production

Kenali 5 Tata Cara Jualan Online yang Menguntungkan

 

 
 
 
 

Kenali 5 Tata Cara Jualan Online yang Menguntungkan

 

Dengan maraknya bisnis online yang cukup menjanjikan, banyak orang pun tertarik untuk mencari tahu cara jualan online. Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online menawarkan ragam keuntungan, apalagi untuk pengusaha pemula yang masih memiliki modal minim. Untuk menjalankan tata cara jualan online dengan baik, Anda tidak perlu terburu-buru harus membuka toko atau kantor khusus, karena bisnis secara online ini bisa dioperasikan dengan cermat hanya di rumah saja. Tentu saja, untuk mengaplikasikan tata cara jualan online dengan baik, Anda memerlukan infrastruktur atau aspek pendukung yang mumpuni, koneksi internet yang berkualitas misalnya.

Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan, ternyata melakukan tata cara jualan online secara baik bukan perkara yang mudah. Sebagaimana yang diketahui secara umum, menjalankan bisnis secara mandiri, baik offline maupun online diperlukan keseriusan dan dedikasi yang tinggi terhadap usaha yang sedang Anda jalankan. Oleh karena itu, untuk menjalankan usaha online, ada banyak aspek yang perlu masuk ke dalam perhitungan Anda. Tata cara jualan online ini tidak hanya mengacu pada aspek teknisnya saja, ada pula aspek non teknis yang perlu diperhatikan dan dijalankan sebaik mungkin agar.bisnis Anda bisa berjalan dalam waktu yang lama dan berkembang sesuai harapan.

Tata cara jualan online

Bagi Anda yang sedang mencari ilmu tambahan dalam menjalankan sekaligus mengembangkan bisnis online yang sedang dijalankan, berikut adalah tata cara jualan online yang perlu Anda ketahui.

  1. Persiapkan mental Anda

    Salah satu aspek teknis dalam tata cara jualan online yang perlu Anda pahami adalah mempersiapkan mental terlebih dahulu. Sebagaimana yang telah Anda pahami, menjalankan bisnis secara mandiri bukanlah hal yang mudah. Anda akan menemukan banyak rintangan yang nantinya dapat membantu Anda mempelajari kekurangan dari bisnis Anda. Namun, jika mental Anda kurang siap, mungkin Anda sulit bisa menerima dan mengolah kekurangan tersebut jadi hal yang unik. Oleh karena itu, persiapan mental yang baik diperlukan agar Anda siap menjalani rintangan tersebut sebagai motivasi pengembangan bisnis dan diri Anda sendiri sebagai pengusaha.

    Selain itu, tata cara jualan online yang bersinggungan dengan mental ini juga diperlukan dalam aspek operasional sehari-hari. Sebagai pengusaha online, Anda akan lebih sering berkomunikasi dengan pelanggan melalui fitur chat, sehingga menghadirkan risiko kesalah pahaman saat berkomunikasi. Persiapan mental yang baik, akan membantu Anda untuk bisa memberikan pengalaman customer service yang baik dari awal hingga akhir meskipun mengalami kendala salah paham saat berkomunikasi. Alangkah baiknya, dalam menjalankan tata cara jualan online satu ini Anda juga meningkatkan kemampuan komunikasi dan bahasa di waktu luang, agar para pelanggan bisa mudah ingat dengan layanan yang Anda berikan.

  2. Mulai tentukan produk

    Bagi Anda yang merupakan pengusaha pemula, tata cara jualan online selanjutnya adalah mulai tentukan produk yang ingin dijual. Penentuan produk ini tidak serta merta hanya menawarkan satu jenis produk saja. Yang dimaksud dari tata cara jualan online ini adalah, Anda sudah mengetahui pangsa pasar yang ingin diraih. Jika Anda mencoba untuk menarik pasar pecinta teknologi dan gamers, tentu komputer, gadget, dan aksesorisnya bisa jadi pilihan produk yang fokus untuk Anda tawarkan. 

    Anda bisa mulai menjalankan tata cara jualan online ini dengan memperhitungkan risiko yang ada dari produk serta modal yang Anda miliki saat memulai usaha. Anda sebagai pemula alangkah lebih baik untuk fokus menjual aksesoris gadget dan komputer terlebih dahulu. Hal ini didasari oleh minimnya modal yang dibutuhkan jika dibandingkan Anda harus memiliki stok komputer maupun gadget terlebih dahulu. Fokus dalam memasarkan satu tema produk hingga akhirnya menguntungkan dan baru lakukan pengembangan bisnis di dalam ranah yang Anda pilih. 

