www.cimbniaga.co.id production

Cara Praktis Transaksi QRIS Menggunakan OCTO Mobile

 

 
 
 
 

Cara Praktis Transaksi QRIS Menggunakan OCTO Mobile

 

Bagi Anda yang masih cukup sering melakukan aktivitas belanja offline dan online, tentu Anda sudah tidak asing dengan metode pembayaran menggunakan QRIS. Metode pembayaran tersebut biasa ditemukan di counter kasir dengan menggunakan QR Code sebagai salah satu alternatif pembayaran transaksi non tunai. Kehadiran QRIS di Indonesia bisa dibilang jadi inovasi terbaru sebagai alternatif pembayaran transaksi non tunai. Meskipun masih dianggap baru, nyatanya penggunaan QRIS ini sudah cukup berkembang pesat di kota-kota besar di Indonesia.

Perkembangan QRIS sebagai metode pembayaran non tunai di Indonesia ini juga dibantu dengan pesatnya penggunaan uang atau dompet digital di kalangan masyarakat. Agar uang digital tersebut bisa digunakan di luar platform atau sebagai pembayaran online, maka dibutuhkan QR code sebagai tanda pengenal transaksi dengan sistem keamanan khusus di masing-masing merchant atau toko. Meskipun terlihat punya pola yang sama, ternyata QR code yang tertera di masing-masing merchant punya integrasi sistem yang berbeda agar transaksi bisa dilakukan dengan sesuai.

Pengertian QRIS

Terkait QRIS sendiri, merupakan sebuah regulasi atau standarisasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia terkait pembayaran menggunakan QR Code. Dilansir dalam situs resmi Bank Indonesia, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan upaya penyatuan berbagai macam QR code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan standarisasi yang sama. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran yang bekerja sama dengan dengan Bank Indonesia dalam membuat proses transaksi menggunakan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code sebagai metode pembayaran wajib menerapkan standarisasi QRIS.

Berdasarkan penjelasan di atas, hadirnya QRIS membuat proses pembayaran jadi lebih mudah dan nyaman bagi para penggunanya. Pasalnya, QRIS bisa digunakan sebagai portal pembayaran baik menggunakan dompet digital maupun layanan perbankan digital, seperti OCTO Mobile. Sebelum adanya penerapan QRIS sebagai standarisasi pembayaran QR code, Anda hanya bisa melakukan pembayaran secara non tunai sesuai dengan kerja sama antara merchant dan juga pihak pengembang QR code tersebut. 

Dengan kata lain, Anda setidaknya harus punya berbagai macam aplikasi dompet digital atau layanan perbankan digital untuk bisa menggunakan pembayaran QR code di setiap transaksi pada lokasi yang berbeda. Tentu hal tersebut jadi hal yang merepotkan. Selain itu, agar mempercepat pengenalan metode pembayaran berbasis kode QR ini, banyak dari merchant pun menawarkan promo seperti diskon maupun cashback yang menarik banyak minat pelanggan untuk menyelesaikan transaksi belanja lewat metode ini.

Keunggulan pembayaran QR code

Pembayaran dengan metode QRIS ini tidak hanya menawarkan proses yang cepat dan mudah saja. Hadirnya standarisasi pembayaran QR code ini juga didukung dengan berbagai keunggulan. Berikut adalah keunggulan dan keuntungan yang bisa Anda rasakan saat menyelesaikan transaksi menggunakan QRIS.

  • Keamanan transaksi

    Sebagaimana yang dijelaskan oleh Bank Indonesia, QRIS hadir sebagai alternatif pembayaran non tunai yang tidak hanya cepat tapi juga aman. Keamanan tersebut berasal dari regulasi penerapan QRIS yang hanya boleh dilakukan oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang tentunya dipercaya oleh pihak pengembang QRIS di Indonesia. Selain itu, data yang tersemat dalam QRIS merupakan kode unik yang berisi informasi mengenai pihak pengguna QR code dan integrasi sistem bisnis yang tidak bisa direplikasi oleh orang lain. Jadi setiap transaksi yang dilakukan secara digital menggunakan QR code yang sudah terstandarisasi ini akan secara otomatis ditransfer dari sumber dana nasabah ke dalam sistem keuangan dari merchant tersebut.

  • Mengurangi risiko beredar uang palsu

    Hadirnya uang digital atau dompet digital sebagai bagian dari pembayaran QR code membantu perputaran uang tunai menjadi sedikit lebih teratur. Selain itu, kehadiran pembayaran QR code juga dianggap bisa jadi solusi untuk mengurangi beredarnya uang palsu di kalangan masyarakat. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa pengedaran uang palsu merupakan tindakan kriminal yang bisa merugikan banyak pihak. Untuk itu, pembayaran QRIS jadi salah satu solusi yang dinilai baik untuk meningkatkan keamanan.

