production

Memahami Internet Banking dan Manfaatnya

 

 
 
 
 

Memahami Internet Banking dan Manfaatnya

 

Sebagai nasabah dari jasa perbankan, tentu Anda tidak asing dengan istilah internet banking. Sebagaimana yang Anda ketahui, internet banking di masa kini sudah jadi salah satu layanan perbankan yang mudah untuk diakses oleh siapa saja. Selain itu, layanan internet banking juga memberikan keuntungan kepada nasabah untuk melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun. Sehingga tidak perlu mempersiapkan waktu khusus untuk menyelesaikan transaksi, seperti pergi ke ATM maupun pergi ke kantor cabang bank terdekat dalam jadwal sehari-hari. Sebagai salah satu inovasi teknologi perbankan yang cukup memberikan kemudahan, mari memahami secara mendalam mengenai internet banking.

Terkait sejarahnya sendiri, teknologi internet banking ini sudah mulai dikembangkan di tahun 1980-an. Inggris menjadi salah satu negara yang memutuskan untuk mengembangkan potensi layanan perbankan elektronik tersebut melalui Nottingham Building Society yang jadi penyedia layanan internet banking pertama pada tahun 1983. Perkembangan layanan tersebut didasari oleh mulai banyak perusahaan-perusahaan di dunia yang melakukan aktivitas berbelanja secara online yang dilakukan melalui teleks.

Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi layanan perbankan elektronik berbasis internet baru bisa dirasakan manfaatnya di akhir tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Namun, pada masa tersebut, masih belum banyak yang bisa mendapatkan akses internet banking seperti sekarang. Hal tersebut salah satunya didasari karena minimnya infrastruktur layanan internet yang tersebar dan terjangkau. 

Namun memahami bahwa internet banking jadi hal yang cukup esensial dalam kehidupan sehari-hari banyak orang, Bank Indonesia melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/15/PBI/2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum menjelaskan bahwa perkembangan teknologi informasi memungkinkan bank memanfaatkannya untuk meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan mutu pelayanan bank kepada nasabah. Sehingga peraturan tersebut mengatur agar layanan perbankan digital seperti internet banking dapat berjalan secara resmi di Indonesia dengan memastikan hadirnya infrastruktur pendukung dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan untuk bank dan juga nasabah.

Sebagai inovasi teknologi yang terus dikembangkan hingga saat ini, membuktikan bahwa internet banking cukup membawa banyak manfaat bagi banyak orang, terutama untuk urusan transaksi keuangan serta perbankan. Berikut adalah beberapa manfaat yang membuat internet banking sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Praktis dan cepat

Salah satu keuntungan yang bisa dirasakan oleh Anda dan juga banyak orang dalam menggunakan internet banking adalah kepraktisan dan kecepatan yang ditawarkan. Praktis dalam hal ini Anda hanya membutuhkan alat pendukung seperti komputer, laptop, atau smartphone untuk mengakses layanan perbankan berbasis internet ini. Alat pendukung tersebut tentu sudah jadi bagian dalam hidup sehari-hari, sehingga Anda tidak perlu mendadak membeli alat khusus dalam memenuhi kebutuhan penggunaan internet. Selain itu, kecepatan juga jadi faktor lainnya. Dengan akses internet yang semakin merata, tentu kecepatan akses internet yang bisa Anda dapatkan hari ini terus berkembang. Untuk menyelesaikan transaksi Anda hanya perlu menekan tombol yang ada dan dalam hitungan detik transaksi tersebut pun bisa diselesaikan. 

Kepraktisan dan kecepatan yang ditawarkan oleh internet banking ini dianggap jadi hal yang cukup membantu. Pasalnya, Anda tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk pergi ke ATM atau kantor cabang untuk bisa menyelesaikan transaksi yang dibutuhkan. Belum lagi jika Anda harus mengantre dalam kondisi tersebut yang tentu bisa dilewatkan jika Anda menggunakan layanan internet banking.

Mencakup berbagai macam transaksi perbankan

Selanjutnya, layanan internet banking kini sudah bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi. Mungkin Anda yang sudah menggunakan layanan perbankan digital ini memahami bahwa salah satu keuntungan yang ditawarkan adalah memberi kemudahan saat Anda ingin melakukan cek saldo atau transfer uang. Namun kini, internet banking sudah bisa menyelesaikan transaksi lebih dari itu. Kini, Anda bisa membayar berbagai macam tagihan melalui layanan perbankan berbasis internet. Baik itu tagihan kartu kredit atau KTA yang secara langsung terintegrasi dengan bank, hingga tagihan kebutuhan rumah Anda, seperti listrik, air, serta internet service provider (ISP). 

Selain itu, dengan layanan transfer melalui virtual account, internet banking memudahkan Anda untuk menyelesaikan transaksi belanja online dengan lebih cepat. Virtual account membuat Anda hanya perlu melakukan transfer uang sesuai dengan yang dibutuhkan tanpa harus melakukan konfirmasi, karena verifikasi dan notifikasi atas dana yang masuk akan dilakukan secara otomatis. Namun pastikan juga Anda selalu menyimpan bukti transaksi digital yang bisa langsung diunduh seusai menggunakan internet banking.

Bisa digunakan untuk buka rekening baru

Di luar kegunaannya yang memudahkan untuk urusan transaksi sehari-hari. Saat ini, layanan perbankan berbasis internet juga bisa digunakan untuk membuka rekening tabungan baru. Tentu Anda paham beberapa tahun lalu, Anda hanya bisa membuka rekening baru di kantor cabang terdekat saja. Selain itu, biasanya Anda harus datang di pagi hari agar tidak perlu mengantre terlalu lama. Anda juga diharuskan untuk membawa dokumen pribadi yang terdiri dari KTP dan NPWP. Namun, hal tersebut kini sudah bisa teratasi berkat layanan internet banking yang lebih efisien. Dengan begitu, Anda tidak perlu mempersiapkan waktu khusus tertentu untuk pergi ke kantor cabang bank terdekat, pergi ke ATM, maupun menyelesaikan transaksi dalam jadwal sehari-hari.

Memudahkan investasi

Saat ini, investasi merupakan salah satu aktivitas peningkatan keuntungan yang sudah mulai bisa dengan mudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Kemudahan tersebut salah satunya hadir berkat inovasi teknologi berbasis internet. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, layanan internet banking juga menawarkan ragam fitur untuk memberi kenyamanan bagi Anda untuk membeli aset investasi. Saat ini, layanan perbankan berbasis internet bisa digunakan untuk membeli unit reksadana, obligasi, hingga saham sekalipun.

Untuk Anda yang berinvestasi menggunakan valas, tidak perlu khawatir. Layanan perbankan digital saat ini juga sudah bisa digunakan untuk membantu Anda membeli maupun menjual valuta asing dengan mudah. Selain itu, layanan internet banking juga biasanya menampilkan pergerakan kurs valas secara akurat, sehingga membantu Anda lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi dengan valas.

Keuntungan yang ditawarkan oleh kehadiran layanan perbankan berbasis internet di atas tersebut pun diimplementasikan ke dalam layanan Internet Banking di CIMB Niaga. Layanan Digital Banking CIMB Niaga memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk setiap transaksi perbankan yang Anda butuhkan, baik urusan personal maupun bisnis.

Anda bisa dengan mudah membuka rekening baru, transfer uang, membayar tagihan bulanan rutin, serta berinvestasi kapan saja dan di mana saja melalui OCTO Clicks yang bisa Anda akses dengan mudah. Untuk urusan bisnis, Anda bisa mengatur keperluan transaksi, laporan keuangan, serta cash management menggunakan Bizchannel@CIMB dengan sistem keamanan berlapis untuk menjaga kerahasiaan data transaksi Anda. Segera rasakan manfaat dan temukan info lengkap dari Internet Banking CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

BizChannel@CIMB Mobile

Nikmati pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan beragam fitur dan keuntungan melalui BizChannel@CIMB Mobile  yang dapat diunduh melalui iOS maupun Android.