production

Bisnis Laundry di Tengah Perumahan Bikin Cuan

Bisnis Laundry di Tengah Perumahan Bikin Cuan

Jangan pandang bisnis laundry dengan sebelah mata. Mungkin bisnis laundry terkesan sepele hanya karena menjadikan jasa mencuci sebagai bisnis. Padahal, dibalik itu semua terdapat tanggung jawab yang besar terhadap kondisi pakaian, keamanan mesin, kebersihan drainase, dan kenyamanan pelanggan.

Akhir-akhir ini bisnis laundry memang banyak dilirik sebagian masyarakat sebagai peluang bisnis. Hal ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry dibandingkan mencuci pakaiannya Aku karena kesibukan, seperti para karyawan yang kerap kali lembur, para mahasiswa yang penuh dengan tugas, dan pasangan suami istri yang bekerja. Tidak hanya itu, kerap kali laundry lebih dipercaya untuk mencuci beberapa pakaian tertentu, misalnya gaun, jas, dan kebaya.

Selain peluang bisnis yang berasal dari kesibukan manusia zaman sekarang, alasan lain mengapa bisnis laundry menjamur ialah pundi-pundi uang yang diraih tidak main-main, yaitu sekitar 30%  dari harga per kilogramnya. Bisnis laundry juga membutuhkan kemampuan khusus yang minim dan mudah dijalankan. Oleh karena itu, bisnis laundry merupakan peluang bisnis yang tepat.

Untungnya Membuka Bisnis Laundry di Tengah Perumahan

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membuka bisnis laundry adalah lokasi bisnis laundry. Jangan anggap sepele lokasi bisnis sebab hal ini berkaitan dengan target pasar dan harga yang ditawarkan. Apabila Anda menentukan mahasiswa sebagai target pasar, maka sebaiknya Anda mencari lokasi bisnis laundry di dekat kos-kosan mahasiswa yang biasanya berada di dekat kampus dan harganya juga ditetapkan murah supaya sesuai dengan uang saku mereka. Lokasi yang tidak sesuai dengan target pasar dan harga dapat berakibat sepi pelanggan sehingga mengalami kebangkrutan. Oleh sebab itu, tetapkan lokasi Anda sedari awal supaya usaha Anda dapat dijalankan tepat sasaran.

Membuka bisnis laundry di tengah-tengah perumahan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki target pasar rumah tangga. Pasangan suami-istri yang bekerja lebih memilih laundry dibandingkan mencuci pakaian sendiri sebab waktu yang tersisa dimanfaatkan untuk memulihkan tenaga yang sudah terkuras untuk bekerja. Begitu pula dengan ibu rumah tangga, mereka menggunakan jasa laundry karena ada kegiatan lain yang ingin dilakukan atau dikerjakan, seperti mengantar dan menjemput anak sekolah, menyiapkan kebutuhan rumah, serta membersihkan rumah.

Para penduduk perumahan sudah pasti lebih memilih laundry yang dekat dengan tempat tinggalnya dibandingkan yang berada di pinggiran jalan sebab ada waktu dan jarak yang dipertimbangkan oleh mereka yang ingin serba cepat dan mudah. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan apabila Anda merintis bisnis laundry di tengah perumahan.

  1. Mudah Menjalankan Marketing

    Perumahan merupakan salah satu tempat yang pasti ramai dengan penduduk sehingga banyak kendaraan yang lalu lalang. Dengan demikian, kehadiran bisnis laundry Anda sudah tentu akan dilihat oleh para penduduk sekitar. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda untuk memasarkan bisnis laundry. Selain itu, sebagian besar orang yang tinggal di perumahan biasanya suka berkumpul dengan para tetangga untuk mengobrol. Kebiasaan tersebut bisa Anda jadikan sebagai strategi jitu untuk memajukan bisnis laundry Anda dengan membuat promo. Contohnya adalah memberikan potongan harga atau mengadakan gratis mencuci tiga kilogram di setiap hari Rabu. Melakukan promosi seperti kedua contoh tersebut tentunya akan mengurangi keuntungan Anda. Namun, jika hal ini dilakukan, para pelanggan akan senang dan mereka tanpa sungkan akan memberitahu tetangga serta keluarga perihal promo tersebut. Dengan demikian, bisnis laundry Anda mendapatkan promosi secara tidak langsung.

  2. Tidak Perlu Sewa Tempat

    Untuk Anda yang ingin memiliki bisnis yang bisa dijalankan dari rumah, bisnis laundry lah pilihannya. Halaman depan rumah Anda bisa disulap menjadi tempat untuk membuka bisnis laundry. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggelontorkan sejumlah uang untuk menyewa di tempat lain sehingga Anda dapat memangkas modal bisnis Anda.

    Apabila Anda memiliki tempat usaha yang terpisah dari rumah, Anda harus bangun pada pagi dini hari untuk berangkat dan baru sampai ke rumah ketika malam tiba. Sedangkan apabila bisnis laundry didirikan di rumah Anda sendiri, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk hal lainnya. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos berangkat ke lokasi bisnis.

  3. Sistem Keamanan yang Terjamin

    Tingginya angka kriminalitas kerap kali membuat khawatir para pengusaha yang memiliki tempat usaha yang jauh dari rumah. Berbagai cara untuk mengamankan  tempat usaha pun dilakukan, seperti memasang CCTV di setiap sudut, memelihara anjing penjaga, bahkan merekrut satpam.

    Dengan membangun bisnis laundry di tengah perumahan, Anda dapat mengurangi resiko pencurian atau perampokan sebab perumahan termasuk kawasan yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya satuan pengaman yang berada di pos-pos penjaga yang tersebar di seluruh perumahan.

Persiapan Membangun Bisnis Laundry di Tengah Perumahan

Seperti bisnis-bisnis lainnya, bisnis laundry yang hendak Anda rintis harus memiliki persiapan yang matang sebelum diluncurkan supaya pembangunan bisnis tidak mengalami kerugian. Pertama-tama, Anda harus menetapkan nilai-nilai apa saja yang dimiliki oleh bisnis laundry milik Anda sehingga orang-orang “wajib” memilih jasa laundry Anda daripada laundry yang lain. Nilai-nilai yang sudah disusun tersebut harus selaras dengan kenyataan yang ada supaya kepuasan pengguna jasa dapat tercapai. Misalnya saja, Anda menyatakan bahwa wangi pada pakaian akan bertahan lama. Apabila nilai tersebut tercapai, pengguna jasa tentunya akan senang. Sebaliknya, jika nilai tersebut ternyata tidak sesuai dengan kenyataan, mereka akan kecewa dan kemungkinan terburuknya adalah mereka tidak akan kembali lagi. Hal tersebut tentunya merugikan bisnis laundry Anda.

Membangun bisnis berarti juga menjalin kerja sama dengan bisnis lainnya. Anda pastinya membutuhkan beragam barang dan alat yang dibutuhkan, seperti detergen, pewangi, dan mesin cuci andalan untuk menjalankan bisnis laundry. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk menjalani bisnis laundry adalah mencari dan menentukan business partner yang bisa dipercaya dan sesuai kantong modal Anda.

Persiapan yang tidak kalah pentingnya adalah mencatat sumber uang yang digunakan untuk merintis bisnis laundry. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dari mana modal berasal supaya keuntungan tiap bulannya dapat disisihkan untuk mengembalikan modal tersebut.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk modal, salah satu alternatif yang menarik yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Apabila Anda ingin membangun bisnis laundry namun terhalang oleh modal yang tidak mampu mencukupi, mengajukan KTA di CIMB Niaga merupakan pilihan terbaik sebab prosesnya cepat dan syaratnya mudah. Selain itu, pelayanan KTA di CIMB Niaga juga terkenal baik dan ramah. Dengan demikian, tidak ada lagi penghalang untuk membuka bisnis laundry impian Anda. Syarat dan ketentuan cek di sini.