production

Dukung Pekan QRIS Nasional, CIMB Niaga Permudah Transaksi Non-Tunai

Dukung Pekan QRIS Nasional, CIMB Niaga Permudah Transaksi Non-Tunai

13 Mar 2020

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung Pekan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Nasional yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) pada 9-15 Maret 2020 dengan berpartisipasi di 8 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Serang, dan Denpasar. Salah satu bentuk partisipasi CIMB Niaga dalam Pekan QRIS Nasional ini adalah melakukan kerja sama dengan merchant sekaligus edukasi untuk menggunakan layanan QRIS.

Pekan QRIS Nasional merupakan kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan sistem pembayaran non-tunai berbasis QRIS. Teknologi ini dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran hanya dengan memindai (scan) QR Code pada merchant sehingga proses transaksi menjadi lebih cepat, mudah, dan aman.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, CIMB Niaga menyambut baik inisiatif BI menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional. Sejak 2019, CIMB Niaga telah mengimplementasikan QRIS melalui QR CIMB Niaga yang kini tersedia di berbagai merchant mulai dari merchant besar, menengah, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tempat ibadah, hingga lembaga sosial.

“Kami berharap semakin banyak pelaku usaha yang menyediakan metode pembayaran non-tunai seperti QRIS untuk memudahkan transaksi masyarakat. Di sisi lain, masyarakat juga kami dorong untuk menggunakan QRIS dalam melakukan pembayaran sehari-hari,” kata Lani di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Transaksi menggunakan QRIS memberikan keuntungan baik bagi konsumen maupun merchant. Bagi konsumen akan memiliki fleksibilitas untuk menggunakan aplikasi pembayaran apapun ketika melakukan transaksi pada merchant. Karena berfungsi sebagai pembayaran digital, transaksi menggunakan QR juga tidak memerlukan ‘kontak’ fisik, apalagi harus membawa uang tunai (cashless). Adapun bagi merchant akan semakin mudah dan efisien dalam melakukan proses administrasi karena setiap transaksi tercatat secara otomatis.

Dengan penerapan QRIS, nasabah CIMB Niaga dapat menggunakan Go Mobile untuk melakukan pembayaran di semua merchant yang menyediakan QRIS, baik QR CIMB Niaga maupun QR dari aplikasi uang elektronik lainnya. Demikian juga sebaliknya, para pengguna aplikasi uang elektronik lain bisa melakukan pembayaran di merchant-merchant yang menyediakan QR CIMB Niaga.

Untuk meningkatkan penggunaan QRIS, QR CIMB Niaga menawarkan beragam program menarik bagi nasabah yang membayar dengan Go Mobile. Diantaranya, cashback 30% di Informa, Ace Hardware, CGV, Gramedia, dan Chatime; cashback 20% di SPBU Shell dan Ranchmarket; serta berbagai penawaran lainnya.

“Sebagai bank yang mengutamakan customer experience, kami optimis QRIS dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pembayaran yang simple dan cepat. Semoga Pekan QRIS Nasional semakin memperkuat ekosistem pembayaran digital dan inklusi keuangan di Indonesia,” tutup Lani.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Desember 2019, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 376, kantor kas dan payment point sebanyak 15 unit, 33 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.269 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2019.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2019, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,5 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id