www.cimbniaga.co.id production

Memahami Peluang Bisnis di Industri Pariwisata

 

 
 
 
 

Memahami Peluang Bisnis di Industri Pariwisata

 

Pariwisata merupakan salah satu industri yang punya peran besar dalam pengembangan ekonomi di Indonesia. Hal tersebut juga didukung dengan hadirnya para pelaku usaha di industri pariwisata baik dalam skala besar maupun SME. Di era digital saat ini, perkembangan industri pariwisata pun bergerak semakin cepat. Hubungan antara para pelaku industri secara digital maupun di lapangan yang kini terjalin menawarkan kemudahan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk bisa menikmati wisata di Indonesia.

Peran industri pariwisata

Peran besar yang dimiliki oleh industri pariwisata ini juga hadir berkat inisiasi pemerintah Indonesia yang memperkenalkan destinasi prioritas, yang di antaranya adalah Danau Toba, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai untuk menarik minat wisatawan dalam mengeksplorasi keindahan yang ditawarkan di Indonesia.

Berdasarkan rilis dari Kementrian Investasi/BKPM, sejak tahun 2015 industri pariwisata dinilai berperan penting untuk menghadirkan kontribusi bagi perekonomian Indonesia secara signifikan. Dalam informasi tersebut, industri pariwisata berhasil menyumbang devisa sebesar US$12,22 miliar. Kontribusi dari industri pariwisata tersebut juga dinilai terus meningkat setiap tahunnya. 

Hal tersebut dibuktikan pada tahun 2017 ketika industri pariwisata di Indonesia mampu menarik 14 juta wisatawan mancanegara. Dari wisatawan mancanegara yang hadir juga diperkirakan memiliki pengeluaran yang mencapai US$1.000 per harinya. Jumlah wisatawan dalam artikel tersebut diperkirakan meningkat lebih dari 2 juta orang jika dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, jumlah wisatawan mancanegara yang datang pun meningkat hingga 3,86 juta kunjungan.

Peluang industri pariwisata

Dari informasi yang diterbitkan oleh BKPM cukup jelas bahwa industri pariwisata punya pengaruh besar dalam membangun kondisi ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik. Industri yang besar pun membantu melahirkan pelaku usaha industri pariwisata yang cukup beragam dari skala kecil maupun besar. 

Penyedia jasa money exchange, penyewaan mobil, sentra kerajinan lokal, hingga restoran maupun kafe yang ada di lokasi pariwisata merupakan sebagian peluang usaha yang menjanjikan untuk dikelola di bawah industri pariwisata.

Terkait peluang usaha di industri pariwisata, BKPM sebagai lembaga yang mengelola perihal penanaman modal asing di Indonesia juga telah memiliki rencana untuk membantu pihak pelaku usaha di ranah domestik agar bisa berkembang dengan baik. Hal tersebut dilakukan dengan membuka pintu kolaborasi antara pelaku usaha asing untuk meningkatkan penanaman modal di sektor industri pariwisata dan juga gaya hidup di Indonesia.

Jenis usaha industri pariwisata

Dengan menggabungkan aspek kolaborasi antara pelaku usaha asing dan gaya hidup di Indonesia, diharapkan para penanam modal asing maupun wisatawan mancanegara bisa mendapatkan pengalaman berwisata secara menyeluruh yang diakomodasi dari berbagai sisi yang melibatkan para pelaku usaha di industri pariwisata. Dalam meningkatkan potensi industri pariwisata, berikut adalah beberapa jenis usaha yang menarik untuk dikembangkan.

  1. Penginapan

    Peluang usaha penginapan merupakan salah satu elemen industri pariwisata yang cukup esensial. Hal ini tentu didasari oleh kebutuhan para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk bisa menikmati pengalaman menetap di suatu lokasi wisata dalam waktu yang lama. 

    Perkembangan yang dialami dari usaha penginapan juga tidak hanya datang dari peningkatan finansial pelaku usaha saja. Saat ini sudah cukup banyak hadir berbagai macam jenis penginapan yang menawarkan pengalaman berbeda, seperti konsep tematik demi mengakomodasi kebutuhan para pelanggan. Desain dan konsep tersebut juga memberikan pertumbuhan yang baik bagi para pelaku usaha penginapan untuk bisa menawarkan servis terbaiknya yang bertujuan untuk menarik calon wisatawan lainnya untuk berkunjung dan menginap.

  2. Sewa kendaraan

    Moda transportasi juga jadi salah satu elemen esensial di dalam industri pariwisata di Indonesia. Meskipun saat ini para wisatawan sudah bisa mendapatkan kebutuhan transportasi dengan mudah lewat smartphone. Namun, penyewaan kendaraan masih jadi solusi favorit bagi para wisatawan untuk berkendara semasa menikmati liburan.

