www.cimbniaga.co.id production

Pengertian Ekonomi Kreatif dan Peluang Bisnis yang Menjanjikan

 

 
 
 
 

Pengertian Ekonomi Kreatif dan Peluang Bisnis yang Menjanjikan

 

Dalam beberapa tahun ke belakang, ekonomi kreatif jadi salah satu elemen yang cukup sering terdengar di berbagai kesempatan. Ekonomi kreatif memang bukan jadi hal yang baru sebagai salah satu sendi ekonomi di Tanah Air. Namun, dengan perkembangan industri yang cepat, pengertian ekonomi kreatif pun menjadi hal yang cukup coba dipahami oleh banyak masyarakat. Apalagi bagi pemilik usaha yang mencoba untuk menghadirkan pembeda dalam bisnis. Memahami pengertian ekonomi kreatif secara mendasar dan tepat akan membantu para pengusaha untuk bisa fokus terhadap industri yang tengah dijalaninya dengan memastikan bahwa produk yang dihasilkan masuk ke dalam kategori dari pengertian ekonomi kreatif itu sendiri.

Pengertian ekonomi kreatif

Dalam memahami pengertian ekonomi kreatif, penting untuk Anda ketahui bahwa ekonomi kreatif merupakan pengembangan dari konsep ekonomi dasar yang dibantu dengan hadirnya elemen kreatif di baliknya. Secara global, konsep atau pengertian ekonomi kreatif ini sudah lahir dan berkembang sejak tahun 2001. Salah satunya datang dari pengertian ekonomi kreatif yang mulai diperkenalkan secara umum dan luas melalui buku The Creative Economy: How People Make Money from Ideas karya John Howkins. 

Menurut sang penulis, pengertian ekonomi kreatif berasal dari aktivitas masyarakat yang memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk bisa menghadirkan ide kreatif dan juga menghindari aktivitas yang berulang-ulang. Keinginan untuk terus berkreasi melalui ide yang disampaikan melalui pengertian ekonomi kreatif tersebut diharapkan untuk bisa menghadirkan kemajuan, terutama dalam aspek ekonomi para pelaku usaha itu sendiri.

Saat ini di Indonesia, pengertian ekonomi kreatif dipahami sebagai sektor perekonomian yang fokus terhadap pengembangan informasi dan kreativitas melalui lahirnya ide, serta pengetahuan dari sumber daya manusia. Pengembangan yang dimaksud dalam pengertian ekonomi kreatif tersebut diimplementasikan sebagai bagian dari faktor produksi industri yang utama sehingga menghadirkan produk ekonomi kreatif. Pengertian ekonomi kreatif tersebut masih selaras dengan apa yang coba dijelaskan oleh John Howkins melalui bukunya. 

Promosi mengenai kegiatan ekonomi kreatif di Indonesia baru gencar dimulai pada tahun 2007 dengan hadirnya Pekan Produk Budaya yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Pada tahun 2009, inisiasi tersebut pun berganti menjadi Pekan Produk Kreatif Indonesia. Inisiasi ini hadir untuk memberi ruang promosi dan pengembangan industri kerajinan di Indonesia. Pengembangan industri ekonomi kreatif di Indonesia cukup mendapatkan dukungan yang besar. Hal ini dibuktikan dengan terbitnya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. Selanjutnya, regulasi tersebut dikembangkan melalui hadirnya Peraturan Presiden Nomor 92 tahun 2011 yang jadi dasar hukum terbentuknya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Mari Elka Pangestu sebagai menteri di tahun yang sama.

Peluang usaha industri kreatif

Dengan dukungan yang kuat dari pemerintah pusat, muncul banyak beragam peluang dari industri ekonomi kreatif yang menarik minat pelaku usaha dalam mengekspansi bisnis. Berdasarkan pengertian ekonomi kreatif yang disebutkan di atas, kreativitas dan juga hasil produksi jadi elemen yang saling berkesinambungan untuk bisa menghadirkan keuntungan. Berikut adalah peluang bisnis di industri ekonomi kreatif yang cukup berpotensi untuk terus berkembang. 

  1. Pengrajin furnitur

    Pengrajin furnitur menjadi salah satu peluang usaha yang berpotensi untuk bisa berkembang bersama pengertian ekonomi kreatif. Pasalnya, saat ini semakin banyak pilihan ragam langgam dari furnitur untuk mengikuti tren interior dan arsitektur yang tengah populer di kalangan masyarakat. Dengan popularitas tersebut, diproyeksikan dapat menghadirkan dampak positif bagi para pengrajin furnitur secara finansial dan juga reputasi yang bisa diterima. 

