www.cimbniaga.co.id production

Tips Mengembangkan Bisnis Kerajinan Rotan yang Menguntungkan

 

 
 
 
 

Tips Mengembangkan Bisnis Kerajinan Rotan yang Menguntungkan

 

Kerajinan rotan menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Hal ini karena rotan termasuk salah satu komoditas ekspor yang bisa mendulang keuntungan yang besar. Apalagi Indonesia merupakan negara penghasil rotan terbesar di dunia, sehingga peluang ini akan terus berkembang seiring dengan peningkatan kebutuhan konsumen terhadap kerajinan rotan. 

Potensi Kerajinan Rotan Sebagai Komoditas Ekspor

Melansir laman resmi Kementerian Perindustrian RI, diperkirakan sebanyak 80% bahan baku rotan di seluruh dunia dihasilkan oleh Indonesia, tepatnya di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua, sisanya dihasilkan oleh negara Asia lain, seperti Filipina, Vietnam, dan lain-lain. 

Peminat kerajinan rotan di sejumlah negara bukan tanpa sebab, jenis kerajinan ini dianggap lebih unggul dibandingkan kayu karena lebih tahan lama, lebih kuat, mudah dibentuk, unik, dan sangat mudah dimodifikasi untuk berbagai macam produk. Terdapat beragam produk yang bisa dihasilkan dari kerajinan rotan, misalnya vas bunga, lampu hias, keranjang, bakul, tas, kursi, piring, hiasan dinding, dan masih banyak lagi produk lainnya. 

Potensi kerajinan rotan yang cukup menjanjikan ini didukung oleh data dari Kemenperin RI yang menunjukkan bahwa pada periode Januari sampai Agustus tahun 2020, tercatat adanya kenaikan nilai ekspor rotan dari Indonesia ke luar negeri mencapai 4,35 persen dibandingkan periode sama di tahun 2019. Karena Indonesia menjadi negara produsen terbesar di dunia, Kemendag pun mendorong para pelaku usaha furnitur dan kerajinan rotan bisa memaksimalkan peluang ini. 

Keuntungan Menjalani Bisnis Kerajinan Rotan

Seperti yang telah disebutkan, kerajinan rotan masih mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia hingga mancanegara, sehingga bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. Berikut ini beberapa keuntungan menjalani bisnis kerajinan rotan:

  1. Rotan mudah dibuat menjadi berbagai jenis produk

    Rotan merupakan bahan alam yang bisa dibuat menjadi berbagai jenis produk, mulai dari meja, kursi, lemari, ayunan, lampu hias, vas bunga, tas, piring dan lain sebagainya. Kerajinan rotan pun bisa disesuaikan dengan ukurannya, baik ukuran yang kecil hingga ukuran besar sekalipun. Apapun jenis produk yang dihasilkan, yang terpenting adalah kualitas dari rotan yang Anda pilih. Pastikan juga Anda mengembangkan kreativitas dalam membuat aneka bentuk kerajinan rotan. 

  2. Memiliki pasar yang luas

    Kerajinan rotan termasuk produk yang diminati oleh pasar lokal maupun pasar internasional. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengembangkan bisnis kerajinan rotan yang lebih las. Jika ingin melakukan ekspor, Anda perlu menyiapkan modal yang lebih besar. 

  3. Ramah lingkungan

    Kelebihan produk rotan dibandingkan produk lainnya yaitu ramah lingkungan. Saat ini gaya hidup ramah lingkungan semakin gencar dipublikasi dan diterapkan di Indonesia maupun luar negeri. Peluang ini bisa Anda maksimalkan dengan menjual berbagai produk rotan yang ramah lingkungan. Selain mendapatkan keuntungan yang menjanjikan, Anda juga bisa membuat gerakan ramah lingkungan yang bisa mengajak banyak orang untuk memulainya dengan cara menggunakan produk rotan tersebut. 

