www.cimbniaga.co.id production

Apa Itu QRIS? Ini Cara Daftar dan Cara Menggunakannya

 

“Bank Indonesia telah mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai untuk menggunakan sistem QRIS Quick Response (QR) Code Indonesian Standard. Pahami lebih dalam apa itu QRIS dalam pembahasan berikut ini.”

QRIS mempunyai slogan “Satu QRIS untuk Semua” yang bertujuan untuk menyatukan berbagai jenis pembayaran yang disatukan dengan satu QR Code. Dengan upaya lebih efisen dan praktis khususnya untuk para Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), merchant, maupun pembeli.

Pembayaran dengan metode ini dapat digunakan di seluruh (merchant) berlogo QRIS. Bagi nasabah CIMB Niaga, pembayaran dengan metode QRIS bisa dilakukan melalui aplikasi OCTO Mobile. Aplikasi mobile banking ini akan memudahkan transaksi keuangan sehari-hari Anda, termasuk pembayaran menggunakan QR Code.

Apa Itu QRIS?

Sederhananya, QRIS yang dibaca KRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Setiap penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR (termasuk PJSP asing) wajib menggunakan QRIS yang telah diatur dalam ketentuan BI dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 23/8/2021.

Pembayaran menggunakan QR Code saat ini juga sudah dapat dilakukan di Thailand dan Malaysia. Singapura sedang dalam tahap pengembangan dan Jepang akan segera menyusul. nda perlu mengunduh aplikasi pembayaran dari salah satu bank yang mendukung QRIS antarnegara.

Bank Indonesia menetapkan limit transaksi pembayaran elektronik menggunakan QR Code maksimal sekitar Rp 10 juta per transaksi. Adapun potongan biaya untuk transaksi dengan metode pembayaran menggunakan QR Code yang ditanggung oleh merchant UMKM adalah sekitar 0,3% dan sekitar 0,7% untuk untuk kategori merchant lainnya.

Dengan adanya pembayaran menggunakan QR Code, harapannya transaksi pembayaran bisa lebih efisien atau, kemudian inklusi keuangan di Indonesia lebih cepat, serta bisa memajukan UMKM, dan hingga pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Mengenal Jenis-jenis QRIS

Jenis pembayaran menggunakan QR Code terdiri dari 2 media tampilan (display) yaitu QRIS Merchant presented Mode (QRIS MPM) dan QRIS Customer Presented Mode (CPM).

1. QRIS Merchant Presented Mode (QRIS MPM)

Jenis QRIS yang satu ini terbagi menjadi QRIS MPM Statis dan MPM Dinamis dengan penjelasan seperti berikut:

  1. QRIS MPM Statis
    • ditampilkan melalui stiker atau hasil cetak lain
    • QR Code yang sama digunakan untuk setiap transaksi pembayaran
    • belum mengandung nominal pembayaran yang harus dibayar, sehingga memerlukan input jumlah nominal oleh nasabah.
    • dapat dikirim oleh merchant kepada pengguna untuk dapat diunggah pada OCTO Mobile.
  2. QRIS MPM Dinamis
    • QR Code ditampilkan melalui struk yang dicetak melalui mesin EDC (Electronic Data Capture)/ditampilkan pada monitor dan non digital (struk EDC dan lain-lain)
    • QR Code yang berbeda dicetak untuk setiap transaksi pembayaran
    • QR Code telah mengandung nominal pembayaran yang akan dibayar.

MPM cocok digunakan untuk merchant dengan berbagai jenis usaha, mulai dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga usaha besar. 

2. QRIS Consumer Presented Mode (QRIS CPM)

Tampilan image QRIS ditampilkan oleh pengguna pada aplikasi pembayaran di ponsel/perangkat Pengguna (apabila PJP telah memiliki fitur QRIS CPM).

CPM cocok digunakan untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi, seperti penyedia transportasi, parkir, dan ritel modern.

Pemilihan jenis pembayaran menggunakan QR Code di atas tergantung pada kebutuhan dan preferensi merchant maupun pelanggan. Meski jenisnya berbeda, setiap QRIS memiliki manfaat yang sama.

Baca juga: Pahami Cara Transfer Uang Lewat HP dengan Mudah dan Cepat

Manfaat Penggunaan QRIS

Pembayaran menggunakan QR Code menawarkan berbagai manfaat, baik bagi merchant maupun pelanggan.

  • Manfaat bagi pengguna

    Bagi pengguna, berikut ini beberapa manfaat QRIS yang dapat dirasakan:

    1. Transaksi lebih mudah, cepat, dan kekinian
    2. Lebih nyaman bertransaksi, tidak perlu repot membawa uang tunai dan efisien tanpa uang kembalian
    3. Lebih higienis karena dapat dilakukan secara contactless, tanpa perlu bersentuhan
    4. Dapat memperoleh penawaran promosi di merchant partner CIMB Niaga
    5. Terhindar dari risiko uang palsu
    6. Sebagai alternatif pembayaran dengan histori transaksi yang tercatat
    7. Terlindungi karena diawasi Bank Indonesia.
  • Manfaat bagi merchant

    Bukan hanya pengguna saja yang diuntungkan, manfaat QRIS juga bisa dirasakan oleh merchant yang menyediakan pembayaran menggunakan QR Code. Berikut beberapa diantaranya:

    1. Transaksi lebih mudah dan cepat, dikarenakan Merchant hanya memerlukan 1 (satu) QR Code untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber dana maupun aplikasi pembayaran berbasis QR Code dari PJP.
    2. Transaksi pembayaran lebih sederhana dan higienis/tanpa sentuh, cukup dengan memindai atau menunjukkan QR Code
    3. Tidak perlu mengelola uang tunai, sehingga memperkecil risiko operasional
    4. Memperluas pangsa pasar melalui peningkatan penggunaan dan akseptasi QR Code
    5. Menyediakan metode pembayaran digital kepada pengguna/konsumen yang diharapkan dapat meningkatkan transaksi bagi Merchant
    6. Memberikan kemudahan bertransaksi bagi wisatawan luar negeri dan kemajuan industri pariwisata Indonesia
    7. Membangun rekam jejak bagi Merchant Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menggunakan fasilitas perbankan lainnya
    8. Meningkatkan inklusi keuangan, dan
    9. Mendukung program Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah.

Secara keseluruhan, pembayaran non tunai menggunakan QR Code merupakan sistem pembayaran yang dapat memudahkan dan mempercepat transaksi keuangan.

Cara Mendaftar QRIS untuk Merchant

Anda dapat mendaftar untuk mengaktifkan pembayaran dengan QR Code melalui bank atau perusahaan fintech yang menyediakan layanan pembayaran elektronik. 

Melansir dari laman Bank Indonesia, berikut ini langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Pilih Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS yang telah terdaftar di Bank Indonesia.
  2. Merchant bisa mendaftar secara online atau datang langsung ke kantor cabang PJSP yang telah dipilih.
  3. Lengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP.
  4. Tunggu proses verifikasi dan pembuatan Merchant ID oleh PJSP.
  5. PJSP akan mengirimkan stiker yang memuat QR Code.
  6. Merchant akan diminta untuk instal aplikasi merchant QRIS.
  7. PJSP akan mengedukasi merchant bagaimana prosedur menerima pembayaran menggunakan QR Code.

Anda dapat mencetak QR Code dengan menggunakan kertas stiker atau kertas biasa sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya pasang QR Code di tempat yang mudah terlihat oleh pelanggan.

Baca juga: Mengenal 7 Alat Pembayaran Non Tunai Saat Ini

Cara Menggunakan QRIS dengan Aman

Untuk melakukan pembayaran dengan QR Code, Anda hanya perlu ponsel pintar yang sudah terinstal aplikasi pembayaran yang mendukung pembayaran ini. 

Berikut adalah langkah-langkah pembayaran menggunakan QR Code:

  1. Pilih dan unduh aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel.
  2. Mendaftarkan diri sebagai pengguna di salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) bank maupun non bank yang telah mendapat izin dari Bank Indonesia.
  3. Pastikan tersedianya saldo untuk melakukan transaksi.
  4. Scan QR Code pada merchant.
  5. Masukkan nominal transaksi.
  6. Lakukan otorisasi transaksi.
  7. Konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang dan/atau jasa.

Pastikan bahwa merchant tempat Anda ingin melakukan pembayaran sudah mendukung transaksi QRIS.

Cara Mengatasi Pembayaran QRIS Gagal

Seperti halnya metode pembayaran lainnya, pembayaran dengan menggunakan QR Code juga dapat mengalami kendala. Penyebabnya bisa dipicu oleh kendala teknis pada sistem, kesalahan input data, atau koneksi internet yang tidak stabil.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat transaksi pembayaran menggunakan QR Code tidak berhasil:

  1. Pastikan QR Code tersebut tidak sobek, sehingga bisa terbaca dengan baik oleh kamera smartphone Anda. 
  2. Periksa kembali koneksi internet sebelum menggunakannya untuk bertransaksi. Jika koneksi internet Anda tidak stabil, kemungkinan besar transaksi akan gagal.
  3. Pastikan Anda memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transaksi.
  4. Coba perbarui aplikasi pembayaran yang Anda gunakan ke versi terbaru.

Jika masih mengalami masalah dengan pembayaran menggunakan QR Code, Anda bisa menghubungi call center PJSP terkait untuk menyampaikan masalah yang dialami.

Cara Melakukan Transaksi QRIS Melalui OCTO Mobile

Kini dengan standarisasi pembayaran menggunakan QR Code, Anda tidak perlu lagi pusing-pusing untuk memiliki ragam aplikasi keuangan dalam menyelesaikan transaksi sehari-hari Anda.

Bagi Anda nasabah CIMB Niaga, berikut adalah tata cara pembayaran menggunakan QR Code melalui OCTO Mobile yang cepat dan mudah:

  • Login ke OCTO Mobile

    Setelah berhasil mengunduh dan juga melakukan registrasi, Anda bisa langsung melakukan login dengan cara memasukan user ID dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

    Pastikan mengingat user ID serta password OCTO Mobile dengan benar. Anda juga bisa login ke dalam aplikasi OCTO Mobile untuk lakukan pembayaran QR Code atau transaksi lainnya menggunakan otentikasi biometrik, seperti sidik jari maupun face ID yang terintegrasi pada smartphone Anda.

  • Pilih menu QR

    Setelah berhasil masuk, pilih menu QR yang ada di bagian muka interface. Setelah masuk ke dalam menu, pilih tombol scan atau pindai untuk melanjutkan proses transaksi QR Code.

  • Pindai QR Code

    Setelah memilih tombol scan, segera pindai QR Code yang tersedia di counter kasir merchant. Untuk fitur pindai QR Code ini juga bisa Anda lakukan untuk melakukan transfer maupun menerima uang dari sesama nasabah CIMB Niaga dan pengguna OCTO Mobile.

  • Masukan nominal pembayaran

    Setelah QR Code berhasil terpindai, sesuaikan nama merchant yang tampil di layar smartphone. Selanjutnya, masukan nominal pembayaran sesuai pembelanjaan Anda.

    Jangan lupa pastikan kecukupan dana, kemudian pilih sumber dana yang Anda inginkan, baik itu dari tabungan, OCTO Pay, kartu kredit maupun Poin XTRA Anda.

  • Konfirmasi

    Jika nominal sudah benar masukan PIN OCTO Mobile yang sudah Anda daftarkan. Pastikan muncul halaman konfirmasi keberhasilan transaksi Anda, yang bisa Anda simpan untuk membantu pendataan catatan pengeluaran Anda setiap bulannya.

Di luar pembayaran menggunakan QR Code, Anda bisa memaksimalkan ragam fitur cardless transaction yang ditawarkan oleh OCTO Mobile. Dengan menggunakan OCTO Mobile, Anda bisa menikmati berbagai keuntungan seperti berikut:

  • Mengambil uang di ATM tanpa kartu
  • Transaksi transfer perbankan ke dalam dan luar negeri
  • Bayar tagihan
  • Isi ulang pulsa
  • Laporan keuangan elektronik atau e-statement hingga 6 bulan terakhir dikirimkan ke alamat email.

OCTO Mobile merupakan salah satu produk digital banking dari CIMB Niaga yang dapat membantu Anda menyelesaikan segala transaksi langsung dari tempat Anda dengan cepat, mudah, dan nyaman.

Tidak hanya bagi pemegang tabungan CIMB Niaga, OCTO Mobile kini tersedia bagi para nasabah kartu kredit CIMB Niaga. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Pay Mudahkan Tarik Tunai Tanpa Kartu

OCTO Pay adalah Uang Elektronik yang dapat menyimpan saldo, melakukan transaksi perbankan sehari-hari, hingga tarik tunai tanpa kartu dengan cara menggunakan nomor ponsel Anda.

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Cash

OCTO Cash merupakan pilihan pembayaran yang memberikan kemudahan pembayaran transaksi online secara debit instan dengan menggunakan rekening Tabungan yang didaftarkan sebagai sumber dana.