www.cimbniaga.co.id production

Rincian Budget Nikah Sederhana yang Perlu Dipersiapkan

 

 
 
 
 

Rincian Budget Nikah Sederhana yang Perlu Dipersiapkan

 

Budget nikah menjadi hal yang perlu dipersiapkan dan diperhitungkan ketika Anda mempunyai rencana untuk menikah. Sebetulnya tidak ada aturan baku soal berapa besar budget nikah.

Pernikahan dinilai sebagai momen yang sakral dan harus dirayakan semewah mungkin hingga tak sedikit yang berusaha menyelenggarakan pesta pernikahan dengan budget fantastis. Namun, tidak semua pasangan calon pengantin merupakan pasangan yang secara finansial mampu membuat pesta dengan budget nikah fantastis seperti itu.

Lantas, apakah dengan budget nikah sederhana kesakralan acara akan berkurang? Tentu tidak, Anda tetap bisa mewujudkan pernikahan dengan budget nikah sederhana. Poin penting saat menghemat atau menabung adalah memastikan ketersediaan dana darurat untuk meminimalisir risiko.

Persiapan Budget Nikah

Karena cukup banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk pernikahan, ada baiknya jika Anda melakukan persiapan dan berdiskusi bersama pasangan sejak jauh-jauh hari. Lantas, apa saja biaya-biaya nikah yang perlu disiapkan? Berikut penjelasan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk budget nikah Anda.

Biaya Mahar atau Mas Kawin

Budget nikah pertama yang harus dipersiapkan Mahar atau Mas Kawin menjadi aspek penting dalam sebuah pernikahan. Pengertian mahar adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada sang mempelai wanita. Lazimnya, mahar berupa seperangkat alat sholat/ibadah, sejumlah uang tunai hingga perhiasan atau emas (logam mulia).

Biaya Hantaran

Hantaran atau seserahan menjadi salah satu tradisi turun-temurun yang kerap dilakukan saat prosesi acara pernikahan atau lamaran sehingga ini masuk ke dalam list budget nikah yang kudu dipersiapkan. Umumnya, isi seserahan antara lain perlengkapan sholat/ibadah, perlengkapan wanita (pakaian pesta/kebaya, pakaian dalam, sepatu, tas, jam tangan, make-up, peralatan mandi), hingga makanan dan buah-buahan.

Biaya KUA

Untuk budget nikah ini, jika Anda menikah di kantor urusan agama (KUA) pada jam kerja yaitu Senin-Jumat maka akan gratis. Menikah di KUA dikenai biaya apabila calon pengantin menikah bukan di kantor KUA atau di luar hari dan jam kerja KUA (hari libur atau weekend). Oleh karena itu, jika mengadakan pernikahan di luar jam kerja KUA, Anda harus mempersiapkan budget nikah satu ini.

Budget nikah untuk cincin kawin

Persiapan selanjutnya adalah menentukan budget nikah untuk cincin kawin. Menemukan cincin kawin yang sesuai dengan keinginan sendiri tidak mudah. Banyak calon pengantin dilanda kegalauan karena persoalan cincin nikah. Sebaiknya, Anda dan pasangan berdiskusi tentang hal ini karena harga cincin kawin bergantung pada model, berat, bahan dan brand.

Biaya Gedung atau venue pernikahan

Menentukan lokasi pernikahan akan memengaruhi budget nikah Anda. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil untuk lokasi seperti menyewa gedung yang cocok berdasarkan lokasi, waktu, dan budget nikah Anda. Anda juga bisa memilih menikah di rumah dengan menyewa tenda. Untuk menikah di gedung sendiri, Anda harus mempersiapkan atau menyewa tempat dari jauh-jauh hari.

Biaya Catering dan Dekorasi

Budget nikah lain yang harus dipersiapkan adalah catering dan dekorasi. Biaya masakan catering nikahan tidaklah murah, apalagi catering sajian prasmanan dengan beragam pilihan menu lokal dan internasional yang lezat. Begitu juga dengan pilihan dekorasi, budget nikah Anda akan melambung jika memilih dekorasi yang mewah oleh karena itu Anda bisa menyesuaikan jenis dekorasi yang akan digunakan.

Biaya rias dan baju pengantin

Budget nikah berikutnya yang harus dipersiapkan adalah rias pengantin dan baju pernikahan Anda bersama pasangan. Ada opsi untuk menyewa baju pengantin atau membuat sendiri. Usahakan jauh-jauh hari, mulai cari informasi jasa tata rias dan sewa baju pengantin yang cocok dan sesuai sesuai budget nikah Anda.

