www.cimbniaga.co.id production

Ide Usaha Makanan Kekinian dan Strategi Bisnisnya

 

 
 
 
 

Ide Usaha Makanan Kekinian dan Strategi Bisnisnya

 

Beberapa tahun terakhir, bisnis makanan kekinian terus mengalami perkembangan pesat. Banyak inovasi makanan kekinian yang terus bermunculan hingga menjadi tren di berbagai kalangan, mulai dari makanan biasa hingga yang unik sekalipun. 

Tak sedikit pula jenis makanan kekinian hadir dari inovasi makanan zaman dahulu yang dikemas dengan lebih menarik, misalnya saja kue cubit yang diinovasikan menjadi makanan kekinian dengan berbagai rasa, seperti green tea, red velvet, dan lain sebagainya, tentu dengan tambahan topping yang lezat. Lantas, bisnis makanan kekinian seperti apa yang bisa Anda kembangkan? Mari simak rekomendasinya di sini.

Rekomendasi Makanan Kekinian di Indonesia

Seperti yang diketahui, usaha kuliner merupakan jenis bisnis yang terbilang cukup menjanjikan. Ini karena makanan merupakan kebutuhan primer yang selalu dicari oleh semua orang. Tak heran banyak orang yang mencari cara untuk mengembangkan bisnis kuliner, terutama makanan kekinian. Berikut adalah beberapa rekomendasi usaha makanan kekinian yang bisa Anda pilih dan kembangkan, antara lain:

  1. Croffle 

    Croffle merupakan makanan paduan dari croissant dan waffle yang dilengkapi dengan tambahan topping dan saus, seperti keju, cokelat, green tea, dan lain sebagainya. Di Indonesia, croffle termasuk makanan kekinian yang sudah tren sejak akhir 2020 lalu. Tak heran jika semakin banyak usaha kuliner yang menyediakan menu makanan kekinian. Untuk membedakan bisnis croffle Anda dengan bisnis sejenis lainnya, Anda bisa menyediakan berbagai varian rasa yang lezat, mulai dari croffle rasa manis, asin, hingga pedas. 

  2. Takoyaki

    Sebenarnya takoyaki termasuk camilan asal Jepang yang sudah diminati di Indonesia sejak lama. Namun, makanan kekinian yang satu ini masih terus diminati hingga saat ini. Takoyaki identik dengan camilan berbentuk bulat dengan rasa gurih. Tekstur kulit luarnya sedikit renyah, namun bagian dalamnya lembut. 

    Anda bisa mengembangkan usaha makanan kekinian ini dengan menghadirkan isian yang beraneka ragam, seperti keju, daging gurita, cumi-cumi, smoked beef, sosis, dan isian lainnya. Makanan kekinian ini bisa menjadi ide usaha yang cukup menjanjikan karena disukai oleh banyak kalangan. 

  3. Rice bowl

    Tren rice bowl sebenarnya sudah dimulai sejak 2021 lalu, tetapi hingga kini bisnis ini cukup menjanjikan karena peminatnya pun masih tinggi. Anda masih memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis rice bowl rumahan karena menu ini menawarkan kepraktisan makan bagi konsumen. 

    Itulah mengapa usaha makanan kekinian yang satu ini sangat cocok bagi orang sibuk yang sangat butuh memenuhi rasa laparnya dengan cepat. Ada banyak varian menu rice bowl yang bisa Anda kembangkan, mulai dari rice bowl ayam, rice bowl daging, rice bowl seafood, hingga rice bowl vegetarian. 

  4. Salted egg chicken 

    Perpaduan rasa gurih dan asin dari salted egg membuat makanan kekinian yang satu ini terus diminati banyak kalangan. Sama seperti takoyaki dan rice bowl, menu makanan kekinian yang satu ini sudah begitu populer selama beberapa tahun terakhir, namun tetap ramai diminati oleh banyak orang. 

    Yang menariknya, salted egg chicken termasuk menu yang sangat mudah dihidangkan, Anda bisa memodifikasi menu ini lebih menarik dengan tambahan sayuran dan topping yang lezat. Untuk proses pemasaran, Anda juga bisa memaksimalkan teknologi, khususnya bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan. 

  5. Gilgeori toast 

    Gilgeori toast termasuk ide usaha makanan kekinian yang bisa Anda kembangkan dengan baik. Gilgeori toast merupakan roti panggang khas Korea yang dilengkapi dengan berbagai jenis isian, seperti telur dadar, wortel, kol bawang, smoked beef, saus tomat, mayonnaise, dan lain sebagainya.

    Supaya peluang usaha makanan kekinian ini semakin dilirik banyak orang, Anda bisa menggunakan kemasan yang lebih menarik layaknya gilgeori toast asli Korea. Tambahan varian rasa yang beraneka ragam pun bisa menjadi nilai plus untuk menarik perhatian pembeli. 

  6. Tteokbokki

    Pengaruh Korean Wave di Indonesia ternyata memang cukup besar, tak terkecuali dengan hadirnya camilan khas negeri ginseng seperti tteokbokki. Tteokbokki adalah kue beras yang diiris memanjang dan ditumis dengan saus pasta pedas khas Korea. 

    Anda bisa mengembangkan usaha makanan kekinian ini dengan tambahan bahan lain, seperti sayur, sosi, keju mozzarella, mie, dan lain sebagainya. Tak lupa dilengkapi dengan saus gochujang yang lezat dan gurih untuk menambah cita rasa. 

  7. Corndog

    Corn dog juga termasuk makanan kekinian yang sempat viral di Indonesia. Tak hanya gilgeori toast dan tteokbokki, corndog juga termasuk camilan khas Korea yang mengombinasikan adonan tepung dengan sosis dan keju mozzarella yang lezat. 

    Makanan kekinian yang satu ini pun sudah banyak macamnya, tak hanya diisi oleh sosis dan mozarella saja, tetapi juga dilengkapi dengan mie, daging ayam, bakso ikan, dan lain sebagainya. 

  8. Camilan dari tepung tapioka (Camilan Aci)

    Makanan kekinian yang satu ini sebenarnya lahir dari modifikasi camilan zaman dahulu dengan pengemasan yang lebih menarik. Ternyata potensi keuntungan camilan aci ini cukup besar karena bahan yang dibutuhkan termasuk yang mudah ditemukan di pasar dan harganya pun relatif terjangkau. 

    Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk mengembangkan usaha makanan kekinian yang satu ini. Namun, yang perlu ditonjolkan adalah kualitas bahan, rasa yang lezat, dan inovasi yang menarik agar menarik banyak pelanggan.

  9. Telur gulung

    Sama seperti camilan aci, telur gulung sebenarnya jajanan zaman dahulu yang sering ditemui di depan sekolah. Namun, kini telur gulung ternyata bisa dijual di mana saja dan peminatnya pun tak kalah banyak. Anda bahkan bisa mengembangkan usaha makanan kekinian ini di daerah perkantoran, kampus, perumahan, hingga mall. Telur gulung menjadi salah satu ide bisnis kuliner dengan modal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan besar. 

    Sebab, bahan-bahan yang dibutuhkan relatif mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Namun, Anda perlu menunjukkan unique selling point (USP) atau keunggulan dari telur gulung yang Anda jual agar beda dengan kompetitor. Dengan begitu, banyak orang yang semakin tertarik untuk membeli telur gulung yang Anda buat. 

Strategi Pengembangan Usaha Makanan Kekinian

Banyak ide makanan kekinian yang bisa Anda kembangkan menjadi usaha yang menjanjikan. Namun dalam prosesnya, pengembangan usaha kuliner memang tak mudah. Banyak hal yang harus Anda persiapkan agar usaha ini terus berkembang. Berikut adalah beberapa strategi pengembangan usaha kuliner yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

  • Buat rencana bisnis yang jelas

    Perencanaan bisnis sangat penting untuk mengembangkan bisnis jangka panjang. Anda perlu membuat rencana bisnis yang berisi visi misi perusahaan, analisis target pasar, anggaran, riset tren terkini, keunggulan produk, dan lain sebagainya. Dengan rencana bisnis yang matang, Anda bisa lebih siap bila ada kendala yang muncul karena terus fokus pada tujuan dalam rencana bisnis tersebut. 

  • Memaksimalkan strategi pemasaran digital

    Meskipun usaha kuliner biasa dikembangkan secara offline, Anda tetap harus memaksimalkan strategi pemasaran agar menjangkau target pasar yang lebih luas. Anda bisa membuat akun media sosial resmi untuk bisnis Anda dan bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan. 

  • Pilih tempat usaha yang strategis

    Pemilihan tempat usaha yang strategis sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha makanan kekinian Anda. Dalam menentukan lokasi usaha yang strategis, Anda bisa melakukan beberapa cara, di antaranya menentukan lokasi sesuai demografi, lokasi ramai, kemudahan akses, dan lokasi mudah terlihat. 

  • Terus berinovasi

    Penting bagi Anda untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usaha makanan kekinian. Tujuannya untuk memahami masalah dan menemukan cara untuk memecahkan masalah tersebut dengan efektif. Oleh karena itu, Anda harus terus berinovasi dari waktu ke waktu untuk mempertahankan dan meningkatkan kesuksesan usaha makanan kekinian. 

  • Persiapkan modal

    Untuk mengembangkan usaha makanan kekinian yang sukses, Anda tidak hanya membutuhkan produk dan pelayanan terbaik saja, tetapi juga membutuhkan modal yang cukup. Sebab, modal merupakan salah satu syarat dasar atau fondasi untuk mengembangkan bisnis jangka panjang. 

    Dalam mendapatkan modal pengembangan usaha yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan agunan di CIMB Niaga melalui produk Xtra Cash. Dengan Xtra Cash dari CIMB Niaga, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa proses pengajuan yang mudah dan cepat, suku bunga yang kompetitif, serta persentase nilai pinjaman tinggi dari agunan yang Anda ajukan. Dapatkan juga akses mudah dengan layanan pengajuan aplikasi Xtra Cash di semua cabang, dan melalui call center CIMB Niaga. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Syariah Platinum

Rewarding your sharia journey

Ultimate

9X Poin Xtra for every transaction