production

7 Cara Usaha Online Ini Untuk Mulai Bisnis Anda Sekarang!

 

 
 
 
 

7 Cara Usaha Online Ini Untuk Mulai Bisnis Anda Sekarang!

 

Menjalankan usaha online merupakan salah satu cara yang tepat dalam mencari peluang di masa pandemi. Meskipun begitu, memulai bisnis online juga membutuhkan cara atau strategi yang tepat agar dapat menghasilkan penghasilan yang sesuai dengan keinginan. Menemukan cara usaha online yang ideal memang bukan hal yang mudah. Setiap orang memiliki cara usaha online dan kiat-kiat mengelolanya secara sendiri. Namun ada beberapa aspek yang bisa Anda lakukan dalam memulai bisnis online sehingga menemukan cara usaha online yang tepat bagi kebutuhan Anda.

Menentukan cara usaha online yang sesuai dengan kebutuhan

Bagi Anda yang ingin untuk segera menemukan cara usaha online yang ideal dan tepat, Anda perlu mengetahui bahwa akan banyak aspek yang perlu Anda perhatikan dan lakukan terlebih dahulu sebelum memulai. Langkah atau tahapan yang merupakan bagian dari cara usaha online ini biasanya juga membutuhkan waktu yang tidak singkat serta membutuhkan keterbukaan dalam diri Anda untuk mencoba hal apapun dalam menemukan skema cara usaha online yang terbaik menurut Anda. berikut adalah beberapa cara usaha online yang bisa Anda lakukan dalam membangun bisnis di masa pandemi seperti sekarang ini.

  1. Tentukan jenis usaha

    Ketika Anda hendak ingin memulai usaha online namun masih merasa bingung untuk membuka usaha jenis apa, Anda bisa menentukan jenis usaha sesuai dengan apa yang Anda suka. Cara usaha online ini wajar untuk dilakukan agar memudahkan dalam menghadirkan kualitas produk atau jasa yang terbaik. Pasalnya dengan menjalankan cara usaha online satu ini, Anda akan memulai dengan menempatkan posisi sebagai konsumen setia yang menginginkan produk atau jasa yang diterima memiliki kualitas terbaiknya.

    Selain itu, dengan menentukan jenis usaha online berdasarkan kesukaan, Anda juga bisa lebih mudah menghadirkan inovasi ke depannya, karena sudah memiliki pondasi yang kuat atau lebih dulu dipahami. Jika Anda menyukai kuliner, Anda bisa mulai dengan menjalankan cara usaha online dengan memperkenalkan ragam makanan dan minuman yang Anda suka. Begitu pula jika Anda menyukai bidang fashion, pakaian atau aksesori bisa jadi langkah awal yang bisa Anda ambil dalam memulai bisnis online.

  2. Lakukan riset

    Setelah menentukan jenis usaha online yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu melakukan riset sebagai langkah berikutnya dari menemukan cara usaha online yang sesuai dengan Anda. Riset ini diperlukan agar Anda mengetahui tentang seluk beluk jenis usaha online yang akan Anda jalani. Riset juga diperlukan agar Anda dapat menentukan tren yang sedang digandrungi oleh para konsumen saat ini, agar strategi usaha online Anda bisa tepat sasaran dan dapat memberikan keuntungan serta perkembangan yang signifikan. Dengan melakukan riset sebagai salah satu menentukan cara usaha online yang baik, Anda juga bisa menemukan keuntungan dan kekurangan dari jenis usaha yang akan Anda jalani nantinya. Sehingga dari hasil riset tersebut Anda pun dapat mulai meminimalisasi kekurangannya dan memaksimalkan kelebihan dari jenis usaha tersebut. Riset juga memiliki peran dalam menentukan supplier atau penyedia bahan baku yang berkualitas dan terpercaya untuk usaha online Anda nantinya.

  3. Cari perbandingan dengan kompetitor

    Dalam riset juga Anda perlu mencari tahu tentang kompetitor Anda. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa di dalam bisnis online, bisa saja Anda menemukan kompetitor dengan jenis usaha yang serupa dengan apa yang Anda akan lakukan. Untuk itu, dalam menentukan cara usaha online yang sesuai, Anda perlu melakukan riset terhadap kompetitor. Pastikan untuk memperhatikan perbedaan yang bisa Anda optimalisasi sehingga Anda dapat menawarkan perbandingan kepada konsumen Anda. Perbandingan ini bisa Anda temukan pada aspek harga, kualitas, atau varian dari produk yang Anda tawarkan. Selalu utamakan kepuasan konsumen agar usaha online Anda dapat memikat hati dan lebih mendapat kepercayaan dibandingkan dengan kompetitor Anda.

  4. Buat anggaran

    Dalam menentukan cara usaha online bagi pemula, Anda tentu membutuhkan catatan keuangan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat anggaran terlebih dahulu sebelum mulai melakukan finalisasi terkait kerja sama antara Anda dengan supplier. Anggaran ini diperlukan agar Anda menjalankan cara usaha online dengan baik dan tidak melampaui budget atau modal yang Anda miliki. Hadirnya Anggaran juga penting dalam memaksimalkan jalannya strategi usaha online Anda. Buatlah anggaran sesuai dengan kebutuhan esensial dari usaha online Anda. Jangan terlalu terburu-buru untuk menyempurnakan seluruh lini dari usaha online Anda. Jika Anda tidak berhemat dan memiliki anggaran yang baik, bisa-bisa jadi Anda yang akan rugi nantinya.

  5. Persiapkan modal

    Setelah Anda memiliki anggaran yang final, saatnya persiapkan modal. Dalam menjalankan langkah cara usaha online satu ini, pastikan Anda memiliki tabungan untuk modal usaha terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk meminjam modal jika dirasa Anda tidak memiliki keyakinan atau timeline yang tepat untuk mengembalikan modal yang Anda pinjam. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa lebih dulu meningkatkan nominal uang yang ada di dalam tabungan Anda. Jangan merasa bahwa Anda akan terlambat dalam memulai usaha online. Tidak ada kata terlambat, karena tren di kalangan konsumen sifatnya dinamis dan akan terus bergulir seiring zaman dan inovasi teknologi akan terus berkembang demi menghadirkan kemudahan dalam melakukan bisnis online. Dengan bersabar sedikit, bisa saja nanti Anda menemukan strategi yang lebih baik dan relevan dalam menjalankan bisnis online Anda sehingga dapat memberi keuntungan yang lebih baik dari saat ini.

  6. Maksimalkan fungsi media sosial

    Ketika Anda mulai memperkenalkan jenis usaha online Anda menggunakan marketplace, ada baiknya juga Anda memiliki akun media sosial untuk memperkenalkan produk atau brand usaha online Anda ke kalangan yang lebih luas. Cara usaha online satu ini merupakan salah satu langkah yang efektif. Dengan memaksimalkan fungsi yang ditawarkan media sosial, Anda bisa membuat konten tentang produk atau brand Anda dengan konsep yang lebih atraktif. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat untuk membantu Anda dalam mempromosikan produk dan brand yang sedang Anda bangun melalui media sosial mereka. Dengan memaksimalkan fungsi media sosial dalam menentukan cara usaha online yang sesuai, Anda bisa mempromosikan brand Anda dengan biaya yang cukup terjangkau.

  7. Hadirkan promo menarik

    Cara usaha online lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghadirkan promo menarik. Promo ini bisa hadir dalam bentuk diskon, cashback, atau ongkos kirim gratis. Pastikan untuk menghadirkan promo yang menawarkan keuntungan lebih kepada pelanggan. Meskipun yang akan Anda dapatkan secara nominal masih belum seberapa, tapi hal ini bisa membantu Anda dalam memenangkan hati konsumen.

Setelah Anda berhasil menjalani usaha online, hal lainnya yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan penghasilan yang Anda dapatkan dengan uang pribadi Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki tabungan khusus untuk usaha Anda. Tabungan khusus ini berguna agar mengurangi risiko salah perhitungan terkait pengeluaran dalam catatan keuangan Anda. Memiliki produk tabungan yang beragam, CIMB Niaga bisa jadi pilihan Anda dalam menentukan tabungan yang dapat menjaga usaha Anda berjalan dengan lancar. Dengan memiliki tabungan untuk usaha Anda di CIMB Niaga, Anda pun berhak mendapatkan kemudahan bertransaksi di mana saja dan kapan saja menggunakan OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, layanan phone banking, sekaligus gerai ATM yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Tunggu apa lagi? Segera buka tabungan untuk kebutuhan usaha Anda di CIMB Niaga! Temukan info lengkapnya di sini

Produk Terkait

Tabungan Usaha - Personal

Menjadi seorang usahawan besar dan sukses harus memililiki mental sekuat baja, percaya diri serta memiliki visi dan misi yang besar Bunga tinggi hingga setara deposito, bebas transfer via counter cabang, CIMB Clicks, dan OCTO Mobile, bebas pick up service untuk melakukan setor tunai tanpa datang ke kantor cabang!

Giro Usaha

Giro Usaha adalah simpanan dalam mata uang Rupiah untuk Nasabah Individu dan Perusahaan dengan beragam fasilitas yang memberikan kemudahan dan keuntungan maksimal: Biaya rekening giro yang rendah Jasa giro menarik Bebas biaya transaksi

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan