www.cimbniaga.co.id production

Bisnis Restoran Vegetarian Meningkat, Ini Strategi Suksesnya

 

Banyak peluang bisnis yang bisa dikembangkan seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah restoran vegetarian. Hal ini dikarenakan kuliner vegetarian semakin menjadi tren di tengah masyarakat, mulai banyak orang yang menyadari pentingnya untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat hingga mengubah gaya hidupnya menjadi penikmat makanan vegetarian. 

Jika Anda tertarik dengan bisnis yang satu ini, Anda perlu lebih paham lagi mengenai peluang bisnis dan strategi tepatnya. Berikut adalah informasi lengkap mengenai peluang bisnis restoran vegetarian yang perlu Anda ketahui.

Peluang Bisnis Restoran Vegetarian

Peluang bisnis restoran vegetarian tidak terlepas dari tren pola makan vegetarian yang semakin populer dari tahun ke tahun. Data dari Indonesia Vegetarian Society (IVS) menunjukkan bahwa tahun 2019 merupakan tahun vegan, sehingga sejak saat itu banyak pengusaha kelas dunia yang berbondong-bondong untuk mengembangkan bisnis restoran vegetarian. 

Hal tersebut juga terjadi di Asia karena pola makan vegetarian pun turut berkembang pesat. IVS juga mencatat bahwa perkembangan vegan di China meningkat lebih dari 17% di antara tahun 2015-2020. Komunitas vegan juga turut berkembang pesat di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia. Kondisi itulah yang membuat perkembangan restoran vegetarian kian pesat. 

​Potensi yang cukup baik ini didukung juga oleh tingkat pendidikan masyarakat dan kepeduliannya terhadap kesehatan tubuhnya. Apalagi saat ini banyak pula makanan cepat saji yang mudah dikonsumsi dan berdampak buruk bagi tubuh. Hal inilah yang mendorong para penggiat vegetarian untuk menawarkan konsep pola hidup sehat.

Tak hanya itu, peluang bisnis restoran vegetarian juga cukup menjanjikan setelah munculnya pandemi COVID-19 di berbagai negara, sehingga mendorong sebagian kalangan untuk mulai peduli terhadap kesehatan tubuhnya secara jangka panjang. Kekhawatiran terhadap lingkungan dan kesejahteraan hewan pun menjadi beberapa alasan utama yang memicu sejumlah pelaku bisnis untuk mengembangkan restoran vegetarian. 

Secara global, industri kuliner semakin giat memperkenalkan makanan dan minuman plant-based dengan inovasi terbaru, termasuk es kopi susu plant-based yang ternyata diminati oleh banyak kalangan. Dengan begitu, makanan vegetarian pun jadi lebih beragam sehingga konsumen bisa memilih berbagai jenis menu makanan tanpa rasa bosan. 

Mengenal Pola Makan Vegetarian

Sekarang Anda sudah memiliki bayangan mengenai bagaimana peluang bisnis ini kedepannya, bukan? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai strategi pengembangan bisnis restoran vegetarian, Anda juga perlu lebih mengerti mengenai pola makan vegetarian itu sendiri. 

Secara umum, vegetarian dipahami sebagai pola makan yang sebagian besar tidak mengonsumsi daging. Namun, tidak menutup kemungkinan sebagian kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi daging atau produk olahan hewani lainnya. Sebagian orang mungkin memahami bahwa vegetarian merupakan bentuk pola makan yang hanya mengonsumsi produk nabati saja. Sebenarnya hal tersebut kurang tepat karena pola makan bisa berbeda tergantung pada jenis kelompok vegetarian yang dijalani. 

Ada beberapa jenis atau kelompok vegetarian dengan pola makan yang diterapkan, di antaranya:

  • Semivegetarian atau flexitarian: Kelompok yang mengonsumsi makanan dari nabati, namun sesekali masih mengonsumsi produk hewani (daging, susu, telur, unggas, dan ikan) dalam jumlah yang sedikit. 
  • Vegan: Kelompok yang paling ketat karena tidak mengonsumsi semua jenis produk hewani.
  • Lacto vegetarian: Kelompok yang tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas, dan telur. Namun, tetap mengonsumsi susu, keju, yoghurt, dan mentega.
  • Ovo-vegetarian: Kelompok yang tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas, dan produk susu. Akan tetapi, boleh mengonsumsi telur.

Melihat banyaknya jenis atau kelompok di atas, maka Anda juga bisa melihat peluang tersebut dengan cara mengembangkan restoran vegetarian sesuai dengan kelompok yang diyakini. Mengingat kelompok vegetarian tersebut membutuhkan spesifikasi jenis makanan tertentu, maka ini bisa menjadi potensi yang menjanjikan bagi Anda untuk mendapatkan untung dari bisnis restoran vegetarian. 

Apalagi saat ini tampilan menu vegetarian pun sudah sangat beragam, bukan sekadar menu sayuran yang diolah dengan cara direbus, ditumis, atau sejenisnya. Namun, banyak pula menu makanan lain yang tak kalah menggugah selera, seperti pizza vegetarian, spaghetti vegetarian, burger vegetarian, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan peluang ini demi pengembangan bisnis restoran vegetarian yang diminati oleh banyak orang. 