  4. Kerajinan tangan yang unik dan diapresiasi

    Kerajinan rotan termasuk kerajinan khas Indonesia yang sangat unik dan sering kali mendapatkan apresiasi dari masyarakat maupun pemerintah. Peluang ini sangat membantu Anda untuk memperkenalkan produk rotan yang beraneka ragam dengan fungsi yang cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Tips Mengembangkan Bisnis Kerajinan Rotan

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis kerajinan rotan pun harus dikelola sedemikian rupa agar bisa terus berkembang dalam jangka panjang. Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan oleh Anda sebagai pelaku bisnis? Nah, ada beberapa tips mengembangkan bisnis kerajinan rotan yang bisa dilakukan, di antaranya: 

  1. Riset seputar pasar internasional dan eksportir

    Riset mengenai peluang pasar internasional menjadi hal yang sebaiknya dilakukan oleh para pelaku bisnis kerajinan rotan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan riset melalui internet hingga bekerja sama dengan eksportir. Kerja sama ini membantu Anda jika belum mengetahui bagaimana cara menjual produk ke luar negeri. Sebab, biasanya eksportir akan lebih mengetahui situasi pasar internasional dan akan membantu para pelaku bisnis agar bisa mengekspor produknya dengan harga jual yang sesuai. 

    Selanjutnya, jika Anda berniat untuk memasarkan kerajinan rotan di pasar internasional, maka Anda harus mencari negara tujuan ekspor yang memiliki peluang dan potensi menjanjikan. Baik pengusaha dan eksportir harus jeli memilih negara yang tepat untuk menjual produk tersebut. Anda juga dianjurkan untuk terus mencari peluang lebih luas dari negara-negara lain untuk memperkenalkan produk kerajinan rotan dari Indonesia. 

  2. Meningkatkan kualitas produk 

    Untuk menjual produk kerajinan hingga ke mancanegara, maka kualitas harus terus diperhatikan dengan baik. Kualitas yang baik dari sebuah produk akan lebih mudah masuk ke pasar lokal hingga mancanegara dan mampu bersaing dengan produk lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu meningkatkan kualitas produk agar konsumen puas dengan produk yang mereka dapatkan. 

  3. Mengadakan pelatihan membuat kerajinan rotan

    Salah satu kendala yang mungkin dialami oleh sebagian pengusaha rotan yaitu adanya permasalahan sumber daya manusia. Pasalnya, tidak begitu banyak orang yang bisa mahir atau andal dalam membuat kerajinan rotan dengan kualitas yang baik. Untuk mengatasi kendala ini, tak ada salahnya Anda sebagai pengusaha dan pengrajin rutin mengadakan pelatihan membuat kerajinan rotan pada pegawai baru atau bahkan Anda bisa memaksimalkan sumber daya dari masyarakat di sekitar. 

  4. Memaksimalkan strategi promosi yang tepat

    Tips lain yang tak kalah penting yaitu memaksimalkan strategi promosi agar bisnis yang Anda jalani semakin berkembang. Promosi yang dilakukan bisa secara online maupun offline. Dengan begitu, Anda bisa memasarkan produk rotan semakin luas agar bisa meraup keuntungan yang cukup menjanjikan. 

  5. Memiliki modal bisnis yang cukup

    Modal bisnis menjadi salah satu kunci agar bisnis kerajinan rotan bisa terus berkembang. Terkadang, permasalahan kekurangan modal bisa menjadi penghalang para pelaku usaha untuk berkarya dan melangkah lebih jauh. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada kemudahan untuk mendapatkan modal bisnis kerajinan rotan, salah satunya dengan fasilitas pembiayaan modal kerja dari CIMB Niaga. 

    Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga merupakan sebuah fasilitas pembiayaan yang memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek demi membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin. Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga memiliki fleksibilitas dengan menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. 

    Proses tersebut juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Bank Guarantee

Bank Garansi merupakan jaminan yang diterbitkan CIMB Niaga di mana Bank mengikatkan diri untuk membayar sejumlah nilai jaminan yang tercantum dalam BG, apabila nasabah (pemohon) melakukan wanprestasi atau tidak memenuhi kewajiban berdasarkan kontrak atau perjanjian dengan penerima jaminan.

Pre-Shipment Financing

Pre-Shipment Financing/Kredit Ekspor merupakan fasilitas pinjaman modal kerja dengan dasar transaksi ekspor kepada nasabah baik berdasarkan LC (Letter of Credit) maupun non-LC.

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan