production

5 Peluang Usaha Rumahan | Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu!

5 Peluang Usaha Rumahan | Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu!

 

 

Tanpa kita sadari, peluang usaha itu bisa datang dari rumah sendiri. Bicara soal peluang usaha, hal yang dipikirkan pertama adalah modal. Bagaimana modal untuk usaha rumahan? Modal untuk menciptakan peluang usaha rumahan tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan ada beberapa usaha rumahan yang tidak memerlukan modal. Jadi bisa dikatakan, modal bukanlah penghambat untuk memulai usaha rumahan.

Selain uang, modal yang dibutuhkan untuk membuka peluang usaha rumahan adalah kemampuan Anda dalam mengelola usaha tersebut. Tidak hanya itu, untuk menciptakan usaha rumahan juga dibutuhkan tekad keyakinan serta kemampuan mengelola yang baik. Oleh karena itu, kebanyakan dari peluang usaha rumahan ini disediakan untuk ibu rumah tangga. Modal pengelolaan usaha yang baik akan menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Jadi, daya tarik dari peluang usaha rumahan ini cukup besar. 

Kunci keberhasilan menciptakan peluang usaha rumahan adalah jangan terlalu banyak memikirkan pertimbangan dalam memulai bisnis, seperti modal, tempat strategis, atau bahan baku yang mahal. Pertimbangan seperti itulah yang membuat usaha rumahan sulit direalisasikan. Cukup dengan riset-riset sederhana, Anda harus berani melangkah membuka peluang usaha rumahan yang Anda inginkan. 

Berikut ini beberapa contoh peluang usaha rumahan yang menjanjikan khusus untuk ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang. Beberapa contoh peluang usaha ini bisa menginspirasi ibu rumah tangga di luar sana, yang ingin turut serta membantu pemasukan suami.

1. Usaha Laundry Kiloan

Kesibukan orang saat ini berbagai macam jenisnya. Apalagi karyawan yang bekerja hampir 12 jam setiap harinya. Kegiatan mencuci pakaian untuk para karyawan menjadi kegiatan yang kerap kali sulit dilakukan, dan membiarkan pakaian kotor menumpuk terlalu banyak juga merupakan hal yang tidak baik. Oleh karena itu, muncullah beberapa usaha rumahan laundry kiloan yang menjamur di beberapa daerah. Bahkan di satu RT yang sama terdapat 2-4 usaha laundry kiloan ini.

Hal tersebut mencerminkan bahwa permintaan pasar terhadap jasa laundry kiloan ini cukup tinggi. Namun, peluang usaha rumahan laundry kiloan ini juga terbilang memiliki persaingan yang cukup besar. Hal tersebut bukanlah sebuah hambatan untuk tetap menciptakan peluang usaha rumahan laundry kiloan, karena persaingan ketat jika Anda memiliki inovasi yang lebih baik dari laundry kiloan yang lain, usaha yang Anda ciptakan bisa lebih unggul.

Oleh sebab itu, sebagai ibu rumah tangga, harus jeli dalam melihat peluang usaha rumahan laundry kiloan itu. Contohnya dengan melakukan riset beberapa laundry kiloan di sekitar rumah, sebagai perbandingan untuk bisa menciptakan laundry kiloan yang lebih baik.

2. Konter Pulsa, Paket Internet, dan Token Listrik

Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan zaman sekarang ini semakin canggih dan maju. Apalagi di dunia digital dan media sosial, berkembang sangat pesat hingga membuat semua informasi bisa diakses hanya dengan HP. Kebutuhan akan smartphone atau ponsel inilah yang membuat usaha berjualan pulsa dan paket internet sangatlah menjanjikan. Pasalnya, setiap pengguna smartphone pasti membutuhkan yang namanya pulsa atau paket internet untuk bisa mengakses segala macam yang bersifat online. Mulai dari menjalankan aplikasi, bermain game, browsing, dan chatting. Selain berjualan pulsa dan paket internet, Anda juga bisa sekaligus menjual token listrik sebagai tambahan lainnya. Sama seperti halnya pulsa, token listrik juga menjadi kebutuhan pokok yang tidak pernah sepi pelanggan. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan untuk ibu rumah tangga atau keluarga muda yang ingin membuka usaha di rumah.

3. Bisnis Online (Dropshipper atau Reseller)

Lagi, lagi dikarenakan berkembangnya teknologi dan digitalisasi sekarang ini, yang menghasilkan banyak peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis berbasis online. Bisnis online ini bisa dibilang tren populer di kalangan pengusaha rumahan. Untuk menekuni usaha online ini, sebelumnya Anda harus mengetahui dua jenis yang banyak digemari dari bisnis online, yaitu sebagai dropshipper atau reseller.

