www.cimbniaga.co.id production

Ingin Renovasi Kamar Tidur? Perhatikan Dulu 5 Hal Penting Ini

 

 
 
 
 

Ingin Renovasi Kamar Tidur? Perhatikan Dulu 5 Hal Penting Ini

 

Kamar tidur diharapkan jadi tempat yang nyaman untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Namun, jika usia rumah sudah cukup lama dan beberapa bagian kamar sudah tampak kurang baik, pasti membuat Anda kurang nyaman, bukan? Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk melakukan renovasi kamar tidur agar mengembalikan kenyamanan seperti semula. 

Selain memengaruhi faktor kenyamanan, renovasi kamar tidur juga bermanfaat untuk memperbarui interior ruangan agar tidak bosan. Kamar yang nyaman sudah pasti bermanfaat memberikan energi dan relaksasi yang Anda butuhkan untuk menghadapi kegiatan esok hari.

Bahkan, kamar tidur juga kerap jadi ruang favorit untuk berkumpul keluarga, termasuk bersama anak-anak. Sebelum Anda memutuskan untuk renovasi kamar, ketahui dulu beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mari kita simak informasi lengkapnya di bawah ini. 

Tujuan dan Alasan Penting Renovasi Kamar Tidur

Berikut ini beberapa tujuan dan alasan tepat yang harus dipertimbangkan sebagai sinyal renovasi harus dilakukan secepatnya, antara lain:

  • Ingin meningkatkan kenyamanan saat beristirahat

    Setelah lelah beraktivitas seharian, Anda pasti butuh kamar tidur untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh yang lelah. Jika kamar sudah tidak nyaman, otomatis akan berpengaruh terhadap kualitas tidur, sehingga diperlukan renovasi kamar secepatnya agar waktu istirahat tidak terganggu. 

  • Munculnya tanda-tanda kerusakan

    Akan ada waktunya saat kamar mengalami sejumlah kerusakan-kerusakan kecil, seperti atap bocor atau dinding yang retak. Kerusakan seperti inilah yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, jika dibiarkan terlalu lama, kerusakan kecil ini akan semakin membesar dan parah dan berbahaya terhadap Anda dan anggota keluarga. 

    Saat Anda sudah melihat kerusakan kecil, segeralah renovasi kamar tidur dengan skala kecil. Hal ini cukup bermanfaat untuk menghemat tenaga dan pengeluaran. Jika kerusakan kecil dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan besar renovasi kamar yang dilakukan akan semakin besar.

  • Ingin menciptakan suasana baru

    Seringkali pemilik kamar tidak menyadari bahwa stres bisa bermula dan dipicu oleh kebosanan terhadap suasana kamar dan rumah. Padahal seharusnya kamar menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat seluruh anggota keluarga. 

    Namun, hal yang kerap muncul adalah pemilik kamar terlambat menyadari bahwa faktor penyebabnya yaitu karena kamar sudah tidak bisa jadi tempat untuk beristirahat. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya segeralah merenovasi kamar tidur agar tidak bosan dengan desain atau suasana yang itu-itu saja. 

  • Kehadiran anggota baru di dalam rumah

    Salah satu tujuan renovasi kamar yang selanjutnya yaitu kehadiran anggota baru di dalam rumah. Sebagai contoh, jika sebelumnya kamar anak hanya ada 1 ruangan, kemudian Anda dikaruniai anak kedua dan membutuhkan tambahan ruang agar kedua anak bisa beristirahat dengan nyaman. Nah, saat itulah Anda sudah harus memutuskan untuk merenovasi kamar tidur anak agar lebih luas dan nyaman. 

  • Meningkatkan nilai jual

    Desain kamar tidur yang baik termasuk salah satu faktor yang bisa meningkatkan nilai jual rumah. Jika di kemudian hari Anda berniat menjual rumah dengan nilai yang tinggi, maka sebaiknya Anda perlu merenovasi kamar terlebih dahulu. 

    Ketika menjual rumah, kamar tidur adalah ruang yang sangat pribadi dan calon pemilik harus dapat membayangkan diri mereka tinggal di sana. Menciptakan suasana yang tertata dan berkonsep akan menjadikan calon pembeli lebih tertarik. 

Inspirasi Desain Renovasi Kamar

Menciptakan desain kamar yang sederhana sekaligus nyaman memang tidak semudah yang kita kira. Ini karena kamar tidur cenderung diisi oleh furnitur yang besar, seperti lemari pakaian, kasur, meja belajar, dan perabot lainnya. Dengan minimnya ruang untuk bereksplorasi, tak sedikit pula orang yang bingung saat merenovasi kamar. 

Namun, jika renovasi kamar dilakukan dengan perencanaan yang baik, bukan tidak mungkin Anda bisa memiliki desain kamar tidur sederhana sekaligus nyaman. Berikut ini ada beberapa rekomendasi desain interior kamar tidur yang bisa jadi inspirasi:

Kamar Utama

Ingin membuat suasana yang lebih segar? Anda bisa merenovasi kamar dengan tambahan aksen furnitur kayu dan tanaman di beberapa bagian. Tak lupa, cat tembok pun sebaiknya menggunakan warna putih agar terlihat lebih bersih dan minimalis. 

Furnitur kayu yang bisa Anda gunakan seperti dipan kasur, hiasan dinding, lemari, meja kerja, dan furnitur lainnya. Tambahkan beberapa tanaman asli maupun palsu di sudut kamar dan dinding supaya menambah kesan asri dan segar saat beristirahat. 

Kamar Anak

Anak-anak pasti suka melihat corak yang menarik dan warna yang cerah. Anda bisa merenovasi kamar tidurnya dengan perubahan cat dinding. Untuk anak laki-laki, Anda bisa menggunakan cat berwarna biru dan hijau. 

Sedangkan, untuk anak perempuan bisa memilih warna merah muda. Namun, Anda juga bisa memilih warna lain yang cocok untuk keduanya, misal warna kuning muda, ungu, krem, dan lainnya. 

Untuk bagian furnitur, supaya kamar tidak terkesan penuh sesak, Anda bisa memilih lemari tanam, kabinet kecil, dan pernak-pernik yang esensial. Salah satu cara menghidupkan ruang sempit yaitu dengan permainan dekorasi yang kreatif, baik pada dinding maupun langit-langit ruangan. 

Kamar Tamu 

Renovasi kamar tamu juga dibutuhkan agar saudara atau kerabat yang menginap di rumah Anda bisa merasakan kenyamanan. Untuk desainnya sendiri, Anda bisa merenovasi dengan konsep scandinavian, yaitu desain yang biasa dikenal dengan karakteristik yang simpel dan minimalis. 

Ciri khas dari desain scandinavian di antaranya dinding berwarna netral dan cerah (putih dan krem), memanfaatkan elemen kayu, memaksimalkan pencahayaan alami, adanya tanaman hias, serta dilengkapi dengan hiasan kain di kursi. 

Tips Hemat Renovasi Kamar Tidur

Setelah mengetahui alasan dan ide desain untuk merenovasi kamar tidur, kini saatnya Anda memerhatikan beberapa tips hemat agar proses renovasi tidak memakan budget yang besar.

  • Buat perencanaan yang detail.
  • Memaksimalkan penggunaan furnitur yang sudah ada.
  • Mengganti cat dinding sebagai renovasi yang sederhana,
  • Perhatikan kembali alasan harus merenovasi kamar.
  • Perhitungkan budget sebelum renovasi.
  • Tentukan konsep desain yang jelas.
  • Buat konsep tata ruang yang cermat.
  • Sesuaikan penerangan dengan konsep desain kamar.

Dengan pemilihan konsep, tata ruang, anggaran, dan furnitur yang tepat, renovasi kamar akan berjalan sesuai dengan rencana. Supaya Anda bisa merealisasikan renovasi kamar sesuai dengan keinginan, Anda bisa memanfaatkan layanan KPR CIMB Niaga untuk memenuhi kebutuhan renovasi rumah, kamar, atau pembelian tempat tinggal dan ruko. 

CIMB Niaga menawarkan dua program KPR, program konvensional (KPR Xtra dan KPR Xtra Manfaat) serta KPR Syariah (KPR iB Fix dan KPR iB Flexi). Tunggu apalagi? Segera renovasi kamar tidur idaman Anda bersama KPR CIMB Niaga. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

KPR Xtra

Mau KPR dengan solusi XTRA?

KPR Xtra Manfaat

Mau KPR angsuran lebih ringan atau lunas lebih cepat?

KPR Xtra Fixed iB

Kepastian Angsuran Selama Jangka Waktu Pembiayaan 

KPR Xtra Flexi iB

Mau KPR iB yang kasih DP dan angsuran ringan?