www.cimbniaga.co.id production

10 Rekomendasi Wisata Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

 

Wisata Mojokerto memiliki banyak potensi menarik yang dapat Anda jelajahi. Salah satu Kabupaten di Jawa Timur ini menawarkan pesona alam yang indah dan kekayaan budaya yang melimpah. Sebelum ke sana, pastikan Anda tahu apa saja rekomendasi wisata Mojokerto di sini.

Bagi para pecinta alam, wisata Mojokerto menawarkan banyak tempat menakjubkan untuk dikunjungi. Mulai dari air terjun, gunung, hingga hutan, semuanya bisa Anda temukan di Mojokerto.

Daya tarik wisata Mojokerto juga terletak pada kekayaan budayanya, mulai dari candi hingga situs sejarah. Dengan keindahan alam dan kekayaan budaya yang melimpah, wisata Mojokerto menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Sebelum berangkat liburan ke Mojokerto, pastikan Anda telah mempersiapkan akomodasi dan transportasi yang bisa dipesan jauh-jauh hari menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga Gold yang menawarkan bebas biaya iuran tahunan. Sekarang, mari simak apa saja rekomendasi wisata Mojokerto yang wajib Anda kunjungi.

10 Rekomendasi Wisata Mojokerto

Dari situs-situs bersejarah yang menakjubkan hingga panorama alam yang memanjakan mata, mari jelajahi bersama beberapa rekomendasi tempat wisata Mojokerto yang wajib Anda kunjungi:

  1. Bukit Watu Jengger
  2. Wisata Mojokerto Bukit Watu Jengger - CIMB Niaga

    Bukit Watu Jengger merupakan salah satu destinasi wisata Mojokerto yang cukup populer. Berada di ketinggian 1.100 mdpl, Bukit Watu Jengger memiliki pemandangan yang sangat indah.

    Di puncak bukit, Anda akan menemukan sebuah batu besar yang menyerupai jengger kerbau. Batu inilah yang menjadi spot paling populer untuk berfoto.

    Selain pemandangannya yang indah, wisata Mojokerto ini juga menawarkan udara yang sejuk. Perjalanan menuju Bukit Watu Jengger bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor.

    Bukit Watu Jengger buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang. Jika ingin mengunjungi wisata Mojokerto ini, sebaiknya Anda datang saat pagi hari atau sore hari.

  3. Ranu Manduro
  4. Wisata Mojokerto Ranu Manduro - CIMB Niaga

    Pada awalnya, Ranu Manduro bukan termasuk destinasi wisata Mojokerto. Namun, karena keindahannya yang memukau, banyak orang yang datang berkunjung ke tempat ini. 

    Tempat wisata Mojokerto yang satu ini sempat viral di sosial media lantaran memiliki panorama menyerupai panorama di Afrika. Ranu Manduro memiliki hamparan bukit yang hijau dengan latar belakang pegunungan.

    Anda akan menjumpai kubangan air yang luas di tengah-tengah hamparan bukitnya. Kubangan air itulah yang disebut sebagai Ranu Manduro.

    Tiket masuk ke Ranu Manduro saat ini masih gratis. Namun, Anda diimbau untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

  5. Air Terjun Dlundung
  6. Wisata Mojokerto Air Terjun Dlundung - CIMB Niaga

    Air Terjun Dlundung adalah salah satu air terjun terindah di Jawa Timur. Destinasi wisata Mojokerto ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter yang dikelilingi oleh hutan lebat.

    Selain menawarkan pemandangan air terjun yang memukau, kawasan wisata Air Terjun Dlundung juga menyediakan area yang bisa digunakan untuk berkemah dengan membayar sekitar Rp 10.000.

    Jika ingin menikmati kesejukan Air Terjun Dlundung, tempat wisata Mojokerto ini buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB dengan membayar tiket masuk sekitar Rp 15.000 per orang.

    Baca juga: 8 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Wajib Dijelajahi

  7. Wisata Sawah Sumber Gempong
  8. Pemandangan hijau khas persawahan akan menyambut Anda saat tiba di Wisata Sawah Sumber Gempong. Wisata Mojokerto ini menawarkan suasana alam yang asri dan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti bermain ATV atau sepeda air.

    Wisata Sawah Sumber Gempong terletak di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Mojokerto. Untuk menuju ke Sumber Gempong, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

    Wisata Mojokerto ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orang. Anda akan dikenakan tarif tambahan sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 jika ingin mencoba bermain sepeda air maupun ATV.

  9. Candi Bajang Ratu
  10. Wisata Mojokerto Candi Bajang Ratu - CIMB Niaga

    Jika Anda ingin mengeksplor wisata Mojokerto, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Bajang Ratu yang merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Candi Bajang Ratu terletak di dekat lokasi bekas ibu kota Kerajaan Majapahit, yaitu Trowulan.

    Bagi Anda yang tertarik untuk melihat peninggalan Kerajaan Majapahit dari dekat, Anda perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 3.000 per orang. Tiket ini dapat dibeli di loket yang terletak di depan candi. Candi Bajang Ratu buka setiap hari mulai pukul 07.00-16.45 WIB.

  11. Taman Ghanjaran
  12. Wisata Mojokerto Taman Ghanjaran - CIMB Niaga

    Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga, Taman Ghanjaran menjadi salah satu destinasi pilihan yang cocok. Tempat wisata Mojokerto ini tidak memungut biaya masuk, namun Anda harus membayar biaya parkir sekitar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp sekitar 6.000 untuk jika membawa mobil.

    Taman Ghanjaran yang terletak di Jl. Raya Tretes-Trawas No.88, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas ini beroperasi setiap hari dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

  13. Museum Trowulan
  14. Wisata Mojokerto Museum Trowulan - CIMB Niaga

    Tidak kalah menariknya dari tempat wisata Mojokerto lainnya, Museum Trowulan menawarkan pengalaman yang tak akan terlupakan. Museum Trowulan memiliki koleksi arca, prasasti, keramik, logam, dan batu. 

    Koleksi yang paling terkenal di Museum Trowulan adalah arca Ganesha yang ditemukan di Candi Penataran. Selain koleksi benda arkeologi, Museum Trowulan juga memiliki berbagai fasilitas pendukung, seperti ruang pameran, ruang audio visual, perpustakaan, dan ruang seminar.

    Jika tertarik berkunjung, Museum ini dibuka untuk umum setiap hari dari jam 08.00-16.00 WIB. Harga tiket yang harus Anda bayar untuk mengunjungi tempat wisata Mojokerto ini, yaitu sekitar Rp 2.500 untuk anak-anak dan Rp 5.000 untuk orang dewasa.

    Baca juga: 5 Destinasi Wisata Budaya Populer di Indonesia

  15. Pacet Mini Park
  16. Wisata Mojokerto Pacet Mini Park - CIMB Niaga

    Satu lagi tempat wisata Mojokerto yang ramah keluarga dan cocok dinikmati semua kalangan, yaitu Pacet Mini Park yang berlokasi di Desa Warugunung, Kecamatan Pacet. Taman rekreasi ini menawarkan berbagai fasilitas menarik yang cukup lengkap.

    Anda bisa melakukan kegiatan outbound sampai menikmati keseruan water park yang tersedia dengan membayar biaya masuk sekitar Rp 10.000 - Rp 25.000 saja. Tempat wisata Mojokerto ini buka dari jam 08.00-17.00 WIB.

  17. Gunung Penanggungan
  18. Wisata Mojokerto Gunung Penanggungan - CIMB Niaga

    Gunung Penanggungan merupakan gunung yang terletak di antara Kabupaten Pasuruan Dan Kabupaten Mojokerto. Salah satu ikon wisata Mojokerto ini memiliki ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut.

    Ada empat jalur pendakian Gunung Penanggungan yang dapat dilalui oleh wisatawan, di mana tiga diantaranya harus melalui Mojokerto. Jalur pendakian yang paling populer adalah jalur Tamiajeng di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4-5 jam.

    Jika tertarik untuk melakukan pendakian, Anda perlu membayar biaya retribusi sekitar Rp. 15.000 per orang dan Rp. 10.000 untuk biaya parkir. Jalur pendakian Gunung Penanggungan dibuka setiap hari selama 24 jam penuh.

  19. Air Terjun Coban Canggu
  20. Wisata Mojokerto Air Terjun Coban Canggu - CIMB Niaga

    Air Terjun Coban Canggu sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan l keluarga. Di sekitar air terjun, terdapat banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan, seperti warung makan, tempat parkir, dan toilet. 

    Tempat wisata Mojokerto ini terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet. Air Terjun Coban Canggu memiliki dua tingkatan, yaitu tingkatan pertama dengan ketinggian sekitar 20 meter dan tingkatan kedua dengan ketinggian sekitar 25 meter.

    Harga tiket masuk ke Air Terjun Coban Canggu pun sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 per orang. Anda bisa menikmati kesejukan air terjun ini dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Mojokerto yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga. Jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan transportasi dan akomodasi agar perjalanan Anda mengunjungi wisata Mojokerto berjalan lancar.

Anda bisa menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga Gold sebagai sarana pembayaran akomodasi dan transportasi. Kartu kredit ini menawarkan bebas biaya iuran tahunan seumur hidup untuk kartu berlogo MasterCard dan bebas iuran tahunan 2 tahun pertama untuk kartu utama yang berlogo VISA.

Dengan Kartu Kredit CIMB Niaga Gold, Anda juga bisa mengubah pembelanjaan ritel menjadi cicilan tetap bunga ringan dengan jangka waktu angsuran 3, 6, atau 12 bulan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan 2 Poin Xtra setiap transaksi ritel kelipatan Rp 10.000.

Informasi lebih lanjut mengenai syarat pendaftaran Kartu Kredit CIMB Niaga Gold bisa dilihat di halaman ini.