www.cimbniaga.co.id production

Menggunakan Jasa Wedding Organizer, Pentingkah?

 

 
 
 
 

Menggunakan Jasa Wedding Organizer, Pentingkah?

 

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, pasti akan dibingungkan dengan berbagai pilihan, apakah mau mengurus sendiri atau menggunakan jasa wedding organizer? Sebenarnya tak ada salahnya jika Anda ingin mempersiapkan pernikahan sendirian atau menyewa jasa WO, karena pada akhirnya semua persiapan memang menguras tenaga, pikiran, dan juga dana. 

Namun, Anda tidak perlu bingung lagi karena artikel ini akan menjelaskan secara detail mengenai persiapan pernikahan, baik yang menggunakan jasa wedding organizer atau dengan usaha Anda pribadi. Untuk itu, mari kita simak penjelasannya hingga selesai. 

Rancang Pernikahan Sendiri atau Pakai Wedding Organizer?

Berikut adalah perbedaan mempersiapkan pernikahan dengan usaha sendiri dan menggunakan jasa wedding organizer:

  • Merancang pernikahan dengan usaha sendiri

    Demi mewujudkan pernikahan yang berkesan dan sesuai impian, Anda tentunya butuh persiapan yang matang, mulai dari penentuan waktu, lokasi, adat dan budaya, makanan, hingga anggaran yang cukup.

    Jasa wedding organizer memang semakin awam digunakan oleh para calon pengantin, terutama di kota-kota besar. Namun, sebenarnya Anda juga masih bisa mempersiapkan pernikahan tanpa bantuan WO. Sebagai gantinya, Anda masih bisa mempersiapkan pernikahan yang dibantu oleh keluarga dan sahabat terdekat.

    Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat merancang pernikahan dengan usaha sendiri. Sebab, nantinya Anda harus menyusun segala persiapan dari A sampai Z agar pernikahan berjalan dengan lancar. Misalnya saja, Anda harus survey langsung mengenai lokasi acara, membeli barang-barang untuk dekorasi, memilih baju yang yang sesuai, dan lain sebagainya. 

    Meski terlihat berat, bukan berarti Anda tidak bisa karena banyak juga orang-orang yang masih mempersiapkan pernikahan dengan bantuan keluarga dan sahabat terdekat. Namun sebelum itu, Anda perlu menyiapkan beberapa hal penting, di antaranya:

    • Tetapkan anggaran 
    • Buat daftar prioritas
    • Tentukan tema pernikahan
    • Lakukan riset
    • Belanja bersama pasangan atau keluarga
    • Pilih lokasi pernikahan dengan bijaksana
    • Jangan melakukan semuanya sendiri
    • Libatkan orang terdekat
    • Buat susunan acara yang rinci
  • Merancang pernikahan dengan bantuan wedding organizer 

    Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak orang yang lebih menggunakan wedding organizer untuk membantu persiapan pernikahan. Hal tersebut dikarenakan pihak WO akan mengurus semua hal secara detail dari jauh-jauh hari. 

    Biasanya para calon pengantin hanya memilih tema pernikahan, lokasi, make up, dan makanan yang diinginkan, untuk detail lainnya akan dibantu oleh pihak wedding organizer. Sebagian besar wedding organizer umumnya menawarkan beragam paket yang bisa Anda dan pasangan pilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Itulah sebabnya, Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk menyewa jasa WO, mulai dari persiapan hingga hari pernikahan. Nantinya Anda cukup fokus pada diri sendiri dan keluarga, sedangkan detail acara akan diurus oleh pihak WO.

    Itulah mengapa banyak orang yang beranggapan bahwa wedding organizer bisa memudahkan Anda dalam mempersiapkan acara pernikahan. Kehadiran wedding organizer ini dinilai bisa memberikan banyak keuntungan, seperti persiapan jadi lebih matang, lebih hemat tenaga, lebih efisien waktu, dan bisa mendapatkan hasil terbaik. 

    Namun di sisi lain, Anda juga membutuhkan anggaran atau budget yang lebih besar. Pasalnya, saat ini ada banyak tipe wedding organizer yang bisa Anda pilihan, mulai dari WO yang rekanan dengan gedung, WO rekanan katering, WO independen, dan lain-lain. 

    Masing-masing tipe wedding organizer akan menawarkan paket dengan harga yang bervariasi. Untuk itu, bagi Anda yang berencana menggunakan jasa WO, sebaiknya mempersiapkan anggaran yang cukup agar bisa merencanakan pernikahan sesuai harapan. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah yakin untuk memilih menggunakan wedding organizer atau dengan usaha sendiri? Jika Anda ingin menggunakan jasa wedding organizer, sebaiknya pilihlah WO yang tepat agar terhindar dari penipuan.

