production

Serba-serbi Usaha Rumahan Modal Kecil

Serba-serbi Usaha Rumahan Modal Kecil

 

Seiring dengan perkembangan zaman, roda perekonomian juga turut berkembang. Industri yang sudah bertahan lama semakin maju dan industri-industri baru pun banyak bermunculan seolah tidak mau kalah saing. Ada beragam inovasi baru berkat kemajuan teknologi, misalnya saja sekarang orang-orang tidak perlu kerepotan untuk memesan kendaraan. Cukup mengandalkan sambungan internet, kita bisa memesan ojek atau taksi online dimanapun dan kapanpun kita berada.

Sekarang ini, kita tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja karena kebanyakan orang sudah mulai akrab dengan belanja online melalui beragam e-commerce yang tersedia dan dapat diakses dengan mudahnya. Untuk perkembangan industri kuliner, para pengusaha restoran dan kedai biasanya memanfaatkan jasa pengiriman yang tersedia di beberapa platform online. Dari berbagai macam industri yang ada, tidak semuanya dapat dikerjakan sepenuhnya secara online, seperti usaha laundry, usaha foto studio, dan usaha photocopy. Meskipun begitu, para pengusaha tersebut tetap dapat memanfaatkan media sosial, seperti instagram, facebook, dan twitter, sebagai media publikasi ataupun promosi produk-produknya. Kiat-kiat seperti itulah yang dapat digunakan untuk membuka usaha rumahan modal kecil.

Walaupun sudah banyak metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha rumahan modal kecil milik sendiri, masih banyak orang-orang yang terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman mereka sebagai seorang karyawan sehingga tetap memilih menjadi seorang karyawan. Padahal, dengan membuka usaha rumahan modal kecil, orang-orang akan membuka pintu wiraswasta dengan potensi profitabilitas yang tidak dapat diraih saat menjadi karyawan. Selain itu, mereka juga mendapatkan fleksibilitas mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri, uang yang didapatkan jauh lebih besar, serta mempunyai hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja sendiri. Alasan-alasan tersebutlah yang harus disadari dan memacu kita untuk membuka bisnis dari rumah sendiri.

Usaha Rumahan Modal Kecil

Ada banyak contoh usaha rumahan modal kecil yang bisa kamu tiru dan modifikasi supaya tampak berbeda dari usaha rumahan modal kecil lainnya.

  1. Warung

    Coba perhatikan di sekeliling rumah Anda, apakah sudah ada usaha rumahan modal kecil dengan membuka warung? Jika tidak ada, maka inilah kesempatan Anda. Warung merupakan salah satu usaha yang pasti dibutuhkan oleh banyak orang walaupun tanpa adanya promosi. Meskipun tidak selengkap pasar swalayan, warung tetap diandalkan untuk membeli bahan-bahan pokok, seperti telur, beras, gas, garam, dan minyak dalam skala kecil. Berkat lokasinya yang berada di lingkungan sekitar, warung menjadi tempat berbelanja yang lebih dekat untuk dikunjungi daripada pasar swalayan. Jika Anda berminat untuk membuka warung, maka hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah memastikan apakah rumah Anda merupakan kawasan yang cukup ramai dilewati orang-orang atau tidak. Jika tidak, maka usaha rumahan modal kecil Anda akan sepi pembeli.

  2. Jus dan Sop Buah

    Minuman dingin sudah pasti disukai oleh banyak orang karena mampu menyegarkan dahaga saat matahari sudah menyongsong ke atas. Butuh ketelatenan yang cukup besar dalam membuka usaha rumahan modal kecil seperti ini karena menyajikan jus dan sop buah tidak bisa asal. Anda harus pastikan takaran gula dan tingkat kematangan buah untuk mendapatkan jus dan sop buah yang cocok di lidah pembeli.

  3. Nasi Uduk dan Aneka Ragam Makanan untuk Sarapan

    Jangan sia-siakan kemampuan memasak Anda. Gunakan kemampuan tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Tidak semua orang menyiapkan sarapannya sendiri sehingga mereka membutuhkan orang-orang yang berjualan makanan untuk sarapan. Oleh karena itu, Anda bisa membuka usaha rumahan modal kecil dengan berjualan nasi uduk dan kudapan untuk sarapan di pagi hari. Saat makanan sudah terjual habis dan hari menuju siang, Anda dapat gunakan waktu tersebut berkumpul dengan anak-anak, melakukan kegiatan lain atau berjualan makanan dengan menu yang berbeda.

