www.cimbniaga.co.id production

Segenap Kemudahan Menggunakan Aplikasi Transfer Uang

 

 
 
 
 

Segenap Kemudahan Menggunakan Aplikasi Transfer Uang

 

Transfer uang kini jauh lebih mudah dan tak perlu membuang banyak waktu untuk datang ke ATM terdekat. Anda kini bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi transfer uang yang bisa langsung diakses lewat smartphone Anda. Caranya tentu dengan memasang atau install salah satu aplikasi transfer uang. Anda pun tak perlu keluar rumah lagi untuk transfer uang.

Bukan hanya mengirim uang, aplikasi transfer uang kini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lain seperti berbelanja dan bayar tagihan. Semua makin praktis dilakukan dari genggaman Anda. Tak hanya itu, aplikasi transfer uang pun bisa dilakukan tanpa perlu membayar biaya admin. Maka tak heran bila aplikasi transfer uang bisa menyelamatkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah per bulan.

Salah satu fasilitas perbankan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah OCTO Mobile, layanan mobile banking dari CIMB Niaga. Aplikasi transfer uang ini dirancang layaknya super app. Nasabah dapat tetap produktif memenuhi kebutuhan finansialnya lewat OCTO Mobile, termasuk untuk transfer uang melalui ponsel dari genggaman tangan kapan saja dan di mana saja. OCTO Mobile memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memenuhi kebutuhan transfer tanpa harus datang ke kantor cabang atau mengantre di mesin ATM.

Pilihan Aplikasi Transfer Uang

Saat ini, layanan yang paling banyak digunakan nasabah untuk transfer uang antar bank biasanya adalah mobile banking, internet banking dan menggunakan metode online. Namun, sebenarnya ada tiga layanan yang ada dalam proses pengiriman uang tersebut yakni kliring, RTGS, dan BI Fast. Apa perbedaannya? 

1. RTGS

Secara proses, RTGS atau Real Time Gross Statement tidak secepat waktu yang dibutuhkan dalam transaksi RTO. Umumnya, untuk proses pengiriman uangnya sendiri berkisar dari 3-4 jam. Namun, Anda juga bisa menerima atau mengirim uang dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Metode RTGS biasanya dilakukan oleh para pelaku usaha untuk kemudahan menjalankan transaksi bisnisnya. Biasanya pihak bank membutuhkan waktu untuk memeriksa rekening Anda dan juga saldo yang dimiliki sekaligus memeriksa rekening tujuan. Namun, proses pemeriksaan tersebut tidak dilakukan secara detail seperti kliring yang melibatkan bank sentral, seperti Bank Indonesia. 

2. Kliring

Jenis transfer uang selanjutnya yaitu kliring atau lalu lintas giro (LLG). Biasanya transfer uang menggunakan metode ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Umumnya bisa dilakukan melalui kantor cabang, ATM, dan aplikasi transfer uang seperti mobile banking. Rata-rata proses transfer hingga uang yang dikirimkan masuk ke dalam sumber dana penerima berkisar 2-3 hari kerja. Durasi tersebut digunakan pihak bank sebagai bagian dari kliring.

Kliring merupakan proses yang dilakukan oleh pihak bank yang bertujuan untuk memastikan apakah saldo yang berada di dalam sumber dana Anda, yakni rekening giro cukup untuk melanjutkan transaksi yang Anda butuhkan. Pihak bank yang akan mengirimkan dana ke pihak lainnya pun harus menginformasikan adanya transaksi kliring kepada Bank Indonesia (BI). 

3. BI Fast

BI-FAST adalah infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan BI yang dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran dalam memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat. BI-FAST bukanlah aplikasi tersendiri, namun nanti akan muncul saat nasabah melakukan transfer melalui mobile banking, internet banking di bank yang telah menerapkan BI-FAST. Implementasi BI-FAST oleh bank kepada nasabahnya akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan rencana bank dalam mempersiapkan kanal pembayaran bagi nasabahnya masing-masing.

Untuk tahap awal terdapat 21 perbankan yang menyediakan layanan transfer BI-FAST. Batas maksimal nominal transfer menggunakan BI-FAST adalah Rp250 juta per transaksi. Biaya transfer menggunakan BI-FAST maksimal Rp2.500 per transfer. Namun, perbankan atau peserta dapat menetapkan biaya yang sama atau lebih rendah.

Selain itu, Anda dapat memilih cara transfer uang lewat HP via OCTO Mobile. Aplikasi transfer uang ini dapat langsung diakses lewat smartphone Anda dengan mengunduh aplikasi transfer uang OCTO Mobile di Google PlayStore, Apple App Store, dan Huawei App Gallery. Nikmati berbagai layanan yang tersedia di OCTO Mobile mulai dari buka rekening online; bayar tagihan listrik, air, asuransi pajak kendaraan, kartu kredit; top up e-wallet; valas; investasi; cardless; dan banyak lagi.

Berkat aplikasi transfer uang lewat smartphone ini, Anda memiliki berbagai jenis layanan untuk transfer uang, seperti real-time, Sistem Kliring Nasional (SKN), dan Real Time Gross Settlement (RTGS), serta transfer valuta asing baik ke dalam dan luar negeri. Tidak hanya mengikuti cara transfer uang via OCTO Mobile, Anda juga bisa melakukan berbagai pembayaran dan pembelian secara efisien.

Anda pun bisa membuka tabungan OCTO Savers dan langsung mendapatkan berbagai keuntungan. OCTO Savers adalah tabungan yang kasih bebas biaya administrasi bulanan tanpa syarat yang sering bikin saldo tabungan terkuras terus. Bebas biaya di bawah saldo minimum.

Aplikasi transfer uang OCTO Mobile bisa membantu Anda melakukan transaksi dengan cepat dan mudah di setiap waktu. Tak perlu buang-buang energi dan waktu mencari ATM terdekat demi mengirim uang. Aplikasi transfer uang OCTO Mobile juga semakin mudah digunakan karena dilengkapi dengan fitur unggulan yaitu fitur sidik jari dan face ID. Aplikasi transfer uang ini juga kian unggul karena Anda juga bisa mengatur tampilan rekening serta membagikan bukti transfer uang kepada siapapun via WhatsApp, SMS, maupun email. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Rekening Ponsel

Tarik tunai atau belanja tanpa menggunakan kartu ATM, kartu kredit, ataupun rekening bank kini bukanlah khayalan. Rekening Ponsel CIMB NIAGA memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM.

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan