www.cimbniaga.co.id production

5 Keuntungan Transfer Menggunakan BI Fast

 

 
 
 
 

5 Keuntungan Transfer Menggunakan BI Fast

 

Saat ini, kembali hadir inovasi terbaru dalam dunia perbankan digital. Terutama dalam memberikan kemudahan dan keuntungan nasabah untuk melakukan transfer antar bank. Inovasi tersebut adalah BI Fast. Sesuai dengan namanya, BI Fast merupakan salah satu inovasi teknologi dunia perbankan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI). Sebagai bank sentral di Tanah Air, Bank Indonesia kini telah menyediakan infrastruktur sistem pembayaran yang dengan mudah dapat diakses melalui berbagai aplikasi yang disediakan oleh beragam pelaku sistem pembayaran. BI Fast bertujuan untuk memberikan fasilitas transaksi pembayaran yang lebih mudah dan efisien ritel bagi masyarakat.

Nama BI Fast sendiri merupakan sebuah singkatan dari Bank Indonesia Fast Payment. BI Fast pertama kali diluncurkan di penghujung tahun 2021. Implementasi BI Fast ini dilakukan oleh berbagai lembaga perbankan di Indonesia secara bertahap untuk bisa digunakan melalui layanan internet banking dan juga mobile banking

Fungsi BI Fast

Bank Indonesia menjelaskan bahwa hadirnya BI Fast ini merupakan salah satu implementasi dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) sebagai bentuk nyata transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata sesuai dengan realisasi di tahun 2025 mendatang. BI Fast ini pun melengkapi inisiasi transformasi digital lainnya seperti QRIS yang lebih dulu populer di kalangan masyarakat sebagai alternatif pembayaran non tunai.

Keuntungan BI Fast

Dalam penggunaannya sendiri, BI Fast merupakan alternatif dari sistem transfer online yang telah disediakan oleh lembaga perbankan di Indonesia. Sebagaimana Anda ketahui, sebelumnya ada 3 jenis transfer online yang bisa dipilih ketika Anda ingin melakukan pengiriman uang antar bank, yaitu Real Time Online, RTGS, dan juga Kliring. Kini layanan transfer terbaru dari Bank Indonesia ini menambah opsi dengan keuntungannya tersendiri. Berikut adalah keuntungan yang ditawarkan oleh BI Fast sebagai alternatif transfer online saat ini.

  1. Biaya transfer rendah

    Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan BI Fast untuk transfer online antar bank adalah biaya transfer yang rendah. Sebagaimana yang Anda ketahui, saat ini biaya transfer antar bank secara online berkisar di angka Rp 6.500. Sedangkan untuk opsi kliring, biaya yang ditawarkan adalah Rp 2.900. Di antara keduanya, BI Fast menetapkan biaya transaksi transfer antar bank sebesar Rp 2.500.

    Biaya transaksi yang ditetapkan melalui BI Fast ini jadi biaya terendah untuk pilihan transfer online yang cepat saat ini. Pasalnya, jika dibandingkan dengan opsi kliring yang tidak terpaut jauh secara nominal biaya, transfer kliring antar bank biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari kerja untuk dana bisa tersalurkan ke rekening tujuan. Sedangkan BI Fast menawarkan opsi yang instan.

  2. Layanan 24 jam

    Layaknya transfer online secara real time, BI Fast juga menawarkan keunggulan dari layanan transfer yang bisa dilakukan secara 24 jam. Mengingat biaya transfer yang cukup rendah dibandingkan opsi lainnya, layanan transfer 24 jam secara online yang diaplikasikan oleh BI Fast ini akan membuat Anda sebagai nasabah lebih mudah untuk melakukan transfer kapan pun dan di mana pun. 

  3. Batas maksimal transfer

    Mungkin Anda memahami, setiap lembaga perbankan memiliki batas maksimal nominal transfer antar bank dalam satu hari yang dilakukan secara online. Hal tersebut membuat Anda kesulitan untuk bisa mengirim uang dalam jumlah yang besar secara online dan harus pergi ke kantor cabang agar proses tersebut bisa terlaksana dengan cepat. Namun, BI Fast menawarkan solusi akan hal tersebut.

    Untuk melakukan transfer dana, BI Fast menetapkan batas minimal sebesar Rp 1 dan maksimal sebesar Rp 250 juta. Dengan hadirnya layanan transfer baru ini, Anda kini bisa dengan nyaman menyelesaikan transaksi transfer antar bank yang perlu dilakukan. Terkait batas maksimal nominal transfer besar sebelumnya juga sudah diakomodasi oleh RTGS. Namun, untuk menggunakan opsi tersebut, Anda perlu menyentuh batas minimal sebesar Rp 100 juta terlebih dahulu.

  4. Proses transfer cepat

    Sesuai dengan namanya, BI Fast, Bank Indonesia juga menekankan proses transfer antar bank yang cepat. Untuk bisa melakukan transfer antar bank dengan nominal yang besar dari opsi lainnya, Anda tidak hanya harus menunggu waktu transaksi selama lebih satu hari. Beberapa di antaranya juga hanya bisa menerima layanan sesuai jam kerja saja. Sehingga, proses transfer antar bank yang dilakukan dalam jam tertentu kemungkinan akan dilanjutkan di hari berikutnya. Namun, untuk layanan transfer terbaru ini sendiri, sistem ini menawarkan proses transaksi yang cepat. Anda hanya membutuhkan waktu yang relatif cepat untuk bisa mengirim uang dalam jumlah besar ke rekening antar bank yang Anda tuju. 

  5. Transfer lewat nomor telepon atau email

    Anda tentu paham bahwa untuk bisa transfer baik sesama bank maupun antar bank, nomor rekening tujuan perlu Anda ketahui dan dimasukkan ke dalam prosesnya. Namun, BI Fast menawarkan opsi lainnya yang lebih mudah. Selain menggunakan rekening, Anda juga bisa mengirim uang melalui nomor telepon atau email dari orang yang dituju. 

    Fitur ini dinamakan dengan istilah proxy address. Fitur tersebut tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses transfer uang antar bank melalui sistem BI Fast. Tentu perlu dipastikan bahwa nomor telepon dan email yang dituju harus terdaftar oleh sistem bank terkait data nasabah yang dituju.

Jenis transfer online

Seperti yang sudah lebih dulu di bahas, selain BI Fast ada juga pilihan transfer online lainnya yang bisa Anda pilih melalui aplikasi mobile banking atau layanan internet banking yang Anda miliki saat ini. Perlu dipahami bahwa di awal peluncurannya, belum semua layanan transfer online mendapatkan implementasi layanan transfer terbaru dari Bank Indonesia tersebut. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu menunggu beberapa waktu hingga akhirnya bisa menikmati keunggulan dari BI Fast. Untuk sementara waktu, berikut adalah opsi transfer online yang bisa Anda coba

  • Real Time Online
  • Kliring atau Lalu Lintas Giro (LLG)
  • Real Time Gross Statement (RTGS)

Bagi Anda nasabah CIMB Niaga, saat ini Anda sudah bisa menikmati cara transfer uang dengan sistem BI Fast melalui OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, BizChannel@CIMB Mobile, Gateway@CIMB (Direct). Untuk bisa transfer antar bank dengan sistem tersebut di OCTO Clicks ini cukup mudah caranya. Anda hanya perlu mengikuti tahapan transfer antar bank sebelumnya. Namun, jangan lupa untuk memilih BI Fast dalam kolom jenis transfer yang tersedia di bagian paling kanan.


OCTO Clicks merupakan layanan internet banking dari CIMB Niaga yang menghadirkan layanan perbankan tanpa batas. Tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi seperti transfer dan pembayaran saja, Anda juga bisa menggunakan OCTO Clicks sebagai sarana pembukaan deposito dan pembelian reksa dana untuk aktivitas investasi Anda. Anda juga bisa mengajukan Virtual Card Number (VCN) melalui OCTO Clicks sebagai metode pembayaran kartu kredit digital. Temukan keuntungan dan kemudahan lain yang ditawarkan OCTO Clicks di sini.

Produk Terkait

BI-FAST

Transaksi transfer Rupiah domestik yang diproses secara online dan dikelola oleh Bank Indonesia. BI-FAST dapat digunakan oleh semua nasabah CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah dengan mudah, nyaman, aman, hemat biaya dan tersedia 24/7 melalui: OCTO Clicks | BizChannel@CIMB | BizChannel@CIMB Mobile | Gateway@CIMB (Direct)

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

BizChannel@CIMB Mobile

Nikmati pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan beragam fitur dan keuntungan melalui BizChannel@CIMB Mobile  yang dapat diunduh melalui iOS maupun Android.

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.