  4. Jasa Desain Grafis

    Untuk usaha rumahan modal kecil yang satu ini, Anda tidak menjual barang melainkan menawarkan jasa. Logo, spanduk, banner, kartu nama, dan baliho merupakan benda-benda yang membutuhkan desain grafis. Sediakan komputer yang memadai beserta software terbaik yang digunakan untuk mendesain. Anda bisa menawarkan jasa Anda dengan mempromosikannya di media sosial dengan menunjukkan karya-karya Anda. Jangan lupa memberikan watermark supaya karya Anda tidak dicuri oleh orang lain.

  5. Kerajinan Tangan

    Tas dari rotan, gantungan dari kain flanel, dan bunga dari kantong plastik merupakan sedikit contoh dari barang-barang yang bisa dibuat dengan menggunakan tangan. Biasanya, barang-barang hasil dari kerajinan tangan memiliki nilai yang lebih tinggi karena tidak semua orang mampu membuat itu dan lebih awet. Untuk membuat usaha rumahan modal kecil seperti ini, bahan-bahan yang dibutuhkan tergantung pada barang apa yang Anda buat. Umumnya, Anda perlu menyediakan jarum, gunting, benang, lem tembak, dan manik-manik. Selain itu, Anda harus memiliki ketelitian dan kemampuan yang tinggi serta tidak bosan untuk terus belajar berbagai kerajinan supaya Anda dapat menjual benda-benda yang baru. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai media promosi Anda agar usaha rumahan modal kecil Anda ini dapat dikenal lebih luas.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Rumahan Modal Kecil

Mendirikan usaha rumahan modal kecil membutuhkan keberanian dan kegigihan untuk melangkah maju. Yakinkan diri Anda berulang kali untuk terjun ke dunia bisnis dengan membuka usaha kecil-kecilan dari rumah. Untuk mewujudkan bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membangun usaha rumahan modal kecil.

  1. Ketahui Potensi Anda

    Kenali diri dan minat Anda supaya Anda mengetahui potensi apa yang Anda miliki untuk dijadikan modal utama dalam mendirikan usaha rumahan modal kecil. Membuka usaha yang tidak Anda kuasai dapat membebankan diri Anda karena Anda harus belajar dari awal dan hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

  2. Lihat Peluang di Sekitar Rumah

    Pengusaha yang sukses merupakan pengusaha yang jeli dalam melihat peluang yang ada di pasar. Ketahui apa  yang dibutuhkan di lingkungan rumah Anda dan jadikan itu pasar Anda. Misalnya Anda memiliki kemampuan memasak dan hendak membuka usaha rumahan modal kecil seperti berjualan nasi uduk. Hal ini akan berhasil diterapkan apabila kebanyakan orang yang tinggal di lingkungan rumah Anda merupakan orang yang tidak menyiapkan menu sarapannya sendiri. Namun, hal ini akan percuma jika mayoritas masyarakat di lingkungan rumah Anda memiliki asisten rumah tangga yang selalu menyediakan makanan untuk sarapan. Tetapi, hal tersebut tetap dapat dilakukan apabila Anda mengubah produk usaha Anda, seperti berjualan kue, yang tidak semua kalangan dapat  membuatnya. Oleh karena itu, kombinasikan potensi dan peluang di sekitar rumah Anda untuk mengetahui usaha rumahan modal kecil apa yang bisa Anda dirikan.

  3. Dapatkan Izin dari Ketua Daerah Setempat

    Masing-masing daerah tempat tinggal memiliki izin usahanya sendiri. Ada beberapa daerah yang mengizinkan, ada pula yang tidak. Oleh sebab itu, Anda perlu meminta izin dari ketua atau pemimpin di daerah Anda tinggal sebelum membangun usaha yang membutuhkan sebagian lahan dari rumah Anda, seperti laundry, rumah makan, dan pencucian motor.

  4. Hitung Anggaran yang Dikeluarkan

    Mendirikan usaha pasti membutuhkan modal, baik usaha dalam skala besar maupun usaha rumahan modal kecil. Ketahui dana yang Anda butuhkan dengan cara mencatat barang-barang yang Anda perlukan sebagai pondasi awal usaha Anda dan perkirakan harga dari masing-masing benda. Setelah mengetahui besar dana usaha Anda, periksa tabungan Anda apakah mencukupi untuk mendirikan usaha yang Anda inginkan. Apabila kurang atau bahkan tidak ada modal sama sekali, Anda bisa mengajukan aplikasi KTA (Kredit Tanpa Agunan) via CIMB Niaga Xtra Dana. Berkat hadirnya fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang aksesnya cepat dan prosesnya mudah ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mendirikan usaha walaupun tanpa modal. Syarat dan ketentuannya bisa dicek di sini.