Tips Memilih Jasa Wedding Organizer

Memilih wedding organizer yang tepat dan sesuai dengan keinginan kita memang tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan, sempat ada pula cerita viral tentang calon pengantin di Jakarta yang terkena penipuan oleh WO yang tidak menyediakan makanan saat resepsi digelar. Kejadian tersebut sempat ramai diperbincangkan di media sosial pada tahun 2020 lalu. 

Untuk menghindari kejadian serupa, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa tips memilih wedding organizer yang terpercaya, jujur, dan bisa diandalkan. Berikut adalah beberapa tips memilih wedding organizer agar Anda terhindar dari penipuan: 

  1. Periksa portofolio WO

    Sebelum Anda memutuskan memilih jasa wedding organizer, pastikan untuk memeriksa portofolio atau pekerjaan yang sudah mereka lakukan sebelumnya. Lihatlah jumlah pernikahan yang sudah pernah mereka organisir dan bagaimana keberhasilan dari setiap pernikahan tersebut? Semakin banyak pernikahan yang sudah mereka selesaikan dengan baik, maka semakin terlihat pula bahwa jasa WO tersebut memang cukup berpengalaman. 

  2. Lihat ulasan pengguna jasa WO

    Selain melihat portofolionya, Anda juga perlu melihat ulasan para pengantin yang pernah menggunakan jasa WO tersebut. Baca setiap ulasan atau testimoni dari pengguna sebagai bahan pertimbangan. Jika terdapat banyak komentar negatif, kemungkinan besar wedding organizer tersebut tidak cukup berkesan bagi para pengguna. Jangan ragu untuk bertanya ke orang-orang yang sudah menggelar pernikahan dan menggunakan jasa WO agar Anda bisa mendapatkan rekomendasi WO yang tepat. 

  3. Perhatikan tipe atau spesialisasi WO

    Seperti yang telah disebutkan, tidak semua WO ahli merancang segala jenis atau tema pernikahan. Beberapa WO mungkin hanya ahli dalam mengatur pernikahan di ruang terbuka, sebagian lainnya lebih ahli merancang pernikahan yang temanya di dalam ruangan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui spesialisasi WO tersebut agar bisa disesuaikan dengan tema pernikahan Anda dan pasangan. 

  4. Lihat paket dan harga yang ditawarkan

    Setiap WO pasti akan menawarkan paket dan harga yang bervariasi. Anda perlu mencermati detail dari paket tersebut agar bisa mengetahui estimasi harga dari setiap detail yang tertera. Anda juga bisa membandingkan beberapa WO untuk menyesuaikan dengan keinginan dan anggaran yang ada. 

  5. Sesuaikan dengan anggaran

    Selalu bicarakan anggaran atau budget Anda dengan pihak WO sebelum menandatangani kontrak perjanjian. Pastikan pihak WO menyanggupi budget yang Anda miliki untuk membuat resepsi pernikahan yang sesuai harapan. Selain itu, Anda juga bisa membuat kontrak dengan detail agar terdapat bukti yang legal. Jangan sampai, saat hari resepsi tiba, pihak WO justru meminta tambahan biaya yang tak terduga. 

  6. Beri pertanyaan yang tepat

    Pastikan untuk selalu komunikasi dengan pihak WO. Saat bertemu, Anda bisa mengajukan sejumlah pertanyaan yang tepat untuk dapat melihat kapabilitas pihak WO. Pastikan komunikasi dan diskusi antara Anda dengan pihak WO berjalan dengan jelas agar menghindari kesalahpahaman atau miskomunikasi. Anda juga perlu diskusi dengan pasangan untuk saling berbagi pendapat mengenai WO tersebut. 

Bagi Anda yang ingin mulai mempersiapkan kondisi finansial untuk pernikahan, Anda bisa menabung menggunakan GOAL Savers dari CIMB Niaga. Dengan menabung melalui GOAL Savers, Anda bisa dengan mudah untuk mengumpulkan dana persiapan pernikahan, termasuk biaya menggunakan jasa wedding organizer. GOAL Savers menghadirkan fitur tabungan yang bisa Anda lakukan dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan dengan jumlah yang ditentukan sendiri. Yuk, temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Mastercard Platinum

Bebas biaya iuran tahunan

GOAL Savers-iB

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian