production

Seperti ini Efektifnya Kerja Dari Rumah

Seperti ini Efektifnya Kerja Dari Rumah

Saat ini hampir di seluruh dunia sedang merasakan besarnya dampak dari penyebaran virus Covid-19. Tidak hanya itu, dampak dari virus ini juga terasa di berbagai sektor industri dan juga bagi seluruh lapisan manusia. Sampai saat ini, belum ada satu pernyataan pasti kapan dan berapa lama dampak dari pandemi ini berakhir. Beberapa perusahaan terpaksa untuk menutup beberapa gerainya, memutuskan beberapa karyawan untuk berhenti dan menunda pekerjaan yang mungkin sudah direncanakan untuk dijalankan di tahun 2020. Hal ini tentunya membuat perputaran ekonomi di seluruh dunia menjadi kacau dan menurun tajam.

Untuk menahan penyebaran virus lebih besar dan cepat, pemerintah di banyak negara memutuskan untuk memberlakukan lockdown dan social distancing guna menghindari kontak langsung dengan manusia lainnya. Dengan terpaksa beberapa perusahaan memberlakukan sistem kerja dari rumah guna mengikuti peraturan dari pemerintahan pusat. Para pekerja pun mau tidak mau harus mengikuti peraturan yang telah diberikan.

Walaupun demikian, kerja dari rumah bukanlah menjadi hal yang sulit. Mungkin bagi sebagian orang bekerja dari rumah bukanlah hal yang baru, tetapi bagaimana dengan beberapa orang yang baru merasakan rasanya kerja dari rumah terlebih untuk waktu yang belum dapat dipastikan? Anda harus menyesuaikan lingkungan kerja dari rumah membuat Anda dapat focus ketika Anda bekerja. Untuk itu simaklah penjelasan dibawah ini!

Cara Kerja Dari Rumah Dengan Benar dan Efektif!

Jaga Komunikasi

Jangan menjadikan alasan kerja dari rumah dalam masa pandemi ini sebagai alasan Anda untuk tidak atau jarang berkomunikasi dengan atasan maupun kolega Anda di tempat kerja. Kunci dari efektifnya kerja dari rumah adalah dengan menjaga komunikasi Anda dengan atasan maupun kolega Anda. Dengan begitu atasan Anda tidak akan mengejar ngejar Anda karena Anda telah mengkomunikasikan pekerjaan maupun hasil pekerjaan Anda secara jelas. Kedepannya atasan Anda maupun Anda sendiri akan merasa aman dan jelas dalam pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Komunikasi juga sangat penting dilakukan secara reguler untuk membuat Anda merasa ditemani dan tidak melakukan pekerjaan Anda secara sendirian saat kerja dari rumah. Karena terkadang kerja dari rumah dapat membuat Anda merasa tidak terstruktur seperti saat anda pergi bekerja ke kantor dan merasa terisolasi.

Jalani Hari Seperti Hari Biasa Pergi Bekerja

Kerja dari rumah memang menyenangkan, Anda bisa memakai baju tidur Anda dan bekerja dari tempat tidur Anda dengan nyaman sambal menonton TV dan menyantap camilan. Tetapi tanpa disadari dengan melakukan hal tersebut malah akan menunda pekerjaan Anda. Secara tidak langsung Anda akan menjadi kurang produktif seperti Anda bekerja ke kantor seperti biasanya. Untuk menyiasati hal ini, cobalah untuk membuat satu space sendiri dan didekorasi selayaknya meja kerja Anda. Siapkan alat-alat yang Anda butuhkan didekat Anda atau diletakkan di meja tersebut.

Anda juga bisa membuat peraturan untuk keluarga Anda saat kerja dari rumah dimana pada jam tertentu Anda tidak dapat diganggu. Dengan menyiapkan space khusus untuk Anda bekerja dapat meningkatkan produktivitas dan memudahkan Anda dalam bekerja dari rumah. Walaupun demikian ketika Anda telah menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dari biasanya, Anda bisa mengisi waktu tersebut dengan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya seperti mencuci baju atau membersihkan rumah. Hal tersebut juga bisa Anda lakukan selagi Anda bekerja.

Istirahatkan Diri Anda Setiap Jam

Ketika Anda kerja dari rumah jangan lupa untuk mengistirahatkan mata dan tubuh Anda setiap jam sekali setidaknya 5 sampai 10 menit per jam. Mungkin bagi sebagian karyawan sulit melakukan hal ini saat mereka bekerja di kantor. Namun kali ini, Anda dapat dengan bebas beristirahat untuk memakan cemilan atau setidaknya berjalan ke ruangan lain atau ke taman untuk sekedar menghirup udara. Ketika Anda beristirahat jangan sekali kali mencuri waktu untuk menonton TV, karena dengan hal tersebut terkadang Anda akan menjadi lupa waktu. Kurangnya pengawasan dari bos saat kerja dari rumah akan membuat Anda menjadi leluasa untuk istirahat atau bermain sosial media lewat smartphone Anda. Jika Anda tidak dapat membatasi waktu, nantinya Anda hanya akan menunda pekerjaan Anda.

Batasi Waktu Kerja Anda

Walaupun Anda kerja dari rumah Anda tetap harus perjelas waktu kerja Anda seperti anda pergi bekerja ke kantor. Letakkan jam kerja Anda di pintu kamar atau dinding diatas meja tempat Anda bekerja. Jika Anda diharuskan bekerja lembur Anda harus tetap membatasi jam kerja lembur Anda. Dengan begitu Anda akan tetap dapat beristirahat cukup di malam hari. 

Nikmati Waktu Fleksibel Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mengerjakan hal lain ketika anda kerja dari rumah seperti membersihkan rumah atau mencuci pakaian. Beda dengan bekerja di kantor seperti biasanya, dimana ketika pekerjaan Anda sudah selesai lebih cepat Anda tetap harus pulang kerumah sesuai dengan jam keluar kantor. Berbeda dengan kerja dari rumah dimana Anda bisa dengan santai beristirahat atau melakukan aktivitas lain ketika Anda sudah selesai menyelesaikan pekerjaan Anda.

Bagi Anda yang memiliki anak mungkin kerja dari rumah bisa membuat Anda lebih bisa meluangkan waktu Anda Bersama anak Anda ketika Anda sedang beristirahat. Namun ketika Anda sedang bekerja Anda bisa memberikan pengertian terhadap anak Anda dan memberikan solusi dengan mengerjakan hal lain atau mainan lain.

Selama masa karantina diri dan melakukan kerja dari rumah biasanya pengeluaran menjadi lebih besar. Terkadang secara tidak sadar Anda akan lebih sering menghabiskan waktu untuk melihat situs belanja online atau memesan makanan secara online. Walaupun hanya membeli barang yang kecil tetapi jika Anda sering melakukan hal tersebut, keuangan Anda tentunya akan lebih cepat berkurang. Untuk mensiasati hal ini Anda tidak perlu khawatir, pertama Anda harus membuat rincian pengeluaran pokok tiap bulan. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan berapa jumlah pengeluaran pokok dan sisa uang Anda setiap bulannya. Sering-seringlah memeriksa alur pengeluaran rekening Anda di tabungan.

Menentukan program tabungan merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan. Setiap bank pastinya menawarkan program yang berbeda–beda dengan ketentuan dan keuntungan yang berbeda juga. Jika Anda ingin membuka tabungan di CIMB Niaga, Anda bisa memilih program tabungan ON Account dimana dalam program ini menyediakan banyak keuntungan bagi Anda sendiri. Tiap bulannya Anda akan mendapatkan kuota internet sebesar 3GB secara GRATIS dari provider XL, Telkomsel & Indosat Ooredoo. Semakin sering Anda melakukan transaksi atau menabung semakin banyak juga Anda memperoleh Poin Xtra.

Tidak usah khawatir harus keluar rumah, Anda bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja secara online dengan pakai OCTO Mobile dan CIMB Clicks tanpa biaya. Program tabungan ini tentu menjadi salah satu pilihan yang tepat buat Anda. Dengan sering melakukan transaksi dari OCTO Mobile dan CIMB Clicks Anda juga bisa mendapatkan Poin Xtra yang nantinya bisa Anda kumpulkan dan Anda tukar dengan banyak tawaran menarik seperti, tiket nonton gratis, voucher makan, dan lainnya.

Dengan sering menabung, Anda juga bisa mendapatkan Poin Xtra. Jadi buat Anda yang ingin membuka tabungan tapi masih takut–takut, sekarang tidak perlu lagi karena CIMB NIAGA memberikan keuntungan dan kemudahan bagi setiap nasabahnya. Tunggu apa lagi? Cek informasi lebih lanjut di website resmi CIMB NIAGA untuk Anda yang ingin menabung dengan cara yang baik. Selengkapnya bisa Anda baca di sini!