waktu kerja Anda di tempat kerja harus rela terbuang karena Anda membutuhkan waktu sejenak untuk beristirahat sebelum bisa bekerja dengan optimal. Selain itu, terhindar dari macet juga akan mengurangi beban stress Anda ketika bekerja, sehingga Anda bisa bekerja lebih nyaman dengan menjalankan usaha rumahan.

Punya banyak waktu bersama keluarga

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, tentu Anda menyadari bahwa waktu bersama keluarga merupakan salah satu hal yang paling berharga. Dengan menjalankan usaha rumahan, Anda kini bisa meluangkan waktu bersama keluarga lebih banyak. Tentu saja Anda harus memastikan bahwa ada batasan antara waktu kerja dan waktu bersantai bersama keluarga. Namun, ketika waktu kerja sudah selesai, Anda bisa langsung bertemu keluarga di rumah dan bercengkrama bersama. Meningkatkan kualitas waktu agar menambah keharmonisan dalam hubungan keluarga.

Usaha rumahan tentu menawarkan banyak keuntungan, namun ada beberapa risiko juga yang perlu Anda antisipasi. Antisipasi risiko ini berguna bagi Anda untuk bisa mempelajari lebih dalam mengenai seluk beluk usaha rumahan dan membantu proses pengembangan jadi lebih cepat dari rencana Anda.

  1. Keuntungan kecil

    Sebagai pelaku usaha, tentu Anda memahami bahwa keuntungan akan berbanding lurus dengan sistem operasional yang baik dan berkualitas. Salah satu risiko yang bisa hadir ketika Anda menjalankan usaha rumahan adalah persentase keuntungan yang relatif kecil. Untuk mengantisipasi hal tersebut, penting bagi Anda untuk mempunyai perencanaan usaha rumahan yang tepat. Jangan mudah terlena dengan keuntungan yang ditawarkan untuk bekerja atau menjalankan usaha di rumah. Inovasi di ranah strategi bisnis pun harus dimaksimalkan dengan baik agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal meskipun menjalankan usaha rumahan.

  2. Manajemen waktu

    Selain itu, kenyamanan atau kemudahan yang ditawarkan oleh usaha rumahan bisa berdampak negatif pada manajemen waktu Anda. Sebagai pelaku bisnis, waktu merupakan hal yang penting untuk dioptimalisasi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan manajemen waktu yang baik. Hal ini bisa diselaraskan dengan pengembangan rencana usaha yang Anda butuhkan untuk meningkatkan pendapatan dari usaha rumahan yang Anda jalani. Pastikan Anda dan tenaga kerja yang ada disiplin dengan peraturan manajemen waktu yang telah disepakati agar mengurangi risiko kerugian akibat kelalaian waktu dalam menjalani usaha rumahan.

  3. Risiko berkurangnya koneksi

    Dengan menjalankan usaha di dalam rumah, tentu waktu yang paling banyak digunakan adalah di lingkungan tempat kerja Anda saat ini. Risiko yang mudah untuk terjadi karena terlalu nyaman menjalankan usaha di dalam rumah adalah berkurangnya koneksi. Padahal dalam menjalankan bisnis apa pun, koneksi merupakan salah satu aspek eksternal yang perlu Anda kembangkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sediakan waktu satu minggu sekali untuk mengunjungi rekan bisnis atau calon klien yang akan bekerja sama dalam mengembangkan bisnis Anda saat ini. Tentu Anda bisa menggunakan inovasi teknologi sebagai alat mempermudah komunikasi. Namun, pertemuan tatap muka bisa lebih meyakinkan rekan bisnis atau calon klien bahwa Anda serius menjalankan bisnis meskipun beroperasi di dalam rumah.

Peluang bisnis rumahan

Bagi Anda yang membutuhkan contoh jelas untuk menjalankan bisnis di rumah, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba sesuai dengan tren yang tengah populer di kalangan masyarakat saat ini.

  • Konsultan keuangan dan bisnis
  • Katering
  • Penulis lepas
  • Digital marketing

Sebagai pelaku usaha, baik bisnis rumahan maupun skala besar, tentu manajemen keuangan yang baik jadi salah satu hal yang penting untuk Anda miliki. Dengan manajemen keuangan yang baik, Anda bisa memastikan operasional bisnis berjalan dengan baik tanpa harus terus-terusan mengalokasikan dana pribadi ke dalam urusan bisnis yang sedang Anda jalani. Untuk Anda yang membutuhkan modal tambahan dalam melancarkan pengembangan bisnis, Anda bisa ajukan pinjaman modal dengan agunan di CIMB Niaga melalui produk Xtra Cash. Dengan Xtra Cash dari CIMB Niaga, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa proses pengajuan yang mudah dan cepat, suku bunga yang kompetitif, serta persentase nilai pinjaman tinggi dari agunan yang Anda ajukan. Dapatkan juga akses mudah dengan layanan pengajuan aplikasi Xtra Cash di semua cabang CIMB Niaga.Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Market Linked Deposit

Deposito aman yang disertai dengan keuntungan investasi