www.cimbniaga.co.id production

Kembangkan Usaha Franchise dengan 4 Langkah Berikut

 

 
 
 
 

Kembangkan Usaha Franchise dengan 4 Langkah Berikut

 

Bagi Anda seorang pengusaha yang sudah cukup berpengalaman, menjalani usaha franchise bisa dianggap sebagai salah satu upaya yang baik dalam mengembangkan bisnis. Baik untuk urusan peningkatan kekuatan finansial maupun pengalaman dalam menjalankan usaha sebagai entrepreneur. Usaha franchise merupakan salah satu model bisnis yang cukup mudah ditemui dalam lingkup sehari-hari. Namun apakah itu usaha franchise secara mendalam?

Pengertian usaha franchise

Anda yang merupakan seorang entrepreneur berpengalaman tentu sudah memahami luar dalam mengenai usaha franchise. Namun tidak ada salahnya jika mengingat kembali pengertian mendalam dari model bisnis ini. Siapa tau hal ini juga bisa membantu Anda dalam memberi informasi dan ilmu kepada rekan-rekan pengusaha lainnya yang ingin menjadikan usaha franchise sebagai pengembangan karier mereka.

Di Indonesia usaha franchise juga dikenal dengan istilah waralaba. Maksud dari istilah tersebut adalah sebuah usaha yang melibatkan dua pihak. Secara umum, usaha franchise adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merk dagang, produk, atau sistem operasional. Kerja sama usaha franchise ini didelegasikan kepada pihak kedua yang berhak mendapatkan izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha franchise. Di dalam model bisnisnya, bisnis franchise memiliki dua buah elemen tetap, yaitu franchisor sebagai pemilik bisnis atau pemberi izin bisnis waralaba dan franchisee yang merupakan pembeli izin bisnis waralaba.

Kelebihan usaha franchise

Menjalankan usaha franchise sebagai salah satu sarana pengembangan usaha menawarkan beragam keuntungan yang berhasil menarik banyak minat pengusaha. Di antaranya sebagai berikut: 

  1. Brand awareness

    Sebagai pengusaha yang membeli izin atau hak waralaba (franchisee), salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh usaha franchise adalah brand awareness atau nama merek dagang yang sudah dikenal oleh banyak orang. Dengan kekuatan dan reputasi merek dagang yang sudah terpercaya terlebih dahulu, Anda jadi tidak perlu repot-repot mempersiapkan anggaran promosi. Dengan urusan promosi yang sudah lebih dulu teratasi, maka Anda hanya perlu menjalankan strategi bisnis yang sudah disiapkan. 

  2. Kemudahan manajemen keuangan

    Kelebihan lainnya yang ditawarkan dari menjalankan usaha franchise datang dari manajemen keuangan. Pasalnya, usaha franchise memiliki sistem operasional yang sudah ditentukan oleh franchisor. Sistem operasional dan manajemen keuangan ini biasanya sudah teruji berhasil dengan berkembangnya bisnis waralaba di berbagai lokasi lainnya.

4 langkah mengembangkan usaha franchise

Meskipun menawarkan keuntungan yang menarik, bukan berarti menjalankan usaha franchise dianggap sebagai sebuah jalan pintas. Bahkan Anda perlu menemukan langkah-langkah yang tepat dalam menjalani salah satu jenis usaha ini dengan cermat dan teliti untuk bisa meraih kesuksesan. Berikut adalah beberapa tips atau langkah yang bisa Anda terapkan selama menjalani usaha waralaba ini:

  1. Memilih bisnis yang tepat

    Sama halnya dengan lanskap bisnis secara umum, usaha franchise terbuka untuk berbagai macam jenis peluang usaha. Sebagaimana yang telah Anda ketahui, usaha waralaba ini hadir dalam berbagai jenis, seperti toko swalayan dan kuliner yang umum ditemukan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menguasai informasi dan pengetahuan dalam menjalankan bisnis di lanskap tersebut. Dengan memahami secara mendalam dalam menjalani bisnis, Anda akan bisa lebih cermat dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan. Bahkan untuk usaha franchise sekalipun. 

  2. Perhitungkan lokasi

    Lokasi jadi salah satu aspek yang cukup penting dalam menjalankan bisnis, begitu pun untuk usaha franchise. Lokasi yang strategis akan memberi kemudahan dalam menjaring pelanggan lebih baik. Lokasi strategis ini bukan hanya datang dari padatnya penduduk saja. Tapi juga bisa dilihat dari perkembangan ekonomi lingkungan sekitar. Dengan banyaknya ragam pilihan usaha, maka bisa jadi indikasi bahwa masyarakat sekitar memiliki daya beli yang cukup kompetitif. Namun perlu Anda pahami, dengan lokasi strategis, tentu Anda akan memiliki banyak saingan. Pastikan untuk menghadirkan hal yang unik dan berbeda, sehingga tidak hanya dapat menarik perhatian sesaat, tapi juga memenuhi kebutuhan pelanggan dalam lingkup kesehariannya.

  3. Pelajari sistem yang dijalankan

    Dalam sebuah skema usaha franchise, biasanya sudah ada sistem operasi yang ditentukan. Sistem operasi yang diberikan oleh pemilik waralaba ini harus dilakukan sesuai standar operasional yang berlaku. Sistem operasi yang diterapkan biasanya sudah dibuat dalam waktu yang lama dan terbukti dapat memberi keuntungan. Namun Anda jangan sekadar mengikutinya saja. Pelajari juga sistem ini. Memahami sistem yang memiliki kemungkinan besar dalam menghadirkan keuntungan bisa sangat berguna di masa depan, ketika Anda ingin melakukan ekspansi bisnis di ranah yang lain. Mempelajari sistem operasional bisnis ini bisa menambah pengalaman Anda sebagai seorang pengusaha yang sukses di masa depan.

  4. Hadirkan inovasi dalam rencana bisnis

    Meskipun sudah memiliki sistem operasi dengan standar yang diwajibkan, Anda juga masih memiliki celah untuk melakukan sedikit inovasi dalam menjalankan usaha franchise ini. Inovasi ini bisa dilakukan dalam strategi pemasaran. Salah satunya adalah dengan cara melakukan promosi digital yang menginformasikan terkait diskon atau produk baru yang hadir. Meskipun begitu, Anda juga harus melihat lingkungan dari lokasi usaha Anda dijalankan. Jika dirasa strategi promosi door to door dengan menyebarkan brosur masih cukup efektif, Anda tetap bisa menggunakan itu dengan menawarkan opsi untuk dapat mengakses promo secara digital. Hal tersebut juga berguna sebagai upaya dalam meningkatkan layanan konsumen ke arah yang lebih baik. Pastikan juga Anda memiliki rencana bisnis yang matang dalam mengaplikasikan segala inovasi yang telah disiapkan dalam usaha franchise yang sedang dijalankan. 

Bagi Anda yang serius ingin mencoba untuk mengembangkan usaha franchise atau waralaba, dengan memberikan sedikit sentuhan pengalaman Anda sebagai pengusaha, menambah modal menjadi salah satu langkah yang cukup bijak untuk dilakukan. CIMB Niaga menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan modal dalam rencana pengembangan bisnis yang Anda butuhkan, melalui produk Pembiayaan Modal Kerja Dari CIMB Niaga.

Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga merupakan sebuah fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek, membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin. Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Prosesnya juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.