    Dengan melihat potensi pengembangan pasar yang meningkat selaras dengan tren yang ada, Anda juga bisa mulai membuka showroom dalam skala kecil atau menengah. Hal ini dilakukan agar para calon pelanggan atau pelanggan setia bisa langsung melihat contoh furnitur yang diinginkan. Selain untuk memudahkan pelanggan memahami hasil produk ekonomi kreatif, Anda juga bisa gunakan showroom tersebut sebagai ruang pameran untuk menunjukkan karya furnitur terbaik hasil produksi perusahaan Anda.

    Di luar itu, Anda sebagai pengrajin furnitur juga berkesempatan untuk mengembangkan teknik dan teknologi baru dalam perancangan yang memudahkan proses operasional dan produksi yang dilakukan oleh perusahaan Anda dalam menyelaraskan dengan pengertian ekonomi kreatif. 

  2. Desainer interior

    Sama halnya dengan pengrajin furnitur, desainer interior juga masuk sebagai salah satu bidang usaha yang sesuai dengan pengertian ekonomi kreatif. Pasalnya, firma desainer interior berperan sebagai konsultan sekaligus konseptor untuk bisa menghadirkan hunian idaman bagi para klien yang menyewa jasa desainer interior. 

    Tren rumah atau hunian sebagai ekstensi dari kepribadian pemiliknya juga membuat kehadiran desainer interior jadi elemen penting dalam membangun rumah. Sehingga, peluang pengembangan bisnis yang bisa Anda lakukan sebagai desainer interior jadi terbuka luas yang bisa diselaraskan dengan pengertian ekonomi kreatif sebelumnya. Di luar hunian residensial, desainer interior juga bisa mengembangkan bisnisnya ke ranah bangunan komersial, seperti hotel, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan sekali pun. 

  3. Arsitek

    Menjadi arsitek dan mendirikan firma arsitektur merupakan langkah yang tepat dalam memperkuat reputasi Anda di industri ekonomi kreatif bidang gubah ruang. Perlu dipahami bahwa arsitek tidak hanya berkutat dalam pembangunan gedung pencakar langit atau rumah. Saat ini, arsitek juga berkesempatan untuk menata elemen penunjang kehidupan bermasyarakat. Dengan kebutuhan akan ruang terbuka hijau di perkotaan besar, arsitek memiliki kesempatan untuk mengembangkan karier dan juga bisnisnya secara luas dan panjang. Tentunya pengembangan karier tersebut akan menghadirkan dampak positif akan kekuatan finansial dari bisnis yang dijalani.

  4. Desainer fashion

    Indonesia yang mulai mendapat sorotan dari dunia fashion secara intens ini seakan memberikan peluang bagi para desainer fashion Tanah Air untuk membuktikan karya dan juga mengembangkan kemampuan di dunia perancangan busana dan elemen fashion lainnya sebagai bagian dari aplikasi pengertian ekonomi kreatif. Dengan mengembangkan karier dan usaha di ranah desainer fashion, Anda bisa mulai membuka butik yang karyanya bisa Anda salurkan untuk bisa ikut serta ke berbagai acara pameran fashion dunia di Eropa. Selain itu, Anda juga bisa merilis lini aksesori dan juga parfum sebagai bagian pengembangan brand fashion yang dimiliki saat ini.

Keempat peluang usaha di atas merupakan segelintir jenis usaha yang selaras dengan pengertian ekonomi kreatif. Untuk bidang informal, seperti sutradara dan perfilman, musisi, hingga seniman pun dianggap jadi bagian dari industri ekonomi kreatif Indonesia. Peluang pengembangan bisnis di industri ekonomi kreatif juga mulai memadukan dengan industri digital yang sedang berkembang. Kolaborasi yang hadir antara industri kreatif dan digital tersebut juga masih selaras dengan pengertian ekonomi kreatif dari John Howkins yang jadi acuan. 

Dengan peluang yang masih terbuka lebar, maka kesempatan Anda untuk ikut mengembangkan bisnis selaras dengan pengertian ekonomi kreatif yang sebelumnya diungkap. Salah satu langkah dalam pengembangan bisnis di industri kreatif adalah dengan hadirnya kantor sekaligus showroom sebagai ruang pameran karya. Hal tersebut bisa Anda wujudkan bersama CIMB Niaga dengan Commercial Property Financing.


Commercial Property Financing merupakan produk pembiayaan dari business banking CIMB Niaga untuk memudahkan Anda memiliki kantor atau properti komersial idaman baik itu indent maupun ready stock dengan memberikan pembiayaan kepada nasabah CIMB Niaga untuk pembelian properti komersial melalui developer yang telah bekerjasama dengan CIMB Niaga. Anda berkesempatan untuk mendapatkan plafond pembiayaan hingga 15 milyar rupiah dengan jangka waktu hingga 10 tahun. Temukan info lengkap mengenai Commercial Property Financing CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

Commercial Property Financing

Pembiayaan kepada nasabah CIMB Niaga untuk pembelian properti komersial melalui Developer yang telah bekerjasama dengan CIMB Niaga.

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan