production

Contoh Ide Bisnis dengan Keuntungan yang Maksimal

 

 
 
 
 

Contoh Ide Bisnis dengan Keuntungan yang Maksimal

 

Banyak orang yang ingin memulai sebuah bisnis yang tentunya diiringi harapan bisa bisnisnya bisa berkembang pesat. Namun sayangnya, upaya beberapa orang terhambat karena terbentur dengan ide bisnis. Ya, ide bisnis merupakan pondasi yang sejak awal perlu dipikirkan dengan matang sebelum Anda mulai menjalankannya. Ide bisnis yang tepat akan membuka peluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Jika Anda telah memilih ide bisnis yang tepat, Anda juga perlu mempertimbangkan pula ketersediaan modal. Meski begitu, ada beberapa ide bisnis yang bahkan bisa dimulai dengan modal yang tak begitu besar namun bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda bisa menentukan ide bisnis yang tepat sembari bangkit dari krisis yang dihadapi dalam beberapa tahun terakhir akibat pandemi virus corona. Contohnya adalah beberapa ide bisnis unik yang akan diulas dalam artikel ini. Milikilah ide bisnis yang matang sebelum mengembangkannya lebih luas.

Contoh Ide Bisnis yang Berikan Keuntungan Maksimal

Nah, inilah beberapa contoh ide bisnis yang bisa memberikan keuntungan maksimal. Perhitungan yang tepat akan memberikan Anda keuntungan, baik waktu, tempat, dan pundi-pundi yang akan terus bertambah. Simak beberapa contoh bisnis ini.

  • Usaha Katering Sehat

    Ide bisnis yang menjanjikan lain serta layak dicoba adalah usaha katering sehat. Sebab, pola hidup sehat kini menjadi sebuah tren masyarakat yang semakin sadar untuk mulai menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat. Sayangnya, tidak semua orang bisa dan sempat untuk memasak sendiri makanan yang sehat. Untuk itulah, katering makanan sehat punya peluang besar untuk eksis.

  • Bisnis Fashion

    Seperti yang Anda ketahui, fashion termasuk ide bisnis yang berpotensi menghasilkan keuntungan dengan jumlah cukup besar. Apalagi bisnis fashion cukup progresif karena banyaknya tren fashion yang populer di banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selama Anda mengikuti tren bisnis dan terus berinovasi, bisnis fashion akan menghasilkan profit yang melampaui ekspektasi, terlebih jika Anda memaksimalkan kelebihan dari produk dan strategi promosi yang tepat. 

  • Pertanian Organik

    Ide bisnis yang banyak peminat selanjutnya adalah usaha pertanian organik. Di masa pandemi seperti saat ini, menghasilkan pertanian secara mandiri tentu sangat menguntungkan. Mulai dari sayuran, cabai, hingga buah-buahan. Terlebih jika hasilnya diperjualbelikan, Anda bisa meraup untung besar. Saat ini, usaha pertanian organik belum banyak digeluti orang, hal ini akan menjadi usaha yang menjanjikan.

  • Otomotif

    Ide bisnis selanjutnya yaitu bidang otomotif. Seiring dengan meningkatkan jumlah kendaraan bermotor, maka jasa dari bisnis ini pun pastinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama masyarakat di kota-kota besar. Banyak peluang bisnis otomotif yang bisa Anda kembangkan, mulai dari bengkel otomotif, jasa cuci kendaraan, hingga penjualan aksesoris atau spare part kendaraan. Di samping itu, ide bisnis yang satu ini juga bisa menawarkan penyewaan kendaraan atau penjualan kendaraan bekas. 

  • Tour and Travel

    Ide bisnis tour and travel tak kalah potensial dari bidang-bidang sebelumnya, terutama di daerah pariwisata. Seperti yang Anda ketahui, setelah pandemi COVID-19 berlangsung membaik, banyak orang yang tertarik untuk melakukan perjalanan ke sejumlah daerah, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini bisa dijadikan peluang bagi Anda untuk mengembangkan bisnis tour and travel. Anda bisa menawarkan paket tour dengan ekstra fasilitas yang memudahkan para wisatawan. Ide bisnis ini juga mencakup layanan akomodasi, seperti hotel, villa, guest house, cottage, dan lain sebagainya. Tak lupa, Anda juga bisa menambahkan bisnis oleh-oleh yang menggiurkan, baik makanan maupun produk khas. 

  • Produk Daur Ulang

    Barang bekas yang ada di rumah Anda bisa disulap menjadi barang yang bermanfaat ide bisnis yang kreatif. Produk daur ulang itu juga memiliki nilai jual yang tinggi. Mulai dari koran, majalah bekas, tutup botol, kabel bekas, dan lain sebagainya yang bisa diubah menjadi benda yang lebih bermanfaat. Bisnis ini juga bisa menjadi peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, karena bisnis produk daur ulang ini waktu pengerjaannya fleksibel.

Ide bisnis pun tak terbatas pada beberapa poin di atas. Masih banyak ide-ide bisnis lainnya jika bisa melihat peluang dan mengasah kreativitas. Semua ide bisnis yang dijalankan tersebut bisa menjadi cikal bakal Usaha Kecil Menengah (UKM) atau yang secara internasional dikenal dengan istilah Small Medium Enterprise (SME). 

Berdasarkan Undang Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dijelaskan bahwa skema UKM, SME, atau usaha kecil menengah ini merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri. Jenis usaha ini adalah usaha kecil menengah (UKM) atau SME ini harus dijalankan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dari model usaha lain.

Dalam mengembangkan ide bisnis di atas, pastinya Anda memerlukan kemudahan untuk menunjang setiap transaksi yang dilakukan. Layanan BizChannel dari CIMB Niaga hadir sebagai solusi untuk langkah cepat bisnis yang sedang Anda kembangkan. Di samping itu, Anda juga bisa mengakses layanan Giro Usaha CIMB Niaga, simpanan dalam mata uang Rupiah untuk nasabah individu dan perusahaan dengan beragam fasilitas yang memberikan kemudahan dan keuntungan maksimal. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Produk Terkait

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

Giro Usaha

Giro Usaha adalah simpanan dalam mata uang Rupiah untuk Nasabah Individu dan Perusahaan dengan beragam fasilitas yang memberikan kemudahan dan keuntungan maksimal: Biaya rekening giro yang rendah Jasa giro menarik Refund biaya transaksi