production

Mengenal Virtual Account, Segenap Manfaat dan Keuntungannya

 

 
 
 
 

Mengenal Virtual Account, Segenap Manfaat dan Keuntungannya

 

Virtual account saat ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk melakukan pembayaran online tagihan pembelian. Metode pembayaran ini terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan industri e-commerce yang berkembang pesat pula.

Metode pembayaran dengan virtual account ini tak jauh berbeda dengan metode sebelumnya yang mewajibkan pelanggan untuk membayarkan tagihan dengan cara transfer rekening intra bank, antar bank, maupun menggunakan kartu kredit. Layanan virtual account ini bisa dipilih pengguna untuk melakukan pembayaran saat melakukan transaksi online, misalnya dengan metode transfer tadi.

Apa Itu Virtual Account?

Virtual account atau akun virtual adalah rekening buatan yang tidak benar-benar nyata. Umumnya, sebuah akun virtual mencakup nomor ID pelanggan yang dibuat oleh sebuah bank. Dalam setiap transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu ID yang biasa dikenal sebagai virtual account number.

Tahap lanjut dari proses itu, pelanggan akan mendapatkan virtual account yang unik dan berbeda satu sama lain. Anda pun bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pembuatan akun virtual ini juga bisa dilakukan sesuai permintaan perusahaan dengan tujuan melakukan transaksi. 

Pembayaran transaksi dengan metode virtual account saat ini dianggap lebih cepat dan praktis. Anda tentu tak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara mengirimkan bukti transfer karena konfirmasi pembayaran dilakukan secara otomatis. Pembayaran tagihan apa pun jelas lebih mudah untuk setiap transaksi, sebab pelanggan hanya perlu mengetahui satu nomor ID VA number unik tadi sesuai dengan nominal transaksi yang dilakukan.

Keuntungan Menggunakan Virtual Account

Untuk diketahui, metode pembayaran dengan virtual account ini membuat seorang pelanggan tak perlu repot-repot melakukan konfirmasi pembayaran. Anda hanya akan diminta membayar sesuai nominal pada invoice tagihan ke VA number Anda.

Cara inilah yang membedakan antara pembayaran dengan transfer uang manual dan menggunakan virtual account. Meski begitu, penggunaan virtual account memang tetap perlu memasukkan nomor rekening dan melakukan transfer saat pembayaran, namun bisa dilakukan secara online tanpa perlu repot-repot ke kantor cabang bank atau ATM terdekat. Sebab, di saat tertentu, mungkin agak sulit mencari ATM untuk melakukan transfer secara manual. Belum lagi, Anda akan diminta untuk mengirimkan bukti transfer tersebut, baik berupa struk maupun tangkapan layar dalam layanan e-banking.

Jenis-jenis Virtual Account

Di balik kemudahan saat menggunakan layanan virtual account ini, Anda perlu mengetahui juga dua jenisnya, yaitu fixed virtual account dan non-fixed virtual account.

Fixed virtual account

Virtual account jenis ini berarti nomor akun virtual secara unik ditentukan oleh pelanggan sendiri. Jenis ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara berulang untuk menambah saldo di aplikasi e-wallet, misalnya. Anda pun tak perlu lagi memasukkan nomor ID setiap kali melakukan transaksi. Misalnya, aplikasi e-wallet yang menggunakan nomor ponsel pengguna sebagai nomor ID-nya.

Non-fixed virtual account

Berbeda dengan jenis fixed tadi, nomor akun virtual pada jenis non-fixed virtual account akan ditentukan secara acak dan biasanya hanya digunakan untuk satu kali transaksi. Contohnya, ketika seorang pelanggan ini melakukan pembayaran via akun virtual di sebuah e-commerce, nomor ID yang diterima pelanggan itu tidak bisa digunakan lagi untuk melakukan transaksi lainnya.

Manfaat Virtual Account dalam Bisnis SME

Virtual account tak hanya memiliki beragam manfaat bagi para pelanggan, tetapi juga pada pelaku bisnis usaha kecil menengah (UKM) atau secara internasional dikenal sebagai small medium enterprise (SME). Seperti diketahui, salah satu keuntungan dari pembayaran melalui sistem virtual account ini tentu cepat dan praktis menggunakan satu nomor ID yang unik sesuai dengan nominal transaksi, hingga konfirmasi secara otomatis. Inilah beberapa manfaat virtual account untuk bisnis SME:

Lebih fleksibel

Virtual account tentunya menawarkan metode pembayaran yang lebih fleksibel dalam setiap transaksi. Anda bisa melakukan kapan saja dan di mana saja. Metode ini juga akan lebih banyak menjangkau dan memudahkan pembayaran yang dilakukan pelanggan.

Pembayaran otomatis

Virtual account dapat melakukan deteksi otomatis setiap transaksi terjadi, ini membuat pekerjaan lebih efisien. Anda tidak harus selalu memastikan pelanggan Anda sudah melakukan transaksi dengan benar atau tidak.

Pembukuan jurnal transaksi otomatis

Anda tidak perlu mencatat setiap transaksi yang terjadi, virtual account akan membantu Anda mengetahui penagihan atas nama siapa dan pembayaran atas nama siapa yang tertera pada transaksi tersebut.

Transaksi yang aman

Virtual account menawarkan fungsionalitas yang dapat diterapkan oleh bank korporat sehingga Anda sebagai klien dapat menentukan, mengelola, dan menyesuaikan struktur akun perbankan mereka kapanpun mereka mau, dimanapun mereka mau, menggunakan channel yang modern dan aman. Ini akan membuat pengalaman transaksi Anda dan pelanggan akan sangat cepat dan aman.

Hemat waktu dan tenaga

Penggunaan akun virtual ini sangat memudahkan siapa saja dalam bertransaksi. Jumlah berapa saja bisa langsung dilunaskan seketika tanpa terbatas waktu tertentu karena sistem pembayaran ini juga bisa dilakukan saat hari libur. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga tanpa perlu ke bank. Keuntungan inilah yang akan didapatkan pelaku bisnis UKM atau SME.

Solusi yang tepat

Seorang pelanggan tak perlu lagi antre berlama-lama di bank untuk melakukan transaksi. Virtual account bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda karena bisa melakukan pembayaran hanya dari rumah saja, atau di mana pun Anda berada. Anda pun lebih diuntungkan karena tak perlu lagi menyimpan banyak uang tunai, bukan? Transaksi Anda akan terlindungi, praktis, dan aman dari penipuan bahkan pencurian.

Bisnis bisa jauh lebih berkembang lagi, bahkan benar-benar bisa bersaing dengan produk dari luar negeri. Anda pun bisa memanfaatkan beberapa metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan, salah satunya virtual account. Gunakan virtual account CIMB Niaga untuk rekonsiliasi transaksi secara mudah. Dapatkan beberapa keuntungan seperti mudah diterapkan dan tidak memerlukan pembukaan rekening baru; rekonsiliasi cepat dengan pengkreditan dana langsung secara real time di rekening tujuan; mengurangi jumlah transaksi yang tidak teridentifikasi (open item); efisiensi waktu dan biaya; serta dapatkan informasi transaksi dapat diperoleh secara real time dari layanan Internet Banking untuk nasabah perusahaan lewat BizChannel@CIMB.

Nah, bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis dan berencana untuk terus mengembangkan usaha Anda, CIMB Niaga menawarkan solusi lewat layanan BizChannel@CIMB. Layanan ini akan memberikan kemudahan dalam internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan. Anda juga bisa mengaksesnya lewat layanan BizChannel@CIMB Mobile langsung dari genggaman Anda. Nikmati pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan beragam fitur dan keuntungan yang dapat diunduh melalui iOS maupun Android.

Produk Terkait

Virtual Account

Virtual account untuk rekonsiliasi transaksi secara mudah

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

BizChannel@CIMB Mobile

Nikmati pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan beragam fitur dan keuntungan melalui BizChannel@CIMB Mobile  yang dapat diunduh melalui iOS maupun Android.

Giro Usaha

Giro Usaha adalah simpanan dalam mata uang Rupiah untuk Nasabah Individu dan Perusahaan dengan beragam fasilitas yang memberikan kemudahan dan keuntungan maksimal: Biaya rekening giro yang rendah Jasa giro menarik Refund biaya transaksi