www.cimbniaga.co.id production

Optimalkan Fungsi Kartu Kredit dengan 4 Cara Ini

 

 
 
 
 

Optimalkan Fungsi Kartu Kredit dengan 4 Cara Ini

 

Kartu kredit memang bukan jadi hal baru lagi bagi banyak orang. Fungsi kartu kredit sebagai alat pembayaran non tunai hingga saat ini masih jadi metode pembayaran yang cukup menguntungkan di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, dengan fungsi kartu kredit tersebut, para pengguna tidak perlu membayar tunai terlebih dahulu untuk berbelanja sesuatu hal. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda hanya perlu membayar apa yang Anda beli ketika tagihan datang di akhir bulan. Tentunya dengan batas nominal belanja sesuai limit yang diberikan.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak

Keuntungan tersebut ternyata bisa membawa hal yang tidak diinginkan bagi beberapa orang. Memaksimalkan fungsi kartu kredit bisa membuat orang lupa tentang kemampuan dan tanggung jawab untuk membayar apa yang dibelanjakan nantinya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan kartu kredit dengan baik dan bijak. 

  1. Gunakan sesuai kebutuhan

    Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam memaksimalkan fungsi kartu kredit dan menggunakannya secara bijak adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan, bisa saja Anda tergiur untuk menggunakan kartu kredit untuk pembelian hal-hal yang dirasa kurang esensial, bahkan terlalu besar harganya dari kondisi finansial Anda saat ini. 

    Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membuat catatan belanja bulanan untuk setiap pemakaian kartu kredit. Catatan belanja ini bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara perencanaan sekaligus melihat sudah berapa banyak Anda menggunakan fungsi kartu kredit untuk belanja yang dikalkulasi juga dengan beban cicilan setiap bulannya. Jika dirasa sudah mencapai batas kemampuan bayar Anda, segera batasi atau menghentikan penggunaan kartu kredit untuk sementara waktu dan lunsi tagihan secepatnya.

  2. Batasi penarikan tunai

    Selain bisa digunakan sebagai alat pembayaran, fungsi kartu kredit juga menawarkan penarikan uang tunai. Fungsi kartu kredit ini dilakukan dengan cara yang mirip ketika Anda melakukan penarikan tunai menggunakan kartu debit di mesin ATM. berbeda dengan kartu debit yang memotong uang dari tabungan, fungsi kartu kredit untuk penarikan tunai ini nantinya akan memotong limit kredit layaknya Anda berbelanja. 

    Penarikan tunai sebagai fungsi kartu kredit ini memang cukup bisa membantu Anda ketika sangat membutuhkan uang tunai di kala darurat. Namun, Anda perlu membatasi penggunaan fungsi kartu kredit satu ini. Nominal tersebut datang tidak hanya dari uang yang Anda ambil, tapi juga ada beban bunga yang harus dibayarkan. Alangkah baiknya Anda selalu memastikan terlebih dahulu kebutuhan uang tunai sebelum menggunakan fungsi kartu kredit satu ini

  3. Bayar tagihan tepat waktu

    Dalam menggunakan kartu kredit dengan bijak, proses pembayaran tagihan juga merupakan salah satu cara yang perlu Anda optimalkan. Sejatinya, setiap bulan tagihan kartu kredit yang Anda dapatkan memiliki tagihan minimum yang harus Anda bayarkan. Meskipun bukan sesuatu hal yang salah untuk membayar tagihan kartu kredit sesuai dengan nominal minimum, alangkah baiknya Anda untuk membayar tagihan secara penuh. Hal ini dilakukan agar skor kredit Anda tetap berada dalam kondisi yang baik untuk kebutuhan pembiayaan atau kredit lainnya di masa depan, seperti KPR atau KTA. namun, jika dirasa membayar secara penuh masih terasa sulit, Anda bisa membayar tagihan sesuai kemampuan Anda setiap bulannya. Perlu dipastikan bahwa tagihan per bulan yang Anda perlu bayarkan jangan sampai mengganggu anggaran keuangan esensial lainnya.