Lalu, bagaimana strategi tepat untuk mengembangkan bisnis ini?

Strategi Mengembangkan Bisnis Restoran Vegetarian

Ekspansi bisnis restoran vegetarian sangat penting agar Anda bisa memperkuat finansial dan memberikan kepercayaan kepada para konsumen di masa depan. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis restoran vegetarian, antara lain:

  1. Mengetahui kebiasaan target market

    Saat membuka bisnis restoran vegetarian, Anda pasti sudah mengetahui target market yang disasar, yaitu beberapa kelompok vegetarian atau orang-orang yang memang sedang menjalani pola hidup sehat. Selain mengetahui target market, Anda juga perlu mencermati kebiasaan mereka sehari-hari.

    Dalam hal ini, Anda bisa melihat kebiasaan para konsumen yang datang ke restoran Anda, mulai dari kebiasaan membeli jenis makanan, minuman, dan apa yang mereka inginkan. Anda juga bisa memberikan sentuhan personalisasi kepada konsumen loyal. Hal tersebut bisa dengan mudah diaplikasikan dengan cara menawarkan menu favorit mereka terlebih dahulu. 

  2. Meningkatkan kualitas produk

    Saat menjalankan bisnis restoran vegetarian dan bisnis kuliner lainnya, tentu saja hal utama yang dicari oleh konsumen adalah kualitas dan rasa dari produk yang Anda sediakan. 

    Anda pasti tidak ingin bisnis ini memiliki reputasi yang kurang baik karena tidak memerhatikan kualitas produk pangan yang dibutuhkan, bukan? Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan memastikan rasa dari menu vegetarian lezat. 

    Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan di restoran dan menu yang disediakan, karena bagaimana pun orang-orang yang peduli terhadap kesehatan pasti peduli juga terhadap kebersihan diri sendiri, orang di sekitar, dan lingkungan. 

  3. Mengikuti tren kuliner

    Dalam menjalankan bisnis restoran vegetarian, Anda perlu memerhatikan tren kuliner yang sedang hits agar bisa mendorong pengembangan bisnis hingga jangka panjang. 

    Anda perlu menunjukkan kepada konsumen bahwa menu vegetarian pun tak kalah bervariasi dari menu-menu biasa pada umumnya. Anda harus terus membuka pandangan dan peluang terhadap kehadiran tren baru dalam dunia kuliner. Dengan begitu, Anda bisa terus berinovasi untuk menghadirkan menu yang bervariasi.

  4. Menyasar komunitas vegetarian

    Seperti yang diketahui, restoran vegetarian termasuk bisnis yang memiliki segmentasi khusus, sehingga mungkin saja tidak semua orang bisa menerima atau mau mengonsumsi makanan vegetarian. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya karena kebiasaan orang Indonesia yang mayoritas mengonsumsi produk hewani. 

    Itulah mengapa penting bagi Anda untuk melibatkan komunitas atau organisasi vegetarian untuk mengembangkan bisnis ini. Komunitas ini dapat berfungsi sebagai media atau wadah untuk mempromosikan layanan, produk, dan nilai-nilai dari perusahaan Anda. 

  5. Promosi secara online dan offline 

    Promosi termasuk salah satu hal yang harus Anda perhatikan dengan baik agar pengembangan bisnis restoran vegetarian terus berjalan. Di era digital seperti saat ini, Anda perlu memaksimalkan promosi secara online dan offline agar bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, strategi ini juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. 

Dengan mengetahui strategi bisnis restoran vegetarian, sekarang saatnya Anda mulai membuat rencana dan anggaran yang dibutuhkan dalam pengembangan tersebut. Pastikan rencana tersebut sudah dibuat secara matang agar Anda bisa mengetahui besaran modal yang dibutuhkan. 

Anda juga perlu mengatur finansial bisnis dengan tepat, seperti mengatur arus kas pemasukan dan pengeluaran dengan tabungan khusus bisnis dan memanfaatkan layanan internet banking untuk kemudahan transaksi bisnis restoran vegetarian. 

Anda tidak perlu khawatir mengenai modal untuk pengembangan bisnis restoran vegetarian karena CIMB Niaga menawarkan kemudahan melalui layanan Pembiayaan Modal Kerja. Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga merupakan fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek, membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus memudahkan Anda dalam menata usaha transaksi secara rutin.

Pembiayaan Modal Kerja juga menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor pinjaman selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan Anda. Proses pengajuan dan verifikasinya pun cukup cepat dan mudah, serta ditangani langsung oleh relationship manager yang kompeten di bidangnya. Yuk, saatnya kembangkan bisnis restoran vegetarian dan ajukan modal tambahan di sini

Produk Terkait

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

XTRA Savers Non Individu

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

BizChannel@CIMB Mobile

Nikmati pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan beragam fitur dan keuntungan melalui BizChannel@CIMB Mobile  yang dapat diunduh melalui iOS maupun Android.