production

Cashless: Pengertian dan Berbagai Manfaat Kegunaannya

 

 
 
 
 

Cashless: Pengertian dan Berbagai Manfaat Kegunaannya

 

Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang sangat pesat, metode pembayaran pun mengalami berbagai inovasi. Salah satu yang saat ini mulai digunakan oleh masyarakat adalah cashless.

Cashless adalah sistem pembayaran tanpa uang tunai, sesuai dengan arti secara harfiah yang berarti tidak atau tanpa menggunakan uang tunai. Cashless mengacu pada pembayaran yang berbentuk digital.

Sistem pembayaran cashless juga sudah diterapkan di Indonesia. Banyak masyarakat yang juga sudah menggunakan dan memilih metode pembayaran cashless. Salah satu contohnya adalah pembayaran tol yang kini menggunakan sistem E-Toll.

Manfaat Cashless

Penggunaan sistem cashless sudah meningkat di masyarakat yang memberikan beberapa manfaat untuk pelaku maupun negara. Bagi individu, cashlesss sangat nyaman digunakan serta praktis.

Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa banyak uang tunai sehingga bisa meminimalisir risiko. Cashless juga memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi di luar negeri tanpa perlu lagi membawa uang tunai karena sebagian besar transaksi di luar negeri pun sudah menganut sistem pembayaran cashless.

Selain itu, sistem cashless juga memungkinkan Anda untuk melihat riwayat transaksi yang dilakukan. Hal ini dapat memberi manfaat untuk Anda mengelola anggaran.

Tidak hanya untuk individu, cashless juga memiliki manfaat untuk negara. Dengan pembayaran cashless maka koleksi pajak negara akan meningkat secara signifikan.

Kelebihan Cashless

  1. Praktis

    Kelebihan pertama yang dimiliki dari sistem cashless adalah Anda akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran karena sistem ini lebih praktis dan aman. Anda juga tidak perlu repot-repot membawa banyak uang di dalam dompet yang rawan akan resiko pencurian.

  2. Promo Menarik

    Kelebihan lain yang tidak kalah menarik dari berbelanja menggunakan cashless adalah Anda bisa menikmati berbagai macam promo. Bukan hanya diskon pada makanan saja, tetapi juga bisa berbelanja dengan mendapatkan harga yang lebih murah.

    Akan tetapi perlu diingat, jangan terlalu tergiur dengan berbagai tawaran promo karna akan menimbulkan perilaku konsumtif. Gunakan promo yang Anda dapatkan dengan sebijak mungkin.

  3. Tidak Perlu Kembalian

    Mengelola uang kembali saat berbelanja dengan menggunakan uang tunai terkadang memang cukup merepotkan. Bukan hanya pecahan uang lembar seribu saja yang akan Anda dapatkan namun terkadang juga uang koin.

    Dengan menggunakan sistem cashless, Anda tidak perlu khawatir dengan segala bentuk kembalian, karena dengan cashless Anda hanya perlu membayar sesuai dengan nominal harga yang harus dibayarkan.

  4. Lebih Nyaman

    Kenyamanan adalah kelebihan lain dari sistem Cashless. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan membayar dan cukup mengeluarkan uang elektronik saja dalam setiap transaksi yang dilakukan.

  5. Meminimalisir Pencurian

    Akan sangat berisiko jika Anda menyimpan uang dalam jumlah banyak di dalam tas ataupun dompet, yang bisa saja menimbulkan kekhawatiran akan kejahatan di luar sana. Hal ini jelas berbeda dengan penggunaan uang elektronik atau cashless.

  6. Lebih Mudah Mengatur Pengeluaran

    Pengelolaan anggaran memang terkadang membingungkan karena Anda kerap lupa telah membeli atau mengeluarkan uang untuk membeli apa. Dengan menggunakan cashless Anda tak perlu lagi khawatir soal pengelolaan anggaran.

    Pasalnya, sistem cashless bisa mengontrol semua pengeluaran. Setiap transaksi apapun akan tercatat dengan benar di sistem ini sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan Anda dengan melihat riwayat transaksi.

Kekurangan Cashless

Cashless dalam bentuk kartu atau melalui aplikasi di gawai Anda bisa membuat lebih praktis dan aman. Terlebih, jenis cashless Anda umumnya sudah menerapkan sistem password sehingga lebih aman.