  3. Kenali nilai jual yang unik dari produk Anda

    Setelah berhasil untuk menentukan produk apa yang akan Anda jual, selanjutnya Anda harus menemukan nilai jual yang unik dari produk Anda sebagai tata cara jualan online selanjutnya yang perlu Anda pahami. Persaingan bisnis online yang cukup besar demi mendapatkan keuntungan finansial, mengharuskan Anda untuk terus melakukan inovasi maupun mencari celah di tengah banyaknya penawaran produk yang ada di pasaran. Nilai jual unik sebagai tata cara jualan online ini bisa ditemukan dari hal yang sederhana. Mulai dari pemilihan warna maupun material yang ditawarkan dari produk Anda. 

    Jika tata cara jualan online tersebut berhasil membuat bisnis Anda berjalan dengan baik, pengembangan selanjutnya Anda bisa mulai menyetok produk serupa tapi dari brand yang langka. Tentu saja hal ini mengharuskan Anda mengetahui seluk beluk mengenai ekspor impor serta jalur distribusi yang baik. Jika Anda merasa hal tersebut terlalu berisiko, Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan brand lokal di Indonesia untuk membuat produk khusus dalam jumlah terbatas.

  4. Bangun persona digital yang baik

    Selanjutnya, penting bagi Anda untuk memiliki digital presence yang baik. Tata cara jualan online yang disebut dengan digital presence ini merupakan bentuk eksistensi Anda di ranah digital, seperti marketplace, website, hingga media sosial. Dengan banyaknya layanan marketplace di Indonesia, Anda bisa membuat toko online di seluruh platform yang ada. Hal ini diperlukan agar Anda bisa menjaring lebih banyak calon pelanggan yang punya preferensi khusus menggunakan marketplace tertentu. 

    Selain itu, untuk personalisasi dan juga bentuk kredibilitas, penting bagi Anda untuk memiliki website sebagai bagian dari penerapan tata cara jualan online yang baik. Situs resmi dari bisnis Anda bisa digunakan sebagai kanal customer service dan juga kontak langsung kepada pelanggan. Selain itu, dengan adanya situs resmi yang dirancang kredibel, akan memudahkan Anda untuk bisa menjalin hubungan kerja sama dengan pebisnis lainnya yang akan membantu proses pengembangan usaha.

    Anda juga bisa memaksimalkan peran media sosial dalam menjalankan tata cara jualan online yang tepat. Tidak hanya membantu mendorong digital presence, media sosial juga bisa Anda gunakan sebagai kanal informasi dan promosi dari bisnis yang Anda jalankan. Jadi, pelanggan bisa langsung mengetahui promo apa yang sedang berlangsung demi meningkatkan penjualan bisnis Anda saat ini.

  5. Siapkan tabungan

    Sebagai pengusaha, kemampuan pengelolaan keuangan yang baik juga diperlukan. Oleh karena itu, tata cara jualan online selanjutnya yang Anda perlukan adalah memiliki tabungan khusus usaha yang Anda jalani. Tabungan khusus ini berperan untuk memisahkan uang Anda pribadi dan uang yang dibutuhkan oleh usaha Anda, seperti operasional, modal pengembangan, serta kebutuhan transaksi vendor. Anda bisa memilih untuk membuka XTRA Savers Non Individu dari CIMB Niaga yang bisa mengakomodasi segala kebutuhan tersebut agar tata cara jualan online Anda bisa berjalan dengan lancar.

Setelah memahami tata cara jualan online apa saja yang perlu dipahami dan dijalankan agar bisnis berjalan dengan lancar, penting bagi Anda untuk memikirkan tentang modal untuk pengembangan bisnis. Dalam mendapatkan modal pengembangan dengan mudah dan cepat, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan agunan di CIMB Niaga melalui produk Xtra Cash. Dengan Xtra Cash dari CIMB Niaga, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa proses pengajuan yang mudah dan cepat, suku bunga yang kompetitif, serta persentase nilai pinjaman tinggi dari agunan yang Anda ajukan. Dapatkan juga akses mudah dengan layanan pengajuan aplikasi Xtra Cash di semua cabang, dan melalui call center CIMB Niaga. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

XTRA Savers - Xtra Maksimal untungnya!

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!