  4. Belanja dengan cermat

    Fungsi kartu kredit yang cukup sering digunakan oleh banyak orang adalah sebagai metode pembayaran non tunai setiap pembelanjaan. Namun, Anda perlu juga memiliki kebiasaan berbelanja dengan cermat. Belanja dengan cermat ini dilakukan agar Anda terbiasa untuk terlalu sering menggunakan kartu kredit dalam belanja hal yang dirasa kurang esensial. 

    Anda bisa memastikan dengan cermat fungsi kartu kredit digunakan untuk kebutuhan belanja bulanan dan kebutuhan rumah lainnya agar memudahkan Anda saat melakukan pencatatan pengeluaran setiap bulannya. Dengan menggunakan fungsi kartu kredit dengan cermat, Anda juga akan mampu meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan jadi lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan fungsi kartu kredit dengan belanja di outlet atau merchant dengan promo cicilan bunga 0 persen. Jadi dari pembelanjaan tersebut, Anda hanya perlu membayar cicilan berdasarkan hitungan harga beli tanpa adanya tambahan bunga.

Manfaat menggunakan kartu kredit

Pengetahuan tentang optimalisasi fungsi kartu kredit memang diperlukan. Apalagi bagi pengguna yang baru saja mendapatkan kartu kredit pertamanya. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan setiap kali hendak menggunakan kartu kredit. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari fungsi kartu kredit sebagai alat pembayaran non tunai dan juga menghindari kemungkinan skor kredit yang buruk di masa depan. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengoptimalkan fungsi kartu kredit

  • Bisa ubah tagihan jadi cicilan

    Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan dalam mengoptimalisasi fungsi kartu kredit adalah mengubah tagihan belanja jadi sistem cicilan mulai dari 3 hingga 12 bulan. Perlu dipahami bahwa cicilan tersebut hanya dimaksud dalam metode pembayaran tagihannya saja. Jadi limit Anda sebelumnya tetap terpakai penuh. Untuk mengubah tagihan jadi cicilan juga cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi OCTO Mobile dari CIMB Niaga. Namun, untuk mengubah tagihan penuh jadi cicilan ini biasanya ada nominal belanja yang harus dipenuhi terlebih dahulu. 

  • Nikmati beragam promo 

    Selain bunga cicilan sebesar nol persen yang sebelumnya disebutkan, dalam memaksimalkan fungsi kartu kredit, Anda juga berhak mendapatkan promo menarik untuk setiap transaksi yang dilakukan. Promo menarik ini bisa berupa cashback, diskon di restoran, hotel, serta layanan travel lainnya. Tidak hanya itu, setiap transaksi kartu kredit yang Anda lakukan, Anda berkesempatan untuk mendapatkan poin rewards yang bisa digunakan sebagai alat bayar untuk transaksi online maupun offline sehingga dapat mengurangi penggunaaan limit kredit.

Dengan memahami penggunaan kartu kredit secara bijak, ke depannya Anda akan bisa menjalani hidup lebih nyaman tanpa harus memikirkan tentang tagihan berjalan yang terlalu mencekik kondisi keuangan Anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki kartu kredit baru, CIMB Niaga menawarkan beragam produk kartu kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa miliki kartu kredit dengan rewards untuk urusan traveling atau kartu kredit digital untuk transaksi yang lebih praktis dan nyaman. Proses pengajuan kartu kredit di CIMB Niaga juga menawarkan pelayanan yang cepat dengan syarat yang mudah dipenuhi dan bisa dilakukan secara online maupun offline. Temukan info lengkap mengenai kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sini.

Produk Terkait

OCTO Card

Praktis, Menguntungkan, Tanpa Plastik

Mastercard Platinum

Bebas biaya iuran tahunan

Visa Travel Card

Travel on us

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!