production

Usaha di Bidang Jasa: Kelebihan, Kekurangan, dan Tips Menjalankannya

 

 
 
 
 

Usaha di Bidang Jasa: Kelebihan, Kekurangan, dan Tips Menjalankannya

 

Ada berbagai jenis peluang usaha yang tersedia di zaman sekarang, salah satunya peluang usaha di bidang jasa. Hadirnya usaha di bidang jasa tidak terlepas dari pola konsumsi di masyarakat yang mengalami perubahan sehingga kebutuhan akan penyedia jasa ikut terpengaruhi.

Bisnis jasa adalah bidang bisnis yang menjual atau menawarkan produk dalam bentuk pelayanan jasa. Pada dasarnya, tujuan dari usaha di bidang jasa sama dengan bisnis yang menghasilkan barang yaitu memperoleh keuntungan.

Usaha di bidang jasa juga tidak melibatkan pembelian barang sehingga tidak memerlukan media penyimpanan khusus karena yang dijual adalah layanan. Bisnis jenis ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai usaha, namun terkendala dengan modal. Anda bisa menjadikan keahlian khusus yang dimiliki sebagai modal untuk merintis usaha di bidang jasa.

Keuntungan Usaha di Bidang Jasa

Usaha di bidang jasa bisa menjadi jenis bisnis yang potensial untuk menghasilkan keuntungan. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya bisnis berbasis layanan. Kondisi tersebut selaras dengan meningkatnya permintaan konsumen akan produk jasa.

Seperti halnya bisnis di bidang lain, usaha di bidang jasa juga memiliki beberapa keuntungan bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis ini.

Dapat Menghemat Modal

Keuntungan dari bisnis di bidang jasa adalah Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar, dengan catatan selama jenis usaha tidak tergolong industri besar. Hal yang dibutuhkan adalah kemauan, perencanaan matang, keterampilan, ide dan pelayanan yang memberikan nilai tambahan serta kepuasan bagi konsumen.

Tidak Memerlukan Stok Barang

Seperti yang sudah dijelaskan, karena produk dari usaha di bidang jasa adalah layanan. Sehingga bisnis ini bisa terus berjalan selama ada keterampilan atau produk layanan yang dijual atau ditawarkan. Hal ini menjadi keuntungan ketika dibandingkan dengan usaha yang menjual produk barang, karena mereka harus menyediakan stok, entah itu barang mentah, setengah jadi atau siap jual.

Tidak Ada Pengendapan Modal

Hal ini juga menjadi salah satu keuntungan dari usaha di bidang jasa. Karena dengan tidak adanya stok barang, maka tak ada potensi barang yang belum terjual dan menjadi modal yang mengendap. Berbeda dengan usaha di bidang barang yang harus menyediakan stok barang dan berpotensi stok barang belum terjual, akan mengakibatkan biaya cukup besar yang menjadi modal mengendap.

Tidak Memerlukan Gudang dan Distribusi

Sebagai jenis usaha di bidang jasa, maka tidak memerlukan ruang penyimpanan khusus seperti gudang karena tidak adanya stok barang. Hal ini bisa menjadi keuntungan karena tidak memerlukan biaya tambahan untuk menyewa atau membuat gudang penyimpanan.

Usaha di bidang jasa juga tidak dituntut untuk memikirkan soal distribusi barang. Hal ini membuat Anda tidak harus melakukan pengelolaan distribusi barang, menghitung jumlah barang hingga mengawasi perputaran barang agar tidak terjadi penumpukan stock yang dapat merugikan usaha.

Kekurangan Usaha di Bidang Jasa

Setiap jenis usaha memiliki risiko dan celah kekurangan, termasuk juga usaha di bidang jasa. Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan usaha di bidang jasa sehingga bisa menghitung kemampuan dalam mengantisipasinya ketika ingin memulai usaha di bidang jasa.

Tantangan dalam Strategi Promosi

Untuk usaha di bidang jasa, strategi promosi memiliki tantangan tersendiri dan lebih sulit. Jika bisnis di bidang produk bisa menggunakan barang yang dihasilkan sebagai contoh saat promosi, lain hal dengan usaha di bidang jasa.

Untuk mengatasi strategi promosi ini, biasanya pelaku usaha jasa akan meminta testimoni dari pelanggan sehingga nantinya bisa digunakan sebagai bahan promosi usaha di bidang jasa yang sedang dikelola. Testimoni yang positif akan menjadi keuntungan buat pemilik usaha dan bisa menarik kepercayaan pelanggan atas produk jasa yang ditawarkan.

Tidak Ada Retur atau Pengembalian Produk

Ketika Anda menemukan sepatu atau baju yang dibeli ternyata tidak pas, Anda mungkin bisa kembali ke toko untuk menukarnya dengan yang lebih sesuai. Namun berbeda ketika Anda membeli produk dalam bentuk jasa, Anda tidak akan bisa mengembalikannya.

Hal ini menjadi kekurangan sekaligus tantangan untuk pelaku usaha di bidang jasa karena harus bisa mendapatkan pelanggan yang loyal. Beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut seperti kualitas jasa yang diberikan dan kepercayaan dari pelanggan. Pelanggan yang kecewa dengan produk jasa bisa berpotensi tak lagi menggunakan usaha Anda.

Tips Menjalankan Usaha di Bidang Jasa

Ketika Anda tertarik untuk menjalankan usaha di bidang jasa, Anda harus memahami kekurangan dan kelebihan dari bisnis jenis ini. Hal ini diperlukan sehingga Anda bisa menilai kemampuan dalam menjalankannya dan bisa melihat potensi untuk mengembangkan bisnis Anda ke depan. Berikut ini beberapa tips untuk menjalankan usaha di bidang jasa.

Tentukan Bisnis yang Ingin Dijalankan 

Sebelum Anda benar-benar membuka sebuah bisnis, Anda harus sudah mengetahui bisnis apa yang Anda ingin buka dan bagaimana seluk beluk dari bisnis tersebut. Ingat, menjalankan bisnis jasa tidaklah mudah, maka Anda harus benar-benar siap agar tidak mengecewakan pelanggan.

Menentukan Harga untuk Jasa Anda

Ketika Anda sudah menentukan bisnis apa yang Anda ingin lakukan, Anda harus bisa menentukan harga yang terbaik bagi jasa Anda. Anda bisa melakukan komparasi harga dari bisnis yang serupa. 

Memanfaatkan Media Sosial

Untuk pemasaran di era sekarang ini Anda harus bisa memanfaat media sosial dengan sebaik-baiknya. Dengan media sosial, pelanggan Anda bisa datang dari mana saja.

Selain itu, media sosial adalah hal pertama yang dicari oleh pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa Anda. Ketika media sosial Anda tidak menarik tentu saja calon pelanggan Anda akan berpikir dua kali sebelum menggunakan jasa Anda.

Tanggapi Keluhan Pelanggan

Keluhan pelanggan jangan pernah Anda sepelekan karena itu adalah kesempatan terbaik untuk mengembalikan kepercayaannya.

Jika Anda tidak bisa menanggapi keluhan tersebut dengan baik, maka pelanggan tersebut tidak akan pernah mau lagi untuk menggunakan jasa Anda. Belum lagi efek snowball jika pelanggan tersebut memutuskan untuk menyebarkan ulasan negatif terhadap bisnis Anda.

Berikan Layanan Terbaik

Tentu saja karena bisnis Anda jasa, Anda harus bisa memastikan pelanggan Anda mendapatkan pelayanan terbaik dari bisnis Anda. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda kedepannya.

Bagi Anda yang serius ingin mengembangkan usaha di bidang jasa saat ini, seperti jasa cuci mobil, ekspedisi, hingga ekspor dan impor menambah modal menjadi salah satu langkah yang cukup bijak untuk dilakukan. CIMB Niaga menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan modal dalam rencana pengembangan bisnis yang Anda butuhkan, melalui produk Pembiayaan Modal Kerja.

Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga merupakan sebuah fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek, membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin.

Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Prosesnya juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.