production

CIMB Niaga Raih ABF Corporate and Investment Banking Awards 2021

CIMB Niaga Raih ABF Corporate and Investment Banking Awards 2021

16 Sep 2021

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali meraih tiga penghargaan bergengsi pada ajang Asian Banking and Finance (ABF) Corporate and Investment Banking Awards 2021. Penghargaan tersebut yaitu Corporate and Investment Bank of the Year - Indonesia, Syndicated Loan of the Year - Indonesia, dan Corporate Client Initiative of the Year - Indonesia. CIMB Niaga dinilai sebagai bank yang berhasil dalam mengelola transaksi berskala besar dan menghadirkan inovasi untuk melayani debitur di tengah situasi bisnis yang menantang.

ABF Corporate and Investment Banking Awards merupakan program penghargaan tahunan yang diberikan untuk mengapresiasi perbankan di kawasan Asia. Tahun ini, penghargaan diberikan kepada lebih dari 40 bank dan lembaga keuangan dari berbagai negara berdasarkan pencapaian di bidang pembiayaan investasi dan korporasi tahun 2020. Seremoni penghargaan kepada CIMB Niaga dilakukan secara virtual oleh Publisher and Editor in Chief Asian Banking and Finance Magazine Tim Charlton kepada Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan.

“Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh lembaga independen berskala global ini. Apresiasi tersebut menjadi semangat bagi CIMB Niaga sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia yang aktif memimpin berbagai proyek sindikasi. Kami akan terus berinovasi mengembangkan bisnis dan melayani para debitur dalam menghadapi kondisi saat ini,” kata Tigor di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Dua penghargaan pertama, yaitu Corporate and Investment Bank of the Year – Indonesia dan Syndicated Loan of the Year - Indonesia diterima CIMB Niaga untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak 2019. Adapun kategori Corporate Client Initiative of the Year – Indonesia baru diterima CIMB Niaga tahun ini untuk pertama kalinya.

Tigor menjelaskan, predikat Corporate and Investment Bank of the Year – Indonesia diberikan atas langkah cepat CIMB Niaga dalam menyiapkan strategi mitigasi risiko dan memberikan program relaksasi pembayaran kredit sindikasi kepada debitur yang terkena dampak langsung pandemi COVID-19. Hal ini juga termasuk peran kepemimpinan CIMB Niaga sebagai lead arranger/bookrunner dalam negosiasi relaksasi tersebut.

Sementara untuk kategori kedua, Syndicated Loan of the Year – Indonesia, diterima CIMB Niaga karena keberhasilannya sebagai Mandated Lead Arranger and Bookrunner (MLAB) dalam mengelola fasilitas pinjaman sindikasi kepada salah satu perusahaan. Meskipun dilakukan dalam kondisi perekonomian yang tidak pasti, namun CIMB Niaga dapat menjalankan transaksi tersebut dengan sukses sebagai pemberi pinjaman terbesar dibanding bank lain dan membuka peluang bisnis tambahan dari debitur terutama di bidang treasury, trade finance, dan cash management.

Terkait penghargaan Corporate Client Initiative of the Year – Indonesia, CIMB Niaga dinilai sukses dalam mendukung inisiatif strategi turnaround bisnis dari salah satu debitur perusahaan Consumer Goods. CIMB Niaga memberikan solusi pembiayaan kembali (refinancing) dan tambahan modal kerja. Dengan demikian, debitur dapat menjalankan strategi turnaround-nya dengan baik.

“Tiga penghargaan ini merupakan bukti bahwa CIMB Niaga selama ini mendapatkan kepercayaan yang baik dari para debitur. Karena itu, perkenankan kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh nasabah dan debitur CIMB Niaga atas kepercayaan dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Semoga kita dapat melewati pandemi dan kembali tumbuh bersama secara berkelanjutan,” ujar Tigor.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 428 jaringan kantor per 30 Juni 2021, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 358, 37 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 33 unit. CIMB Niaga memiliki 12.389 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2021.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2021, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,1 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations and Reputation Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 
Website: www.cimbniaga.co.id