production

Cara Bayar Listrik Online, Bisa Lewat CIMB OCTO Mobile Juga

 

 
 
 
 

Cara Bayar Listrik Online, Bisa Lewat CIMB OCTO Mobile Juga

 

Bayar listrik online menjadi salah satu bentuk kemudahan dalam membayar tagihan untuk memenuhi tuntutan perkembangan zaman. Dahulu, orang-orang mau tak mau harus mengantri untuk membayar segala macam tagihan seperti listrik.

Mobilitas masyarakat yang kian meningkat membuat kecepatan waktu dan efektivitas jadi hal yang utama. Sebisa mungkin, waktu yang kita miliki tidak terpangkas akibat kesibukkan mengantri dalam membayar tagihan.

Oleh karena itu kini banyak mekanisme ataupun cara yang bisa digunakan dalam membayar berbagai macam tagihan salah satunya bayar listrik online atau melalui perbankan.

Berbicara soal listrik, kebutuhan listrik kian hari kian meningkat. Hal ini seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk dan pembukaan pemukiman baru. Di Indonesia, listrik dikelola oleh BUMN PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN dan didistribusikan kepada masyarakat Indonesia. Karena itu salah satu kewajiban masyarakat Indonesia adalah membayar tagihan listrik. 

Sistem pembayaran listrik di Indonesia

Sebelum membahas lebih jauh tentang bayar listrik online, ada baiknya jika mengenal lebih dulu tentang sistem pembayaran listrik di Indonesia. Sistem pembayaran listrik di Indonesia terbagi menjadi dua, yakni prabayar dan pascabayar. Sistem pascabayar mungkin lebih familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia karena memang pada mulanya, listrik dibayarkan oleh masyarakat secara rutin tiap bulannya. Namun pada perkembangannya PLN juga memberlakukan sistem prabayar atau pengguna harus terlebih dahulu membeli token listrik lalu mengisi nomor token tersebut baru kemudian aliran listrik bisa digunakan.

Sistem pascabayar

Cara membayar tagihan listrik pascabayar ini terasa lebih familiar karena memang pada mulanya PLN hanya memberlakukan tagihan pascabayar. Pada sistem ini, bayar tagihan listrik dibebankan di akhir bulan dengan nominal sesuai pemakaiannya. Biasanya, petugas PLN akan datang ke rumah-rumah untuk melakukan pengecekkan pemakaian listrik.

Membayar tagihan listrik pascabayar ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain :

Kelebihan:

  • Tak khawatir listrik habis

    Bagi Anda pengguna listrik pascabayar tak perlu khawatir listrik mati atau habis, tentunya dengan catatan pembayaran dilakukan secara rutin dan tidak ada gangguan dari PLN sendiri. Hal itu karena pembayaran baru dilakukan pada akhir bulan berapapun besaran konsumsi listrik yang Anda gunakan. Berbeda dengan tagihan listrik prabayar yang harus membayar tagihan setelah daya listrik habis pakai.

    Sistem bayar tagihan listrik pascabayar ini cocok untuk Anda yang menggunakannya untuk berusaha seperti warnet, fotocopy, ataupun usaha lain yang memerlukan daya listrik dalam jumlah tinggi.

  • Tidak repot membeli pulsa listrik

    Menggunakan listrik pascabayar berarti Anda tidak perlu repot untuk membeli pulsa listrik setiap listrik telah habis pakai. Dengan pascabayar, Anda hanya perlu membayar tagihan listrik sekali setiap bulannya.

    Kekurangan:

  • Pemakaian lebih sulit dikendalikan

    Listrik pascabayar hanya dibayarkan setiap sebulan sekali berapapun nominal konsumsi listrik yang Anda pakai. Karena tidak ada batasan penggunaan, Anda sendiri lah yang bisa memperkirakan berapa tagihan yang akan muncul di akhir bulan sesuai konsumsi listrik yang Anda gunakan. Berbeda dengan listrik prabayar yang hanya akan berfungsi sesuai dengan besaran KWH listrik yang diisi setiap pembelian pulsa. Untuk itu, apabila Anda termasuk pengguna listrik pascabayar sebaiknya lebih memperhatikan konsumsi listrik setiap bulannya.