  1. Lebih boros

    Cashless pun nyatanya memiliki kekurangan. Paling utama penggunaan cashless cenderung membuat Anda bisa lebih boros karena adanya promo. Karena promo ini Anda menjadi sering berbelanja sehingga menjadi lebih boros.

    Saat berbelanja pun Anda tidak merasa mengeluarkan uang sehingga merasa seperti tidak ada yang bisa mengerem pengeluaran. Berbeda dengan penggunaan uang tunai. Saat anda mengeluarkan banyak uang tunai maka berkurangnya jumlah uang akan sangat terasa.

  2. Rentan Cyber Crime

    Cashless tidak sepenuhnya menghindarkan Anda dari ancaman kejahatan. Karena pada sistem pembayaran elektronik, sangat rentan terhadap aksi kejahatan cyber crime.

    Hal ini lah yang menjadi salah satu kekurangan dari sistem transaksi cashless. Oleh karena itu Anda perlu untuk membuat password serta menggantinya secara berkala agar tidak mudah jatuh ke pihak lain. Anda juga harus berhati-hati dalam menyimpan uang elektronik Anda.

    Memerlukan Pemahaman Teknologi

    Kekurangan lain dari cashless adalah dibutuhkannya pemahaman teknologi dari penggunanya. Orang yang tidak paham teknologi akan kesulitan mempelajari hal yang terkesan rumit di sistem cashless, meskipun sebenarnya tidak serumit yang dipikirkan.

  3. Terbatas

    Cashless memang sangat mempermudah proses transaksi, tapi masih sedikit vendor yang melakukan kerjasama dengan para penyedia sistem cashless. Kondisi ini akan membuat penggunanya merasa kesulitan dalam menemukan tempat yang bisa melakukan pembayaran dengan sistem cashless karena tidak semua tempat menawarkan sistem pembayaran dengan sistem uang elektronik.

Faktor Pemicu Cashless

Terdapat faktor-faktor yang memunculkan sistem pembayaran cashless seperti biaya penerbitan, perawatan, dan distribusi. Selain itu ada pula faktor kesadaran akan potensi kecurangan dan kejahatan yang semakin marak. Kejahatan yang dimaksud bisa diakibatkan karena uang fisik seperti beredarnya uang palsu.

Keberadaan cashless juga mempermudah tugas pemerintah dalam mengelola dan mengawasi transaksi dari kegiatan ekonomi masyarakatnya. Terlebih, laporan-laporan transaksi dan perdagangan ekonomi bisa diakses dengan menggunakan laporan elektronik.

Transaksi dengan menggunakan sistem cashless tidak melibatkan perpindahan uang secara fisik, sehingga hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya korupsi dan kolusi di antara pihak-pihak yang melakukan transaksi. Terutama transaksi yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Ada banyak jenis cashless saat ini dan banyak perusahaan yang membuat sistem pembayaran elektronik untuk memudahkan transaksi. Salah satunya adalah OCTO Mobile. Sistem dari CIMB Niaga ini menghadirkan sebuah transaksi perbankan tanpa batas serta bisa diakses kapan saja dan di mana saja hanya dengan beberapa klik.

OCTO Mobile menjadi one stop mobile financial solution yang dapat memenuhi kebutuhan finansial nasabah kini dan nanti pada setiap fase kehidupan. Dengan memanfaatkan OCTO Mobile, nasabah dapat melakukan pembukaan rekening pertama tanpa harus ke kantor cabang, bertransaksi secara sehat dan aman tanpa perlu bersentuhan memakai fitur Scan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) serta nasabah dapat memilih berbagai sumber dana seperti Poin Xtra, Tabungan, Kartu Kredit, dan Rekening Ponsel. 

Selain itu, nasabah juga bisa langsung mengubah tagihan belanja kartu kredit menjadi cicilan 0% selama 3 bulan, hingga melakukan pengelolaan dana untuk investasi secara praktis. Untuk informasi lebih lengkap tentang OCTO Mobile, Anda bisa mencarinya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

One stop mobile financial solution untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda dengan beragam fitur canggih dan keunggulan produk. Download OCTO Mobile :

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Rekening Ponsel

Tarik tunai atau belanja tanpa menggunakan kartu ATM, kartu kredit, ataupun rekening bank kini bukanlah khayalan. Rekening Ponsel CIMB NIAGA memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM.