production

Apa Saja Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Gampang Dilakukan? Perhatikan 5 Rekomendasi Ini!

 

 
 
 
 

Apa Saja Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Gampang Dilakukan? Perhatikan 5 Rekomendasi Ini!

Sebagai mahasiswa, pasti dituntut untuk menjadi aktif dalam berbagai bidang. Tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam bidang non-akademik. Kedua bidang ini termasuk hal yang memiliki pengeluaran besar untuk mahasiswa. Semakin banyak kegiatan yang Anda lakukan, semakin banyak pula uang yang akan terkuras. Tidak jarang juga uang bulanan akan terpakai lebih banyak dan habis sebelum waktunya. Pada saat uang bulanan sudah lenyap sebelum waktunya, mungkin ada sebagian mahasiswa yang merasa tidak enak untuk meminta uang tambahan kepada orang tuanya. Hal ini membuat mahasiswa harus menjadi kreatif untuk mencari sumber uang sebagai tambahan sehingga harus pandai mencari peluang bisnis untuk mahasiswa.

5 Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa

Di kalangan mahasiswa, membangun bisnis selama masa kuliah masih berlangsung merupakan suatu hal yang tidak asing. Mahasiswa memiliki waktu kuliah yang fleksibel. Sebagian mahasiswa akan mengisi waktu luang tersebut dengan berbagai kegiatan, ada juga yang berbisnis. Mungkin Anda salah satunya diantara sebagian mahasiswa tersebut yang ingin mendirikan bisnis. Anda mungkin bingung ingin memulai dengan bisnis apa dan mencari-cari bisnis untuk mahasiswa yang mudah. Mencari ide dan peluang bisnis untuk mahasiswa tidak sulit asalkan Anda niat dan giat untuk berusaha maka apa yang telah Anda lakukan akan mendapatkan yang terbaik. Banyak diantara bisnis untuk mahasiswa yang tidak memerlukan modal yang banyak tetapi berpotensi mendapatkan keuntungan yang banyak. Penasaran apa saja bisnis untuk mahasiswa yang mudah dilakukan? Simaklah penjelasan berbagai bisnis untuk mahasiswa di bawah ini.

  1. Bisnis Online Shop

    Ide bisnis untuk mahasiswa yang pertama adalah online shop. Bisnis ini sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa. Kenapa? Alasannya karena untuk membuka online shop ini hanya bermodalkan gadget, koneksi internet, dan stok produk yang akan dijual. Mungkin sebagian mahasiswa merasa ribet untuk menyimpan stok produk terlebih dahulu. Tenang saja, hal ini ada solusinya. Bagi Anda yang tidak mau menyimpan stok produk, Anda bisa mendaftarkan diri menjadi dropshipper. Dropshipper sama saja seperti reseller, bedanya reseller menyimpan stok produk sedangkan dropshipper tidak menyimpan stok produk. Menjadi dropshipper juga merupakan solusi buat Anda yang belum memiliki modal yang cukup. Sehingga Anda tetap bisa melakukan bisnis ini di mana saja dan kapan saja. Bisnis untuk mahasiswa ini sangat cocok buat Anda yang memiliki waktu yang fleksibel. Supaya apa yang Anda jual dikenal oleh pasaran, maka promosikanlah ke berbagai macam media sosial dan marketplace.

  2. Bisnis Makanan Kecil

    Kantin kampus Anda jauh dari kelas? Ini waktunya Anda memanfaatkan peluang bisnis untuk mahasiswa ini. Anda bisa menjual makanan kecil seperti gorengan atau snack yang sekiranya banyak dicari oleh teman-teman Anda. Anda bisa memanfaatkan waktu pergantian jam antar mata kuliah atau waktu jeda lainnya untuk menawarkan jualan Anda. Selain makanan ringan, Anda juga bisa menjual makanan berat seperti rice box. Makanan rice box juga banyak dicari oleh mahasiswa untuk mengganjal perut. Anda bisa menggunakan sistem pre-order untuk mendata pesanan yang masuk. Kemudian, saat pre-order sudah ditutup, Anda tinggal memproses semua pesanan dan mengantarkannya ke pelanggan.

  3. Bisnis Jasa Print dan Jilid

    Kuliah identik dengan berbagai macam tugas yang banyak dan berhubungan dengan print. Kebanyakan mahasiswa juga masih menggunakan jasa print. Alasannya antara lain tidak memiliki alat printer ini. Apabila Anda mempunyai printer, manfaatkanlah peluang bisnis untuk mahasiswa ini. Modal yang diperlukan untuk melakukan bisnis jasa print dan jilid ini adalah komputer atau laptop dan printer sebagai modal utama. Selain itu, Anda memerlukan tinta, kertas HVS, kertas buffalo, kertas mika, dan lakban hitam. Anda bisa memberi harga yang lebih murah dibandingkan dengan jasa printer pada umumnya yang memberi bandrol harga lebih tinggi. Dalam print tugas, tidak akan jauh dari kata jilid. Anda bisa sekalian menawarkan jasa jilid ini juga ke teman-teman Anda. Untuk memudahkan, Anda juga bisa menggunakan sistem melalui email atau media sosial lainnya untuk mengirim file. Anda tinggal mencetak dan memberikannya kepada teman Anda di kampus.

  4. Bisnis Thrift Shop

    Anda punya baju bekas yang tidak terpakai? Mau dibuang atau dikasih ke orang tapi sayang? Daripada menumpuk dan menghabiskan ruang untuk menyimpannya, lebih baik Anda menjual baju bekas tersebut. Solusi ide peluang bisnis untuk mahasiswa yang tepat buat Anda yaitu thrift shop. Lebih lengkapnya, thrift shop adalah toko yang menjual baju-baju bekas atau menjual sisa baju brand-brand import terkenal yang masih layak pakai. Maksud dari sisa baju brand impor yaitu baju yang terkena reject atau gagal produksi. Gagal produksi yang biasanya terjadi, seperti jahitannya kurang rapi, ada bagian yang sedikit lecet, atau bahkan terdapat sedikit noda. Tidak hanya baju bekas yang dapat dijual tetapi barang bekas lainnya juga bisa, di antara lain seperti sepatu, tas, bahkan alat makeup atau skincare.

    Produk bekas yang masih layak untuk dipakai dapat Anda jual dengan harga yang murah sesuai dengan kondisi dari barang tersebut. Walaupun dijual dengan harga yang lebih murah tapi sangat lumayan untuk menambah uang saku Anda. Untuk menjual baju sisa baju brand import, Anda bisa mendaftar menjadi reseller atau menjadi dropshipper ke pihak supplier thrift shop. Anda juga bisa mempromosikan dan mendaftarkan toko Anda ke berbagai platform media sosial atau ke berbagai marketplace untuk menggaet banyak pembeli dan banyak diketahui oleh masyarakat luas.

  5. Bisnis Tote Bag

    Kini pemakaian tote bag sedang naik daun di kalangan mahasiswa dan mudah ditemukan di mana-mana. Tidak hanya perempuan saja yang menggunakan tote bag tetapi laki-laki juga banyak yang menggunakan jenis tas ini. Penggunaan tote bag yang sangat mudah dan sederhana membuat semakin banyak pengguna yang menggunakannya. Kebanyakan mahasiswa menggunakan tote bag untuk membawa barang bawaannya ke kampus. Tidak hanya digunakan untuk pergi ke kampus atau pergi jalan, tote bag bisa digunakan untuk membawa barang belanjaan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

    Bisnis tote bag merupakan bisnis untuk mahasiswa yang tepat karena sasaran kalangan yang dituju sangat banyak. Jualah dengan berbagai macam bentuk motif yang lucu supaya dapat menarik pembeli untuk membelinya.

Apakah setelah membaca penjelasan 5 rekomendasi bisnis untuk mahasiswa ini Anda telah mendapatkan bisnis yang cocok dengan Anda? Mencari peluang bisnis untuk mahasiswa sebenarnya dapat dikatakan gampang, dapat juga dikatakan susah. Anda dapat melakukan bisnis untuk mahasiswa ini dengan baik apabila Anda telah mendapatkan ide bisnis untuk mahasiswa yang pas dengan Anda. Apabila Anda tidak cocok dengan bisnis tersebut, maka jangan lakukan. Dengan adanya bisnis untuk mahasiswa yang telah Anda garap, jangan lupakan tugas Anda sebagai mahasiswa yang sebenarnya.

Hal penting dalam menjalankan berbagai macam bisnis untuk mahasiswa yaitu bagaimana cara Anda dalam mempromosikan produk yang Anda jual. Sebagian besar bisnis untuk mahasiswa dapat dijalankan melalui berbagai platform media sosial dan memanfaatkan berbagai marketplace yang ada untuk menjual produk Anda. Marketplace tersebut juga merupakan salah satu wadah yang dapat membuat produk jualan Anda dikenal oleh pasaran.

Banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan saat memulai bisnis kecil-kecilan, seperti Anda dapat belajar cara melayani customer, belajar cara mempromosikan produk Anda, dan Anda juga dapat belajar cara mengatur keuangan. Tentunya ketika Anda sudah memiliki penghasilan sendiri Anda dapat membeli kebutuhan harian atau membeli barang apapun yang Anda mau. Hal ini harus diperhatikan karena biasanya secara tidak sadar akan kebablasan dalam membeli barang. Oleh karena itu, solusi untuk menghindari hal ini Anda dapat mendaftar tabungan.

Jika Anda ingin mendaftar tabungan tapi ingin prosesnya cepat dan syarat yang diberikan mudah, jawabannya adalah TabunganKu CIMB Niaga. TabunganKu CIMB Niaga memberikan syarat yang mudah dipenuhi dan proses yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, Anda juga mendapatkan banyak keuntungan, seperti bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya dibawah saldo minimum, dan keuntungan lainnya. Terdapat juga jenis-jenis tabungan lainnya yang tidak kalah banyak keuntungannya. Info lengkap mengenai tabungan CIMB Niaga dapat klik di sini. Semoga dengan adanya solusi ini, Anda bisa menabung dan mengatur keuangan dengan mudah.

Produk Terkait

KTA CIMB Niaga