    Penyewaan kendaraan menjadi favorit karena para wisatawan bisa melakukan perjalanan di daerah wisata sesuai dengan lokasi yang telah mereka rencanakan dengan mudah. Tidak jarang dalam perjalanan wisata para wisatawan menginginkan nuansa tenang jauh dari perkotaan yang mungkin sulit mendapatkan akses transportasi online. Untuk hal ini, pihak pengusaha penyewaan kendaraan juga harus memastikan bahwa kondisi kendaraan yang disewa harus disesuaikan dengan kondisi geografis sekitar. Selain itu, demi alasan keamanan, pelaku usaha sewa kendaraan juga perlu mendaftarkan asuransi serta menambahkan aksesoris GPS berbasis satelit agar selalu mengetahui lokasi kendaraan yang disewa. 

  3. Pemandu wisata

    Pemandu wisata tidak hanya dibutuhkan oleh wisatawan mancanegara saja. Wisatawan lokal pun perlu diakomodasi dengan kehadiran. Pemandu wisata dibutuhkan untuk bisa menceritakan tentang sejarah maupun hal unik lainnya yang ditawarkan di tempat wisata maupun budaya di lokasi sekitar. Pemandu wisata juga biasanya dibagi dua menjadi pemandu wisata perjalanan dan juga pemandu wisata lokal.

    Pemandu wisata perjalanan biasanya bertanggung jawab untuk kebutuhan wisatawan sepanjang kesepakatan perjalanan sesuai jadwal yang diajukan. Sedangkan untuk pemandu wisata lokal hanya bertugas di setiap lokasi wisata. Pemandu wisata lokal juga biasanya dikelola oleh masyarakat sekitar yang memang mengetahui seluk beluk tentang atraksi wisata dan juga lokasi sekitar. Secara umum, pemandu wisata ini juga dinaungi oleh Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI).

  4. Toko suvenir

    Sering ditemukan dekat dengan lokasi pariwisata, toko souvenir juga jadi elemen tambahan yang bisa menawarkan pengalaman menyeluruh kepada para wisatawan untuk menikmati liburannya. Kehadiran suvenir juga bisa memberikan kesan bagi para wisatawan untuk kembali ke lokasi tersebut maupun berkunjung kembali ke Indonesia. 

    Pelaku usaha toko suvenir ini menawarkan cinderamata yang identik dari ciri khas maupun karakteristik lokasi sekitar. Untuk ekosistem yang dibangun sendiri tentu juga melibatkan pengrajin lokal yang juga akan membantu meningkatkan kegiatan ekonomi di kawasan tersebut. 

  5. Money changer

    Money changer adalah salah satu jenis usaha yang bisa dikembangkan dari industri pariwisata. Mengingat Indonesia semakin menarik minat banyak wisatawan mancanegara, pelaku usaha money changer diharapkan bisa menawarkan rate yang kompetitif dan bersahabat. 

    Selain itu, pelaku usaha di bidang ini juga perlu memperhatikan tren berdasarkan asal wisatawan mancanegara yang hadir. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan secara menyeluruh. 

    Untuk memperlancar usaha money changer yang tengah dijalani, Anda bisa melakukan transaksi jual beli mata uang asing bersama CIMB Niaga yang menawarkan nilai tukar kompetitif dan tersedia dalam berbagai mata uang asing yang Anda butuhkan. 

    Untuk kemudahan segala transaksi bisnis yang Anda kembangkan, BizChannel@CIMB hadir sebagai solusi yang mudah. BizChannel@CIMB merupakan layanan internet banking yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas finansial berkaitan bisnis yang sedang dijalankan. Hanya dalam satu genggaman, Anda bisa mengakses BizChannel@CIMB dengan praktis dan cepat. 

Untuk meningkatkan potensi bisnis yang Anda miliki di industri pariwisata, pengembangan merupakan salah satu hal yang bisa Anda coba. Dalam pengembangan tersebut, tidak jarang Anda membutuhkan modal. Agar proses pengembangan bisnis terlaksana dengan baik, Anda bisa ajukan Pembiayaan Modal Kerja bersama CIMB Niaga. 

CIMB Niaga menawarkan produk Pembiayaan Modal Kerja sebagai fasilitas pembiayaan yang memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek demi membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin. 

Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga memiliki fleksibilitas dengan menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. 

Proses tersebut juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

XTRA Savers Non Individu

Menjadi seorang usahawan besar dan sukses harus memililiki mental sekuat baja, percaya diri serta memiliki visi dan misi yang besar

Valas

Pilihan tepat dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan transaksi valas Anda

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan