production

4 Jenis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Pengembangan Bisnis

 

 
 
 
 

4 Jenis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Pengembangan Bisnis

 

Dalam menjalankan bisnis, penting bagi Anda untuk memahami berbagai macam jenis laporan keuangan. Sebagaimana yang Anda ketahui, keuangan merupakan aspek atau sektor fundamental dalam menjalankan bisnis. Pasalnya, dengan mempersiapkan berbagai macam jenis laporan keuangan, akan jadi salah satu faktor penentu dalam pengembangan usaha agar berjalan dengan lancar. 

Mempelajari berbagai macam jenis laporan keuangan mungkin jadi hal yang sulit dan memakan waktu bagi Anda yang tidak terbiasa. Tentu sebagai pemegang kendali bisnis, Anda bisa memilih untuk tidak merepotkan diri dalam memahami jenis laporan keuangan dan mencari seorang akuntan atau finance officer yang berpengalaman untuk mengatur segala aspek perhitungan keuangan dari bisnis Anda. Namun, akan terasa lebih bijak jika Anda secara jelas memahami apa yang terjadi di sisi finansial perusahaan dengan cara memahami jenis laporan keuangan yang dibutuhkan.

Jenis laporan keuangan dalam bisnis biasanya dibedakan sesuai dari sumber atau pemanfaatan dari keuangan perusahaan. Namun secara umum ada 4 jenis laporan keuangan yang perlu Anda ketahui sebagai ilmu dasar dari memiliki laporan keuangan yang sehat bagi bisnis Anda. Namun mari cari tahu pengertian dari laporan keuangan itu secara umum sebelum mulai mendalami jenis laporan keuangan secara khusus.

Apa itu laporan keuangan?

Dalam memahami jenis laporan keuangan, penting bagi Anda untuk mengetahui maksud dari laporan keuangan. Secara singkat mungkin sudah dapat diartikan dari namanya sendiri. Laporan keuangan merupakan sebuah manifest atau catatan finansial yang terjadi dalam sebuah bisnis. Catatan atau laporan keuangan ini mencatat pergerakan transaksi pembelian, penjualan, serta jenis transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter.

Dalam membuat laporan keuangan, biasanya catatan atau manifest ini disiapkan dalam periode tertentu. Umumnya berbagai jenis laporan keuangan ini dipersiapkan dalam periode satu bulan atau satu tahun. Namun ada beberapa kondisi juga yang memungkinkan untuk membuat laporan keuangan dalam tenor per minggu, bahkan per hari. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat mengetahui perincian yang tepat dari kondisi finansial bisnis yang dijalankan.

Kehadiran laporan keuangan nyatanya juga tidak hanya penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis. Pihak-pihak esensial, seperti stakeholder juga perlu mengetahui terkait transparansi laporan keuangan dari bisnis Anda. Transparansi tersebut dilakukan demi proses evaluasi untuk mengembangkan strategi bisnis pada periode berikutnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa jenis laporan keuangan yang dipresentasikan telah dibuat dengan tepat dan cermat agar menghindari risiko kerugian.

Jenis laporan keuangan

Agar Anda dapat membuat laporan keuangan dengan cermat, berikut adalah beberapa jenis laporan keuangan yang perlu Anda ketahui.

  1. Laporan laba rugi

    Jenis laporan keuangan pertama yang perlu Anda pahami dan ketahui fungsinya secara mendalam adalah laporan laba rugi. Jenis laporan keuangan ini dibuat oleh pelaku bisnis untuk dapat mengetahui pengeluaran dan pemasukan bisnis secara rinci. Secara garis besar, isi dari laporan meliputi data-data terkait pendapatan sekaligus beban yang ditanggung oleh perusahaan selama menjalankan bisnis.

    Dengan adanya jenis laporan keuangan laba rugi, para pihak stakeholder bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan dari periode terbaru. Sehingga laporan keuangan dari periode tersebut bisa dijadikan sebagai acuan untuk evaluasi dalam menentukan langkah serta kebijakan selanjutnya yang tepat untuk pengembangan bisnis Anda.

    Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap jenis laporan keuangan, seperti laporan laba rugi dibuat untuk menjelaskan kondisi keuangan perusahaan secara rinci pada periode tertentu. Atas dasar itu juga, sebagian besar jenis laporan keuangan dikerjakan atau dipersiapkan pada akhir bulan maupun akhir tahun.

  2. Laporan arus kas

    Selanjutnya ada jenis laporan keuangan lainnya juga yang perlu Anda pahami untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan tetap terjaga optimal. Jenis laporan keuangan ini adalah laporan arus kas atau yang biasa dikenal dengan istilah cash flow. Jenis laporan keuangan ini secara umum memiliki tujuan yang sama dengan jenis laporan keuangan laba rugi, yaitu informasi tentang pemasukan dan pengeluaran selama satu periode.

    Meskipun begitu, jenis laporan keuangan cashflow ini punya peran yang penting sebagai strategi dalam menghadapi peluang bisnis baru yang muncul akibat tren yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat. Pasalnya, jenis laporan keuangan ini akan membantu ketika Anda perlu melakukan evaluasi struktur keuangan serta aktiva bersih perusahaan. 

    Dalam jenis laporan keuangan cash flow atau arus kas ini juga terbagi dalam dua jenis, yaitu arus kas langsung dan arus kas tidak langsung. Untuk arus kas langsung biasanya berisi informasi atau laporan yang hanya berisi perhitungan transaksi tunai untuk arus kas dari sisi operasional. Sedangkan arus kas tidak langsung berisi laporan perhitungan laba bersih sebagai dasar acuan sebagai pendapatan arus kas.

  3. Laporan perubahan modal

    Ketika bisnis yang Anda jalankan mulai memasuki tahap sebagai perusahaan publik, jenis laporan keuangan satu ini punya peran yang cukup penting untuk selalu Anda persiapkan. Laporan perubahan modal diperlukan oleh perusahaan publik karena, sebagian besar perusahaan tersebut memiliki struktur kepemilikan yang relatif kompleks dan luas. Transparansi terkait dinamika yang terjadi di dalam perusahaan, terutama pada bagian finansial jadi penting bagi Anda untuk membuat laporan perubahan modal.

    Mengingat modal atau investasi yang ditanamkan kepada bisnis atau perusahaan Anda datang dari berbagai macam sumber yang disebut ekuitas. Maka jenis laporan keuangan ini bertujuan untuk melaporkan terkait perubahan modal kerja yang berasal dari dana investasi dalam suatu periode. Dari jenis laporan keuangan ini juga, perusahaan Anda dapat mengetahui perhitungan rinci dalam melakukan pembayaran dividen kepada para pemegang saham atau investor yang terdaftar secara resmi serta aktiva yang dimiliki oleh bisnis Anda. 

  4. Laporan neraca 

    Laporan neraca atau balance sheet merupakan jenis laporan keuangan yang mencakup gabungan dari segala laporan keuangan. Biasanya jenis laporan keuangan ini dibuat dalam jangka waktu satu tahun sekali. Secara umum, laporan neraca digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan secara riil dalam sebuah perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan. 

    Berdasarkan data-data yang tersaji di dalam jenis laporan keuangan ini akan menunjukkan kondisi kekuatan finansial dari perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalani. Data yang tersaji dalam laporan neraca ini juga tidak boleh memiliki selisih sedikit pun. Oleh karena itu, jenis laporan keuangan ini cukup jadi prioritas di sebuah perusahaan agar dapat menyesuaikan sesuai dengan data-data yang terpisah di laporan-laporan sebelumnya.

    Dalam jenis laporan keuangan ini terdapat berbagai macam informasi penting terkait perusahaan Anda. Informasi penting tersebut mencakup data mengenai pemegang saham, pihak kreditur, tanggung jawab untuk mematuhi peraturan pemerintah, serta informasi penting lainnya.

    Atas dasar kepentingan tersebut, maka jenis laporan keuangan ini bersifat rahasia dan hanya orang-orang yang memiliki kuasa khusus dalam suatu perusahaan yang boleh menerima dan memahami isi dari laporan yang dibuat. Pasalnya, semua informasi yang tercantum di dalam jenis laporan keuangan satu ini memiliki peran penting dalam menjaga pengembangan bisnis untuk tetap berjalan sesuai rencana.

Setelah memahami betapa pentingnya jenis laporan keuangan, selanjutnya Anda bisa mulai mencari bank yang tidak hanya memberikan keamanan, tapi juga kemudahan dalam melakukan transaksi demi kemajuan bisnis Anda saat ini. BizChannel@CIMB dari CIMB Niaga merupakan pilihan yang baik untuk bisnis Anda.

BizChannel@CIMB merupakan sebuah layanan cash management berbasis internet banking yang mempermudah transaksi nasabah perusahaan. BizChannel@CIMB menawarkan sistem keamanan berlapis untuk menjaga kerahasiaan data transaksi Anda, mobile token untuk melakukan proses approval transaksi secara remote, modul trade finance yang memudahkan pengajuan dan monitoring aplikasi Letter of Credit dan Bank Garansi secara online, serta keuntungan lainnya dalam kemudahan dan fleksibilitas akses yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Apalagi saat ini BizChannel@CIMB juga hadir juga dalam versi aplikasi smartphone, yaitu BizChannel@CIMB Mobile yang dapat menambah kenyamanan dalam berbisnis di mana pun dan kapan pun. Segera kunjungi kantor CIMB Niaga terdekat dan daftarkan perusahaan Anda untuk menggunakan BizChannel@CIMB. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

BizChannel@CIMB Mobile

Nikmati pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan beragam fitur dan keuntungan melalui BizChannel@CIMB Mobile  yang dapat diunduh melalui iOS maupun Android.

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

Tabungan Xtra Payroll

Tabungan yang penuh dengan banyak keuntungan dan senantiasa memudahkan payroll. Gratis biaya tarik tunai dan transfer, dapet pula Poin Xtra yang bikin hari lebih fantastis!