www.cimbniaga.co.id production

Pahami Apa Itu Realtime Online dan Bedanya dengan BI Fast

 

“Anda butuh transfer uang dengan cepat dan aman? Realtime online bisa menjadi pilihan yang tepat. Layanan ini bisa dilakukan melalui berbagai saluran dengan biaya yang terjangkau. Agar lebih paham, simak pembahasan berikut ini sampai tuntas.”

Dalam era digital seperti saat ini, layanan transfer Realtime Online (RTO) telah menjadi salah satu inovasi dalam industri perbankan. Realtime Online merupakan satu layanan transfer uang di Indonesia selain BI Fast dan Real Time Gross Settlement (RTGS).

Realtime Online bisa membantu Anda melakukan transaksi keuangan antar rekening bank yang sama maupun rekening bank berbeda dengan lebih efisien. Anda membutuhkan jaringan internet untuk bisa mentransfer uang menggunakan Realtime Online.

Bagi Anda yang sering bertransaksi secara online, memanfaatkan OCTO Clicks dari CIMB Niaga bisa menjadi pilihan tepat. Internet banking ini memiliki banyak fitur menarik yang akan memudahkan Anda dalam bertransaksi. Jika belum tahu apa itu RTO dan bedanya dengan BI Fast, mari simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Segenap Kemudahan Menggunakan Aplikasi Transfer Uang

Apa Itu Realtime Online?

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Realtime Online adalah layanan transfer dalam waktu real time dengan limit maksimal per transaksi sekitar Rp 50 juta sesuai kebijakan tiap bank.

Dengan menggunakan layanan transfer Realtime Online, dana yang Anda kirimkan bisa langsung masuk ke rekening tujuan saat itu juga. Sebab, perusahaan tukar memberikan fasilitas transaksi selama 24 jam setiap harinya.

Sama seperti layanan transfer lainnya, transfer uang menggunakan Realtime Online juga membutuhkan biaya sekitar Rp 5.000 - Rp 7.500 sesuai kebijakan masing-masing bank.

Ada beberapa cara untuk melakukan transfer dengan Realtime Online. Anda dapat melakukannya melalui ATM, internet banking, atau mobile banking selama bank yang menjadi tujuan transfer Anda masuk dalam jaringan pembayaran menggunakan RTO.

Perbedaan Realtime Online dengan BI Fast

Selain Realtime Online, layanan transfer yang juga banyak digunakan saat ini adalah Bank Indonesia Fast Payment (BI Fast) yang baru diluncurkan pada akhir tahun 2021. Kedua layanan transfer tersebut tentunya memiliki perbedaan seperti berikut:

  1. Biaya transaksi
  2. BI Fast menyediakan layanan transfer uang yang lebih murah daripada Realtime Online, yaitu sekitar Rp 2.500 per transaksi. Adapun jika menggunakan metode Realtime Online akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 - Rp 7.500 per transaksi

  3. Limit transaksi
  4. Realtime Online memiliki limit transaksi maksimal sebesar Rp 50 juta per transaksi. Sementara itu, BI Fast memiliki limit transaksi maksimal sebesar Rp 250 juta per transaksi.

  5. Ketersediaan transaksi
  6. Meski BI Fast memiliki biaya yang lebih murah daripada transfer RTO, namun layanan transfer ini masih belum tersedia di mesin ATM. Berbeda dengan BI Fast, layanan transfer RTO bisa diakses secara melalui ATM, mobile banking, dan internet banking

  7. Kecepatan penyelesaian transaksi
  8. Realtime online menawarkan penyelesaian transaksi secara instan, yaitu dalam hitungan detik. Sementara itu, transaksi menggunakan BI Fast baru selesai dalam hitungan menit karena menyesuaikan dengan jadwal kliring dan penyelesaian yang ditetapkan oleh BI.

Secara keseluruhan, transfer Realtime Online dan BI Fast sama bagusnya. Hanya saja, pilihan layanan transfer uang yang terbaik tentunya tergantung pada kebutuhan Anda.

Keuntungan Menggunakan Realtime Online

Layanan transfer Realtime Online lebih dari sekadar menawarkan kecepatan. RTO juga bisa meningkatkan transparansi dan kepercayaan dalam pembayaran, serta membantu nasabah dan pihak bank dalam mengelola keuangannya.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan transfer Realtime Online:

  1. Proses transfer yang cepat
  2. Transfer uang melalui RTO akan diproses secara real time, di mana uang yang Anda transfer akan langsung masuk ke rekening penerima dalam waktu beberapa detik saja.

  3. Mudah dilakukan
  4. Anda bisa melakukan transfer uang melalui RTO dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja. Anda hanya perlu memiliki akses ke internet dan rekening bank.

  5. Memiliki sistem keamanan yang ketat
  6. Layanan transfer RTO bisa dipastikan keamanannya oleh Bank Indonesia. Setiap transaksi yang Anda lakukan melalui RTO akan diproses dengan sistem keamanan yang ketat.

  7. Memiliki biaya transfer yang terjangkau
  8. Biaya transfer uang melalui RTO relatif murah dibandingkan metode tranfer antar bank lainnya. Biaya transfer uang antar bank melalui RTO biasanya hanya sekitar Rp 5.000 - Rp 7.500 per transaksi dan gratis jika transfer dengan tujuan bank yang sama.

Dengan keunggulan seperti di atas, layanan transfer RTO dapat menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan transaksi keuangan cepat dan aman.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Transfer Uang lewat OCTO Mobile

Kekurangan Menggunakan Realtime Online

Seperti halnya metode transfer lainnya, realtime online juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:

  1. Tidak semua bank mendukung RTO
  2. Untuk menggunakan Realtime Online, bank penerima juga harus mendukung layanan ini. Jika bank penerima tidak mendukung metode transfer ini, maka transfer dana akan dilakukan melalui mekanisme lain, seperti Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) atau Real Time Gross Settlement (RTGS).

  3. Limit transaksi yang tidak terlalu besar
  4. Dibandingkan metode transfer lainnya, limit nominal transaksi menggunakan Realtime Online umumnya lebih rendah. Hal ini dikarenakan metode transfer RTO dirancang untuk transaksi dalam jumlah yang relatif kecil.

Berdasarkan kekurangan-kekurangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Realtime Online merupakan layanan transfer yang cocok untuk kebutuhan transfer antar bank dengan nominal yang relatif kecil 

Cara Menggunakan Realtime Online

Ada beberapa cara untuk menggunakan layanan transfer realtime online. Anda dapat menggunakan ATM, mobile banking, atau internet banking.

1. Melalui ATM

Berikut adalah cara menggunakan layanan transfer RTO melalui ATM:

  1. Masukkan kartu ATM yang Anda miliki ke mesin ATM, lalu masukkan enam digit PIN Anda
  2. Pilih menu "Transfer", kemudian pilih jenis transfer menggunakan layanan Realtime Online
  3. Masukkan nomor rekening tujuan transfer dan tulis jumlah yang ingin ditransfer
  4. Setelah itu tekan tombol "Transfer” untuk menyelesaikan transaksi Anda.

2. Melalui Mobile Banking

Jika Anda memiliki akses ke aplikasi mobile banking, berikut cara menggunakan layanan transfer realtime online:

  1. Buka aplikasi mobile banking Anda
  2. Masukkan username dan password Anda
  3. Cari menu "Transfer", lalu pilih jenis layanan yang menggunakan Realtime Online
  4. Masukkan nomor rekening tujuan transfer dan jumlah uang yang ingin Anda transfer.
  5. Masukkan PIN yang diminta, kemudian pilih tombol "Transfer" untuk menyelesaikan transaksi.

3. Melalui Internet Banking

Secara umum, berikut ini cara menggunakan layanan transfer realtime online melalui internet banking:

  1. Buka situs internet banking bank yang Anda gunakan, pastikan Anda sudah memiliki akun terdaftar
  2. Masukkan username dan password Anda.
  3. Pilih menu "Transfer" dan pilih jenis transfer Realtime Online.
  4. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi nomor rekening tujuan beserta jumlah uang yang ingin Anda transfer
  5. Konfirmasi proses transfer dengan cara memasukkan PIN OCTO Clicks yang sudah Anda buat saat registrasi.

Anda bisa melakukan transfer realtime online kapan saja dan di mana saja selama memiliki akses ke ATM, mobile banking, atau internet banking dari bank yang Anda gunakan.

Perlu dipahami jika nantinya Anda akan dikenakan biaya transfer mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 7.500 per transaksi atau sesuai kebijakan masing-masing bank. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi terkait biaya transfer RTO dari bank yang Anda miliki.

Nikmati Kemudahan Transfer dengan OCTO Clicks

Jika ingin mencoba kemudahan transfer melalui RTO, Anda bisa memanfaatkan OCTO Clicks dari CIMB Niaga yang merupakan layanan internet banking CIMB Niaga dengan berbagai fitur perbankan tanpa batas. 

Layanan transfer uang RTO melalui OCTO Clicks CIMB Niaga dapat dilakukan 24 jam penuh setiap harinya dengan biaya sekitar Rp 6.500 per transaksi. OCTO Clicks menyediakan layanan transfer ke sesama rekening CIMB Niaga, rekening bank lain, hingga transfer ke luar negeri.

Selain melakukan transfer dan pembayaran, Anda juga bisa menggunakan OCTO Clicks untuk membuka deposito dan pembelian reksa dana sebagai bentuk investasi. Ada pula fitur Virtual Card Number (VCN) untuk bertransaksi secara online di merchant-merchant yang menerima pembayaran MasterCard. 

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang transfer uang dengan OCTO Clicks, Anda dapat menghubungi call center CIMB Niaga di nomor 14041 atau kunjungi halaman ini untuk mendapatkan keuntungan menarik lainnya.