production

Ini Cara dan Langkah Mudah Cek Tagihan Listrik PLN

 

 
 
 
 

Ini Cara dan Langkah Mudah Cek Tagihan Listrik PLN

 

Cek tagihan listrik menjadi hal yang dilakukan oleh para pelanggan listrik pasca bayar setiap bulan. Saat ini cek tagihan listrik tidak perlu dilakukan dengan datang langsung ke kantor PLN (Perusahaan Listrik Negara) terdekat.

Cek tagihan listrik di zaman sekarang juga bisa dilakukan secara online. Kondisi ini bisa memudahkan dan lebih praktis bagi pelanggan, khususnya di masa pandemi seperti sekarang di mana aktivitas di luar rumah masih terbatas.

Melakukan cek tagihan listrik sendiri menjadi hal yang perlu dilakukan untuk pengaturan anggaran rumah tangga. Selain itu, cek tagihan listrik juga bisa menghindarkan pelanggan dari keterlambatan membayar tagihan.

Cek Tagihan Listrik

Cara cek tagihan listrik sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya yaitu cek tagihan listrik melalui situs PLN dan cek tagihan listrik via aplikasi smartphone. Pelanggan tinggal memilih cara cek tagihan listrik yang sesuai dengan kenyamanan dan ketersediaan perangkat.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa metode cek tagihan listrik PLN.

Cek Tagihan Listrik melalui website PLN

  • Buka laman https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik
  • Ketik "Daftar Akun" di pojok kanan bawah apabila belum terdaftar
  • Isi data diri antara lain nama pemohon, email aktif, ID pelanggan atau nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, dan kode captcha
  • Klik "Daftar"
  • PLN akan mengirimkan kode verifikasi yang dikirim melalui email
  • Masukan kode verifikasi
  • Setelah terdaftar, pelanggan bisa memasukan alamat email dan password yang sudah dibuat saat pendaftaran
  • Setelah masuk, sistem akan menampilkan informasi terkait tagihan dan riwayat pembelian listrik
  • Cek tagihan PLN atau cek tagihan listrik PLN sudah termasuk dengan Pajak Penerangan Jalan.

Cek Tagihan Listrik via SMS

Selain melalui website, Anda juga bisa cek tagihan listrik via SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini. Pertama cek tagihan pada kurun waktu 1 bulan. Anda juga bisa berlangganan setiap bulannya untuk mendapat informasi tagihan listrik.

  • Cara Cek Tagihan Listrik per Bulan:
    Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 7890564738292 kirim ke 8123.
  • Cara Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:
    Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 098765432109 kirim ke 8123.
  • Cara Berhenti Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:
    Selain mendaftar, Anda juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 12345678910 kirim ke 8123.

Cek Tagihan Listrik via Telepon atau Call Center

Berikutnya cara cek tagihan listrik adalah dengan melakukan panggilan telepon ke call center PLN. Anda tinggal menghubungi customer service PLN dan menanyakan perihal tagihan listrik. Melakukan panggilan ke call center PLN di 123, jangan lupa juga untuk mencantumkan kode area. Misalnya, Jakarta, berarti telepon ke (021)-123.

Langkah selanjutnya adalah ikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ke call center PLN, dikenakan tarif telepon normal. Cara ini terbilang praktis dan lebih mudah karena Anda bisa Anda lakukan kapanpun karena call center PLN tersedia dalam 24 jam.

Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN

Pengguna iOS

Cara berikutnya yang tersedia untuk Anda cek tagihan listrik adalah melalui smartphone. Bagi Anda pengguna iOS, ada beberapa aplikasi pada App Store yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik. Misalnya, PLN Mobile yang bisa diunduh gratis pada ponsel Anda.

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari PT PLN. Sebenarnya aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, tapi bisa juga digunakan untuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info status listrik, info progress permohonan, dan sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Cara untuk cek tagihan listrik melalui PLN Mobile cukup mudah, lengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi PLN Online di App Store.
  • Buka aplikasi PLN Online di ponsel Anda.
  • Pilih menu Informasi pada tab menu.
  • Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda.
  • Klik Cari.
  • Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

Pengguna Android

Aplikasi PLN Mobile pun bisa diunduh di smartphone Android. Anda bisa menggunakan aplikasi resmi dari PT PLN, PLN Mobile for Android.

Cara untuk cek tagihan listrik melalui PLN Mobile cukup mudah, lengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi PLN Online di Play Store.
  • Buka aplikasi PLN Online di ponsel Anda.
  • Pilih menu Informasi pada tab menu.
  • Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda.
  • Klik Cari.
  • Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

Membayar Tagihan Listrik

Setelah mengetahui cara cek tagihan listrik, selanjutnya adalah cara membayar tagihan listriknya. Ada dua metode yang biasa digunakan untuk membayarkan listrik yaitu offline dan online.

  • Offline

    Cara pembayaran offline adalah cara membayar tagihan listrik melalui kantor-kantor PLN. Caranya, Anda harus datang ke kantor PLN terdekat lalu mengantre panjang sehingga memakan waktu yang tidak sebentar. Karena alasan tersebut, cara ini mulai ditinggalkan dan PLN juga sudah berinovasi dengan metode pembayaran secara online yang bisa dilakukan dengan mudah, kapan dan di mana saja.

  • Online

    Metode bayar tagihan listrik secara online kini menjadi pilihan favorit bagi masyarakat. Dengan cara ini, masyarakat bisa melakukan pembayaran di mana saja tanpa harus mengantre di kantor-kantor PLN. Cara membayar tagihan listrik secara online ini bisa dilakukan melalui gerai-gerai minimarket, ATM, situs e-commerce ataupun layanan perbankan yang sudah bekerja sama dengan PLN.

Untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, salah satunya bisa dilakukan melalui CIMB Niaga yang menawarkan berbagai kemudahan dalam membayar tagihan listrik kapanpun dan dimanapun melalui layanan OCTO Clicks.

OCTO Clicks adalah layanan internet banking dari CIMB Niaga yang hadir dengan berbagai kemudahan tidak hanya dalam pembayaran tagihan seperti listrik, telepon, dan e-wallet tapi juga transfer, pembukaan deposito hingga reksa dana.

Untuk pembayaran listrik PLN, Anda bisa menggunakan OCTO Clicks baik itu tagihan pascabayar maupun top-up pulsa/voucher/token listrik. Untuk informasi lengkap mengenai OCTO Clicks, cek di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Rekening Ponsel

Tarik tunai atau belanja tanpa menggunakan kartu ATM, kartu kredit, ataupun rekening bank kini bukanlah khayalan. Rekening Ponsel CIMB NIAGA memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM.