production

Kenali 5 Produk Perbankan yang Populer di Kalangan Masyarakat

 

 
 
 
 

Kenali 5 Produk Perbankan yang Populer di Kalangan Masyarakat

 

Bank merupakan salah satu lembaga yang mudah dikenali oleh siapa saja. Secara mendasar orang akan mudah mengenal bank sebagai sebuah lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan serta peminjaman uang. Kedua jasa tersebut merupakan bagian dari produk perbankan yang kita ketahui hingga saat ini. Namun, produk perbankan di bank tidak semata-mata hanya untuk menyimpan dan meminjam saja. Bank menawarkan berbagai macam produk perbankan yang ditujukan untuk memudahkan kebutuhan sehari-hari siapa saja.

Mengenal produk perbankan

Mengetahui terlebih dahulu tentang berbagai macam produk perbankan serta elemen finansial lainnya merupakan hal utama yang Anda perlukan sebelum mulai memaksimalkan peran bank dalam menjaga dan mengelola harta yang Anda miliki. Pasalnya dari setiap produk perbankan yang tersedia, selain menawarkan kemudahan atau keuntungan, terdapat juga sisi risiko yang perlu Anda pelajari agar bisa disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan Anda saat ini. Berikut adalah daftar produk perbankan yang populer digunakan di kalangan masyarakat.

  1. Tabungan

    Produk perbankan pertama dalam daftar ini merupakan salah satu produk yang cukup umum dimiliki dan digunakan oleh para pengguna layanan atau nasabah bank. Sesuai dengan namanya, tabungan merupakan sebuah produk perbankan yang ditawarkan ketika Anda memiliki kebutuhan menabung atau sekadar menyimpan uang Anda. Di luar itu, tabungan juga merupakan produk perbankan yang perlu Anda miliki ketika Anda bekerja. Pasalnya, penghasilan yang Anda dapatkan dari kantor tempat Anda bekerja akan disalurkan tiap bulannya pada tabungan yang Anda miliki di bank. Tabungan juga memiliki fitur penarikan atau pemindahan dana yang dapat Anda gunakan setiap saat.

    Di awal kehadirannya di Indonesia, jenis tabungan yang ditawarkan oleh pihak bank ini cukup sedikit variannya. Namun, produk perbankan satu ini telah berkembang dalam berbagai macam jenis yang menawarkan keuntungan yang disesuaikan dengan tujuan Anda dalam menabung. Secara umum, tabungan kini juga menawarkan jenis-jenis seperti tabungan haji, tabungan berencana, serta tabungan berjangka. Ketika Anda menyetujui untuk menggunakan produk perbankan ini, Anda pun akan mendapatkan kelengkapan sebagai berikut:

    • Buku Tabungan

      Buku tabungan merupakan sebuah tanda bukti bahwa Anda terdaftar sebagai salah satu nasabah suatu bank yang menggunakan produk perbankan tabungan. Buku tabungan ini memiliki fungsi sebagai pusat informasi dari segala transaksi perbankan yang Anda lakukan dalam produk perbankan tabungan yang Anda miliki. Selain menyantumkan nama, dalam buku tabungan juga terdapat informasi terkait nomor rekening Anda yang berguna untuk memaksimalkan fitur pemindahan dana dari pihak lain ke dalam tabungan Anda.

    • Kartu ATM

      Selain buku tabungan, sebagai tanda kepemilikan produk perbankan tabungan, Anda juga akan diberikan kartu ATM. Kartu ATM merupakan sebuah fasilitas produk perbankan yang berguna untuk memudahkan Anda saat bertransaksi dengan dana yang ada di dalam tabungan Anda. Fungsi kartu ATM yang paling sering digunakan adalah untuk penarikan dana di mesin ATM (anjungan tunai mandiri) atau untuk membayar belanjaan Anda melalui fitur debit yang tersemat pada kartu ATM Anda.

    • E-Statement

      Di zaman yang serba digital saat ini, kehadiran e-Statement merupakan sebuah inovasi produk perbankan yang penting dalam memudahkan Anda sebagai nasabah dalam melakukan tracking transaksi yang dilakukan dalam satu bulan terakhir. Secara umum, produk perbankan ini lebih dikenal dengan mutasi rekening. Perbedaan yang mendasar adalah dari cara Anda mendapatkannya. e-Statement secara otomatis akan dikirimkan ke dalam email yang Anda cantumkan sebagai nasabah secara rutin setiap bulannya. e-Statement juga jadi salah satu cara bagi pihak bank untuk ikut berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon, baik dari sisi penghematan kertas maupun proses transportasi.

  2. Deposito

    Produk perbankan lainnya yang juga cukup populer di kalangan masyarakat adalah deposito. Secara karakteristik dasar, deposito ini memiliki fungsi yang sama dengan tabungan, sebagai sarana penyimpanan dana. Namun berbeda dengan tabungan yang dananya bisa Anda atur atau ambil setiap saat, produk perbankan ini memiliki tenggat waktu tertentu sebelum Anda dapat kembali mengambil dana yang telah Anda salurkan ke dalam deposito.

    Anda perlu benar-benar memerhatikan karakteristik dari produk perbankan ini. Jika Anda memilih untuk menarik dana di luar tenggat waktu yang telah disetujui, bisa-bisa Anda akan terkena pinalti yang berujung pada pemotongan dana di dalam tabungan deposito yang Anda miliki. Berikut adalah hal yang perlu Anda pahami terkait produk perbankan dalam bentuk deposito. Untuk dananya sendiri, Anda bisa mendepositokan uang rupiah maupun mata uang asing.

    • Jangka waktu dan durasi penyimpanan

      Jangka waktu atau tempo merupakan istilah yang akan sering Anda temukan dalam produk perbankan berbentuk deposito. Jangka waktu atau tempo ini merujuk pada waktu pencairan dana yang sesuai dengan yang telah disetujui oleh Anda sebagai nasabah dan pihak bank sebelum menggunakan produk perbankan deposito. Secara umum, jika Anda menggunakan produk perbankan ini, dana yang tersimpan di dalam deposito biasanya berkisar mulai dari 1 hingga 12 bulan.

  3. Kredit

    Mungkin Anda akan lebih mengenal kartu kredit sebagai produk perbankan. Nyatanya, kartu kredit merupakan bagian dari produk kredit yang ditawarkan oleh bank. Produk perbankan kredit ini merupakan salah satu dari tiga fungsi bank yang memastikan untuk dapat membantu masyarakat. Dengan produk perbankan satu ini, lembaga bank dapat membantu seseorang atau badan usaha untuk bisa membeli suatu barang dan membayarnya dalam jangka waktu tertentu. Ketentuan tentang kredit sebagai produk perbankan ini juga tercantum pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 10 tahun 1998.

    Setiap orang yang menggunakan produk perbankan satu ini perlu memahami bahwa ada elemen jangka waktu, bunga, jaminan, hingga biaya administrasi yang akan diakumulasi pada tagihan kredit tersebut. Selain itu, kredit sebagai produk perbankan juga memiliki manfaat dalam mendorong pertumbuhan dan perluasan ekonomi, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat, menjadi modal usaha dan sumber dana pengembangan usaha, sekaligus memberikan rasa aman bagi penggunanya.

  4. Online Banking

    Produk perbankan selanjutnya yang cukup populer dalam untuk digunakan oleh masyarakat dalam beberapa tahun ke belakang adalah online banking. Online banking merupakan salah satu layanan jasa produk perbankan yang memberikan kemudahan untuk bertransaksi serta mengelola finansial nasabah di mana saja dan kapan saja. Online banking di Indonesia terbagi secara umum terbagi dalam tiga jenis, yaitu SMS banking, internet banking, dan mobile banking melalui aplikasi. Layanan jasa dalam produk perbankan ini memungkinkan bagi nasabah untuk dapat melakukan transaksi, seperti mengirim uang, pembayaran tagihan rutin, serta digunakan sebagai metode bayar pembelanjaan tanpa harus beranjak dari tempat seseorang berada.

  5. Giro

    Bagi perseorangan mungkin giro merupakan salah satu produk perbankan yang asing untuk digunakan. Pasalnya, kehadiran giro lebih sering digunakan sebagai produk perbankan tabungan oleh badan usaha. Berbeda dengan tabungan yang bisa mencairkan dananya melalui ATM, produk perbankan satu ini cenderung dapat dicairkan menggunakan cek atau bilyet yang dikeluarkan oleh pihak bank, sesuai dengan persetujuan dari pemilik rekening giro.

Dari kelima contoh produk perbankan di atas, tidak bisa dipungkiri jika tabungan merupakan produk perbankan yang esensial untuk dimiliki oleh setiap orang saat ingin mengelola keuangannya. Anda juga mengetahui bahwa kini jenis tabungan sebagai produk perbankan pun sudah cukup beragam demi memenuhi kebutuhan Anda yang bermacam-macam. Untuk itu, CIMB Niaga berkomitmen dalam menghadirkan kemudahan untuk menyesuaikan kebutuhan tabungan Anda dengan produk tabungan yang beragam. Produk tabungan CIMB Niaga memiliki rangkaian jenis mulai dari tabungan simpanan reguler, tabungan berjangka, tabungan impian, tabungan anak muda, hingga tabungan untuk anak-anak. Selain menawarkan ragam jenis tabungan, produk perbankan dari CIMB Niaga ini juga menawarkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai nasabah. Temukan info lengkap terkait produk tabungan CIMB Niaga di sini.

 

Referensi: https://www.bphn.go.id/data/documents/98uu010.pdf 

Produk Terkait

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Visa Travel Card

Travel on us

Rekening Giro

Giro CIMB Niaga/Giro Islamic Banking (iB) CIMB Niaga hadir menawarkan beragam fasilitas serta keuntungan dalam setiap transaksi Anda baik individu maupun non-individu. Tersedia pilihan Giro Konvensional maupun Giro iB CIMB Niaga dengan pilihan akad Wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil). Dilengkapi dengan keamanan, kenyamanan, serta kemudahan layanan, Giro CIMB Niaga/Giro iB CIMB Niaga siap mendukung untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis Anda.