Biaya undangan dan souvenir

Undangan dan souvenir memang menjadi prioritas paling kecil dalam mempersiapkan pernikahan, namun dua hal ini tetap harus dipersiapkan dalam perencanaan budget nikah. Selain undangan cetak, saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa undangan online.

Biaya dokumentasi

Dokumentasi pernikahan meliputi foto dan video. Untuk menentukan budget nikah dalam hal ini, Anda bisa mencari paket. Umumnya, beberapa vendor dokumentasi menyediakan pilihan paket lengkap mulai dari prewedding hingga acara pernikahan. Anda bisa mencari referensi dan melakukan riset perbandingan harga untuk mencari jasa dokumentasi.

Kelebihan Pesta Pernikahan Sederhana

Dengan memilih untuk menggelar pesta pernikahan sederhana, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dan pasangan dapatkan. Beberapa hal yang paling penting adalah perencanaan yang Anda lakukan tidak memakan waktu terlalu lama dan Anda bisa mempersiapkan perencanaan untuk kehidupan setelah menikah. Berikut penjelasan dari kelebihan pesta pernikahan sederhana.

Biaya yang Dikeluarkan Tidak Terlalu Besar dan Menguras Tabungan

Dengan menyelenggarakan pesta pernikahan sederhana, Anda bisa menekan biaya yang harus dikeluarkan. Dengan mengurangi jumlah tamu undangan, maka biaya yang dibutuhkan untuk makanan, souvenir, dan beberapa hal lain bisa berkurang.

Perencanaan Tak Akan Memakan Waktu Lama

Pesta pernikahan sederhana tentu akan membuat waktu persiapan yang Anda butuhkan menjadi lebih efektif. Selain tidak banyak hal yang harus dipersiapkan ketimbang memilih menggelar pesta besar-besaran, pesta pernikahan sederhana juga akan membuat keakraban dengan tamu undangan lebih terasa.

Mengurangi Stres

Pesta pernikahan sederhana bisa membuat tingkat stres dan khawatir Anda menjadi berkurang. Kondisi ini terjadi karena Anda tidak akan terlalu memikirkan biya yang besar dan Anda akan merasa siap dengan tamu undangan yang telah kamu batasi jumlahnya.

Bisa Tabungkan Uang untuk Keperluan Rumah Tangga

Pesta pernikahan memang menjadi sesuatu yang penting dan merupakan acara yang sangat sakral, namun kehidupan setelah menikah jauh lebih penting. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setelah berkeluarga.

Dengan membuat pesta pernikahan sederhana, Anda bisa menyimpan atau menabung uang yang Anda miliki untuk keperluan mendadak. Ada banyak cara menyimpan uang, salah satunya menabung di bank.

Jika Anda pasangan yang baru saja menikah dan ingin menabungkan uang yang Anda miliki, CIMB Niaga memiliki berbagai jenis tabungan untuk mendukung perencanaan keuangan Anda saat berumah tangga salah satunya Tabungan Mapan. Tabungan Mapan memiliki beragam keuntungan, yaitu tabungan berjangka bersistem setoran rutin bulanan, siap membantu kamu mempersiapkan masa depan.

CIMB Niaga pun memiliki jenis tabungan yang bisa digunakan ketika Anda telah memiliki anak melalui Tabungan CIMB Junior. Tabungan CIMB Junior memiliki berbagai macam keuntungan seperti Poin Junior, Penawaran Program Spesial, hingga kemudahan berbelanja dan tarik tunai di mana saja.


Ada pula pilihan Tabungan ON Account tabungan kekinian yang memberi banyak kelebihan seperti bebas biaya tarik tunai dimanapun, bonus langganan bulanan Viu Premium, cardless tarik tunai tanpa kartu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai tabungan di CIMB Niaga silakan klik di sini.

Produk Terkait

Tabungan CIMB Niaga

X-Tra Dana iB: Solusi berbagai kebutuhan melalui personal financing syariah

CIMB Niaga Xtra Dana iB Solusi untuk berbagai kebutuhan anda, kami hadir melalui personal financing syariah yang merupakan pembiayaan tanpa jaminan yang digunakan untuk keperluan pembelian Barang menggunakan akad murabahah (Jual beli) ataupun keperluan pembelian paket jasa menggunakan akad Ijarah Multijasa melalui mitra terpercaya kami.

Kartu Kredit CIMB Niaga

KPR CIMB Niaga