Keduanya merupakan jenis pengusaha yang berkecimpung di bisnis online ini. Dropshipper dan reseller ini memiliki ranah yang sama tapi pengertiannya berbeda. Dropshipper itu adalah orang yang menjalankan usaha rumahan dengan memasarkan sebuah produk tanpa memiliki stok, jadi bisa dibilang hanya perantara antara pembeli dan distributor. Selain itu tugasnya dropshipper ini memasarkan produk tersebut secara online. Sedangkan reseller adalah orang yang menjual sebuah product dengan memiliki stok sendiri di rumahnya. Jadi menjual kembali produk yang reseller dapatkan dari distributor.

Dengan begitu, peluang usaha rumahan berbasis online ini banyak sekali digemari oleh ibu rumah tangga. Karena modal yang harus dimiliki hanya mahir dalam memasarkan produk secara online, dan punya akses cepat secara online. Peluang usaha rumahan secara online ini sudah berjalan cukup lama di dunia bisnis ini. Hingga sekarang tren dan kepopulerannya semakin canggih. Oleh karena itu, bisnis online termasuk ke dalam peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan keuntungannya.

4. Usaha Kuliner Masakan Rumahan

Peluang usaha kuliner bukanlah hal baru di dunia bisnis, tapi semakin berkembangnya zaman sekarang ini peluang usaha kuliner bisa dengan modal yang tidak begitu besar. Bahkan peluang usaha kuliner rumahan bisa menjadi alternatif ibu rumah tangga yang ingin usaha kuliner tanpa menyewa tempat. Selain itu, mengasah skill memasak ibu rumah tangga yang menguntungkan. Peluang usaha kuliner tidak pernah mati, asalkan dijalani konsisten dan jujur. 

Peluang usaha kuliner masakan rumahan ini termasuk ke dalam peluang usaha yang menjanjikan. Buat ibu rumah tangga yang memiliki skill memasak makanan rumahan yang enak, bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan satu ini. Seperti contoh, sekarang ini banyak sekali pengusaha yang hanya membuat sambal yang dikemas menarik dan dijual di kalangan penikmat sambal. Hanya modal sambal, semua orang bisa memulai usaha kuliner. 

Jadi, jangan dianggap bahwa peluang usaha kuliner itu hanya dengan restoran yang ramai. Namun, peluang usaha kuliner masakan rumahan juga bisa menjadi alternatif ibu rumah tangga untuk mendapatkan keuntungan. Banyak sekali sebagian contoh usaha kuliner masakan rumah yang sukses dijual dipasaran. Selain sambal, ada juga sop buah, kue box, makanan berat, makanan ringan, dan lainnya. Peluang usaha rumahan satu ini menuntut Anda untuk terus berinovasi, menemukan berbagai varian rasa, bahkan hingga kemasan yang menarik perhatian konsumen.

5. Makeup Artist

Banyak sekali kursus untuk belajar suatu keahlian. Salah satunya ada sekolah kursus keahlian merias wajah. Namun, seiring berkembangnya zaman, hal tersebut juga bisa dipelajari secara otodidak. Apalagi dengan mudahnya mengakses internet yang banyak memberikan informasi mengenai tata rias tersebut, dimanfaatkan banyak orang untuk belajar melatih skillnya. Dengan begitu, ibu rumah tangga juga mendapatkan alternatif lain untuk menjadi pengusaha rumahan dengan menjadi make up artist. 

Jasa tata rias ini banyak dicari di kalangan wanita-wanita sekarang ini. Walaupun banyak juga salon-salon yang menyediakan jasa tersebut, namun tidak dipungkiri banyak juga wanita-wanita yang secara pribadi membuka jasa tersebut. Permintaan pasar untuk jasa make up ini terbilang cukup tinggi, dan untuk persaingan juga menyesuaikan dengan permintaan tersebut. Namun, kebanyakan persaingan dilihat dari harga setiap tata rias perwajah. Jadi, persaingan harga dan kualitas tata rias lah yang menjadi kunci utama kesuksesan usaha dibidang ini.

Usaha rumahan ini bisa dibilang baru di dunia bisnis ini. Ditambah dengan didukungnya perkembangan teknologi dan zaman yang semakin maju, membuat peluang usaha rumahan ini semakin populer dan menjadi tren di kalangan ibu rumah tangga. Sebenarnya, usaha ini tidak hanya untuk kalangan ibu rumah tangga saja, banyak juga millenials dan pengusaha lainnya mulai melirik peluang usaha rumahan ini. 

Memberanikan diri untuk terjun dalam membuka peluang usaha rumahan ini menjadi salah satu langkah besar di dunia bisnis. Untuk membantu mewujudkannya, CIMB Niaga memiliki program Pinjaman Tetap (PT) yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan modal usaha, membantu dalam mengatur tingkat kecukupan aset dan mempermudah Anda dalam menatausahakan transaksi rutin. Kunjungi Pinjaman Tetap (PT) untuk informasi lebih lengkap.