Cara melakukan transaksi QRIS melalui OCTO Mobile

Kini dengan standarisasi QRIS yang tengah berkembang dengan pesat, Anda tidak perlu lagi pusing-pusing untuk memiliki ragam aplikasi keuangan dalam menyelesaikan transaksi sehari-hari Anda. Bagi Anda nasabah CIMB Niaga, berikut adalah tata cara pembayaran QRIS melalui OCTO Mobile yang cepat dan mudah.

  • Login ke OCTO Mobile

    Sebelum mulai melakukan pembayaran QRIS melalui OCTO Mobile, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi OCTO Mobile di smartphone dan mendaftarkan data diri Anda sebagai nasabah CIMB Niaga. Setelah berhasil mengunduh dan juga melakukan registrasi, Anda bisa langsung melakukan login dengan cara memasukan user ID dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Pastikan mengingat user ID serta password OCTO Mobile dengan benar. Agar proses login lebih mudah, Anda juga bisa memilih untuk menyimpan user ID untuk akses di masa depan. Tidak hanya bisa diakses menggunakan user ID saja, Anda juga bisa login ke dalam aplikasi OCTO Mobile untuk lakukan pembayaran QR code atau transaksi lainnya menggunakan otentikasi biometrik, seperti sidik jari maupun face ID yang terintegrasi pada smartphone Anda.

  • Pilih menu QR

    Setelah berhasil masuk, pilih menu QR yang ada di bagian muka interface. Hadirnya menu QR yang mudah ditemukan ini akan membantu Anda untuk melakukan transaksi lebih cepat. Selain itu, desain icon yang ada juga dibuat dengan dimensi yang cukup besar serta hadir dengan warna yang langsung menarik perhatian. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari menu QR di dalam aplikasi OCTO Mobile. Setelah masuk ke dalam menu, pilih tombol scan atau pindai untuk melanjutkan proses transaksi QR code.

  • Pindai QRIS

    Setelah memilih tombol scan, segera pindai kode QR yang tersedia di counter kasir merchant. Untuk fitur fitur pindai QR code ini juga bisa Anda lakukan untuk melakukan transfer maupun menerima uang dari sesama nasabah CIMB Niaga dan pengguna OCTO Mobile. Perlu Anda ketahui juga bahwa QR code terbagi ke dalam dua jenis, yaitu QR statis dan QR dari EDC. Untuk QR statis, Anda perlu memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, sedangkan QR EDC sudah otomatis terisi nominal yang harus Anda bayarkan. 

  • Masukan nominal pembayaran

    Setelah kode QR berhasil terpindai, sesuaikan nama merchant yang tampil di layar smartphone Anda dengan panel QRIS yang Anda temukan di counter kasir saat melakukan pembayaran. Selanjutnya, masukan nominal pembayaran sesuai pembelanjaan Anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan sumber dana yang Anda inginkan, baik itu dari tabungan maupun kartu kredit yang sudah Anda daftarkan ke dalam OCTO Mobile.

  • Konfirmasi

    Sesuai Anda memasukan nominal pembayaran dan memilih sumber dana yang sesuai, kembali periksa data transaksi yang Anda akan lakukan. Jika semua sudah benar lakukan konfirmasi dengan cara memasukan PIN OCTO Mobile yang sudah Anda daftarkan. Sesaat transaksi QRIS berhasil dilakukan muncul halaman baru tentang transaksi Anda yang bisa Anda simpan untuk membantu pendataan catatan pengeluaran Anda setiap bulannya. 

Di luar pembayaran QRIS, Anda bisa memaksimalkan ragam fitur cardless transaction yang ditawarkan oleh OCTO Mobile. Dengan menggunakan OCTO Mobile, Anda bisa dengan mudah mengambil uang di ATM tanpa kartu, transaksi transfer perbankan ke dalam dan luar negeri, bayar tagihan, isi ulang pulsa, serta menyediakan laporan keuangan elektronik atau e-statement ke alamat email hingga 6 bulan terakhir. OCTO Mobile merupakan salah satu produk digital banking dari CIMB Niaga yang dapat membantu Anda menyelesaikan segala transaksi langsung dari tempat Anda dengan cepat, mudah, dan nyaman. Tidak hanya bagi pemegang tabungan CIMB Niaga, OCTO Mobile kini tersedia bagi para nasabah kartu kredit CIMB Niaga. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

OCTO Card

Praktis, Menguntungkan, Tanpa Plastik

Rekening Ponsel

Tarik tunai atau belanja tanpa menggunakan kartu ATM, kartu kredit, ataupun rekening bank kini bukanlah khayalan. Rekening Ponsel CIMB NIAGA memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM.