production

Mau Punya Bisnis Kekinian? Ikuti Cara Memulai Bisnis Online Ini

Mau Punya Bisnis Kekinian? Ikuti Cara Memulai Bisnis Online Ini

Era sekarang bisa dikatakan sebagai era digital karena semua hal bisa dengan mudahnya dilakukan melalui internet. Telepon genggam yang awalnya hanya berfungsi untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel sekarang memiliki fungsi yang sangat beragam, seperti mengambil gambar, merekam video, dan bahkan menghasilkan pundi-pundi melalui bisnis online.

Belanja online bukan lagi suatu hal yang asing di kehidupan kita. Bagi para penikmatnya, adanya bisnis online mempermudah kehidupan serta mengirit waktu dan tenaga sebab mereka dapat melakukan kegiatan tersebut dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mengunjungi tokonya secara langsung. Bagi para penjual, jualan online juga tentunya mempermudah mereka saat berbisnis. Mereka tidak terikat waktu dan tempat untuk berjualan alias mereka bisa mengurus barang dagang mereka dimanapun dan kapanpun sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat.

Cara Memulai Bisnis Online Anti Ribet

Apabila kamu berminat untuk mencari peluang usaha dengan membangun bisnis online, kamu harus memahami beragam cara memulai bisnis online secara mendalam terlebih dahulu. Dengan mengerti perbedaan antara cara memulai bisnis online yang satu dengan yang lainnya, kamu bisa memilih cara memulai bisnis online yang mana yang sesuai dengan keinginan bisnismu. Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis online yang bisa dilakukan meski tanpa modal yang besar.

  1. Menjual Jasa

    Tidak semua bisnis selalu berkaitan dengan jual-beli barang. Keterampilan yang kamu miliki juga bisa dijadikan bisnis laris manis di media online, seperti menulis kreatif, membuat desain grafis, dan melukis. Cara memulai bisnis online yang seperti ini adalah dengan memasarkan jasamu di sosial media, e-commerce atau bahkan di website sendiri dan menunjukkan beberapa hasil karyamu di media tersebut. Namun, jangan lupa untuk bubuhkan watermark pada karyamu supaya tidak dicuri oleh orang lain.

    Untuk jasa seperti menulis kreatif dan membuat desain grafis, karya yang telah selesai dibuat bisa kamu kirimkan melalui email. Sedangkan untuk melukis, kamu tidak perlu khawatir dengan bagaimana sistem pemberian lukisan yang sudah dibuat karena kamu bisa memanfaatkan jasa kirim barang.

    Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu nikmati dari mengikuti cara memulai bisnis online dengan menjual jasa dibandingkan menjual barang, misalnya kamu tidak kerepotan mencari distributor dan tidak mengenal istilah kehabisan stok barang.

  2. Dropshipping

    Apabila kamu pemain baru di bisnis online yang memiliki kekhawatiran terhadap besarnya modal ataupun kerugian, kamu bisa menggunakan cara memulai bisnis online yang satu ini, yaitu menggunakan sistem dropshipping. Apa sih sistem dropshipping itu? Dropshipping merupakan cara memulai bisnis online dimana kamu sebagai penjual yang berfungsi untuk menawarkan produk dan ada pihak lain (distributor) yang menyediakan, mengemas, serta mengirimkan produk tersebut ke pembeli namun penjualan ini tetap mengatasnamakan kamu. Perihal sistem pembayarannya, si pembeli akan mengirimkan uang sesuai harga produk yang telah kamu tetapkan ke rekening kamu, kemudian uang tersebut kamu kirimkan lagi ke pihak distributor sesuai harga yang telah mereka tentukan. Singkatnya, cara memulai bisnis online seperti ini memposisikan kamu sebagai jembatan yang menghubungi antara pembeli dengan penyedia barang.

    Cara memulai bisnis online seperti ini cocok untuk kamu yang tidak mau repot sebab kamu tidak perlu menyetok dan merawat barang yang kamu jual serta menyiapkan barang yang dipesan pembeli untuk dikirimkan.

  3. Reseller

    Sesuai namanya, kamu menjadi tangan kedua dari distributor. Berbeda dengan dropshipping yang mengandalkan distributor untuk mengirimkan produk ke pihak pembeli, di sistem ini kamu sendirilah yang mengirimkan produk tersebut sebab kamu membeli produk dari distributor terlebih dahulu sebelum kamu memasarkannya.

    Cara memulai bisnis online dengan sistem reseller tentunya membutuhkan modal untuk menyetok barang-barang yang dijual. Namun, kelebihan dari sistem ini dibandingkan dropshipping adalah kamu tidak akan kehabisan barang dari distributor sebab kamu sudah memiliki barang stok. Selain itu, kamu memiliki kesempatan untuk memotret produk untuk katalog sesuai keinginan sendiri sehingga produk yang dipasarkan memiliki foto yang berbeda dengan apa yang sudah disediakan sang distributor. Kamu juga bisa mengenali produk yang kamu jual lebih dalam sebab kamu sudah melihatnya sendiri sehingga apabila ada calon pembeli yang bertanya-tanya perihal produk, kamu dapat menjelaskannya secara detail.

  4. Pre-order (PO)

    Pre-order atau yang biasanya disingkat PO merupakan salah satu cara memulai bisnis online tanpa modal. Biasanya sistem ini juga digunakan untuk jasa titip barang dari luar kota maupun luar negeri. Sistem ini merupakan gabungan sistem dropshipping dan reseller. Di tahap awal, sistem pre-order sama seperti beberapa sistem lainnya, yaitu memasarkan produk terlebih dahulu. Apabila ada yang berminat, si pembeli akan mengirimkan sejumlah uang ke kamu. Jumlah uang yang ditransfer bisa separuh harga terlebih dahulu atau langsung lunas, tergantung ketetapan yang kamu buat. Kemudian, kamu belanjakan produk yang diminta dengan uang yang telah ditransfer dan mengirim produk tersebut ke pihak pembeli. Sistem pre-order akan berjalan lancar apabila kamu menerima pesanan secara masif. Dengan menggunakan cara memulai bisnis online seperti ini, kamu bisa menerapkan jangka waktu beberapa hari bahkan minggu untuk mengumpulkan para pembeli.

    Keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila menerapkan sistem pre-order adalah kamu tidak membutuhkan ruang untuk menyimpan barang dan resiko mengalami kerugian cenderung kecil.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengikuti berbagai cara memulai bisnis online. Pertama, kamu harus cari peluang bisnis online apa yang sedang banyak dicari para konsumen. Hal ini bisa kamu ketahui dari kolom volume search di Google.

Setelah itu, kamu wajib tahu apa yang hendak kamu jual serta target pasarnya sebab kedua hal tersebut saling bersangkut paut. Apabila kamu sudah memilih produk yang ingin dipasarkan, kamu akan mengetahui siapa target penjualan kamu, begitu juga sebaliknya. Produk dan target pasar juga berkaitan terhadap harga. Misalnya saja produk yang kamu jual merupakan merchandise, album foto, dan album CD boyband maupun girlband asal Korea, maka kamu harus memasarkan produk tersebut ke kpopers (penggemar K-Pop). Harga yang dipatok bisa disesuaikan dari kualitas dan seberapa langka benda tersebut.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah modal. Untuk kamu yang tertarik menggunakan cara memulai bisnis online dengan menawarkan jasa, kamu harus memiliki modal yang cukup. Misalnya kamu hendak membuka jasa cetak foto polaroid, tentunya kamu harus memiliki mesin cetak dan kertas foto polaroid. Begitu pula apabila kamu memilih cara memulai bisnis online dengan sistem reseller. Menyetok produk juga pastinya membutuhkan modal di awal. Meskipun ada beberapa cara memulai bisnis online yang tidak membutuhkan modal, seperti dropshipping dan pre-order, kamu tidak akan bertahan dengan sistem tersebut untuk waktu yang lama ketika bisnis online-mu terus berkembang sebab kamu butuh menyetok produk demi kecepatan pengiriman barang dan kenyamanan pembeli. Dengan demikian, kamu juga perlu modal di suatu hari nanti.

Modal untuk mengikuti cara memulai bisnis online bisa kamu dapatkan dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di CIMB Niaga. Kamu tidak perlu pusing memikirkan benda apa yang bisa dijadikan jaminan sebab KTA merupakan program pinjaman tanpa jaminan. Cukup ajukan syarat-syarat yang mudah dipenuhi ke CIMB Niaga maka dengan mudahnya kamu akan mendapatkan modal untuk membuka bisnis online impianmu. Syarat dan ketentuan ada di sini.