production

Ciri-Ciri dan Kiat Usaha yang Menguntungkan di Tahun 2020

Ciri-Ciri dan Kiat Usaha yang Menguntungkan di Tahun 2020

 

 

Banyak keraguan saat seseorang memulai berbisnis. Dari masalah modal hingga kesulitan mencari ide usaha yang menguntungkan atau menghasilkan banyak uang. Takut gagal dalam mulai berbisnis juga kerap kali muncul menghantui. Apalagi dengan persaingan yang cukup ketat di dunia bisnis tersebut. Banyak sekali sebenarnya alasan-alasan yang membuat orang ragu untuk memulai usaha. 

Padahal bisnis adalah salah satu cara yang sederhana untuk menambah pemasukan. Oleh karena itu, tidak sedikit juga orang yang mau mencoba untuk usaha dan mengabaikan segala resiko  dalam bisnis. Kunci kesuksesan pada usaha yang Anda jalani, bergantung pada diri Anda sendiri. Karena dengan tekad yang kuat, peluang usaha yang menguntungkan tersebut bisa mencapai keuntungan sesuai keinginan Anda.

Sebelum memulai usaha yang menguntungkan di tahun 2020 ini, Anda harus mengetahui dulu ciri-ciri usaha seperti apa yang menguntungkan Anda. Dengan ciri-ciri tersebut, Anda bisa memiliki gambaran kira-kira ide usaha apa yang cocok untuk Anda kembangkan di 2020 ini. Berikut ini ciri-ciri usaha yang menguntungkan di 2020.

Menjual Barang yang Dibutuhkan Banyak Orang

Usaha yang menguntungkan itu tentunya usaha yang menjual produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. Dengan begitu, permintaan pasar pada usaha Anda terlihat jelas, dan Anda dengan mudah menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan banyak orang tersebut. Bayangkan saja, jika Anda memiliki ide usaha yang sedemikian rupa matang dan uniknya, namun tidak ada yang membutuhkan ide usaha Anda tersebut, apa usaha Anda akan berjalan? Tentu usaha yang Anda rintis akan gagal, karena tidak adanya proses jual/beli di usaha Anda tersebut.

Dalam membuat usaha yang menguntungkan, Anda juga harus melakukan riset terhadap kebutuhan apa yang benar-benar dibutuhkan banyak orang. Tujuannya agar barang atau jasa di usaha Anda nanti, tidak hanya dibutuhkan di awal saja tapi yang berjangka panjang. Misalnya, bahan-bahan pokok, yang setiap harinya hampir semua orang membutuhkan kebutuhan pokok untuk melengkapi hari-harinya. Untuk menyiasati pesaing, Anda bisa memberikan keunggulan dari barang/jasa di usaha Anda supaya menarik konsumen untuk memilih Anda, misalnya dengan memberikan harga lebih murah atau kualitas barang yang lebih baik dari yang lain.

Pilihlah Usaha yang Berjangka Waktu Panjang

Fenomena usaha yang menguntungkan sekarang ini banyak sekali yang ramai di awal sepi di kemudian hari. Artinya, banyak sekali usaha unik yang menggemparkan masyarakat sehingga membuat banyak orang berburu untuk mencobanya. Namun, sayangnya kehebohan itu tidak bertahan lama hanya sesaat. Setelah itu, usaha tersebut sepi dan perlahan mulai hilang dan dilupakan. Usaha seperti itu biasanya tidak memberikan nilai ketagihan dan nilai lebih bagi konsumen, sehingga kegaduhan tersebut hanya sesaat tanpa adanya minat jangka panjang.

Usaha-usaha seperti itulah yang patut Anda hindari agar usaha yang menguntungkan bisa tercapai di 2020 ini. Dengan begitu, Anda harus mencari ide usaha yang bisa dibilang biasa saja tidak perlu heboh, namun usaha tersebut bertahan lama. Contohnya, seperti penjual mie ayam. Meskipun jenis dan bentuk mie ayam sekarang ini beragam dan semakin unik, seperti mie hijau, mie hitam, dsb. Namun, penjual mie ayam klasik tetap menjadi pilihan banyak orang. Hal tersebut bisa menjadi salah satu contoh usaha yang berjangka panjang. Jadi, Anda harus pikirkan matang-matang ide dan gagasan Anda dalam bisnis yang akan Anda jalani.

Ada Potensi Usaha Anda Berkembang

Usaha yang menguntungkan di 2020 ini adalah sebuah produk atau jasa yang memiliki potensi untuk berkembang. Mengapa demikian? Karena persaingan di dunia bisnis bisa dibilang ketat, jadi produk atau jasa yang tidak ada peluang untuk berkembang perlahan-lahan akan mati karena persaingan itu. Jadi, Anda ingin usaha yang menguntungkan di 2020 ini? Pertimbangkanlah potensi produk atau jasa usaha Anda sebelum benar-benar memulainya.

Bagaimana cara melihat potensi usaha tersebut berkembang atau tidak? Caranya bisa dengan berbagai bentuk, dengan melihat dari produk atau jasa usaha Anda tersebut, apakah bisa berinovasi sesuai perkembangan zaman sekarang sehingga produk atau jasa tersebut tidak kalah dari persaingan bisnis. Selanjutnya, bisa juga Anda melihat dari tujuan Anda mengembangkan usaha yang menguntungkan tersebut. Misalnya, produk atau jasa di usaha ingin Anda giring menjadi usaha berskala nasional atau internasional dengan membuka banyak cabang. 

Dengan demikian, banyak juga akhirnya para pengusaha pemula yang memulai usahanya dengan mengambil usaha waralaba atau franchise. Alasannya, usaha waralaba memiliki potensi perkembangan yang luar biasa. Selain itu, memulai usaha waralaba tentunya terbilang aman, mengingat sistemnya sudah berjalan baik di Indonesia sendiri dan sudah ada brand recognition yang menjamin Anda sudah memiliki pelanggan tetap meski baru memulai. Itu salah satu contoh referensi usaha yang menguntungkan di tahun 2020.

Ketersediaan Barang yang Berkesinambungan

Ciri terakhir yang menentukan usaha yang menguntungkan di 2020 adalah ketersediaan barang atau jasa di bisnis Anda. Apalagi untuk Anda yang ingin memulai usaha yang menguntungkan dengan menjual sebuah produk, harus memikirkan dan memperhitungan dengan baik soal ketersediaan barang tersebut. Tujuannya agar konsumen Anda tidak berpindah ke tempat lain untuk mendapatkan produk yang sama. Kecuali memang ketersediaan produk tersebut secara merata memang ada sedikit kendala soal ketersediaannya. 

Cara untuk menyikapi hal tersebut Anda perlu mempelajari sistem perhitungan atau estimasi stok produk tersebut, misalnya dengan menelusuri seberapa besar permintaan pasar terhadap barang atau jasa tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan ketersediaan barang atau jasa tersebut untuk jangka waktu berapa lama atau semampu Anda. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan siasat jika sewaktu-waktu produk di usaha Anda ini langka dan lainnya. Itu juga menjadi bahan yang harus Anda pikirkan secara matang untuk memulai usaha yang menguntungkan di tahun 2020 ini.

Sebelum memulai usaha banyak sekali hal-hal yang sepatutnya dipikirkan matang-matang. Memulai bisnis tidak melulu soal modal besar, pertimbangan matang dalam usaha juga harus dipikirkan. Tujuannya agar modal yang kita miliki tidak terbuang sia-sia dengan ide yang kurang matang. Apalagi usaha yang kita jalani dengan persiapan yang kurang matang membuat kita tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Sebaiknya hindari tergesa-gesa dalam langkah untuk berbisnis. 

Sekarang ini peluang usaha terbilang mudah sekali didapatkan. Tapi, yang bertahan pada peluang tersebut sangat sedikit. Banyak faktor yang membuat gagalnya sebuah usaha. Untuk Anda yang tertarik terjun ke dunia bisnis khususnya memulai usaha yang menguntungkan, tetapi terkendala soal modal, tidak perlu khawatir lagi. CIMB Niaga menyediakan Pinjaman Tetap yang dapat membantu dalam memenuhi modal usaha. Anda dapat mengakses Pinjaman Tetap (PT) untuk informasi lebih lengkap.