  • Listrik bisa diputus jika menunggak

    Dalam membayar tagihan listrik pascabayar memang hanya dilakukan sekali setiap bulannya. Selain itu, aliran listrik juga akan tersedia hingga waktu pembayaran belum berakhir. Namun jika Anda terlambat melakukan pembayaran hingga melewati masa toleransi yang diberikan, maka secara otomatis listrik akan dipadamkan atau dengan kata lain diputus.

Cara Mengecek Tagihan Listrik

Untuk memudahkan bayar listrik online, PLN telah menyediakan fasilitas bagi masyarakat untuk melakukan transaksi ini. Sebelum bayar listrik online, Anda bisa memeriksa lebih dulu biaya listrik yang harus dibayarkan dengan membuka website PLN www.pln.co.id.

Masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumah Anda yang terdiri dari 12 angka. Lalu masukkan sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. Jika berhasil, maka akan muncul halaman web, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus Anda bayar.

Sedangkan cara cek tagihan listrik via aplikasi PLN Mobile untuk bayar listrik online bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Download aplikasi PLN Mobile di ponsel Anda
  • Pilih menu informasi pada tab menu
  • Pilih menu informasi tagihan dan token listrik
  • Masukan ID Pelanggan atau nomor meteran Anda
  • Klik cari
  • Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya

Tempat Bayar Listrik Online

Awalnya pembayaran listrik hanya bisa dilakukan langsung di kantor PLN, seiring perkembangan zaman pembayaran rekening listrik atau bayar listrik online sudah tersedia. Ada beberapa cara bayar listrik online karena ada loket-loket atau bank yang bekerja sama dengan PLN sebagai tempat membayar listrik.

Dengan fasilitas bayar listrik online ini, pelanggan tidak lagi terikat pada satu tempat pembayaran. Berikut tempat bayar listrik online:

Melalui Kantor Pos

Bayar listrik online bisa dilakukan di loket Kantor Pos. Jika pelanggan memilih membayar dengan cara ini, pelanggan bisa membayar di semua Kantor Pos atau Mobil Pos keliling yang sudah terdaftar sebelumnya.

Melalui loket pembayaran PPOB (Payment Point Online Banking) Mitra Perbankan, ATM, Internet Banking dan SMS Banking

Anda dapat membayar listrik pascabayar atau membeli pulsa listrik untuk prabayar di loket-loket penyedia jasa PPOB, yaitu perbankan yang bekerja sama dengan PLN melalui ATM, Internet Banking dan SMS Banking. Dengan demikian, pembayaran dari bayar listrik online akan langsung masuk ke kas PLN secara real time.

Lewat e-Commerce

Bayar listrik online selanjutnya disebut dengan penggunaan metode cashless atau dikenal dengan istilah fintech. Sekarang Anda bisa melakukan pembayaran apa saja termasuk bayar listrik online tanpa perlu bawa segepok uang tunai di dompet. Tinggal buka aplikasi e-commerce yang biasa Anda gunakan untuk bayar listrik online.

Bayar Listrik Online via OCTO Mobile

Bayar listrik online juga bisa dilakukan melalui mobile banking, misalnya melalui OCTO Mobile. Syarat untuk bayar listrik online dengan cara ini adalah Anda harus memiliki tabungan atau kartu kredit CIMB Niaga yang aktif sehingga bisa menggunakan fasilitas kemudahan bayar listrik online dengan OCTO Mobile.

Dengan tagline baru “Banyak Bisanya, Bisa Semaunya”, OCTO Mobile dirancang layaknya Super App yang menjadi one stop mobile financial solution yang dapat memenuhi kebutuhan finansial Anda kini dan nanti pada setiap fase kehidupan.

Dengan memanfaatkan OCTO Mobile, Anda dapat melakukan pembukaan rekening pertama tanpa harus ke kantor cabang, bertransaksi secara sehat dan aman tanpa perlu bersentuhan memakai fitur Scan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) serta Anda dapat memilih berbagai sumber dana seperti Poin Xtra, Tabungan, Kartu Kredit, dan Rekening Ponsel. 

Selain itu, Anda juga bisa langsung mengubah tagihan belanja kartu kredit menjadi cicilan 0% selama 3 bulan, hingga melakukan pengelolaan dana untuk investasi secara praktis. Untuk informasi lebih lengkap tentang OCTO Mobile, Anda bisa mencarinya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

One stop mobile financial solution untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda dengan beragam fitur canggih dan keunggulan produk. Download OCTO Mobile :

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Tabungan CIMB Niaga

Kartu Kredit CIMB Niaga