www.cimbniaga.co.id production

Bayar Pajak Mobil Online Itu Penting, Ikuti Langkah Mudahnya

 

 
 
 
 

Bayar Pajak Mobil Online Itu Penting, Ikuti Langkah Mudahnya

 

Bila Anda adalah seorang warga negara yang patuh pada hukum dan taat peraturan, bayar pajak mobil online wajib hukumnya. Bahkan di era digital ini, bayar pajak mobil online semakin mudah dilakukan. Terlebih setelah penerapan cara bayar pajak mobil online dan kendaraan bermotor lainnya diberlakukan di beberapa Samsat di Indonesia. 

Dengan metode bayar pajak mobil online ini, masyarakat jadi tak perlu lagi datang dan antre ke Samsat sesuai domisilinya. Sebaliknya, kini cara bayar pajak kendaraan online bisa dilakukan dari rumah melalui perangkat smartphone Anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan E-Samsat melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) yang sistemnya dibuat oleh Tim Pembina Samsat Nasional. Salah satu fungsinya adalah untuk bayar pajak mobil online dan kendaraan bermotor lainnya di Indonesia.

Inovasi ini membuat proses bayar pajak mobil online jadi lebih mudah. Apalagi sistem ini sangat memudahkan masyarakat dalam proses administrasi atau pelayanan publik. Nah, berikut ini adalah mekanisme cara bayar pajak mobil online di Samsat Digital Nasional (SIGNAL), baik cara bayar pajak motor online maupun pajak tahunan mobil.

Manfaat Bayar Pajak Mobil Online

Bayar pajak mobil online adalah aktivitas yang berguna untuk membayarkan pajak. Tetapi, apa manfaatnya untuk Anda? Membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) sangat penting dilakukan karena itu adalah kewajiban setiap warga negara. Meski begitu, banyak orang yang bertanya-tanya tentang alasan mengapa kita harus disiplin membayar PKB dan penggunaan dana dari PKB di Indonesia tersebut.

Sebelum membahas tentang kewajiban membayar PKB, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu soal pengertian dari PKB. Pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor. Objek pajak adalah kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor, termasuk kendaraan bermotor beroda beserta gandengannya, baik yang dioperasikan di darat ataupun di air dengan ukuran isi kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) sampai dengan GT 7 (tujuh Gross Tonnage).

Kemudian, ke mana PKB yang telah Anda bayarkan ini dialokasikan? PKB merupakan satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi. Pajak ini menjadi sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai pemerintahan daerah dan juga pembangunan daerah. Melansir laman resmi samsatdigital.id, ada lima manfaat PKB bagi daerah, di antaranya:

  1. Merupakan salah satu sumber pendapatan daerah.
  2. Berguna untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah.
  3. Berguna untuk pembangunan dan atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum.
  4. Membantu peningkatan pendapatan Kabupaten/Kota.
  5. Meningkatkan ketenangan dan kepastian hukum bagi wajib pajak.

Sesuai dengan amanat UU PDRD, paling sedikit 10% dari bagi hasil yang diterima pemerintah daerah kabupaten/kota dialokasikan untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum. Selain itu, sebagian dari pajak kendaraan tersebut juga dialokasikan pada pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas baik darat, laut, udara, kereta api, dan lalu lintas jalan.

Cara Bayar Pajak Mobil Online Lewat Aplikasi SIGNAL

Jika Anda tak punya banyak waktu untuk bayar pajak mobil online, Anda bisa menggunakan layanan aplikasi SIGNAL yang merupakan pelayanan pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Aplikasi untuk bayar pajak mobil online ini memanfaatkan pangkalan data (database), kendaraan bermotor (ranmor) yang dimiliki Polri, pangkalan data induk kependudukan yang ada pada Dirjen Dukcapil Kemendagri dan sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi. Semua ini diintegrasikan secara nasional lewat sistem kecerdasan buatan (AI) menggunakan aplikasi mobile platform untuk menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat secara digital sekaligus mengakomodasi kepentingan berbagai pihak yang terkait tanpa mengabaikan fungsi pengawasan regident kepemilikan kendaraan yang menjadi salah satu tugas utama Polri.

Bayar pajak mobil online melalui layanan SIGNAL untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor STNK secara online, Anda sebagai pemilik kendaraan bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Unduh aplikasi SIGNAL di Google PlayStore atau App Store. Setelah terunduh, mulai registrasi pengguna dengan memasukkan data-data pribadi seperti nama sesuai eKTP, NIK, alamat email, nomor ponsel, kata sandi, dan ulangi kata sandi.
  2. Setelah masuk aplikasi, lanjut ke beranda untuk masuk/daftar. Masukkan nomor ponsel dan kata sandi untuk keamanan lapis pertama. Setelah validasi, berhasil dan masuk aplikasi SIGNAL.
  3. Selanjutnya, Anda akan diminta menambahkan data kendaraan baik milik sendiri maupun orang lain. Untuk kendaraan milik sendiri, pilih menu Tambah Data Kendaraan Bermotor, pilih kendaraan atas nama sendiri, masukan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor dan masukan 5 digit terakhir nomor rangka.
  4. Proses bayar pajak motor online selanjutnya adalah pengesahan STNK yaitu dengan pilih NRKB yang akan dilakukan pengesahan, klik lanjut. Informasi SKK pembayaran PKB dan SWDKLLJ akan muncul dengan jumlah yang harus dibayarkan. Lalu rekap biaya akan muncul pada layar telepon Anda, klik lanjut. Kemudian muncul notifikasi pilih cara pembayaran, klik pada tombol pilih cara pembayaran. Kode bayar, jumlah yang dibayarkan dan cara pembayaran akan muncul. Klik Lanjut maka cara pembayaran akan tampil sesuai dengan bank yang dipilih. Proses selesai
  5. Selanjutnya adalah proses pengiriman dokumen. Isi data pengiriman, konfirmasi data, notifikasi lanjut cara pembayaran. Anda pun bisa memilih untuk dikirim melalui kurir maupun mengambil sendiri di kantor Samsat terdekat.
  6. Cara pembayaran dokumen generate kode bayar, pilih salah satu bank, proses pembayaran untuk bayar pajak motor online ini bisa dilakukan di bank yang sudah bekerja dengan SIGNAL. Pilih “Lanjut”, tampil cara pembayaran, pilih “Lanjut”, dan selesai.
  7. Selanjutnya, Anda dapat mengakses menu status transaksi untuk melihat status dan detail transaksi yang Anda lakukan dan klik menu “Lacak” untuk melihat status pengiriman dokumen E-TBPKB Anda.

Apabila alamat wajib pajak Anda tak sesuai dengan yang tertera di STNK, pemohon bisa melakukan konfirmasi ke call center Samsat setempat. Proses pengiriman bisa memakan waktu selama 7 hari kerja.

Itulah cara mudah untuk bayar pajak mobil online tahunan maupun untuk kendaraan bermotor lainnya melalui Aplikasi SIGNAL. Jadi, jangan pernah lupa untuk bayar pajak mobil online Anda, juga kendaraan bermotor lainnya walaupun kondisinya sedang tidak bisa keluar rumah. Tetapi, pastikan Anda sudah mempersiapkan dana untuk kebutuhan bayar pajak mobil online ini.

Untuk menyiapkan dana sekaligus menabung, CIMB Niaga menawarkan GOAL Savers, karena sekarang Anda bisa menabung harian, mingguan, atau bulanan untuk raih GOAL impian Anda. Keunggulan GOAL Savers adalah membantu Anda untuk lebih disiplin menabung baik harian, mingguan, atau bulanan dengan nominal yang dapat Anda sesuaikan. Anda juga bisa menabung otomatis dari rekening. Anda juga bisa memantau perkembangan tabungan Anda lewat OCTO Mobile maupun OCTO Clicks yang dapat diakses 24/7. Informasi selengkapnya bisa Anda akses di sini.

Referensi:

Produk Terkait

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Tabungan CIMB Niaga