production

Pinjaman KTA Mudah dari CIMB Niaga

Pinjaman KTA Mudah dari CIMB Niaga

 

 

Tidak dapat dipungkiri jika setiap tahunnya kebutuhan setiap orang semakin meningkat, terlebih jika telah memiliki keluarga pastinya dana ekstra harus disiapkan. Dalam menjalani kehidupan tentunya kita juga akan dihadapkan oleh berbagai masalah, salah satunya masalah keuangan. Tidak adanya dana darurat kerap kali menjadi masalah ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi orang yang telah memiliki kendaraan, rumah maupun tanah bisa saja untuk menggadaikannya guna  mendapatkan dana yang dibutuhkan. Namun bagaimana dengan orang yang tidak memiliki itu semua? Tentunya hal ini menjadi sebuah masalah yang membuat sakit kepala dan tidak tenang setiap harinya.

Saat ini terdapat kemudahan untuk mendapatkan dana yang  Anda butuhkan guna menyelesaikan permasalahan yang datang secara tiba-tiba. Kredit Tanpa Agunan (KTA) dapat dijadikan solusi bagi Anda yang membutuhkan dana cepat tanpa harus menjaminkan surat-surat penting seperti sertifikat tanah, rumah dan surat kepemilikan kendaraan.

Pinjaman KTA sendiri iklannya sudah banyak ditemui pada halaman media online dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Bagi Anda yang belum memahami tentang pinjaman KTA, simak ulasan kami berikut ini.

Jenis KTA

Terdapat dua jenis pinjaman KTA yakni KTA reguler dan KTA payroll. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Namun secara karakter terdapat kesamaan yakni dalam hal tidak dibutuhkannya agunan untuk mendapatkan pinjaman. Berikut penjelasan lebih rincinya.

KTA Reguler

KTA Reguler adalah pinjaman tanpa agunan yang disediakan oleh pihak bank untuk Anda yang membutuhkan dana cepat. Anda tak perlu terlebih dahulu menjadi nasabah bank tertentu untuk mengakses pinjaman KTA dari bank tersebut. 

KTA Payroll

Pinjaman KTA ini ditujukan untuk karyawan yang mendapatkan gaji bulanan dari bank yang menyediakan pinjaman tersebut. Proses dari KTA payroll biasanya lebih cepat dan dana yang bisa dicairkan juga lebih besar. Sebab, bank bisa lebih memastikan bahwa si penerima pinjaman KTA mampu mengembalikan pinjaman atas statusnya sebagai karyawan yang menerima payroll dari bank tersebut.

Syarat Pengajuan KTA Lebih Mudah

Kredit Tanpa Agunan diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Hal ini tentu saja sangat membantu untuk Anda yang belum mempunyai aset seperti rumah atau mobil. Umumnya, syarat yang dipatok untuk pencairan pinjaman KTA antara lain:

  1. Kartu tanda penduduk
  2. Bukti penghasilan/slip gaji terakhir
  3. Surat izin usaha atau praktik untuk kalangan profesional dan wirausaha
  4. Rekening bank
  5. Nomor pokok wajib pajak

Syarat lainnya yakni pemohon diharuskan memiliki kartu kredit. Bank memberlakukan syarat ini agar bisa menilai kemampuan keuangan pemohon pinjaman KTA. Sebagai parameter seberapa lancar tagihan kartu kredit dibayarkan. Bila tak pernah ada keterlambatan dan tagihan selalu dibayar lunas, kemungkinan pinjaman KTA cair bakal lebih tinggi.

Dana yang bisa dicairkan bisa lebih besar atas pertimbangan penggunaan kartu kredit yang disiplin dan bertanggung jawab. Karena itulah pemegang kartu kredit lebih besar peluangnya mendapatkan pinjaman KTA.

Selanjutnya syarat yang sering kali tak disertakan secara eksplisit dalam pengajuan pinjaman KTA., yakni proses BI checking atau pengecekan riwayat kredit seseorang di pusat data Bank Indonesia. Disini, semua orang yang pernah mengakses pinjaman dari perbankan akan ada datanya di Bank Indonesia. Data itu mencakup kapan dan di mana pinjaman diakses, berapa besarnya, dan bagaimana pelunasannya.

Lebih Cepat Cair

Pinjaman KTA. sangat cocok untuk Anda yang memerlukan dana darurat guna memenuhi kebutuhan mendesak karena dalam proses setelah pengajuan pada pihak bank, biasanya hanya diperlukan waktu 2-3 hari untuk pencairan dana.

Saat ini pinjaman KTA. tidak hanya bisa diakses dengan datang langsung ke kantor penyedia pinjaman akan tetapi bisa juga diajukan secara online. Hal ini ditawarkan demi kemudahan masyarakat yang kian sibuk dengan aktivitas sehari-hari.

Hanya dengan mendaftarkan diri dan mengirim semua berkas persyaratan lewat situs fintech, pengajuan pinjaman KTA. bisa langsung diproses. Pinjaman KTA. pun bisa cair dengan cepat selama semua syarat dipenuhi. Beberapa bank juga telah menyediakan fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang bisa diakses lewat Internet.

Alur pencairan KTA bermula dari pemenuhan syarat. Dokumen itu akan diperiksa dan diverifikasi oleh petugas bagian kredit. Bila ada yang belum lengkap, petugas akan menghubungi pemohon meminta kelengkapan.

Ketika syarat dinyatakan lengkap, petugas akan mempertimbangkan jumlah dana yang diminta dengan melihat kemampuan keuangan pemohon. KTA akan disetujui saat pemohon dinilai mampu melunasinya. Akan tetapi plafon bisa jadi dipangkas sesuai dengan batas aman pinjaman menurut penilaian bank. Sebagai contoh,  dari plafon Rp 10 juta yang diminta, yang cair hanya Rp 5 juta karena itulah nominal yang aman.

Jika terdapat  penolakan KTA umumnya disebabkan oleh syarat yang tidak terpenuhi atau tak bisa diverifikasi, atau bisa juga riwayat peminjam yang buruk. Bisa juga karena pihak bank menilai pemohon tak akan sanggup melunasi pinjaman dengan kondisi keuangan sang pemohon.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Seperti yang telah diketahui jika KTA memiliki keunggulan berupa cepatnya pencairan. Namun sebaiknya Anda perhatikan sederet hal agar bijak dalam memanfaatkan layanan ini:

Biaya KTA

  1. Provisi 

    Provisi adalah biaya administrasi, umumnya dipotong langsung dari plafon yang dicairkan. Besarannya bervariasi, rata-rata 3% dari total pinjaman. Misalnya pinjaman Rp 10 juta, berarti yang kelak diterima hanya Rp 9.700.000 karena ada biaya provisi 3% sebesar Rp 300.000.

  2. Penalti

    Biaya ini muncul jika KTA dilunasi lebih cepat dari tenor yang disepakati. Misalnya seharusnya KTA diangsur hingga 12 bulan, tapi pada bulan ke-10 sudah dilunasi. Jumlah biaya penalti ini berbeda di tiap lembaga. Tapi ada pula penyedia KTA yang tak membebankan penalti.

  3. Biaya keterlambatan

    Biaya ini berupa denda karena terlambat membayar angsuran. Makin lama cicilan tertunda, makin besar denda yang akan dibebankan kepada Anda. 

  4. Asuransi

    Biaya asuransi ada untuk melindungi penerima KTA jika terjadi hal-hal yang membuatnya tak bisa melunasi pinjaman itu, misalnya meninggal karena kecelakaan. KTA akan dilunasi pihak asuransi, sehingga anggota keluarganya tak ada lagi tanggungan.

    Untuk mendapat produk KTA yang paling tepat dan cocok untuk kebutuhan kita, ada baiknya untuk melakukan riset dan perbandingan dulu terhadap produk-produk KTA yang ada di pasaran. Saat ini sudah banyak kok fintech yang menyediakan fasilitas perbandingan untuk produk-produk KTA. Jadi jangan lupa untuk memanfaatkan layanan ini sebelum memutuskan produk KTA yang akan dipilih.

Pinjaman KTA Mudah dari CIMB Niaga

CIMB Niaga juga mengeluarkan produk pinjaman KTA dengan persyaratan yang mudah untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman cepat untuk segala kebutuhan. Terdapat dua jenis pinjaman KTA dari CIMB Niaga yakni Xtra Dana dan Xtra Dana iB.

Keduanya memiliki keunggulan dan kemudahan bagi penggunanya. Layanan pengajuan KTA ini dapat Anda lakukan melalui aplikasi di semua cabang, call center atau website CIMB Niaga. Untuk informasi lebih lanjut klik KTA dan dapatkan kemudahan layanan KTA bersama CIMB Niaga.