production

Rekomendasi Usaha Rumahan dan Tips Memulainya untuk Anda

 

 
 
 
 

Rekomendasi Usaha Rumahan dan Tips Memulainya untuk Anda

 

Perkembangan zaman dan teknologi membuat keinginan seseorang untuk membuka usaha menjadi lebih mudah. Tidak lagi membutuhkan sebuah tempat atau ruko untuk usaha, Anda kini bisa menjalankan usaha dari rumah.

Usaha rumahan pun menjadi pilihan yang kini banyak diambil karena selain lebih praktis, usaha rumahan juga mengurangi modal awal yaitu menyewa atau membeli tempat usaha.

Dengan menghemat biaya modal, Anda bisa mengalokasikan biaya yang dimiliki untuk kebutuhan lain seperti berbelanja bahan pokok atau kebutuhan lain. Berikut rekomendasi usaha rumahan untuk Anda.

Frozen Food

Rekomendasi usaha rumahan pertama yang bisa Anda lakukan adalah bisnis frozen food. Terlebih saat anjuran untuk di rumah saja diberlakukan karena situasi pandemi, konsumsi frozen food atau makanan beku serta produk siap makan juga ikut meningkat.

Harga yang ramah di kantong, praktis dalam proses pembuatannya, dan proses yang cepat dibuat jadi beberapa faktor larisnya produk makanan ini.

Inovasi frozen food juga kini semakin bervariasi, mulai dari bakso, sosis, ayam, dimsum, aneka jajanan, hingga produk daging sapi yang tinggal disajikan. Bagi Anda yang berminat memulai bisnis frozen food, tidak ada salahnya melakukan inovasi di segi layanan hingga produk untuk membuat konsumen semakin tertarik.

Berjualan Produk Minuman

Sama seperti bisnis makanan frozen food, Anda bisa mengambil peluang usaha rumahan dengan berjualan produk minuman.

Anda bisa membuat inovasi dari jenis minuman yang akan dijual seperti kopi, jus, atau jenis lainnya. Selain berjualan dengan ukuran cup, Anda juga bisa membuat produk dengan kemasan literan seperti yang dilakukan oleh beberapa kafe dan kedai kopi.

Laundry Kiloan

Perubahan pola hidup konsumen saat ini yang cenderung menginginkan hal praktis bisa menjadi peluang usaha rumahan untuk Anda dengan membuka jasa laundry kiloan.

Tidak perlu selalu harus menyewa ruko, Anda bisa menyediakan ruangan atau menata ulang letak ruang rumah sebagai tempat untuk menyimpan alat-alat laundry.

Cuci Motor

Sama seperti laundry kiloan, cuci motor bisa menjadi peluang usaha rumahan untuk Anda. Pola kehidupan konsumen yang cenderung menginginkan hal praktis termasuk mencuci kendaraan, menjadi peluang emas untuk Anda.

Tidak perlu selalu harus menyewa ruko, Anda bisa menyediakan ruangan atau menata ulang letak ruang rumah sebagai tempat untuk menyimpan alat-alat mencuci motor.

Katering Rumahan

Tidak jauh berbeda dengan bisnis frozen food, Anda yang memiliki hobi memasak tidak ada salahnya mencoba usaha rumahan katering. Tidak perlu memikirkan penyewaan tempat, Anda bisa menjalankan usaha ini di rumah sendiri.

Perkembangan internet kiwari yang pesat juga memudahkan Anda untuk memasarkan usaha katering rumahan Anda secara online atau menggunakan cara konvensional dengan menawarkannya kepada kerabat-kerabat Anda.

Anda bisa mencoba menawarkan paket makan siang kepada teman-teman kantor Anda atau menawarkan paket makanan untuk acara arisan kawan Anda.

Tips Memulai Usaha Rumahan

Tentukan Produk Jualan

Usaha rumahan sudah cukup menjamur saat ini, banyak orang mulai menjajal usaha rumahan dengan menjual produk-produk unik. Anda bisa memilih produk yang sudah umum dijual atau menjual produk yang sudah Anda modifikasi untuk produk jualan usaha rumahan Anda.

Mempersiapkan Kebutuhan Usaha Rumahan

Dua hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha rumahan adalah operasional dan keuangan. Operasional adalah segala sesuatu yang fokus pada hal-hal untuk menjalankan usaha.

Operasional meliputi tentang produk yang digunakan seperti bahan-bahan dasar. Untuk hal ini, upayakan untuk mencari bahan-bahan berkualitas dengan harga lebih murah.

Kemudian Anda juga harus mempersiapkan packaging yang akan digunakan untuk produk usaha rumahan Anda. Pilihan packaging yang unik untuk meningkatkan minat dari para konsumen.

Selain mempersiapkan operasional, bagian lain yang harus Anda perhatikan dalam usaha rumahan adalah keuangan. Anda harus bisa mengatur arus keluar masuk keuangan dalam usaha yang Anda jalankan agar bisnis berjalan dengan lancar.

Pemasaran

Setelah selesai mempersiapkan langkah langkah awal usaha rumahan, Anda sudah siap untuk memasarkan produk yang Anda ingin jajakan. Anda bisa menggunakan sosial media sebagai tempat pemasaran yang mudah, murah, dan maksimal.

Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk jualan Anda. Dalam hal promosi, Anda bisa mencoba melalui Facebook Ads atau Google Adwords untuk menentukan target konsumen sesuai yang Anda inginkan.

Namun, perhatikan juga penyajian promosi usaha rumahan Anda. Buatlah tampilan promosi yang semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen. Anda bisa menekan biaya promosi dengan memfoto produk Anda sendiri dan mengunggahnya di sosial media.

Agar promosi usaha rumahan Anda dan pemasaran Anda lebih mudah dilakukan, Anda juga bisa merekrut seseorang untuk menjadi admin sehingga media promosi yang Anda gunakan bisa berjalan dengan maksimal dan efektif.

Faktor Keberhasilan Menjalankan Usaha Rumahan

Menjalankan usaha rumahan atau berwirausaha bisa menjadi pilihan untuk berinvestasi dan menambah pemasukan. Namun, dibutuhkan beberapa faktor agar usaha rumahan yang Anda jalankan bisa berjalan maksimal.

Pengetahuan Tentang Kewirausahaan

Aspek pertama dalam faktor keberhasilan wirausaha tentunya pengetahuan atau wawasan di pengusaha tentang wirausaha. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha atau wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi atau pengadaan produk baru, pemasarannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Dengan pengertian di atas, wirausaha artinya harus memiliki pengetahuan aktivitas bisnis seperti menghitung kas, alokasi modal, hingga strategi pemasaran. Akan lebih baik jika pengusaha secara spesifik mengetahui pengetahuan ini di bidang bisnis yang sedang dijalani.

Jika memang tidak memiliki faktor keberhasilan wirausaha yang pertama ini, Anda atau para penggiat usaha rumahan lainnya bisanya bisa bekerja sama dengan orang-orang yang andal dalam berbisnis atau membuat perencanaan.

Setelah memiliki pengetahuannya, Anda perlu menerapkannya ke dalam usaha rumahan yang dijalankan. Keterampilan wirausaha Anda bisa berkembang seiring menjalankan bisnis dengan pengetahuan yang dimiliki.

Self Starter dan Komitmen

Menjadi seorang pengusaha dibutuhkan karakter yang proaktif, penuh semangat, dan bisa memulai sesuatu sendiri. Jiwa perintis ini menjadi bagian penting untuk Anda bisa sukses memulai usaha.

Setelah memulai usaha rumahan Anda, faktor keberhasilan wirausaha yang dibutuhkan selanjutnya adalah komitmen untuk mampu bertahan di dunia bisnis. Butuh waktu untuk mengembangkan usaha, sehingga komitmen untuk berjuang dan terus berupaya hingga mencapai kesuksesan sangat dibutuhkan.

Kapasitas Diri

Bila Anda ingin memulai usaha rumahan, pilihlah yang tidak jauh dari skil dan talenta yang Anda miliki. Jangan terlalu mudah terbawa dan fokus pada sesuatu yang sedang trend dibicarakan.

Faktor keberhasilan wirausaha akan ditentukan oleh kapasitas Anda pada usaha yang Anda jalani. Jangan sampai Anda hanya sekadar mengikuti tren tanpa memahami bidang yang Anda jalani. Pilihlah bidang usaha yang sesuai atau tidak jauh dari skil dan kompetensi Anda.

Berani Mengambil Tindakan

Setelah memiliki pengetahuan, faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah bernai mengambil tindakan. Anda harus mengambil tindakan dan tidak membiarkan bisnis Anda hanya berkutat dalam konsep saja.

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah bernai mengambil risiko. Setelah mengambil tindakan, Anda pun harus berani mengambil risiko dari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di dalam bisnis Anda ke depan.

Mungkin bisnis yang Anda jalani merupakan sesuatu yang baru dan belum diketahui banyak orang. Namun, ketika Anda tetap berani mengambil risiko dan menjalankan bisnis Anda sesuai konsep yang telah ditentukan, bisnis Anda bisa saja dikenal luas oleh masyarakat.

Kesabaran dan Kegigihan

Kesabaran dan kegigihan menjadi faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya. Anda dituntut untuk bisa bersabar menghadapi berbagai masalah yang muncul di kemudian hari. Selain itu, sabar dibutuhkan untuk menghadapi konsumen, klien, bahkan untuk hal-hal finansial seperti pengeluaran.

Kegigihan punya wujud serupa kesabaran dalam menjalankan usaha rumahan. Anda harus bisa menghadapi segala macam kondisi yang terjadi seperti bisnis yang tengah sepi, belum menemui keuntungan signifikan dan sederet hal lain.

Kegigihan akan membuat Anda kuat dalam menghadapi berbagai masalah tersebut dan tidak mudah menyerah. Karena kesuksesan yang diraih pasti beriringan dengan sederet masalah. Kegigihan juga diperlukan dalam mengembangkan usaha, berpikir kreatif, dan bekerja lebih keras.

Jika Anda sudah memantapkan hati dan niat untuk memulai wirausaha, kini saatnya Anda memilih jenis pinjaman untuk bisnis Anda di CIMB Niaga. Ada berbagai jenis pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang disediakan CIMB Niaga untuk mengembangkan usaha yang Anda jalankan.

Melalui CIMB Niaga Xtra Dana kini bisnis yang Anda jalankan memiliki solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. Layanan pengajuan aplikasi untuk CIMB Niaga Xtra Dana bisa dilakukan di semua cabang, call center atau website CIMB Niaga dengan persyaratan dokumen sederhana dan proses yang cepat.


Semua jenis penawaran pinjaman dari CIMB Niaga memiliki persyaratan dan proses yang mudah serta cepat untuk mendukung bisnis Anda berkembang. Temukan info lengkap mengenai jenis KTA dari CIMB Niaga terbaik untuk Anda di sini.

Produk Terkait

Pembiayaan