www.cimbniaga.co.id production

CIMB Niaga Syariah Luncurkan Islamic Legacy Service, Layanan Distribusi Waris Islam Pertama di Indonesia

28 Feb 2025

JAKARTA. Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus memperkuat posisinya sebagai pelopor inovasi perbankan syariah di Indonesia. Terbaru, CIMB Niaga Syariah meluncurkan Islamic Legacy Service, layanan distribusi waris Islam pertama di industri perbankan nasional yang ditujukan untuk nasabah prioritas atau CIMB Preferred Syariah. Layanan ini dirancang untuk membantu nasabah dalam mengelola serta mendistribusikan warisan secara adil dan sesuai dengan prinsip syariah, sehingga dapat memberikan ketenangan bagi keluarga di masa depan.

Head of Sharia Consumer & Emerging Business Banking CIMB Niaga Bung Aldilla menyatakan, kehadiran layanan Distribusi Waris Islam diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Muslim di Indonesia yang semakin sadar akan pentingnya perencanaan keuangan jangka panjang, termasuk pengelolaan warisan. Melalui layanan ini, CIMB Niaga Syariah menyediakan solusi keuangan yang lebih dari sekadar produk perbankan, tetapi juga memberikan ketenangan bagi nasabah dalam mengelola warisannya.

“Sebagai bank syariah yang berorientasi pada solusi, kami memahami bahwa perencanaan waris bukan hanya tentang harta, tetapi juga tanggung jawab dan keberlanjutan kesejahteraan keluarga. Islamic Legacy Service hadir untuk membantu nasabah memastikan bahwa distribusi waris dilakukan dengan mudah, aman, dan sesuai dengan syariah, tanpa menimbulkan konflik di kemudian hari,” ujar Bung Aldilla di Jakarta, Jumat (28/2/2025).

Islamic Legacy Service menawarkan sistem distribusi waris yang transparan, terstruktur, dan berbasis syariah dengan tiga fitur utama. Pertama, Personal Advisory atau Layanan Konsultasi Waris Islam, yang memberikan kesempatan kepada nasabah untuk berkonsultasi secara online hingga 90 menit dengan mitra konsultan waris CIMB Niaga Syariah. Layanan ini membantu memahami perhitungan waris Islam, strategi perencanaan, serta aspek hukum yang relevan.

Kedua, Layanan Pencatatan Surat Kuasa (Waarmerking), yang memungkinkan nasabah mencatatkan surat kuasa waris dengan notaris rekanan CIMB Niaga Syariah. Dengan demikian, distribusi waris memiliki dasar hukum yang kuat dan dapat dijalankan sesuai ketentuan.

Ketiga, Layanan Distribusi Waris. Dalam hal ini nasabah memberikan kuasa kepada CIMB Niaga Syariah untuk mendistribusikan dana waris kepada para ahli waris sesuai dengan persentase yang telah ditentukan berdasarkan hukum Islam. Selanjutnya, para ahli waris di kemudian hari dapat menikmati layanan ini melalui pengajuan ke cabang syariah terdekat, sesuai ketentuan yang berlaku.

“Layanan Islamic Legacy Service tersedia bagi nasabah mulai 1 Maret 2025 di seluruh cabang CIMB Niaga Syariah di Indonesia. Nasabah yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini dapat mengunjungi cabang CIMB Niaga Syariah terdekat atau menghubungi Relationship Manager,” ujar Bung Aldilla.

Tentang CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga; IDX: BNGA) adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Selama hampir tujuh dekade, CIMB Niaga hadir melayani masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah. Layanan ini meliputi segmen Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking, yang didukung dengan kapabilitas Treasury dan Capital Market. Untuk memudahkan kebutuhan transaksi digital nasabah, CIMB Niaga terus menghadirkan solusi digital banking terdepan melalui inovasi digital OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, serta kantor cabang modern Digital Lounge dan Digital Branch.

Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan menjadi mitra terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat di Indonesia dalam mewujudkan aspirasinya. Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan, dengan mengusung inisiatif #SekarangUntukMasaDepan. Untuk mendukung inklusi keuangan termasuk di Indonesia Timur, CIMB Niaga juga aktif melakukan pemberdayaan masyarakat melalui CommunityLink #JadiBerkelanjutan.

Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Desember 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.004 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 38 Digital Lounge), 3.265 ATM, serta 634.948 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Hery Kurniawan
Corporate Communications Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: (021) 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id