production

Begini Cara Menghemat Uang dengan Bijak

Begini Cara Menghemat Uang dengan Bijak

Semakin bertambahnya usia semakin besar pula pengeluaran yang harus dikeluarkan tiap bulan. Bukan hanya kebutuhan pokok, sebagai manusia yang bersosialisasi kita juga harus mengeluarkan biaya untuk memenuhi gaya hidup yang dijalani. Naiknya harga kebutuhan pokok dari waktu ke waktu juga menjadi salah satu alasan besarnya pengeluaran. Untuk itu Anda harus bisa menahan keinginan Anda untuk dapat menabung guna keperluan lainnya dengan cara menghemat uang Anda.

Anda harus menyisihkan uang yang Anda dapatkan agar Anda dapat menggunakan uang secara bijak dan jelas pengeluarannya. Jika Anda tidak mengontrol keuangan Anda nantinya Anda akan mengalami kerugian dan tidak dapat merasakan tabungan yang Anda hasilkan selama ini. Agar Anda dapat menghemat uang Anda, simak cara menghemat uang di bawah ini!

Cara Menghemat Uang dengan Mudah!

  1. Siapkan Rencana Pengeluaran Untuk Menahan Pengeluaran Impulsif

    Cara menghemat uang yang pertama adalah dengan membuat perencanaan pengeluaran. Anda terlebih dahulu membuat peraturan atau perencanaan barang atau kebutuhan apa saja yang Anda butuhkan, dari kebutuhan pokok hingga biaya tak terduga. Anda juga dapat membuat peraturan kepada diri Anda sendiri untuk tidak sering pergi berbelanja.

    Contohnya, jika Anda adalah tipe seseorang yang suka berpergian ke toko atau mall, Anda harus kurangi frekuensi pergi ke mall untuk menghindari pembelian barang secara impulsif. Atau Anda bisa membuat list belanjaan atau barang yang dibutuhkan sebelum Anda pergi ke sebuah toko atau mall. Dengan melakukan cara menghemat uang yang satu ini, Anda akan sadar bahwa sesungguhnya barang yang benar-benar Anda butuhkan tidaklah sebanyak dari biasanya. Anda dapat membedakan mana barang yang benar-benar Anda butuhkan atau hanya sekedar Anda inginkan.

  2. Gunakan Uang Tunai

    Cara menghemat uang yang kedua adalah Anda disarankan untuk menggunakan uang tunai daripada menggunakan kartu debit atau kartu kredit dalam membeli barang atau kebutuhan. Misalkan dalam sehari Anda hanya menggunakan sejumlah uang sebesar Rp. 100.000 maka Anda keluarkan uang tunai sebesar itu saja sehingga Anda dapat mengurangi pemakaian kartu kredit atau debit secara impulsif. Gunakan kartu kredit atau debit ketika Anda benar–benar membutuhkannya pada saat Anda berbelanja banyak barang seperti belanja bulanan.

  3. Cara Menghemat Uang Dengan Berlatih Untuk Menunda Pembelian

    Anda dapat menggunakan cara menunda dalam membeli suatu barang. Misalkan Anda sedang berjalan-jalan atau melihat situs belanja online dan Anda melihat suatu barang yang menurut Anda sangat bagus lalu Anda ingin membelinya.  Sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang tersebut, cobalah untuk menunda membeli barang tersebut seperti 3-5 hari.

    Dengan cara menghemat uang tersebut, Anda akan mengetahui apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau anda hanya menginginkan barang tersebut. Dengan begitu Anda bisa menerapkan cara menghemat uang yang secara tidak sadar akan merubah pola Anda dalam berbelanja secara natural. Menunda membeli barang tersebut mungkin Anda juga bisa mendapatkan barang lain yang sama dengan harga yang lebih murah.

  4. Bawa Bekal Makan Siang

    Percaya atau tidak, ketika Anda bekerja dan tidak membawa bekal makan siang Anda akan mengeluarkan uang lebih dari jatah makan siang Anda. Hal ini dikarenakan mungkin saja Anda akan tergiur dengan makanan lainnya yang Anda lihat. Anda akan mengeluarkan uang secara impulsif hanya untuk makan siang.

    Dengan membawa bekal makan siang, Anda bisa menghemat keuangan Anda. Selain itu, makanan dari rumah sudah terjamin kebersihannya. Cara menghemat uang yang satu ini juga sangat ampuh ketika Anda ingin menabung uang untuk keperluan yang lainnya.

  5. Cara Menghemat Uang Dengan  Hilangkan Gaya Hidup Ikut-Ikutan

    Cara menghemat uang yang satu ini menjadi kunci utama jika Anda ingin menghemat keuangan Anda. Jangan terpancing oleh gaya hidup lingkungan Anda secara berlebihan atau impulsif. Contohnya, Anda mendaftarkan diri Anda untuk menjadi member sebuah tempat gym yang dimana Anda diharuskan membayar kartu member setiap bulannya. Padahal Anda bisa saja berolahraga tanpa harus menjadi member gym.

    Anda bisa bersepeda atau berjalan kaki atau menaiki tangga pada saat Anda menuju tempat kerja Anda. Dengan cara menghemat uang ini, pastikan apakah Anda mengikuti untuk menjadi member gym hanya karena gaya hidup ikut-ikutan atau Anda memang benar-benar membutuhkan hal tersebut.

  6. Cara Menghemat Uang Dengan Memanfaatkan Diskon atau Cashback

    Sebelum Anda pergi berbelanja atau makan di luar, cobalah terlebih dahulu check apakah ada voucher diskon atau cashback yang bisa Anda gunakan. Dengan begitu Anda tidak hanya menghemat pengeluaran Anda tetapi juga masih bisa merasakan keuntungan dari hal tersebut. Anda bisa mengikuti aplikasi penyedia kupon diskon atau cashback untuk melihat kupon apa saja yang berlaku. Walaupun terkesan pelit tetapi cara menghemat uang yang satu ini merupakan taktik pintar.

  7. Temukan Cara yang Lebih Murah Untuk Mendapatkan Yang Anda Inginkan

    Cara menghemat uang selanjutnya adalah dengan menemukan cara yang lebih murah ketika Anda menginginkan sesuatu. Contohnya, Anda sangat menginginkan sepatu baru di salah satu toko yang Anda mau. Anda tunggu terlebih dahulu hingga took tersebut memberikan sale. Anda bisa langsung membeli barang dengan kualitas yang bagus dengan harga mahal tetapi menjadi sedikit lebih murah karena adanya potongan harga yang diberikan dari took tersebut.

    Jika Anda pecinta kuliner, cobalah untuk membuat masakan sendiri dari rumah dengan mengikuti resep-resep sederhana yang tersedia di internet. Dengan begitu cara menghemat uang yang selama ini Anda terapkan benar-benar akan terlihat hasilnya.

  8. Lacak Pengeluaran Anda

    Sering-seringlah untuk mengecek pengeluaran Anda secara detail. Dengan begitu Anda akan mengetahui kemana aliran uang Anda selama ini dikeluarkan. Anda bisa melakukan cara ini dengan me-list setiap Anda melakukan pengeluaran. Atau Anda bisa melakukan mutasi rekening lewat internet banking. Jika anda menggunakan CIMB Niaga, Anda dapat melakukan pelacakan pengeluaran dana Anda selama 6 bulan terakhir. Sehingga Anda akan lebih jelas mengetahui kalau Anda terlewat, sedangkan di bank lain biasanya Anda hanya dapat melihat pengeluaran dan pemasukan Anda selama satu bulan terakhir saja.

Cara menghemat uang memang beragam, tetapi yang paling penting dalam menerapkan cara menghemat uang diatas adalah Anda terlebih dahulu sadari diri Anda di bagian manakah Anda menjadi overspending. Umumnya salah satu penyebab overspending adalah penggunaan kartu kredit secara impulsif. Maka dari itu aturlah limit kartu kredit Anda dan pastikan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan.

Berikutlah penjelasan mengenai cara menghemat uang yang benar. Namun, cara menghemat uang yang paling ampuh selanjutnya adalah dengan menabungkan uang Anda di bank. Selain lebih aman, Anda juga bisa mengecek pengeluaran dan pemasukan Anda setiap bulannya lebih jelas dan detail. Selain itu jika Anda memutuskan untuk menabung di CIMB Niaga, setiap Anda melakukan transaksi Anda akan mendapatkan Poin Xtra yang bisa Anda kumpulkan dan tukarkan dengan voucher potongan harga, cashback, dan lainnya. Tunggu apa lagi? Segera cek informasi program tabungan dari CIMB Niaga dengan klik di sini!